Wisata di Kampar Riau – 5 Daftar Tempat Wisata Terbaru dan Paling Ngehist

Posted on

Wisata di Kampar Riau – Baru-baru ini tidak hanya wisata di Pulau Jawa saja yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisata di Kampar menjadi salah satu yang paling banyak di cari. Jadi bagi warga Sumatera tak perlu jauh-jauh ke Pulau Jawa untuk berlibur anda dapat mengunjungi Kabupaten yang satu ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang pesona wisata yang ada di Kampar Riau maka sebaiknya kita menilik terlebih dahulu karakteristik dari wilayah ini. Supaya kita dapat lebih memahami tentang seluk beluk Kabupaten Kampar Riau.

Wisata di Kampar Riau Paling Populer

Tempat Wisata di Kampar Riau Terbaru

Kampar merupakan sebuah wilayah Kabupaten yang berada di Provinsi Riau. Wilayah Kampar populer dengan julukan Bumi Sarimadu dan juga Serambi Mekkahnya Kota Riau. Luas Kabupaten Kampar diperkirakan mencapai 10.928,20 km² atau sekitar 12,26% dari luas Provinsi Riau.

Secara Geografis Kabupaten Kampar berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis pada bagian Utara, Kabupaten Kuantan Singingi di sebelah Timur, Kabupaten Lima Puluh Kota (Provinsi Sumatera Barat) di bagian Barat serta Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan pada bagian Timurnya.

Sama halnya dengan wilayah lain di Indonesia, Kabupaten ini memiliki iklim tropis dengan suhu mencapai 21 derajat Celcius hingga 35 derajat Celcius.Sebelumnya wilayah ini hanya terbagi dalam 12 kecamatan namun karena pemekaran saat ini dikategorikan menjadi 21 kecamatan.

Dari segi pariwisata dan budayanya Kabupaten Kapar termasuk memilliki banyak potensi dari segi pariwisata sejarahnya karena terdapat peninggalan-peninggalaan Kerajaan Sriwijaya. Untuk lebih jelasnya simaklah Daftar Tempat Wisata di Kampar Riau Paling Populer dan Wajib Anda kunjungi.

Jembatan Water Front City Bangkinang Kampar Riau

1. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jika Palembang memiliki Jembatan Ampera sebagai ikon kota mereka, maka Kabupaten Kampar juga tak mau kalah karena memiliki jembatan yang tak kalah indah yakni Jembatan Water Front City Bangkinang.

Jembatan Water Front City Bangkinang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terbilang baru karena baru diresmikan pada tahun 2016. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit bagi warga Kampar Riau dan sekitarnya.

Jembatan yang memiliki design indah dan megah ini akan nampak lebih memukau ketika sore dan malam hari. Pemandangan lampu jembatan berpadu dengan air dan gelapnya malam akan membuat suasana semakin romantis.
Bagi sobat yang penasaran akan keindahan dari Jembatan Water Front City Bangkinang, maka anda dapat datang langsung ke lokasi yang beralamat di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Danau Koto Panjang (Ulu Kasok)

2. Danau Koto Panjang (Ulu Kasok)

Destinasi wisata ke dua yang tak kalah elok adalah Danau Koto Panjang (Ulu Kasok). Keindahan daori Danau Koto Panjang (Ulu Kasok) ini tak kalah dengan Danau Sentani yang ada di Papua loh.

Kawasan wisata ini digunakan sebagai tempat bersantai dan berpiknik. Jika berminat anda dapat datang kapan saja mulai pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Banyak sekali kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di tempat ini.

Danau Koto Panjang (Ulu Kasok) berlokasi di Pulau Gadang, XIII Koto Kampar, Kampar Regency, Riau 28554. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi nomor telepon 0822-8802-7834.

Masjid Jami' Air Tiris Kampar Riau

3. Masjid Jami’ Air Tiris Kampar

Selain wisata sejarah dan alamnya, Kampar juga memiliki wisata religi yang menentramkan hati. Jika sobat ingin berwisata religi di Kampar Riau maka anda dapat mendatangi Masjid Jami’ Air Tiris Kampar.

Kawasan ini banyak didatangi turis asing maupun turis domestik. Puncak kunjungan wisata religi di Masjid Jami’ Air Tiris Kampar terjadi ketika bulan Puasa Ramadhan dan juga ketika Hari R tay a Idul Adha.

Candi Muara Takus Kampar Riau

4. Candi Muara Takus Kampar Riau

Ini nih tempat wisata yang sudah mimin singgung di awal artikel yakni tentang wisata sejarah Candi Muara Takus Kampar Riau. Obyek wisata ini cukup populer tak hanya di Kabupaten Kampar saja.

Candi ini merupakan candi Budha yang berukuran 74 x 74 meter. Bangunan yang didirikan sejak zaman kerajaan Sriwijaya ini berbahan batu putih. Jika sobat penasaran akan keindahan tempatnya maka anda wajib banget datang kemari.

Lokasi dari Candi Muara Takus yakni di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar. Jika anda bertolak dari Kota Pekanbaru maka jaraknya kurang lebih 135 km.

Candi Muara Takus Kampar Riau

5. Museum Kandil Kemilau Emas

Tempat wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi ketika berada di Kampar Riau adalah Museum Kandil Kemilau Emas. Apasih kelebihan dari Museum Kandil Kemilau Emas ini ?

Museum Kandil Kemilau Emas memiliki keunikan tersendiri dari segi bangunannya. Bangunan dari Museum Kandil Kemilau Emas berbentuk Rumah Adat Lima Koto Kampar. Bangunan ini dibangun sejak tahun 1900 oleh Alm. Haji Hamid.

Kawasan wisata sejarah ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 22 Mei 1988. Museum Kandil Kemilau Emas berlokasi di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Artikel lainnya :

Kawah Bulan Sabit di Puncak Gunung Merapi Jawa Timur | Keindahan Sisi Lain dari Kawah Ijen
Wisata Telaga Serangan Magetan Jawa Timur | Spot Indah di Kaki Gunung Lawu
Wana Wisata Ciherang Tanjungsari | Kampung Wisata yang Menyajikan Fasilitas Lengkap

Inilah Daftar Wisata di Kampar Riau Terbaru dan Paling Popoler yang wajib anda kunjungi. Simak terus artikel paling ngehits dan kekinian lainnya hanya di Wisatabagus.net, karena kami akan terus memparbaharui artikel-artikel wisata dari berbagai daerah di Indonesia 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *