Pesona Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Posted on

Dari Ubud, Bali yuk beralih ke wisata di daerah Kediri. Untuk mengawali postingan tentang wisata di Kediri ini mimin akan mmenyibak pesona keindahan Gunung Kelud.

Wisata Gunung Kelud Kediri

Wisata Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Keaktifan dari Gunung Kelud ini terlihat dari data statistik yang menyebutkan bahwa gunung ini pernah meletus setidaknya 30 kali setelah tahun 1000 Masehi.

Kawasan wisata yang cukup populer di Kediri, Jawa Timur ini terakhir meletus pada tahun 2014. Kala itu letusa dari gunung aktif ini sangat dahsyat. Bahkan abu vulkanik dari letusan Kelud ini sampai hingga radius 17 kilometer.

Daya tarik dari Gunung Kelud adalah pada larva aktifnya yang sangat memikat. Larva yang berada di Gunung Kelud dapat dilihat ketika pagi dan malam hari. Pada wakti-waktu tersebut pemandangan nampak lebih indah.

Obyek wisata Gunung Kelud menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi karena memiliki panorama alam yang sangat mengagumkan. Di kawasan Gunung Kelud sobat dapat menyaksikan pemandangan hijau dari segala sisi.

Pemandangan Gunung Kelud dapat dinikmati melalui 4 Puncak yakni Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kelud, Puncak Sumbing dan Puncak Gedang. Spot Puncak Gajah Mungkur merupakan salah satu yang recomended dan harus anda coba.

Jarak area parkir menuju ke kawasan obyek wisata Kelud memang cukup jauh. Pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki karenanya anda harus menyiapkan stamina yang cukup.

Namun jika merasa lelah atau tidak kuat berjalan kaki, pengunjung dapat menyewa ATV atau menaiki ojek yang telah banyak disediakan disekitar area parkir.

Aktivitas Menarik di Gunung Kelud

Aktivitas Menarik di Gunung Kelud

Terdapat beberapa aktivitas menarik yang dapat anda dan keluarga lakukan di Gunung Kelud antara lain :

Mysterious Road Gunung Kelud

Apasih Mysterious Road Gunung Kelud ? Mysterious Road atau jalan misterius merupakan salah satu daya tarik dari obyek wisata Gunung Kelud.

Mysterious Road merupakan ruas jalan menuju ke Gunung Kelud yang memiliki fenomena alam yang unik. Jalan yang cukup menanjak ini seakan memiliki magnet.

Keunikan dari fenomena alam ini memikat para wisatawan. Banyak dari mereka yang coba membuktikan kebenaran dari issue tersebut.

Pengunjung biasanya mencoba menetralkan mobilnya. Namun banyak yang membuktikan bahwa mobil tersebut dapat berjalan naik meskipun mobil dalam kondisi netral.

Pembuktian lainnya adalah dengan menggunakan botol air mineral. Apabila anda meletakkan botol air mineral maka botol tersebut perlahan akan merangkak naik. Padahal logikanya botol tersebut seharusnya menggelinding turun.

Fenomena unik tersebut yang kemudian menjadi salah satu daya tarik bagi kawasan Gunung Kelud dan sekitarnya. Banyak pengunjung yang penasaran dan kemudian mencobanya sendiri.

Baca juga : Objek Wisata Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Sumber Air Panas Gunung Kelud

Daya tarik lain dari Gunung Kelud adala adanya sumber mata air panas. Sumber mata air panas ini letaknya di bawah Gunung Kelud tepatnya berada disebelah kanan sebelum anda memasuki terowongan Gunung Kelud.

Outbond

Selain melakukan beberapa kegiatan menarik diatas, pengunjung dapat melakukan aktivitas wisata menantang outbond seperti Fliying Fox, panjat tebing dan berbagai wahana menarik lainnya.

Lokasi Gunung Kelud Kediri

Lokasi Wisata Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud berlokasi di desa Sugiwaras yang letaknya berada di dua kabupaten yaitu Blitar dan Kediri. Jika sobat bertolak dari Pusat Kota Kediri maka dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.
Jaraknya sekitar 27 kilometer dari Kota Kediri. Akses menuju lokasi sudah cukup baik dapat di lalui dengan roda dua maupun dengan roda empat.

Baca juga : Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar Bali

Hotel di Dekat Gunung Kelud

Bagi para traveler hal yang perlu diperhatikan adalah berupa penginapan. Hal ini sangat penting khususnya bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam dapat mencari hotel atau penginapan di kawasan atau jalur Dhoho menuju Kediri. Di kawasan ini terdapat penginapan, toko pakaian dan berbagai penjual makanan.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Kediri

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud

Harga Tiket Masuk yang dikenakan oleh kawasan wisata Gunung Kelud sangat murah. Jika hari biasa yakni pada Senin – Jum’at anda harus membayar tiket seharga Rp.8.000,- sedangkan pada akhir pekan dan hari libur anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000,-

Demikian pesona wisata Gunung Kelud Kediri yang mengagumkan. Simak terus informasi wisata menarik di Wisatabagus.net yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *