Pesona Wisata di Majalengka : 7 Daftar Tempat Wisata Terfavorit dan Paling Populer

Posted on

Wisata di Majalengka Terbaru | Pesona wisata di Jawa Barat seakan tak ada habisnya untuk dinikmati. Keindahan panorama alamnya menjadi daya tarik yang sangat memikat bagi para wisatawan. Salah satu daerah di tanah sunda yang juga menarik untuk ditelusuri adalah Majalengka.

Wisata di Majalengka Jawa Barat

Wisata di Majalengka Jawa Barat

Majalengka merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat bagian timur. Kontur tanah dari daerah ini berupa dataran rendah pada bagian utara. Untuk bagian tengahnya merupakan daerah yang berbukit. Serta bagian selatan berupa pegunungan dengan puncaknya Gunung Ciremai.

Kabupaten ini terdiri dari 26 Kecamatan, yang terbagi atas 330 Desa dan 13 Kelurahan. Secara administratif wilayah Majalengka berbatasan dengan Kabupaten Indramayu. di sebelah Utara, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis pada bagian Selatan, Kabupaten Sumedang pada bagian Barat serta Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan di sebelah Timur.

Iklim di kawasan ini sama dengan daerah lainnya di Jawa Barat yakni iklim tropis. Sedangkan untuk curah hujan rata-ratanya adalah antara 2.400 mm-3.800 mm per tahun. Pariwisata di daerah majalengka didominasi oleh air terjun dan danau serta beberapa obyek wisata alam dan budaya.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi wisata di Majalengka terbaru dan paling ngehits agar sobat traveller tidak bingung jika berkunjung ke Kabupaten yang ada di Jawa Barat ini.

Kebun Teh Cipasung Majalengka

1. Kebun Teh Cipasung

Untuk memulai perjalanan kita di Majalengka, admin akan mengajak sobat untuk mengujungi Kebun Teh Cipasung. Wisata yang terbilang agak nyantai ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menenangkan.

Udara sejuk khas pegunungan akan terasa setibanya anda di lokasi. Pemandangan hijau yang disuguhkan akan menyegarkan pikiran anda. Lelahnya rutinitas pekerjaan yang anda hadapi setiap hari akan sejenak terlupakan di kawasan ini.

Kebun Teh Cipasung berlokasi di Desa Cipasung, Kecamatan Lemah Sugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk dapat sampai ke kebun teh seluas 58 hektar ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pusat Kota.

Wisata Paralayang Gunung Panten

2. Wisata Paralayang Gunung Panten

Alternatif wisata kedua di Majalengka adalah dengan berwisata di Paralayang Gunung Panten. Olahraga extreme ini akan sangat menyenangkan jika di lakukan ditanah sunda khususnya di Majalengka Jawa Barat.

Gunung Panten yang menjadi lokasi dari kegiatan ini adalah sebuah bukit yang berada di Desa Sidamukti. Lokasi ini sudah sejak dahulu sekali digunakan untuk aktivitas paralayang. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh kawula muda yang memiliki jiwa petualangan.

Bagi sobat yang berminat untuk menguji nyali anda terbang diatas awan gunung panten dapat datang langsung ke Desa Sidamukti Kelurahan Muncul, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Jaraknya cukup dekat yakni hanya sekitar 7 kilometer saja dari Pusat Kota.

Taman Wisata Bukit Alam Hejo Majalengka

3. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Tempat yang akan kami rekomendasikan selanjutnya adalah Taman Wisata Bukit Alam Hejo yang juga masih berada di Kabupaten Majalengka. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai sehingga memiliki udara sejuk khas pegunungan.

Suasananya yang asri juga menjadi daya tarik yang cukup memikat dari tempat ini. Obyek wisata Taman Wisata Bukit Alam Hejo termasuk salah satu destinasi wisata terfavorit bagi warga Majalengka dan sekitarnya. Ketika musim liburan dan akhir pekan tiba tempat ini selalu ramai oleh wisatawan.

Konsep yang diusung oleh kawasan ini adalah wisata alam yang berbalut edukasi dan kuliner. Berbagai wahana telah disediakan guna menunjang kegiatan wisata anda diantaranya ATV, menunggang kuda, camping ground, outbond, stand kuliner dan lain sebagainya.

Baca Juga : Curug Dago Bandung : Keindahan Air Terjun yang Tersembunyi

Gunung Ciremai Majalengka Jawa Barat

4. Gunung Ciremai

Gunung ciremai dapat dikatakan sebagai ikon wisata Kabupaten Majalengka. Gunung tertinggi di Jawa Barat ini sangat menarik untuk diulas karena panoramanya yang indah dan juga menantang. Gunung Ciremai banyak disukai bagi mereka yang hobi mendaki.

Ketinggian Gunung Ciremai mencapai 3078 mdpl dengan luas wilayah sekitar 15000 hektar. Untuk dapat sampai ke Puncak Ciremai para pendaki dapat melalui 3 jalur yakni jalur Linggarjati, jalur palutungan, dan jalur apuy.

Secara administratif Gunung Ciremai termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Wisata pendakian di Gunung Ciremai cukup ramai terlebih ketika musim liburan tiba.

Gunung Batu Tilu Majalengka

5. Gunung Batu Tilu

Jika berkunjung ke Majalengka maka tak boleh melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Gunung Batu Tilu memiliki keistimewaan tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi.

Terdapat 3 puncak di Gunung Batu Tilu dengan ketinggian yang berbeda. Puncak pertama dan juga yang paling tinggi disebut dengan Puncak Sukmana. Ketinggian dari Puncak Sukmana adalah 1.154 meter diatas permukaan laut.

Puncak kedua yang tidak diketahui namanya ini berada pada ketinggian 1.112 meter diatas permukaan laut. Sedangkan untuk puncak ketiga berada pada ketinggian 1.076 mdpl. Puncak ketiga ini disebut dengan Gunung Tilu. Keunikan dari Gunung Tilu ini adalah terdapat situs batu yang berbentuk naga.

Curug Sawer Majalengka

6. Curug Sawer

Majalengka juga memiliki banyak potensi wisata berupa curug yang memikat. Salah satu curug yang memiliki panorama alam mengagumkan adalah Curug Sawer. Jika anda berkunjung ke daerah Majalengka jangan lupa untuk mampir ke Curug Sawer yaa.

Curug Sawer merupakan wisata air terjun yang letaknya cukup tersembunyi. Obyek wisata ini juga masih belum dikelola oleh pemerintah setempat. Karena masih banyak yang belum mengetahui tentang obyek wisata ini tentu alamnya masih sangat terjaga keasriannya. Inilah salah satu keistimewaan dari Curug Sawer.

Lokasinya berada di di desa Argomukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Curug Sawer terletak sekitar 10 kilometer dari Pusat Kota Majalengka. Jalan menuju ke lokasi masih belum begitu baik, meskipun begitu keeksotisan dari Curug Sawer akan menghilangkan rasa lelah anda.

Baca Juga : Gunung Prau Dieng – Spot Sunrise Terindah se Asia Tenggara

Curug Muara Jaya Majalegka

7. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya merupakan destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Curug ini memiliki tinggi air terjun sekitar 78 meter. Alirannya cukup deras dan terjun dari tebing yang tinggi. Pemandangan di sekitar Curug Muara Jaya sangat menyejukkan mata sehingga tempat ini cukup recomended sebagai tujuan wisata.

Kawasan wisata Curug Muara Jaya terletak di kaki Gunung Ciremai sehingga memiliki udara yang sejuk. Pepohonan disekitaran curug juga sangat rindang dan hijau. Anda akan sangat dimanjakan dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh Curug Muara Jaya.

Curug Muara Jaya atau yang disebut juga dengan Curug Apuy berlokasi di Kampung apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih sekitar 23 kilometer dari Pusat Kota Majalengka.

Inilah Daftar Tempat Wisata di Majalengka Paling Populer dan Wajib Anda Kunjungi. Semoga informasi di Wisatabagus.net ini dapat menambah referensi wisata anda. Jangan lupa untuk mengunjungi tepat-tempat yang telah kami rekomendasikan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *