Wisata Kota Tua Jakarta | Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer

Posted on

Wisata Kota Tua Jakarta – Salah satu tempat wisata paling ngehits bagi muda mudi yang tak boleh di lewatkan ketika berada di Ibukota yakni Kota Tua. Lokasi wisata ini merupakan wisata sejarah yang paling populer yang ada di Jakarta.

Wisata Kota Tua Jakarta

Seiring dengan maraknya tren foto selfie menjadikan tempat ini semakin banyak diminati, karena di lokasi ini menyuguhan banyak sekali spot-spot cantik dan menarik yang dapat anda gunakan untuk berfoto.

Waktu kunjungan paling ramai adalah ketika akhir pekan, nah jika berencana untuk datang ke lokasi sebaiknya pilihlah ketika hari-hari biasa agar masih kebagian tempat foto yang apik.

Sejarah Kota Tua Jakarta

Awalnya Kota Tua merupakan sebuah wilayah kecil di Jakarta yang dikenal dengan nama Batavia Lama atau Old Batavia. Daerah ini ialah sebuah kawasan Kota Rintisan yang dahulunya dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda yang kemudian dijadikan sebagai Pusat Perdagangan di Asia.

Kawasan Kota Tua ini masih dijaga dan dirawat dengan baik keasliannya hingga saat ini. Bahkan beberapa bangunan di kawasan Kota Tua masih berfungsi dengan baik diantaranya Kantor Pos Indonesia, dan Stasiun Jakarta Kota.

Beberapa lokasi yang lain dijadikan museum agar anak cucu kita mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia. Hal ini juga dimaksudkan supaya menanamkan nilai-nilai kepatriotismean yang ada dalam diri setiap individu.

Daya tarik dari obyek wisata Kota Tua adalah lokasi-lokasi museum yang jaraknya tidak jauh sehingga bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki saja. Bangunan-bangunan Kota Tua merupakan peninggalan masa Penjajahan Belanda sehingga gaya arsitektur Belanda terlihat sangat kental.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Ambarawa Paling Menarik

Sejarah Kota Tua Jakarta

Situs dan Bangunan Bersejarah di Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua terbagi kedalam beberapa tempat. Berikut adalah pembagiannya :

  • Gedung Arsip Nasional
  • Gedung Chandranaya
  • Vihara Jin De Yuan
  • Petak Sembilan
  • Pecinan Glodok dan Pinangsia
  • Gereja Sion
  • Tugu Jam Kota Tua Jakarta
  • Stasiun Jakarta Kota
  • Museum Bank Mandiri
  • Museum Bank Indonesia
  • Standard-Chartered Bank
  • Kotas Pub
  • VG Pub Kota
  • Toko Merah
  • Cafe Batavia
  • Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah
  • Museum Wayang dan masih banyak lagi yang lainnya

Dari sekian banyak destinasi wisata dikawasan Kota Tua, setidaknya ada lima Museum yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Museum Bank Indonesia

Museum yang pertama yakni Museum Bank Indonesia. Museum ini diresmikan pada tanggal 15 Desember 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Presiden RI pada zamannya.

Museum ini ditujukan agar masyarakat dapat mengetahui sejarah perekonomian Bangsa Indonesia. Di museum ini pengunjung dapat memahami sejarah mengenai alat transaksi, sistem perdagangan, kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia sejarah mengenai berdirinya Bank Indonesia.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit para pengunjung. Museum Fatahillah dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta.

Sebelumnya Museum Fatahillah merupakan Balai Kota yang kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah Kota Jakarta, peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran.

Di Museum ini juga menyimpan koleksi perabotan, keramik, prasasti dan seluruh benda-benda yang terkait dengan Sejarah Batavia.

Museum Seni Rupa

Bagi anda pecinta seni, anda dapat mengunjungi Museum Seni Rupa. Museum Seni Rupa merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di kawasan Kota Tua.

Museum Seni Rupa pertama kali diperkenalkan kepada pubik pada 10 Juni 1977. Berbagai macam koleksi keramik dari masa kemasa yang berasal dari berbagai daerah di pajang di museum ini.

Tempat ini juga mengoleksi berbagai jenis lukisan karya orang-orang terkenal seperti karya dari Basuki Abdullah, Raden Saleh, Dullah, Antonio Blanco dan masih banyak lagi yang lainnya.

Museum Wayang

Di kawasan Kota Tua juga terdapat Gereja lama yang dijadikan museum yang diberi nama Museum Wayang. Dari namanya saja sobat pasti sudah dapat menebak apa saja koleksi yang dimiliki oleh tempat ini.

Yups benar sekali tempat unik ini menyimpan berbagai jenis, bentuk, dan ukuran wayang yang didapat dari segala penjuru tanah air. Koleksi milik Museum Wayang merupakan yang terlengkap.

Tak hanya memiliki koleksi wayang dari tanah air, koleksi boneka dari berbagai negara juga ada di Museum Wayang. Beberapa negara yang turut menyumbang koleksi boneka diantaranya negara Kamboja dan China

Koleksi yang dimiliki oleh Museum Wayang mencapai 4000 buah banyaknya. Diantaranya terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan.

Baca Juga : Wisata Pulau Pari, Pantai Perawan di Kepulauan Seribu

Aktivitas Menarik di Kota Tua Jakarta

Aktivitas Menarik Kota Tua Jakarta

Pasti banyak dari sobat yang bertanya-tanya dalam hati, ada apa saja sih di Kota Tua Jakarta? Hehe namun pertanyaan sobat akan terjawab dari banyaknya aktivitas menarik yang ada di Kota Tua Jakarta. Selain menikmati koleksi yang disuguhkan di berbagai museum yang ada. Sobat dapat menikmati beberapa aktivitas menarik berikut ini :

Jalan-jalan di sekitar Museum dan Lapangan Fatahillah

Selain mengunjungi museum, aktivitas menarik yang dapat pengunjung lakukan di kawasan wisata Kota Tua adalah dengan berjalan-jalan di lapangan fatahillah. Kawasan inilah yang biasanya paling sering dikunjungi oleh mereka khususnya para remaja.

Menaiki Sepeda Onthel

Di pinggir lapangan misalnya telah disediakan sepeda onthel yang disewakan untuk dappat berkeliling di lokasi ini. Selain digunakan untuk berkeliling sepeda-sepeda inilah yang akan mendukung aktivitas jeprat-epret anda.

Melakukan aktivitas Fotografy

Bisa dikatakan bahwa tempat ini merupakan spot paling menarik untuk mengambil gambar. Banyak pengunjung yang mengabadikan moment wisata mereka di tempat yang eksotis ini. Bangunan tua dan berbagai fasilitas pendukung lainnya akan menghasilkan foto yang apik.

Selanjutnya pengunjung dapat melihat meriam peninggalan Belanda yang berada di ujung depan museum fatahillah. Dikawasan inilah biasanya banyak manusia-manusia patung yang berdandan ala pahlawan, nona belanda dan lain sebagainya.

Untuk dapat berfoto bersama mereka biasanya ada yang menetapkan tarif khusus per gambar ada pula yang memberikan seikhlasnya. Menarik sekali kan ?

Wisata Malam di Kota Tua

Suasana Kota Tua Ketika Malam Hari

Kawasan Kota Tua telihat lebih menarik ketika malam hari. Suasana yang disuguhkannya akan sangat berbeda. Kesan romantis dari bangunan-bangunan tua akan semakin ketara.

Tak ada salahnya menikmati suasana Kota Tua sembari menyruput kopi hangat di cafe sekitaran fatahillah. Kegiatan ini akan lebih menarik jika dilakukan bersama pasangan sembari membicarakan masa depan. Pasti akan sangat menyenangkan yaa guys 😀 hehe

Baca Juga : 7 Daftar Tempat Wisata di Salatiga Paling Populer

Alamat Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta berlokasidi Jalan Kali Besar Timur 4 No.29, Tamansari, RT.7/RW.7, Pinangsia, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110Akses menuju Kota Tua juga sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum berupa bus dan kereta.

Jika masih bingung sobat dapat mengaktifkan aplikasi Google Maps di ponsel android anda dan terus ikuti petunjuk serta arahannya hingga sampai ke Wisata Kota Tua Jakarta. Demikian info wisata menarik di Jakarta yang dapat Wisatabagus.net sampaikan. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *