Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung yang Melegenda

Posted on

Gunung Tangkuban Perahu Bandung – Hello Guys, Review kali ini Wisatabagus.net akan menyibak pesona Gunung Tangkuban Perahu yang populer. Sobat pasti sudah sangat familiar kan akan obyek wisata yang satu ini ? Yuk langsung saja kita simak selengkapnya.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Legenda Sangkuriang

Jika mengulas tentang obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu rasanya tak lengkap jika tidak membahas legenda yang tereknal “Sangkuriang”. Konon kisah ini sangat erat kaitannya dengan proses terbentuknya Gunung ini.

Dikisahkan di tanah Sunda dahulu ada seorang anak bernama Sangkuriang yang tinggal jauh dari Ibunya Dayang Sumbi. Ia merantau jauh ke luar daerah, ketika ia beranjak dewasa Sangkuriang kembali ke daerahnya.

Saat ia kembali ia bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik yang tidak lain adalah ibunya sendiri. Sangkuriang kemudian jatuh cinta pada pandangan pertama.  Ia kemudian mengutarakan niatnya untuk menikahi Dayang Sumbi.

Mengetahui bahwa menikah dengan anaknya sendiri adalah hal yang tidak mungkin. Dayang Sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan sebuah telaga dan perahu dalam satu malam.

Baca juga : Wisata Alam Gunung Batu Bogor

Setelah mendengar syarat yang diajukan oleh Dayang Sumbi, Sangkuriang justru makin semangat. Ia bahkan tidak putus asa sedikitpun. Dengan giat ia membangun telaga dan membuat sebuah kapal yang sangat besar.

Melihat pekerjaan sangkuriang hampir selesai Dayang Sumbi mulai resah. Dayang sumbi kemudian memiliki ide untuk memukul lesung agar ayam terbangun dan berkokok. Benar saja cara itu berhasil.

Ayam berkokok adalah pertanda waktu yang dimiliki sangkuriang sudah habis namun ia belum menyelesaikan persyaratannya. Melihat hal itu Sangkuriang murka dan menendang perahu tersebut. Perahu tersebut kemudian terbalik dan membentuk sebuah gunung yang saat ini disebut dengan Gunung Tangkuban Perahu.

Beralih dari legenda yang terkenal mari kita mengulas dari segi pariwisatanya. Selain populer akan legendanya Tangkuban Perahu juga sangat terkenal sebagai sebuah destinasi wisata. Banyak pengunjung datang dari luar daerah bahkan luar negeri hanya untuk melihat kemegahan fenomena alam ini.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung vulkanik yang hingga kini masih aktif. Beberapa kawah bahkan masih menujukan aktivitas yang signifikan. Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang tak kalah terkenal yakni Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas.

Ketiga kawah ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Cara menikmati sensasi berwisata ditempat ini adalah dengan merebus telur ayam. Anda dapat merebusnya di kawah ini sembari menikmati panorama alamnya.

Cara kedua adalah dengan berendam di air panas yang juga ada disekitaran kawah. Anda tentu merasa pegal setelah seharian menyusuri jalur trekking. Karenanya akan lebih baik untuk melemaskan otot kaki anda dengan cara menyelupkan kaki anda ke dalam kolam.

Baca juga : Keindahan Objek Wisata Goa Pindul Jogja

Kandungan zat yang terdapat didalamnya di percaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Pengunjung juga akan merasakan efek relaksasi setelah berendam di kawasan ini.

Bagi para pecinta alam khususnya untuk daerah Jawa Barat dan sekitarnya tempat ini merupakan tujuan wisata wajib. Sesuai dengan namanya Gunung Tangkuban Perahu memiliki bentuk yang memanjang layaknya sebuah perahu yang terbalik.

Keindahan turut ditampakkan oleh lerengnya. Hamparan kebun teh menghijau menjadi pemandangan yang utama. Banyak pengunjung yang datang ketempat ini untuk melakukan sesi pemotretan.

Kawasan yang berada pada ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut ini memiliki udara yang sejuk. Suhu di tempat ini dapat mencapai 2 derajat Celcius ketika malam hari. Untuk siang harinya cukup bersahabat yakni sekitar 17 derajat saja.

Untuk dapat menikmati sensai berwisata di Gunung Tangkuban Perahu sebaiknya anda menggunakan pakaian tebal, jaket, sarung tangan, serta perlengkapan lainnya.

Yang menarik dari tempat ini adalah adanya Pohon manarasa. Daun dari pohon ini berwarna merah dan rasanya mirip seperti daun jambu. Oleh masyarakat setempat daun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare. Ada juga yang menyebutkan bahwa daun ini dapat membuat awet muda.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu beralamat di Cikole, Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat. Fasilitas dan akomodasi menuju Gunung Tangkuban Perahu sangat baik. Bahkan mobil dan sarana transportasi lainnya dapat masuk hingga ke area kawah.

Lahan parkir yang disediakan sangat luas. Banyak pula ditemukan penginapan dan hotel dekat Gunung Tangkuban Perahu. Fasilitas umum lainnya sudah dikelola dengan sangat baik.

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Berikut adalah alternative rute yang dapat anda tempuh agar sampai ke lokasi :

Menggunakan kendaraan pribadi :

  • Pintu keluar Tol Pasteur > Jl. Dr. Djunjuan, Pasirkaliki > Sukajadi > Setiabudi > Lembang > Gunung Tangkuban Perahu
  • Pintu keluar Tol Padalarang > Cimahi > Jl. Kolonel Masturi > Lembang > Gunung Tangkuban Perahu

Menggunakan transportasi umum :

  • Terminal Leuwi Panjang > Stasiun Hall Lembang > Lembang > Cikole > Gunung Tangkuban Perahu

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Untuk menikmati panorama alam Gunung Tangkuban Perahu anda akan dikenai biaya tiket masuk dan biaya parkir saja. Berikut adalah rinciannya :

Warga Negara Indonesia (Wisatawan Domestik)

  • Tiket Masuk : Rp.13.000,-
  • Parkir Motor : Rp.5.000,-
  • Parkir Mobil : Rp.10.000,-
  • Parkir Bus : Rp.20.000,-

Warga Negara Asing (Wisatawan Asing)

  • Tiket Masuk : Rp.50.000,-
  • Parkir Motor : Rp.7.000,-
  • Parkir Mobil : Rp.15.000,-
  • Parkir Bus : Rp.25.000,-

Yuk tunggu apalagi, kunjungi Obyek Wisata terkenal Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Lembang, Jawa Barat agar wisata anda terasa lebih menyenangkan. Selamat berlibur 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *