Wisata Petik Kurma di Pasuruan – Pertama di Indonesia

Posted on

Wisata Petik Kurma di Pasuruan – Kurma merupakan buah khas Timur Tengah yang biasanya hanya dapat tumbuh pada lahan yang beriklim panas. Saat ini pendapat tersebut terpatahkan karena adanya fakta bahwa pohon tersebut ternyata dapat tumbuh di Indonesia tepatnya di daerah Pasuruan Jawa Timur.

Wisata Petik Kurma di Pasuruan

Wisata Petik Kurma di Pasuruan

Tidak hanya tumbuh namun pohon kurma ini dapat berbuah sama seperti pada daerah asalnya. Waah unik sekali yaa :). Wisata Petik Kurma di Pasuruan ini merupakan wisata petik kurma satu-satunya di Indonesia.

Kebun petik kurma ini berdiri pada lahan seluas 3.7 hektar yang diprakarsai oleh HN Roeslan. Pemilik Duta Wisata Group ini mendapat ide ketika melihat Negara Thailand mampu melakukan hal itu.

Thailand yang juga beriklim tropis memiliki wisata petik kurma. Hal itu kemudian yang menjadi acuan untuk membuat tempat wisata yang sama.

Terdapat setidaknya 150 pohon kurma yang telah ditanam. Dari sekian banyak hanya 6 yang sudah berbuah. Namun kemungkinan pohon-pohon ini akan berbuah sama lebatnya dengan yang dihabitat aslinya.

Mulai dari pembibitan pengelolaan, perawatan dan lain sebagainya ditangani oleh para ahli. Pihak pengelola tak tanggung-tanggung untuk mengembangkan kawasan ini. Rencana akan ditanam sekitar 400 pohon lagi untuk memenuhi seluruh kawasan.

Wisata Petik Kurma di Pasuruan

Duta Wisata Kurma mulai dibuka pada awal tahun bertepatan pada tanggal 1 Januari 2017. Bukan hanya pohon kurma saja yang ditanam di lokasi, pohon-pohon khas Timur Tengah lainnya seperti Zaitun, Tin, Siwak, Delima Merah dan Delima Hitam.

Meski disebut dengan Wisata Petik Kurma namun saat ini pengunjung masih belum diperbolehkan memetik kurma sendiri. Hal ini dikarenakan pengunjung dapat merusak buah kurma itu sendiri.

Untuk menjaga kemungkinan hal itu terjadi pihak pengelola telah menyiapkan tim khusus yang ditugaskan untuk memetik buah kurma. Disini pengunjung akan diajarkan bagaimana cara memetik buah kurma dengan benar.

Selain menikmati pemandangan pohon kurma dan pohon-pohon lainnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan berbagai jenis unggas seperti merak biru, merak putih dan berbagai jenis burung serta satwa lainnya.

Banyak sekali spot menarik yang dapat sobat sambangi ketika berada di Wisata Petik Kurma Pasuruan. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah adanya badan pesawat boeing 737 yang juga masih berada dalam satu kawasan.

Obyek wisata yang baru dibuka beberapa bulan ini terus melengkapi kawasan ini dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Telah banyak perencanaan dan program-program yang akan segera direalisasikan.

Dari beberapa program yang cukup menarik adalah kegiatan manasik haji yang rencananya juga akan dilakukan dikawasan ini. Wahh semakin menarik saja yaa Wisata Petik Kurma di Pasuruan ini?

Lokasi Wisata Petik Kurma Pasuruan

Wisata Petik Kurma beralamat di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Bagi sobat yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya wajib banget mengunjugi tempat unik ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Petik Kurma Pasuruan

Harga tiket masuk yang dikenakan oleh tempat wisata ini sangat murah. Hanya dengan Rp.5000,- saja sobat sudah dapat menikmati sensasi wisata petik kurma dan berfoto dengan pesawat boeing 737.

Demikian info Wisata Petik Kurma yang unik dari Pasuruan, Jawa Timur. Jadikan tempat ini sebagai tujuan wisata anda diakhir pekan nanti yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Wisatabagus.net

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *