Wisata Danau Ranu Kumbolo Mahameru, Keindahan yang Sempurna

Posted on

Wisata Danau Ranu Kumbolo

Wisata Danau Ranu Kumbolo Mahameru, Keindahan yang Sempurna

Wisata Danau Ranu Kumbolo Mahameru – Bagi pecinta adventure tentu sudah tak asing lagi dengan obyek wisata Ranu Kumbolo. Keeksotisan danau yang terletak di kaki Gunung Semeru ini sudah sangat tersohor bahkan hingga ke Mancanegara. Ranu Kumbolo merupakan salah satu obyek wisata yang tak boleh dilewatkan ketika sobat berkunjung ke Jawa Timur. Bagaimana sih keindahan Ranu Kumbolo? Yuk simak pegulasan selengkapnya šŸ™‚

DeskripsiĀ Danau Ranu Kumbolo

Deskripsi Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan salah satu wisata yang cukup ngehits di Daerah Lumajang. Obyek wisata yang memiliki luas area sekitar 15 hektar ini masih termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berada pada ketinggian 2.400 meter kawasan ini menyuguhkan suasana yang cukup sejuk dan segar. Karena letaknya di Gunung Semeru sudah tentu sobat harus mendaki terlebih dahulu jika ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo.

Sebelum mendaki Gunung Semeru pengunjung harus menyiapkan fisik, mental, perbekalan serta sarana dan prasarana yang lengkap. Karena untuk dapat sampai ke Ranu Kumbolo bukanlah perkara yang mudah. Stamina dan fisik yang sehat sangat diperlukan mengingat perjalananya cukup berat. Perjuangan yang cuup berat tidak menyurutkan minat wisatawan yang berkunjung. Bahkan jumlah pengunjung terus meningkat dari tahun ke tahun.

Danau Ranu Kumbolo merupakan sumber air tawar yang memiliki debit air yang cukup besar. Air milik danau ini belum pernah surut sehingga bagi para pendaki yang membutuhan air bersih mereka biasa datang kekawasan ini. Lokasinya yang cukup landai memungkinkan pendaki untuk mendirikan tenda. Kawasan ini menjadi tempat bertemunya para pengunjung yang menjadi Gunung Semeru.

Sunrise di Ranu Kumbolo cukup eksotis sehingga sangat menarik untuk disaksikan. Mentari akan muncul disela-sela bukit dan terpancar selaras dengan beningnya air danau. Suasana yang sejuk dan segar turut mengimbangi keindahan panorama alam yang dimiliki Ranu Kumbolo. Banyak pendaki yang sengaja menginap hanya untuk menyaksikan matahari terbit di pagi hari.

Misteri Bukit Cinta Danau Ranu Kumbolo

Mitos Bukit Cinta Danau Ranu Kumbolo

Di sebelah danau terdapat sebuah bukit yang disebut dengan “Bukit Cinta”. Bukit ini juga memiliki mitos yang cukup terkenal, konon jika mendaki bukit ini dengan memikirkan seseorang yang kita cintai tanpa menoleh kebelakang maka kita akan bahagia bersamanya. Namun untuk mendaki tanpa menoleh kebelakang merupakan hal yang tidak mudah. Karena semakin tinggi mendaki, semakin bagus panorama alam yang disuguhkan.

Selain bukit terdapat pula prasasti peninggalan pada masa Kerajaan Majapahit dan juga tugu peringatan. Tugu peringatan ini merupakan tugu yang dibangun yang digunakan sebagai peringatan bagi mereka yang meninggal sewaktu melakukan pendakian ke Puncak Mahameru.

Lokasi Danau Ranu Kumbolo

Lokasi Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo merupakan danau yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru.

JalurĀ Perjalanan keĀ Ranu Kumbolo

Jalur Perjalanan ke Ranu Kumbolo

Terdapat dua jalur pendakian yang dapat ditempuh untuk mencapai Danau Ranu Kumbolo. Jalur pertama melalui Watu Rejeng dan jalur kedua melalui Bukit ayek-ayek. Jalur Watu Rejeng lebih mudah ditempuh namun membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga cocok bagi pendaki pemula. Sedangkan jika melalui Bukit Ayek-ayek lebih cepat hanya saja jalannya cukup curam dan berbahaya.

Rute Perjalanan keĀ Ranu Kumbolo

Jika sobat mengunjungi Danau Ranu Kumbolo dari Kota Lumajang, Jawa Timur sobat dapat menaiki transportasi umum bus jurusan Kencong atau Ambulu, turun di Kota Baru atau Klojen. Kemudian sobat dapat menaiki angkutan kota jurusan Senduro. Dari Pasar Senuro pengunjung dapat menyewa mobil Jeep untuk mengantarkan anda ke Ranu Kumbolo.

Tiket Masuk Danu Ranu Kumbolo

Untuk dapat menikmati wisata pendakian menuju ke Ranu Kumbolo berikut adalah perkiaan biaya yang harus anda keluarkan. Pertama-tama pengunjung harus membuat surat izin di Gubuklakah dengan biaya Rp.6000,- Tiket masuk Rp.2000,- per orang dan asuransi Rp.2000,- per orang. Surat izin dapat digunakan maksimal untuk 10 orang. Sedangkan bagi anda yang membawa tenda akan dikenakan biaya tambahan Rp.20.000,- dan kamera Rp.5000,- Rp.10.000,- per orang.

Dokumen yang perlu disiapakan sebelum mendaki:

  • Fotocopy KTP 3 Buah
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  • Surat Izin yang dapat anda buat di Gubuklakah

 

Foto DanauĀ Ranu Kumbolo Mahameru

Foto Danau Ranu Kumbolo Foto Danau Ranu Kumbolo Sunset di Danau Ranu Kumbolo Foto Danau Ranu Kumbolo

Wisata lainnya :

 

Demikian wisata Ranu Kumbolo yang sangat populer di Jawa Timur. Simak terus update info wisata terbaik dan terpopuler hanya di Wisatabagus.net yaa šŸ™‚

3 thoughts on “Wisata Danau Ranu Kumbolo Mahameru, Keindahan yang Sempurna

  1. view pas sunrise di pagi hari yang keluar di celah bukit itu emang momen yang pas buat ambil gambar dengan secepa mungkin dan sebanyak mungkin karena momen nya cuma sehari sekali aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *