16 Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Surabaya Paling Populer | Wisatabagus.net – Surabaya merupakan Ibukota Jawa Timur, Indonesia. Surabaya adalah kota terbesar ke-dua di Indonesia setelah kota Jakarta. Kota ini terletak 796 km sebelah timur Jakarta atau 415 barat laut kota Denpasar. Kota Surabaya terletak di tepi pantai utara pulau jawa dan berhadapan dengan Selat Madura serta laut Jawa. Kota ini juga menjadi salah satu kota tujuan pendidikan.

Surabaya merupakan kota pahlawan yang memiliki beragam wisata yang menarik. Kebanyakan destinasi wisata dikota ini erat kaitannya dengan sejarah penyebaran agama Islam ditanah Jawa, serta perjuangan nasional Indonesia. Selain itu, Surabaya memiliki wisata alam yang menarik, diantaranya wisata mangrove dan Pantai Kenjeran. Bila anda kebetulan berkunjung ke kota Surabaya, berikut adalah destinasi wisata yang wajib anda kunjungi :

Baca juga : Tempat Wisata di Malang Terbaru

Tempat Wisata di Surabaya

1. Jembatan Suramadu

Wisata Jembatan Suramadu Surabaya
Jembatan Nasiona Suramadu adalah jembatan yang terletak di Selat Sunda. Sesuai dengan namanya jembatan Suramadu menghubungkan kota Surabaya dan Kota Madura. Dengan panjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter, dengan panjang tersebut jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan main bridge (jembatan utama).

Suramadu di resmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Selain menjadi sarana penghubung selat sunda, jembatan ini menjadi ikon dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kota Surabaya. Suramadu memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona ketika sore hari karena keeksotisan senja yang dimilikinya.

Pada malam hari kerlipan lampu yang warna-warni menambah kedindahan jembatan yang dibangun selama enam tahun ini. Kita dapat menikmati keindahan Suramadu dari atas jembatan maupun dari bawah jembatan. Untuk menikmati keindahan jembatan Suramadu dari bawah kita dapat menaiki perahu khusus yang akan mengantarkan berkeliling selama kurang lebih 1 jam. Perahu ini dapat memuat hampir 20 penumpang dengan beberapa fasilitas seperti pelampung.

Karena masih terbilang baru dalam sektor pariwisata, Suramadu masih banyak kekurangan disana-sini. Namun jika anda melewati tempat ini, akan sangat disayangkan jika anda tidak mampir untuk menikmati keindahan jembatan ini pada sore hingga malam hari.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Menapaki Keindahan Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya
Menapaki Keindahan Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya | Foto : kaskus.co.id

Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki ruang terbuka hijau yang sangat luas. Hal ini dikarenakan pemerintah surabaya semakin pro dengan lingkungan. Kota Surabaya memang terkenal dengan kota yang asri, bersih, nyaman dan memiliki banyak taman-taman yang sangat terawat.

Pemerintah Kota Surabaya semakin gencar untuk membangun taman kota, tempat wisata yang murah dan nyaman untuk masyarakat. Selain keberadaan taman kota , pemerintah kota Surabaya juga telah memiliki hutan mangrove yang tak kalah asri.

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan hutan mangrove yang ada di Kota Surabaya. Hutan mangrove ini diharapkan dapat mengurangi abrasi yang terjasi di Pantai Timur Surabaya.

Tempat wisata ini memiliki luas kurang lebih 20 hektar ini terlihat sangat rimbun dan menjadi tempat tinggak yang nyaman bagi 30 species binatang yang dilindungi, salah satunya adalah species kera ekor panjang. Hutan mangrove ini juga terkenal sebagai persinggahan sejumlah species burung pantai.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini anda harus melalui beberapa titik. Titik yang pertama berada dipintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang dapat anda gunakan untuk tempat beristirahat. Dari kawasan ini anda masih diharuskan untuk berjalan ke dermaga, tempat kapal-kapal berada.

Kemudian anda akan diantarkan ke kawasan Hutan mangrove Wonorejo berada. Disepanjang perjalanan menyusuri sungai anda akan dimanjakan dengan aliran sungai yang tenang, dan ditemani oleh hewan liar dan burung-burung yang beterbangan disekitar hutan mangrove.

Bagi para wisatawan diwajibkan membawa bekal yang cukup untuk menuju tempat wisata ini, karena tidak ada penjual makanan di areal wisata ini. Jika anda tidak membawa makanan dari luar, mungkin anda akan kelaparan gengs :D.

Tiket masuk kawasan wisata ini dibanderol dengan harga Rp.25.000,- untuk orang dewasa, dan Rp.15.000,- untuk anak-anak. harga ticket ini sudah termasuk ongkos perahu yang mengantar anda kehutan. Selain menggunakan kapal, anda juga dapat menuju tempat ini menggunakan speedboat dengan harga Rp.300.000,-.

Hutan Mangrove Wonorejo berlokasi di Jl. Raya Wonorejo No. 1 Rungkut, Surabaya. Dari Bandara Internasional Juanda dapat ditempuh dengan waktu 40 menit atau sejauh 17.4 km dari jalan tol Waru-Juanda.

3. Pantai Kenjeran

Wisata Pantai Kenjeran Lama dan Baru Surabaya
Indahnya Pantai Kenjeran Lama dan Baru Surabaya

Pantai Kenjeran terletak di Kacamatan Kenjeran di sebelah timur Surabaya, sekitar 9km dari Pusat Kota. Pantai Kenjeran dibagi menjadi 2 bagian yakni Pantai Kenjeran lama dan Pantai Kenjeran Baru. Kedua pantai kenjeran ini menawarkan suasana yang berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung. Mari kita simak perbedaan dari kedua pantai kenjeran ini.

Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran lama menawarkan pemandangan pasir yang asri lengkap dengan deburan ombaknya. Aktivitas yang dapat anda lakukan dipantai ini adalah bermain pasir sekaligus berenang, menyewa perahu untuk menuju ketengah pantai serta mengunjungi pulau pasir. Jika anda berwisata kepantai ini dengan keluarga tercinta, anda dapat mengajak anak-anak anda untuk ikut bermain karena tempat ini telah disediakan wahana bermain untuk anak.

Bagi anda yang hanya ingin bersantai, anda dapat menggelar tidar dan duduk-duduk dengan keluarga anda sembari menikmati semilir angin dan pemandangan pantai yang asri. Pada Pantai Kenjeran anda tak perlu kuatir jika tidak membawa bekal makanan karena dipantai ini sudah banyak ios-kios yang menyediakan makanan sepeti lobtong kupang dan seafood Bberbeda dengan obyek wisata Hutan Mangrove Wonorejo.

Pantai Kenjeran Baru atau Pantai Ria Kenjeran

Biasanya pantai dihiasi oleh pasir putih yang sangat indah, Pantai Ria Kenjeran ini agak berbeda pantai ria kenjeran tidak berpasir namun berlumpur. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda dapat melakukan banyak hal yang menarik di pantai ini.

Beberapa aktivitas yang sering dilakukan masyarakat adalah berolahraga dipagi hari, bermain badminton, sepakbola atau sekedar berlari-lari disekitar pinggiran pantai. Jika ingin bermain air bersama keluaga anda, Pantai Ria Kenjeran menyediakan waterpark mini. Anda dan keluarga bisa meluncur dari ketinggian 10 meter yang lumayan menguji adrenaline anda.

Bagi anda yang mengajak anak-anak tak perlu khawatir karena waterpark ini memiliki kedalaman berbeda sehingga anak-anak anda dapat berenang dengan aman di wahana ini. Selain itu banyak wahana anak yang disediakan ditempat ini dan bagi anda yang suka memancing, tempat ini menyediakan tempat pemancingan.

Pantai Ria Kenjeran juga terdapat lapangan footsall, lintasan balap, dan juga tersedia penginapan. Dipantai ini juga banyak penjual yang menyediakan makanan. Selain makanan kios-kios souvenir juga sudah banyak tersedia dipantai ini. Waaah banyak sekali yaa fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Ria Kenjeran, anda pasti akan sangat dimanjakan ketika berada dipantai ini.

4. Taman Bungkul

Wisata Taman Bungkul Surabaya
Sejak dipimpin oleh Walikota yang sangat fenomenal Ibu Tri Risma Harini, Kota Surabaya menjadi kota yang sangat asri, memiliki banyak ruang terbuka hijau dan juga taman-taman yang ditujukan agar masyarakat dapat menikmati wisata murah bersama keluarga. Salah satu taman yang sangat menarik untuk kita ulas adalah Taman Bungkul.

Taman Bungkul merupakan taman yang ada di Kota Surabaya yang memiliki suasana yang segar dan asri. Taman Bungkul pernah mendapatkan penghargaan sebagai Taman Terbaik se-Asia dari Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 26 November 2013 di Jepang. Taman Bungkul diambil dari nama Mbah Bungkul yang merupakan julukan dari Ki Supo seorang ulama yang di Kerajaan Majapahit (abad XV), yang juga saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Taman Bungkul sudah seperti jantung kota Surabaya. Taman ini sekarang menjadi taman wisata yang bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara juga sering digelar ini taman ini bagi kegiatan hiburan bagi kegiatan atau kebudayaan.

Dibagian belakang taman, terdapat beberapa warung menawarkan menu khas Surabaya, seperti Rawon, Soto, Bakso dan banyak lagi . Taman bungkul selalu ramai dikunjungi dari pagi hingga malam hari. Taman Bungkul merupakan salah satu tama kebanggaan milik kota Surabaya.

Taman Bungkul berlokasi di Jalan Raya Darmo, Surabaya, taman ini terletak di area sekitar 900 m2 dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amfitiater dengan diameter 33m, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan papan luncur. Selain itu taman ini pula dilengkapi denganakses internet nirkabel. Jika kebetulan singgah ke kota ini, sempatkan untuk berkunjung yaa 🙂

5. Ciputra Waterpark

Wisata Ciputra Waterpark Surabaya
Selain ruang terbuka hijau, Surabaya memiliki wahana air yang tak kalah menyenangkan yakni Ciputra Waterpark. Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata air terbesar di kota Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Dengan luas tersebut wahana air milik Kota Surabaya ini menjadi salah satu wahana air yang terbesar di Indonesia. Ciputra Waterpark berlokasi di Waterpark Boulevard, Citraland di bagian Surabaya Barat. Wahana ini dibangun karena terinspirasi oleh petualangan Sinbad.

Ciputra Waterpark menawarkan berbagai macam wahana menarik yang dapat anda nikmati bersama keluarga diantaranya Roc Tunder Ride, marina Lagoon, Sinpad Playground, Syracuse Beach, Racer Slinder dan masih banyak yang lainnya. Pada akhir pekan dan hari libur, obyek wisata ini dibuka pada pukul 08.00-20.00. Pengunjung tak perlu khawatir karena wahana air ini sangat aman bagi orang dewasa maupun anak-anak.

6. Tugu Pahlawan

Wisata Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan merupakan monumen nasional yang terletak di tengah-tengah kota di Jl. Pahlawan Surabaya. Monumen ini memiliki tinggi 41.15 meter dengan diameter 3.10 meter, berbentuk seperti paku terbalik atau lingga. Tugu pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Berdiri di tanah seluas 1.3 hektar secara administratif berada di wilayah kelurahan alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan Kota Surabaya.

Apabila anda berkunjung ke Surabaya, anda tak boleh melewatkan obyek wisata yang satu ini. Karena di bawah tanah Monumen Tugu Pahlawan terdapat museum yang memiliki foto-foto dokumentasi sejarah kota Surabaya. Obyek wisata ini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat mendidik, anda dapat mengajarkan kepada anak-anak nilai-nilai patriotisme dengan berwisata ke monumen ini.

7. Monumen Kapal Selam

Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya
Selain Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya memiliki Monumen-monumen yang lain, guna mengenang jasa-jasa para pahlawan. Monumen tersebut adalah Monumen Kapal Selam yang disingkat Monkasel ini terletak di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

Terletak ditengah kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal sungguhan milik KRI Pasopati 410, salah satu Armada Angkatan Laut Republik Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Kapal selam ini pernah digunakan untuk membebaskan Irian Barat dari Negara Belanda, pertempuran ini terjadi di Laut Aru.

Baca juga : Teluk Kiluan Lampung – Melihat Lumba-Lumba di Laut Lepas

Kapal selam ini kemudian dibawa ke darat untuk dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Obyek Wisata Monkasel tidak hanya memiliki dokumentasi foto, namun tempat ini juga dapat digunakan untuk memutar film dimana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. S

elain menjadi objek wisata yang menarik karena Monkasel dibuat dari Kapal asli, monumen ini dapat digunakan untuk berwisata murah bersama keluarga, guna mananamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak-anak sejak dini. Mari kita ajarkan kepada anak-anak kita untuk mencintai negerinya, mencintai pahlawan-pahlawan dan mencontoh nilai-nilai partriotisme agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rumah Batik Surabaya

8. Rumah Batik Surabaya

Jika berkunjung ke Surabaya maka sobat wajib untuk mampir ke Rumah Batik Surabaya. Kain Batik yang notabene merupakan kain asli dari Indonesia ini memiliki berbagai corak menarik, begitu pula dengan koleksi yang ada di Rumah Batik Surabaya.

Banyak sekali koleksi batik yang ada di tempat ini karena masing-masing dari kabupaten di Jawa Timur ini memiliki gaya corak yang berbeda. Wajar saja jika motif yang dimiliki sangatlah beragam. Anda akan dimanjakan dengan banyaknya koleksi kain batik karena terdapat ribuan corak atau motif yang ada dilokasi.

Selain menyaksikan koleksi kain batik sobat juga dapat membawa pulang koleksi kain batik yang ada di Rumah Batik Surabaya dengan membelinya. Pengunjung dapat membeli kain batik secara retail maupun grosir. Rumah Batik Surabaya berlokasi di Jalan Tambak Dukuh I No.4 RT.01/RW.09 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

Klenteng Sanggar Agung Surabaya

9. Klenteng Sanggar Agung

Destinasi wisata unik selanjutnya adalah Klenteng Sanggar Agung yang letaknya masih di Kota Surabaya. Klenteng Sanggar Agung merupakan berlokasi di pinggir pantai sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Keistimewaan lainnya dari Klenteng Sanggar Agung adalah dikatakan bahwa Dewi Kwam In pernah menampakkan dirinya di Klenteng ini. Selain ini lokasinya cukup strategis karena tidak jauh dari Pusat Kota maupun pemukiman.

Harga tiket yang dikenakan oleh kawasan ini pun sangat murah yakni hanya Rp.10.000,- saja per mobil per dua orang. Bagi yang tertarik dengan Klenteng Sanggar Agung maka dapat datang kapan saja mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

G-Walk Surabaya

10. G-Walk

Surabaya juga memiliki destinasi wisata kuliner dengan konsep yang unik. Tempat ini disebut dengan G-Walk. G-Walk ini masih termasuk di kawasan Citra Raya Surabaya.

G-Walk merupakan tempat wisata kuliner yang ngehits bagi warga Surabaya. Bisa dibilang bahwa G-Walk ini merupakan tempat nongkrongnya arek-arek Surabaya. Menu yang disuguhkan pun sangat menarik karena tak hanya menyediakan makanan khas Surabaya, namun juga menyediakan menu-menu yang kekinian.

Tempat yang populer ini berlokasi di Jl. Niaga Gapura, Lontar, Sambikerep. G-Walk beroperasi mulai pukul 10 pagi hingga 11 malam. Rute yang perlu anda ambil adalah jalan yang menuju Pakuwon City, terus saja sampai Universitas Surabaya (Unesa), tinggal berbelok ke arah Unesa itu sudah masuk perumahan menuju G-Walk.

Baca Juga : 7 Daftar Tempat Wisata di Sentul Bogor Paling Populer

Kebun Binatang Surabaya ( KBS )

11. Kebun Binatang Surabaya ( KBS )

Kebun Binatang Surabaya atau yang sering disebut dengan Bonbin Surabaya merupakan salah satu ikon wisata Kota Surabaya. Kebun Binatang Surabaya ini sudah ada sejak jaman Belanda dan sudah mengalami perpindahan lokasi sebanyak 3 kali.

Kebun Binatang Surabaya memiliki koleksi sekitar 351 species dengan sekitar lebih dari 2.000 hewan tinggal di tempat ini. Terdapat beberapa species langka yang juga dilindungi di tempat ini. Konsep yang diusung oleh tempat ini adalah pendidikan, penelitian, dan konservasi.

Kawasan ini di buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Harga tiket masuk yang dikenakan oleh Kebun Binatang Surabaya ( KBS ) sangat murah karena hanya Rp.10.000,- saja per orang. Kebun Binatang Surabaya ( KBS ) beralamat di Jalan Setail No. 1 Surabaya, Jawa Timur.

Suroboyo Carnival Park

12. Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park menyuguhkan sensasi wahana mirip dengan pasar malam atau sebuah karnival. Bisa dikatakan bahwa Suroboyo Carnival Park merupakan theme park malam paling besar di Surabaya.

Anda dapat menyenangkan buah hati anda dengan membawanya ke Suroboyo Carnival Park. Karena di kawasan ini disediakan berbagai fasilitas dan wahana menarik. Wahana di tempat ini terbilang lengkap karena tersedia mulai dari wahana yang tenang hingga wahana menantang ada disini.

Obyek wisata Suroboyo Carnival Park berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan. Harga tiket masuk yang dikenakan oleh kawasan ini adalah Rp.60.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp. 80.000 pada akhir pekan.

Kampung Bulak Surabaya

13. Kampung Bulak Surabaya

Selain kampung Bejalen Ambarawa serta Kampung warna-warni Malang, Surabaya juga memiliki kampung warna yakni Kampung Bulak Surabaya. Jika di Malang dan Ambarawa letaknya di pinggiran bantaran kali. Berbeda halnya dengan Kampung Bulak Surabaya letaknya di pinggiran pantai.

Kampung Bulak Surabaya ini letaknya tidak jauh dari Pantai Ria Kenjeran yang terletak di sebelah Utara. Waktu operasional dari tempat ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam. Harga tiket masuk yang dikenakan oleh kawasan ini sangat murah yakni hanya Rp.2.000,- saja.

Yuk kunjungi Kampung Bulak Surabaya yang berlokasi di Bulak, Surabaya, Jawa Timur. Jangan lupa mengabadikan moment di lokasi yang unik ini yaa 🙂

Kebun Bibit Surabaya

14. Kebun Bibit Surabaya

Kota Pahlawan ini memiliki banyak pilihan wisata menarim salah satunya Kebun Bibit Surabaya. Wisata murah meriah ini menyuguhkan berbagai kegiatan dan fasilitas menarik seperti taman bermain anak, taman outbond, kebun jati, jogging track, danau buatan, tempat kuliner dan masih banyak lagi.

Terdapat juga arena outbond yang akan membuat kegiata wisata anda terasa lebih menyenangkan. Kawasan wisata Kebun Bibit Surabaya sangat ramai ketika akhir pekan dan hari libur lainnya. Banyak juga kegiatan sekolah yang memanfaatkan tempat ini sebagai wisata edukasi.

Kebun Bibit Surabaya berlokasi di Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Anda dapat datang kapan saja mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Yuk kunjungi Kebun Bibit Surabaya yang menarik sekarang juga !

Lokasi Pasar Bunga Kayoon Surabaya

15. Pasar Bunga Kayoon Surabaya

Tidak hanya di Bandung yang terkenal akan Kota Bunga. Di Surabaya terdapat Pasar Bunga Terbesar dan Terlengkap yang disebut dengan Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta Florist karena kawasan ini menyediakan tanaman bunga dan tanaman hias dengan berbagai ukuran.

Harga yang diterapkan pun bervariasi sehingga anda dapat memilih sesuai dengan selera. Pasar Bunga Kayoon Surabaya. menyediakan seluruh fasilitas lengkap yang digunakan untuk merawat tanaman seperti batu kerikil, pupuk, pot, sekop dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pasar Bunga Kayoon Surabaya terletak di Jalan Kayoon Surabaya, lokasinya cukup strategis dan mudah ditemukan karena dekat dengan Mall Surabaya serta Monumen Kapal Selam yang populer.

Citra Raya Surabaya

16. Citra Raya Surabaya

Kawasan nongkrong di Surabaya yang sangat populer adalah Citra Raya Surabaya. Citra Raya Surabaya ini menyuguhkan fasilitas yang sangat lengkap yakni lapangan golf, supermarket, sport hall, arena bermain serta tempat ibadah.

Suasana yang disuguhkan oleh Citra Raya Surabaya sangat nyaman dan asri. Pihak pengelola telah menyulap kawasan ini yang tadinya merupakan dataran tandus menjadi sebuah tempat yang elok dan memukau. Daya tarik lain dari tempat ini adalah nuansa khas Singapura yang indah.

Jadi jika ingin berfoto dengan patung singa khas Singapura, anda tak perlu jauh-jauh ke Singapura yaa 🙂 Datang saja ke Citra Raya Surabaya, tempatnya juga tak kalah dengan yang ada di Kota Singapura.

Surabaya merupakan kota yang asri dan memiliki berbagai macam obyek wisata yang tak hanya menyenangkan namun juga sangat mendidik. Jangan lupa ajak keluarga anda utuk berlibur ke kota yang satu ini :). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari obyek wisata yang ingin anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *