Wisata Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Jawa

Posted on

Foto Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Jawa Timur

Wisata Gunung Semeru – Hallo sobat traveller, Bagaimana liburan anda? Kali ini wisatabagus.net akan mengajak anda berpetualang ke Puncak Mahameru, yakni puncak tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Puncak Mahameru terletak di Gunung Semeru, tempat ini dijamin seru untuk anda yang memiliki jiwa petualang. Tak ada salahnya kan menghabiskan liburan panjang dengan mengunjungi Gunung Semeru.

Keindahanya sudah diakui lho, bahkan oleh turis mancanegara. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya untuk menikmati panorama alam yang sangat mengagumkan. Saking indahnya lokasi ini juga pernah digunakan untuk syuting film “5 cm”. Penasaran kan bagaimana keindahan dari Gunung Semeru? Yuk langsung saja kita ulas selengkapnya.

Deskripsi Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit yang ada di Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 3.676 meter diatas permukaan laut membuatnya mendapat predikat sebagai Gunung tertinggi di Pulau Jawa sekaligus Gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Umunya iklim di Semeru masih termasuk ke dalam iklim bertype B yakni Schmidt dan Ferguson dengan rata-rata curah hujan antara 927 mm hingga 5.498 mm per tahun. Musim hujan jatuh antara bulan November hingga bulan April. Gunung ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Semeru menjadi terkenal setelah seorang ahli geologi bernama Clignet mendaki gunung ini pada tahun 1838. Clignet merupakan seseorang dengan kebangsaan Belanda yang mendaki Gunung Semeru melalui bagian Barat Daya yakni daerah Widodaren. Kemudian selanjutnya Junhuhn pada tahun 1945 seorang ahli Botani yang juga berkebangsaan Belanda. Junhuhn mendaki melalui jalur utara melewati Gunung Ayek-ayek. Saat ini umumnya pendakian melalui lereng utara yakni lewat Ranupane dan Ranu Kumbolo. Pendakian di Gunung Semeru merupakan aktivitas yang cukup menantang sekaligus menyenangkan karena panorama alam yang disuguhkan begitu ciamik.

Suhu udara di gunung ini berkisar antara 15 derajat hingga 21 derajat Celsius pada siang hari, sedangkan pada malam hari suhu udara terasa lebih dingin yakni sekitar 3 hingga 8 derajat Celcius. Untuk suhu dikawasan Puncak Mahameru dapat mencapai nol derajat Celcius.

Bagi wisatawan yang ingin mendaki Gunung Semeru harus menggunakan perlengkapan yang memadahi, bekal yang cukup serta stamina yang prima. Perjalanan dapat memakan waktu sekitar empat hari pulang pergi. Anda dapat menempuhnya melalui Kota Malang maupun Kota Lumajang. Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum dan diteruskan menggunakan Jeep dengan biaya sekitar Rp.20.000,-.

Harga Tiket Masuk Gunung Semeru

Sebelum mendaki ke Gunung Semeru pengunjung harus membuat surat izin di Gubuklakah dengan biaya Rp.6000,- untuk surat izin. Tiket masuk Rp.2000,- per orang dan asuransi Rp.2000,- per orang. Surat izin dapat digunakan maksimal untuk 10 orang. Sedangkan bagi anda yang membawa tenda akan dikenakan biaya tambahan Rp.20.000,- dan kamera Rp.5000,- Jeep ini akan mengantarkan anda sampai ke Pos Ranu Pani. Di pos ini anda dapat bermalam dan beristirahat jika lelah. Pos Ranu Pani terdapat dua buah danau yang cukup cantik yang berada pada ketinggian 2.200 meter diatas permukaan laut.

Semeru menyajikan keindahan alam yang sangat mempesona, oleh karena ini pendakian selalu ramai baik pendaki lokal maupun pendaki dari luar daerah. Tak jarang juga terlihat wisatawan asing yang turut menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh Gunung Semeru. Lereng semeru berupa lahan landai yang ditumbuhi alang-alang, sedangkan pada daerah bukit dan juga lembah rata-rata ditumbuhi flora berjenis Cemara dan Pinus. Tedapat pula sebuah kawasan yang disebut dengan Watu Rejeng, yakni sebuah kawasan yang berbentuk batu-batu terjal. Jika melihat ke arah puncak, pengunjung akan melihat kepulan asap yang keluar akibat aktivitas vulkanik.

Wisata Menarik di Gunung Semeru

Foto Danau Ranu Kumbolo

Kawasan lain yang cukup menarik perhatian adalah Danau ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di Puncak Semeru. Luas wilayahnya sekitar 15 hektar dan terletak pada ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini merupakan sumber air bersih bagi para pendaki dan juga sebagai tempat berkumpulnya para pendaki untuk melepas lelah. Tempat ini cukup landai sehingga pendaki dapat mendirikan tenda dan beristirahat. Waktu terbaik berada di danau ini adalah ketika pagi hari, karena matahari akan muncul yang menunjukan pesonanya dari celak bukit. Air danau yang bening turut merefleksikan cahaya mentari sehingga nampak begitu indah.

Flora endemik yang mendiami Gunung Semeru didominasi oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan pohon jemuju. Bunga Edelwis tumbuh subur dan menjadi ciri khas Gunung Semeru. Bunga ini sangat cantik dan melambangkan cinta sejati, katanya sihh 😀 hehe. Beberapa jenis anggrek cantik juga turut menghiasi lereng Gunung Semeru. Sedangkan untuk faunanya yakni macan kumbang, kijang, luwak, budeng, monyet daun, rusa, tikus hutan, kancil dan masih banyak lagi.

Foto-Foto Gunung Semeru

Foto Gunung Semeru Foto Gunung Semeru Foto Gunung Semeru Foto Gunung Semeru

Wisata lainnya :

Demikian info wisata Gunung Semeru yang dapat kami sajikan. Semoga dapat menambah wawasan petualangan anda dan menjadikan liburan anda semakin berkesan. Simak terus update wisata terbaru dan terpopuler hanya di Wisatabagus.net Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *