Wisata Pantai Plekung Banyuwangi (Gland) – Surganya para Peselancar

Posted on

Pantai Plekung Banyuwangi – Bagi para traveller tentu sudah sangat mengenal potensi dari Kota Banyuwangi. Wilayah ini memiliki potensi wisata pantai yang sangat beragam yang kemudian dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Salah satu destinasi wisata pantai yang cukup populer yakni Pantai Plekung.

Wisata Pantai Plekung Banyuwangi

Wisata Pantai Plekung Banyuwangi

Layaknya pantai Selatan Jawa, Pantai Plekung memiliki ombak besar yang juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak ini memiliki bentuk yang tinggi dan memanjang,  kecepatanya pun cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk olahraga surfing.

Banyak yang menyebutkan bahwa Pantai Plekung merupakan surganya para peselancar. Kepopuleranya bahkan telah mendunia hal ini sangatlah wajar mengingat potensi ombaknya yang cukup baik. Banyak wisatawan dari luar daerah bahkan luar negeri yang sengaja menyempatkan waktunya untuk berburu ombak di pantai ini.

Surfing di Pantai Plekung Banyuwangi

Pantai Plekung telah diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Ombaknya pun termasuk kedalam salah satu dari tujuh ombak terbaik di Dunia. Di Pantai ini pernah diadakan perlombaan selancar tingkat Internasional yakni Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun 1995, 1996, dan 1997. Pada tahun 2003 juga pernah diadakan Da Hui Pro Surfing World Championship seri III.

Meskipun keunggulan dari Pantai Plekung adalah ombaknya namun wisatawan tak hanya bisa melakukan olahraga selancar saja. Banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat menunjang aktivitas wisata anda. Di lokasi ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan Sunrise pertama di Pulau Jawa.

Karena masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo pengunjung juga dapat sekaligus menikmati panorama alam Taman Nasional ini.  Sobat dapat melakukan aktivitas trekking untuk menengok keanekaragaman hayati dengan segala habitat yang hidup didalamnya.

Pasir Putih Pantai Plekung Banyuwangi

Pasir putihnya yang bersih dengan keadaan pantai yang masih alami juga memungkinkan untuk berbagai aktivitas. Selain bermain pasir anda dapat melakukan diving, memancing, caving atau melihat panangkaran penyu. Dikawasan ini terdapat tempat penangkaran penyu untuk menyelamatkan penyu dari kepunahan.

Pantai Plekung memiliki berbagai fasilitas penunjang mulai dari Bar, Restaurant, Bungalow,  Jangle Camp dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ingin menikmati fasilitas yang menawan ini sobat harus menyediakan mata uang dalam bentuk dollar yaa 😀 hihihi. Bagi wisatawan lokal memang cukup mahal, namun tak ada salahnya untuk mencobanya.

Sarana penginapan dan resort juga telah dibangun dengan apik di kawasan Taman Nasional ini. Setidaknya ada tiga camp yang ada yakni G-land Surf and Resort, Joyo’s Surf Camp dan Bobby’s Surf Camp. Diantara ketiganya dua resort dapat dipesan secara online yaitu G-land Surf and Resort dan Bobby’s Surf Camp.

Wisata Pantai Plekung Banyuwangi

Jalur Menuju Pantai Plekung Banyuwangi

Terdapat dua cara untuk menuju ke Pantai Plekung. Pertama menggunakan jalur darat yakni melalui Banyuwangi > Kalipahit > Pasar Anyar > Pos Pancur > Taman Nasional Alas Purwo > Pantai Plekung. Kedua sobat dapat melalui jalur laut yakni menggunakan speed boat dari pantai Grajakan jaraknya sekitar 40 kilometer ke arah selatan. Waktu yang dibuthkan sekitar 1 jam jika menggunakan speedboat dan 2 jam jika menggunakan perahu nelayan.

Pantai Plekung Banyuwangi menawarkan sejuta fasilitas yang mampu memanjakan anda. Pantai ini merupakan pantai yang cukup populer dan wajib anda kunjungi ketika berada di Banyuwangi. Semoga info wisata di Wisatabagus.net dapat menambah list wisata anda.

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *