7 Daftar Wisata di Jember Jawa Timur Paling Ngehits dan Wajib di Kunjungi

Posted on

Wisata di Jember Jawa Timur | Beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi wisata yang cukup kaya, baik berupa wisata alam, kuliner, budaya maupun sejarahnya. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi yang cukup bagus yakni Jember.

Tentu daerah Jember sudah tak asing lagi kan bagi sobat traveller? Meski belum terkenal dari segi pariwisatanya, namun tak ada salahnya kan mencoba untuk mengexplore wilayah ini. ๐Ÿ™‚ Yuk langsung saja kita simak pengulasanya berikut ini.

Wisata Di Jember Jawa Timur

Wisata di Jember Jawa Timur

Jember mulai diresmikan menjadi sebuah Kabupaten atau Kota pada 1 Januari 1929. Daerah yang beribukota di Jember ini memiliki luas wilayah sekitar 3.293,34 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 2.332,726 jiwa pada sensus penduduk tahun 2010.

Secara administratif Jember berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di bagian Utara, Kabupaten Bnayuwangi di sebelah Timur, Samudera Hindia disebelah Selatan serta kabupaten Lumajang di bagian Barat.

Kabupaten Jember terbagi dalam 31 Kecamatan dan 244 kelurahan yang saat ini (2016) dipimpin oleh seorang Bupati yakni dr. Hj. Faida, MMR. Dari topografy nya Kabupaten Jember berdiri pada ketinggian 0 hingga 3.330 meter diatas permukaan laut.

Sedangkan untuk iklimnya sendiri hampir sama dengan daerah lainnya yang berada di Provinsi Jawa Timur yakni beriklim tropis. Suhunya berkisar antara 23 derajat Celcius hingga 32 derajat Celius.

Daerah yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Timur ini merupakan dataran rendah dengan titik terluar Pulau Barong. Di Pulau ini terdapat salah satu obyek wisata yang cukup terkenal yakni Taman Nasional Meru Betiri.

Tak hanya terdapat Taman Nasional Meru Betiri saja, masih banyak tempat wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah daftar tempat wisata di Jember yang paling menarik.

Taman Nasional Meru Betiri Jember Jawa Timur

1. Taman Nasional Meru Betiri

Jika berkunjung ke daerah Jember pertama kali yang harus anda kunjungi adalah Taman Nasional Meru Betiri. Karena tempat ini merupakan surganya flora dan fauna yang unuk dan langka. Taman Nasional Meru Betiri dibentuk agar menjadi wadah bagi flora dan fauna yang dilindungi untuk berkembang biak.

Taman Nasional Meru Betiri berada pada ketinggian antara 900 hingga 1.223 meter diatas permukaan laut. Nama ini diambil dari nama Gunung yang tertinggi didaerah tersebut yakni Gunung Betiri. Sebenarnya Taman Nasional Meru Betiri terletak di dua wilayah Kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember yakni diwilayah kecamatan Pesanggrahan provinsi Jawa Timur.

Tempat ini diresmikan oleh Menteri Pertanian pada tahun 1982 dengan luas wilayah sekitar 58.000 hektar. Beberapa fauna unik yang dilindungi berjenis mamalia dan unggas. Satwa tersebut diantaranya kera ekor panjang, harimau jawa, macan tutul, kucing hutan, rusa, merak, penyu belimbing dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk floranya terdapat setidaknya 27 jenis anggrek yang ada di Taman Nasional Meru Betiri ini.

Terdapat dua jalur untuk dapat menuju ke lokasi wisata ini yakni melalui Banyuwangi dan melalui Jember.

Berikut ini adalah rute yang harus anda tempuh :

  • Banyuwangi > Jajag > Pesanggrahan > Sungai Lembu > Kandangan > Sarongan > Pantai Rajegwesi > Sumbersuko > Sukamade.
  • Jember > Ambulu > Tempurejo > Curahnongko > Andongrejo > Bandealit.

Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Jember Jawa Timur

2. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

Pantai Pasir Putih Malikan merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di Jember. Mengapa tak boleh dilewatan ? Yups karena sudah tentu pantai ini memiliki segudang kelebihan.

Pantai yang sering disingkat dengan Papuma ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Ciri khas dari pantai ini adalah bebatuan karangnya yang besar dan kokoh, batu karang ini terhampar disepanjang pantai. Keindahanya akan nampak ketika ombak mulai mengempas batu karang sehingga menyuguhkan percikan air yang cantik.

Setidaknya terdapat tujuh batu karang besar yang nampak membentuk seperti sebuah pulau kecil. Batu-batu ini juga memiliki nama sesuai dengan bentuknya yakni Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Nadara, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang dan Pulau Kodok.

Keeksotisan Pantai Papuma tidak hanya terletak pada keindahan panorama alam, ombak dan batu karangnya saja tetapi juga pada kelezatan kulinernya. Di pantai ini sobat dapat mencicipi lezatnya ikan bakar kakap merah, kapuran kerapu, doran dan masih banyak lagi yang lainnya. Pengunjung hanya perlu memesan sesuai selera. Untuk harganya hanya Rp.60.000,- saja per kilo nya. Cukup murah bukan? Yuk cicipi kelezatan kuliner di Pantai Papuma Jember ๐Ÿ™‚

Baca Juga :ย 5 Tempat Wisata di Pacet MojokertTelaga Sunyi Baturaden โ€“ Spot Terbaik di Baturaden Untuk Mencari Ketenangano Paling Populer

Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur

3. Pantai Watu Ulo

Tak jauh dari Pantai Pasir Putih Malikan terdapat juga obyek wisata pantai yang tak kalah menarik yakni Pantai Watu Ulo. Disebut dengan Watu Ulo artinya batu ular karena hal ini mengacu pada bebatuan yang memanjang dari pesisir hingga pantai ke laut.

Keindahan Pantai Watu Ulo mengacu pada deretan pualu kecil ditengah laut yang memanjang serta gunung-gunung yang berbaris disepanjang pantai. Pemandangan yang cukup langka ini menjadi daya tarik tersedniri bagi Pantai Watu Ulo. Bebatuan disepanjang Pantai Watu Ulo nampak bersisik dan memanjang seperti seekor ular.

Sama halnya dengan Pantai Malikan, Pantai Watu Ulo juga sangat ramai ketika akhir pekan ataupun hari libur. Tempat ini juga sangat populer bagi masyarakat Jember, Jawa Tengah. Keunikan dari pantai ini adalah ketika moment tertentu yakni tanggal 1 hingga 10 syawal diadakan acara hiburan dan juga penjualan hasil kerajinan oleh nelayan.

Ada juga upacara yang cukup unik yakni upacara “Larung Sesaji” atau yang disebut dengan Upacara petik laut yang diadakan setiap tanggal 7 Syawal. Upacara ini dimaksudkan sebagai ucapan rasa syukur terhadap berkah yang diberikan tuhan. Pada upacara ini seluruh nelayan bersama-sama melarungkan sesaji ke laut. Pasti sobat sudah sering kan melihat upacara ini di acara televisi ๐Ÿ™‚

Pantai Watu Ulo berada di Desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu, Jember. Jika sobat berangkat dari Pusat Kota Jember berjarak sekitar 40 kilometer. Lokasi ini dapat ditempuh dengan dua jalur yakni dari Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Banyuwangi.

Kolam Renang Niagara Water Park

4. Kolam Renang Niagara ( Niagara Water Park )

Berlibur bersama keluarga dengan menghabiskan waktu di kolam renang menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. Alasan ini lah yang menjadikan kolam renang sebagai destinasi wisata terfavorit bagi keluarga. Di daerah Jember khususnya sobat dapat menemukan kolam renang yang cukup unik yang disebut dengan Kolam Renang Niagara.

Niagara Waterpark terletak di kaki bukit sehingga menyuguhkan suasana yang cukup sejuk. Berdiri pada lahan seluas enam hektar Kolam Renang Niagara mampu memberikan hiburan dan wahana yang cukup banyak. Banyaknya wahana air yang seru ini mampu membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini.

Kolam Renang Niagara dibagi dalam tiga jenis yakni kolam untuk anak-anak, kolam renang untuk remaja dan kolam renang untuk orang dewasa. Ketiga kolam renang ini memiliki tinggi air yang berbeda-beda sesuai dengan namanya.
Fasilitas yang disediakan oleh Niagara Waterpark cukup lengkap seperti cafe yang menyajikan makanan lezat.

Terdapat pula sejenis panggung hiburan yang menyuguhkan tarian dan musik- musik tradisional. Untuk fasilitas umum seperti tempat ibadah dan juga ruang bilas sudah dibangun dengan sangat memadahi.

Yuk ajak buah hati anda untuk bermain air di Kolam Renang Niagara yang beralamat di Desa Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Akses jalan yang cukup baik serta lokasinya yang cukup strategis mampu memikat banyak pengunjung setiap harinya.

Air Terjun Tancak Jember Jawa Timur

5. Air Terjun Tancak

Selain obyek wisata pantai Jember juga memiliki wisata air terjun yang menyuguhkan pemandangan ciamik. Obyek wisata yang cukup digemari kawula muda ini cukup menarik untuk dibahas. Yuk langsung saja check keindahan Air Terjun Tancak milik Jember, Jawa Timur.

Air Terjun Tancak menjadi obyek wisata andalan milik Jember karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Air terjun ini memiliki ketinggian 82 meter dengan debit air yang cukup besar yakni sekitar 150 meter kubik perdetik. Jalur pendakian cukup aman dengan medan yang juga menantang sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan.

Kawasan ini memiliki pepohonan yang cukup rindang dengan suasana yang sejuk. Letaknya sekitar 16 kilometer ke arah Barat Daya Kabupaten Jember tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti. Kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 30 menit jika sobat berangkat dari Pusat Kota Jember.

Baca Juga :ย Pesona Wisata Pulau Seribu Jakarta Yang Memikat

Pemandian Patemon Jember Jawa Timur

6. Pemandian Patemon

Jika sobat suka berendam atau bermain air boleh datang ke Pemandian Potemon Jember. Ajak serta seluruh keluarga untuk menikmati relaksasi mata air pegunungan. Sudah tentu kesegaran akan dirasakan ketika berendam ataupun mandi di tempat ini karena airnya bersumber langsung dari Gunung Argoporo.

Kawasan ini berada sekitar 500 meter diatas permukaan laut, nuansa yang disuguhkan sangat asri dengan panorama alam yang mengagumkan. Pemandian yang cukup populer di Jember ini sangat ramai ketika akhir pekan dan waktu liburan tiba. Yuk datang ke Pemandian Potemon yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pusat Kota Jember.

Puncak Rembangan Jember Jawa Timur

7. Puncak Rembangan

Layaknya Kabupaten atau Kota yang lain di Indonesia, Jember juga memiliki kawasan wisata dengan view Kota seperti kawasan Bukit Bintang yang berada di Yogyakarta. Terletak di Kawasan Puncak Rembangan, kawasan ini menyuguhkan nuansa romantis Kota Jember.

Melihat view Kota Jember dari Ketinggian tentu akan sangat mengagumkan terlebih ketika malam hari. Karena ketika malam hari Puncak Rembangan memberikan kesan romantis dan juga dramatis ehh :D. Kerlap kerlip lampu Kota Jember yang berpadu dengan keheningan malam menjadi kombinasi yang sangat sempurna. Tak heran jika kawasan ini menjadi ngehits dan populer.

Penatnya rutinitas yang anda jalani akan terobati dengan berkunjung ke tempat wisata yang sangat ciamik ini. Nuansa yang disuguhkan segar dan sejuk khas pegunungan karena berada pada ketinggian 650 meter diatas permukaan laut.

Akses yang cukup mudah serta jaraknya yang tak jauh dari pusat kota menjadi alasan tersendiri bagi pegunjung. Ingin menikmati keindahan Puncak Rembangan bersama keluarga, teman atau pasangan? Yuk datang langsug ke alamat Kemuning Lor, Ajasa, Jember, Jawa Timur.

Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kaya akan wisata pantai. Pantai-pantai cantik dan juga indah terlahir di selatan Kota Jember. Meskipun tidak seterkenal pantai Selatan lainnya. Namun beberapa dari mereka mampu bersaing untuk memikat ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Tetap simak kami di Wisatabagus.net yaa ๐Ÿ™‚ karena kami akan terus menyajikan info wisata menarik dari berbagai daerah di Indonesia. Selamat berlibur, semoga aktivitas wisata anda menyenangkan. Assalamualaikum..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *