Wisata Kebun Raya Bogor, Sejarah Hingga Rute Perjalan

Posted on
Peta Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor Map

Wisata Kebun Raya Bogor, Sejarah hingga Rute Perjalanan

Wisata Kebun Raya Bogor – Bagi masyarakat kota besar seperti Jakarta, biasanya memilih daerah Bogor sebagai tujuan destinasi mereka. Salah satu penyebabnya adalah Kota Bogor memiliki suasana yang sejuk dan segar sehingga lokasi-lokasi wisata yang ada di kota ini menyuguhkan ketenangan dan kenyamanan. Kota yang dikenal dengan Kota Hujan ini memang memiliki banyak obyek wisata andalan yang sangat populer diantaranya Curug Bidadari, Gunung Pancar, Taman Safari, Curug Cibural dan juga Kebun Raya Bogor. Pada kesempatan kali ini Wisatabagus.net akan mengajak sobat berjalan-jalan kesalah satu destinasi andalan milik Kota Bogor yakni Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu landmark yang menjadi kebanggan Kota Hujan. Dinamakan Kebun Raya Bogor, sudah tentu karena lokasi wisata ini terletak di jantung Kota Bogor dan menjadi kebun botani petama yang ada di Asia Tenggara. Obyek wisata andalan ini memiliki luas hingga 87 hektar dan memiliki koleksi tumbuhan sekitar 3.504 jenis yang terbagi kedalam 1.273 genera dan 199 famili. Hutan buatan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan ketika long weekend dan juga ketika waktu liburan sekolah tiba. Wisatawan dari berbagai daerah menjadikan obyek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit mereka karena panorama alamnya yang sangat indah.

Tempat Wisata Kebun Raya Bogor 2016

Sejarah Kebun Raya Bogor

Kawasan wisata ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi pada tahun 1474 hingga tahun 1513. Hal ini dibuktikan dari prasasti Batutulis dari Kerajaan Sunda. Tujuan utama dibangunnya hutan buatan yang kini dinamakan dengan Kebun Raya Bogor ini adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu dimaksudkan agar benih-benih kayu lagka dapat terpelihara dengan baik. Kemudian pada abad ke 18 Gubernur Jenderal Van Der Capellen membangun rumah peristirahatan. Kebun Botani ini kemudian dikembangkan menjadi kebun yang sangat cantik oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Bridge. Begitulah asal muasal terbentuknya Kebun Raya Bogor yang saat ini dijadikan kawasan wisata oleh pemerintah setempat.

Ketika tiba di lokasi wisata ini pengunjung akan dibuat lupa sejenak akan aktivitas dan rutinitas kerja karena suasana yang disuguhkan begitu asri, dan udara nya pun sangat segar. Kesan tenang dan nyaman akan sangat terasa hingga menjadi sebuah terapi yang sangat baik untuk merelaksasikan tubuh anda dari penatnya kesibukan sehari-hari. Lokasi wisata ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dari tua hingga muda. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang kami sarankan untuk berlibur bersama keluarga. Areal yang dimiliki Kebun Raya Bogor begitu luas sehingga akan sangat nyaman dan menyenangkan.

Di lokasi ini pengunjung akan menemukan banyak sekali flora dan fauna yang unik dan menarik. Flora yang sangat unik yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Bunga Raflesia Arnoldi atau yang disebut dengan bunga bangkai. Meski baunya tidak begitu enak, namun bunga ini memiliki bentuk yang cukup cantik dan juga memiliki ukuran sangat besar. Bunga ini juga menjadi salah satu maskot yang dimiliki oleh Kebun Raya Bogor loh sobb :D. Ketika musim hujan tiba bunga-bunga dikawasan Kebun Raya Bogor akan bermekaran dan mempercantik lingkungan sekitar. Pengunjung juga akan menjumpai rumah tinggal serta Laboratorium Treub. Rumah tersebut merupakan rumah tinggal Direktur yang saat ini dialihfungsikan menjadi sebuah penginapan yang dapat disewa untuk umum.

Rusa di Kebun Raya Bogor

Rusa di Kebun Raya Bogor

Jika pengunjung berjalan menuju area belakang istana, pengunjung akan menemukan rusa bertutut putih yang sengaja dikembang biakkan. Pada awalnya rusa-rusa ini berasal dari perbatasan India dan Nepal yang dibawa oleh Gubernur Jenderal Daenels. Kemudian rusa-rusa ini berkembang biak dan berkeliaran dihalaman Kebun Raya Bogor. Selain rusa, berbagai jenis species burung juga banyak tinggal dikawasan ini. Kebun Raya Bogor memiliki juga memiliki pohon raksasa yang berasal dari Kalimantan. Pohon ini disebut dengan pohon Kampas atau Kayu Raja, tinggi pohon ini mencapai 50 meter dengan diameter 1.5 meter. Pohon raksasa ini memiliki usia yang cukup tua yakni sekitar 85 tahun.

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Pengunjung juga akan menjumpai jembatan yang mengalir diatas sungai Ciliwung. Jembatan ini akan mengarah ke Kolam Victoria, di kolam ini terdapat teratai raksasa yang berasal dari Hutan Amazon. Teratai ini memiliki ukuran yang tidak biasa, diameternya saja berukuran 1 hingga 1.5 meter. Teratai yang berasal dari Brazil ini akan berbunga setiap satu minggu sekali dengan bunga berwarna putih dan akan berubah menjadi merah muda setelah dua tiga hari. Flora-flora yang tak kalah unik antara lain adalah pohon lecci, kaktus, anggrek,  tumbuhan paku-pakuan, tanaman rempah-rempah dan berbagai tanaman kering yang berasal dari Amerika Latin.

Rute Perjalanan ke Kebun Raya Bogor

Akses menuju lokasi ini sangat bagus namun cukup ramai sehingga pengunjung harus berhati-hati. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua dan juga roda empat, transportasi umum juga telah disediakan jadi anda tak perlu khawatir.

Kebun Raya Bogor Dari Stasiun Bogor.

  • Dari Stasiun Bogor menuju Kebun Raya Bogor bisa ditempuh dengan 2 cara, yaitu naik angkot nomor 03 jurusan Bubulak – Baranangsiang dan langsung turun di Kebun Raya. Dan jalur yang kedua adalah dengan naik angkot nomor 02 menuju Pintu 2 Kebun Raya Bogor yang biasanya dibuka pada hari libur

Kebun Raya Bogor Dari Terminal Baranangsiang.

  • Dari terminal Baranangsiang naiklah angkot nomor 03 berwarna hijau jurusan Barangsiang – Bubulak dan langsung turun di Kebun Raya.

Berbagai fasilitas juga telah disediakan seperti resto dan juga penginapan. Untuk dapat menikmati panorama yang disuguhkan Kebun Raya Bogor anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp.10.000,- Murah sekali bukan ? Yuk ajak segera keluarga anda berlibur ke Kebun Raya Bogor 🙂

Simak juga :

Demikian informasi lokasi wisata terpopuler yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat traveller. Simak terus update informasi terpopuler dan paling ngehits hanya di Wisatabagus.net.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *