Wisata Gunung Rinjani – Pesona Alam di Lombok

Posted on

Wisata Gunung Rinjani Lombok – Bagi sobat pecinta alam, aktivitas mendaki gunung menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Banyak dari mereka yang berburu puncak-puncak terindah di Nusantara. Diantara yang paling menarik adalah puncak yang ada di bagian Utara Pulau Lombok yakni Gunung Rinjani.

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani menjadi salah satu destinasi wisata pendakian terfavorit bagi para traveller. Hal ini dikarenakan Gunung Rinjani merupakan puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat sekaligus gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Pemandangan di Puncak Rinjani disebut-sebut sebagai pemandangan paling indah tak hanya di Indonesia, bahkan hingga se Asia.

Para pendaki biasanya banyak di dominasi oleh mahasiswa pecinta alam dari berbagai Universitas, wisatawan asing, dan juga penduduk lokal maupun dari luar daerah di Indonesia. Karena kepopuleran nya pendaki Gunung Rinjani semakin bertambah setiap tahunnya.

Puncak pendakian biasanya pada Bulan Agustus karena banyak dari mereka yang ingin merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tempat ini. Pelu diperhatikan bahwa pada bulan-bulan ini angin cukup kencang sehingga cukup berbahaya bagi para pendaki. Namun hal ini tak lantas menyurutkan niat mereka.

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Keanekaragaman hayati yang ada di Gunung Rinjani juga menjadi daya tarik tersendiri. Semakin tinggi mendaki maka semakin banyak tumbuhan unik yang dapat anda lihat. Pada ketinggian 2.000 meter anda akan menjumpai flora berjenis cemara gunung dan pada ketinggian 3.000 meter diatas permukaan laut anda akan melihat keindahan bunga khas pegunungan yakni bunga Edelwis.

Selain memiliki vegetasi yang beragam, Gunung Rinjani pula memiliki beraneka jenis fauna yang menarik. Para pendaki akan menjumpai setidaknya 100 jenis burung, kera ekor panjang, monyet perak, beragam jenis rusa, landak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk dapat mencapai puncak Rinjani biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 malam untuk pendaki professional dan 3 malam bagi pendaki pemula. Karenanya diperlukan stamina yang baik serta peralatan, bekal, sarana dan prasarana yang lengkap.

Bagi pendaki pemula disarankan untuk menggunakan jasa pemandu karena banyak sekali tantangan yang harus anda lalui untuk dapat sampai ke puncak. Biasanya banyak sekali paket pendakian yang ditawarkan. Terdapat paket pemula, paket prfessional dan ada juga paket setengah jalan.

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Paket Tour yang ditawarkan akan dapat mempermudah pendakian anda. Selain meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya jika menggunakan paket pendakian barang anda akan dibawakan oleh jasa pembawa barang. Untuk perlengkapan pendakian seperti tenda, alat masak dan lain-lain pun sudah disediakan. Jadi sobat hanya perlu membawa peralatan pribadi.

Sama halnya dengan gunung yang lain, kawasan Rinjani memiliki suhu yang cukup dingin. Suhu dikawasan ini dapat mencapai 10 derajat Celcius. Anda harus menggunakan baju tebal dan jaket serta berbagai perlengkapan lainnya seperti kaos kaki tebal, sarung tangan dan topi hangat.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.276 meter diatas permukaan laut. Dilihat dari segi topografynya kawasan ini begitu beragam. Terdapat lahan datar, bergelombang, berbukit hingga pegunungan. Gunung-gunung yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani diantaranya Gunung Sangkerang, Gunung Pelawangan, Gunung Buah Manggae, Gunung Daya dan Gunung Kondo.

Spot terindah dikawasan ini tak hanya di Puncak Tertinggi Rinjani melainkan juga terdapat spot menarik lainnya seperti Danau Segara Anak. Danau ini sangat indah, pendaki dapat menemuinya di ketinggian 2.010 meter diatas permukaan laut. Segara anak memiliki luas sekitar 1.100 hektar dengan kedalaman kurang lebih 230 meter. Danau yang berada di Gunung Rinjani ini akan nampak lebih indah ketika matahari terbit.

Wisata Gunung Rinjani Lombok

Jalur Mendaki Gunung Rinjani Lombok

Untuk dapat mencapai puncak Rinjani terdapat beberapa jalur yaitu sembalun, senaru, Timba Nuh dan Torean. Kebanyakan dari pendaki biasanya memilih jalur senaru dan sembalun karena medan yang dilalui lebih ramah.

Jalur Senaru

  • Mataram > Senaru > Danau Segara Anak > Pelawangan Sembalun > Puncak Rinjani

Jalur Sembalun

  • Mataram > Sembalun > Sembalun Lawang > Puncak Mt. Rinjani

 

Pendakian Gunung Rinjani tidak disarankan bagi penderita penyakit pernafasan, penyakit jantung, hipertensi, epilepsi dan juga penyakit berbahaya lainnya. Pastikan anda memiliki stamina yang baik dan mental yang cukup untuk dapat menaklukan gunung yang eksotis ini.

Gunung Rinjani merupakan gunung api yang masih aktif yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Yuk ajak teman dan sahabat anda untuk mendaki ke Puncak Rinjani yang mengagumkan 🙂 Simak informasi wisata menarik lainnya di Wisatabagus.net

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *