7 Daftar Tempat Wisata di Sukabumi Paling Populer

Posted on

Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru – Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki suhu udara yang dingin dan sejuk. Tak heran jika wisatawan dari kota-kota besar berbondong-bondong kemari untuk menikmati liburan mereka. Beberapa kota yang tak pernah sepi pengunjung diantaranya Bandung, Bogor dan Lembang. Daerah-daerah tersebut memang memiliki potensi wisata yang bergitu indah. Namun masih banyak daerah-daerah lain di Jawa Barat yang memiliki kawasan wisata yang tak kalah indah.

Wisata di Sukabumi Jawa Barat

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru

Pada kesempatan ini kami akan mengulas salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki potensi yang sama bagusnya. Daerah tersebut adalah Sukabumi, pasti sobat sudah sering mendengar nama daerah yang satu ini kan? yuk langsung saja kita lihat rangkuman selengkapnya.

Sukabumi adalah sebuah Kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Palabuhanratu dan merupakan Kabupaten terluas ke dua di Pulau Jawa. Berdasarkan letak Geografisnya Kabupaten Sukabumi berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor di Utara, Kabupaten Cianjur di Timur, Samudera Hindia di Selatan, serta Kabupaten Lebak di bagian Barat. Kota ini dihuni sekitar dua setengah juta jiwa dengan luas area 4.128 kilometer persegi.

Untuk pembagian wilayahnya Sukabumi terbagi atas 47 kecamatan dengan 364 desa dan 4 kelurahan. Dari segi wisatanya Sukabumi memiliki beberapa wisata curug dan pantai yang sangat indah. Ingin mengetahui seberapa indah curug dan pantai di Sukabumi? Mari kita lihat ulasan selengkapnya di bawah ini.

Wisata lain : Tempat Wisata di Magelang Terbaru

Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

  1. Curug Awang

Wisata Curug Awang di Sukabumi
PEsaona Curug Awang dari Kejauhan | Foto : inisukabumi.com

Curug Awang disebut-sebut oleh masyarakat sekitar sebagai Niagara Mini dari Ciletuh Geopark. Obyek wisata ini terletak di Kawasan Taman Bumi Ciletuh desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Aliran air terjun ”Curug Awang” berasal dari sungai Ciletuh. Nama “Awang” diambil dari bahasa Sunda yang berarti angkasa. Nama awang disematkan pada curug ini karena letak air terjun ini yang berada pada urutan paling tinggi diantara air terjun-terjun yang lain.

Kelebihan dari Curug Awang adalah panorama alamnya yang berbeda dengan curug-curug yang lain. Jika biasanya curug hanya memiliki lebar beberapa meter di Curug Awang memiliki lebar 60 meter dan ketinggian 40 meter. Luas aliran yang lebar ini dipadukan dengan keindahan dinding batu alam yang berwarna cokelat kemerahan.

Pada musim penghujan Curug Awang nampak begitu mempesona. Debit air akan sangat deras hingga menutupi keseluruhan tebing dari ujung hingga keujung yang lain. Karena keunikanya inilah Curug Awang disebut Niagara Mini.

Untuk dapat meeksotisan Curug Awang dapat dilihat dari atas maupun bawah tebing, pengunjung hanya dikenai retribusi sebesar Rp.3000,- s/d Rp.5000,- Rute menuju kawasan obyek wisata ini tidak terlalu sulit hanya saja agak jauh jika ditempuh dari Kota Bandung ataupun Jakarta.

Jika dari Sukabumi saja membutuhkan waktu hingga 3-4 jam, maka dari Kota Bandung atau Jakarta pengunjung harus menempuh waktu 8-10 jam perjalanan. Akses ke lokasi ini dapat ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat. Karena karakeristik Curug Awang yang sangat khas, lokasi wisata ini menjadi destinasi wisata terfavorit bagi masyarakat Sukabumi.

  1. Pantai Cimaja

Wisata Pantai Cimaja di Sukabumi
Pantai Cimaja di Sukabumi, Surganya Peselancar | Foto : Instagram/@tompelzz via visitsukabumi

Jika berwisata ke pantai tak lengkap rasanya jika tidak melakukan selancar apalagi jika pantai tersenut memiliki ombak yang cukup besar. Bagi pecinta surfing wisata pantai yang satu ini perlu sekali untuk anda coba. Karena pantai ini merupakan salah satu surganya peselancar yang ada di daerah Sukabumi. Pantai yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Tengah. Jika bertolak dari Jakarta, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 5 jam menuju ke obyek wisata ini, dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer.

Pantai Cimaja baru terkenal beberapa tahun yang lalu, yang kemudian digadang-gadang akan menyaingi pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Kelebihan lain dari Pantai Cimaja adalah suasananya yang masih sepi dan asri. Pantai ini masih sangat bersih, dan airnya juga sangat jernih.

Dipinggiran pantai berhiaskan batu kali yang berbentuk bulat serta keindahan panorama pasir putih di pantai ini menjadikan pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi. Di Pantai Cimaja ini juga sering diadakan event surfing nasional yang di ikuti oleh pecinta surfing dari berbagai daerah.

Waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Cimaja adalah pada musim panas yakni sekitar bulan Mei hingga bulan Oktober. Jadi bagi para pecinta surfing jangan sampai melewatkan obyek wisata yang satu ini yaa 🙂

  1. Situ Gunung

Wisata Situ Gunung di Sukabumi
Indahnya Situ Gunung di Sukabumi | Foto : flickr.com

Sukabumi memang tak sepopuler Bandung dan Bogor, namun tak ada salahnya mengunjungi Kota yang satu ini karena Sukabumi juga memiliki obyek wisata yang sangat unik dan menarik. Salah satu obyek wisata yang menarik di Sukabumi adalah Situ Gunung. Situ Gunung adalah danau buatan yang keindahanya tak dibuat-buat loh gengs 😀 Obyek wisata ini masih termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Danau ini berada pada ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut dan membuat suasana di kawasan ini menjadi sangat sejuk dan segar.

Karena letaknya yang berada di kaki gunung, sobat sudah bisa membayangkan kan betapa indahnya suasana dikawasan ini. Lokasi ini dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat. Sehingga akan membuat pemandangan sekitar Situ Gunung begitu hijau dan menyejukan mata.

Selain memiliki pesona yang luar biasa,  Situ Gunung memiliki akomodasi dan transportasi yang sangat lengkap. Di kawasan wisata ini terdapat Camping Ground yang bisa digunakan untuk berkemah. Jika ingin menginap, Situ Gunung juga telah menyediakan Villa dan losmen yang disewakan. Pasti akan sangat menyenangkan mendirikan kemah di kawasan kaki gunung yang memiliki pemandangan alam yang mempesona.

  1. Curug Cibeureum

Wisata Curug Cibeureum di Sukabumi
Indahnya Curug Cibeureum di Sukabumi | Foto : sky-adventure.com

Obyek wisata yang selanjutnya masih seputaran air terjun. Sukabumi memang banyak memiliki potensi wisata berupa curug. Curug-curug di Sukabumi menyajikan suasana alam yang begitu asri. Oleh karena itu jika berkunjung ke Sukabumi jangan lupa untuk berwisata ke curug-curugnya yang sangat eksotis. Keindahan dan suasana sekitar curug menjadikan obyek wisata ini menjadi yang paling di gemari terutama bagi yang memiliki jiwa petualang. Salah satu curug di Sukabumi yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Cibeureum.

Curug Cibeureum merupakan curug yang masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas, tepatnya di Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 2.6 kilometer atau setara dengan satu jam berjalan kaki dari gerbang masuk Taman Nasional. Sedangkan jika bertolak dari Jakarta  dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan jarak sekitar kurang lebih 100 kilometer.

Bagi penyuka adventure, Curug ini menjadi destinasi terfavorit karena disepanjang perjalanan curug ini, traveler akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menarik dan juga beberapa pos peristirahatan yang sengaja di bangun oleh pihak pengelola. Selanjutnya anda juga akan menyaksikan keindahan Talaga Biru yang memiliki luas 0.25 hektar. Keindahan dari air danau yang berwarna kebiru-biruan ini akan sangat memanjakan mata anda.

Setelah berjalan sekitar 2 kilometer pengunjung akan melewati jembatan yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang tertata rapi di atas Rawa Gayonggong. Setelah melewati jembatan ini, pengunjung akan melalui trek bebatuan yang menarik. Kemudian setelah berjalan sekitar 15 menit pengunjung akan menjumpai pemandangan indah dari Curug Cibeureum. Dengan suguhan pemandangan yang menakjubkan disepanjang perjalanan menuju Curug Cibeureum tentu membuat traveller ingin kembali lagi dan lagi.

Setibanya di Curug Cibeureum pengunjung akan merasakan suasana yang amat berbeda dari suasana perkotaan yang begitu melelahkan.  Lokasi wisata ini menyuguhkan nuansa yang damai, hening, dan menantramkan hati. Hijaunya pepohonan sekitar Curug Cibeureum membuat lokasi ini kian apik.

Suara gemercik air terjun dan kicauan burung-burung semakin melengkapi keeksotisan Curug Cibeureum ini. Dengan suguhan pemandangan yang menakjubkan disepanjang perjalanan serta keeksotisan air Curug Cibeureum tentu membuat pengunjung ketagihan dan ingin kembali lagi ke lokasi wisata ini.

  1. Bukit Panenjoan

Wisata Bukit Panenjoan di Sukabumi
Panorama Bukit Panenjoan di Sukabumi | Foto : [email protected]

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki karakteristik dan letak goegrafis yang berbeda-beda. Oleh karena itu potensi masing-masing daerah pun berbeda. Karena sebagian wilayahnya terletak di dataran tinggi maka obyek wisata di Sukabumi pun banyak terdiri dari pegunungan, air terjun dan bukit.

Hampir mirip dengan Bukit Bintang di Yogyakarta, di Bukit Panenjoan pengunjung juga dapat melihat keindahan seluruh kota. Bedanya jika di Bukit Bintang pengunjung akan melihat keindahan Kota Jogja, maka jika di Bukit Panenjoan pengunjung akan melihat keindahan wisata di Kota Sukabumi. Secara administratif Bukit Panenjoan terletak di Desa  Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Disebut Bukit Panenjoan karena nama bukit ini berasal dari kata “Tenjo” yang berarti melihat. Kemudian jika diartikan secara harfiah maka Bukit Panenjoan dapat diartikan sebagai “bukit yang digunakan sebagai tempat untuk melihat”.

Dari lokasi ini wisatawan dapat melihat bentang alam dari seluruh peta Ciletuh Geopark mulai dari tebing, lautan, pantai, hutan, air terjun, perumahan warga, dan juga persawahan. Dari Bukit Panenjoan ini anda dapat melihat 3 desa sekaligus yakni Desa Ciwaru, Desa Mandra jaya, dan Desa Mekar Sakti. Secara Morfology bukit ini berbentuk seperti tapal kuda dan mirip sebuah mangkuk dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Bukit Panenjoan juga meyuguhkan keindahan Samudera Hindia dan menampakan indahnya lekukan dari pesisir Pantai Palangpang lengkap dengan pulau-pulau kecil disekitarnya. Jika cuaca sedang bagus-bagusnya pengunjung juga dapat melihat keindahan air terjun yang tergambar jelas turun dari tebing tinggi milik kawasan Geopark Ciletuh. Akomodasi dan fasilitas Bukit Panenjoan sangat lengkap. Area parkir, toilet, mushola, bahkan penginapan pun telah disediakan oleh pihak pengelola. Jadi tak ada alasan lagi kan untuk tak berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini?

  1. Goa Buniayu

Wisata Goa Buniayu di Sukabumi

Meski tak seterkenal daerah lain yang ada di Jawa Barat, namun Sukabumi menawarkan keanekaragaman obyek wisata yang sangat unik. Obyek wisata yang tak semua daerah memiliki nya adalah obyek wisata Goa. Obyek wisata Goa memang tidak diminati oleh banyak kalangan.

Namun bagi yang memiliki nyali besar, obyek wisata ini termasuk yang paling banyak di cari. Di daerah Sukabumi memiliki obyek wisata yang sangat menantang ini loh gengs, masyarakat sekitar menyebutnya Goa Buniayu. Tak perlu kuatir jika ingin mencoba obyek wisata yang satu ini karena di lokasi ini sudah terdapat pemandu yang siap menemani perjalanan anda. Yuk langsung saja kita telisik obyek wisata Goa Buniayu.

Jika ingin mengunjungi lokasi wisata yag menantang ini, traveler harus, kudu dan mesti mempersiapkan stamina, sarana dan prasarana yang harus digunakan, dan tak lupa pula berdoa yaa 😀 hehe. Karena untuk menelusuri keindahan Goa Buniayu pengunjung akan memakan waktu sekitar 5 jam dengan medan yang cukup menguras energi. Medan di Goa Buniayu tak hanya berupa jalan lurus saja, pengunjung akan melewati danau berlumpur, melewati tumpukan batu, memanjat tebing dan masih banyak lagi.

Pasti sangat seru ya bisa mengintip ke perut bumi melalui Goa Buniayu. Di sana pengunjung akan disuguhi oleh keindahan stalagmit dan stalagtin yang sudah trbentuk dalam kurun waktu yang sangat lama. Dari goa ini pengunjung juga akan banyak belajar dari pemandu mengenai ekosistem dari Goa Buniayu.

Goa Buniayu ini terbagi dalam 3 Zona yang berbeda yakni Zona Terang, Zona Senja dan Zona Gelap. Masing-masing zona ditinggali oleh biota yang berbeda. Di dalam goa ini pengunjung akan melihat ornamen-ornamen yang sangat indah, ada yang berbentuk seperti air terjun, ada pula yang berbentuk seperti bulatan-bulatan kecil. Keindahan dari Goa Buniayu tentu sudah tidak di ragukan lagi. Di lokasi ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film “Si Buta dari Goa Hantu” loh guys. Bagaimana tertarik untuk mencoba berkunjung ke tempat ini ?

  1. Taman Rekreasi Salabintana

Wisata Taman Rekreasi Salabintana di Sukabumi
Bersantai di Taman Rekreasi Salabintana Sukabumi | Foto : inisukabumi.com

Obyek wisata yang paling banyak dikunjungi biasanya yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Selain biaya yang dikeluarkan cukup murah, pengunjung tak perlu manghabiskan banyak energi. Obyek wisata murah dan paling pas untuk keluarga adalah taman rekreasi. Warga Sukabumi biasanya mengajak keluarga mereka untuk berlibur ke Taman Salabintana ketika akhir pekan. Maka tak heran jika taman ini sangat ramai ketika akhir pekan.

Taman Rekreasi Salabintana memiliki nuansa yang hijau dan sejuk. Disekitaran lokasi ini terdapat hutan pinus yang menjulag tinggi. Di sini juga terdapat kolam renang loh, jadi selain menikmati suasana alam yang asri pengunjung juga dapat bermain air sepuasnya.

Beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh Taman Rekreasi Salabintana adalah penginapan, villa dan hotel, area parkir, tempat ibadah, toilet, camping ground dan playground. Bagi yang ingin menikmati wisata kuliner atau sekedar jajan, disini juga sudah tersedia kuliner serta oleh-oleh. Lokasi wisata ini terletak di Kaki Gunung Gede Pangrango dan dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Pusat Kota. Ajaklah keluarga anda untuk berkunjung kemari yaa 🙂 dan dapatkan kesan yang tak akan terlupakan.

Sukabumi memiliki destinasi wisata yang tak kalah dengan daerah-daerah lain di Jawa Barat. Curug-curug indah juga terlahir dari tebing-tebing yang ada di Sukabumi. Yuk ekplore Sukabumi agar potensi wisata di daerah ini tidak di anggurkan begitu saja. Karena jika bukan kita siapa lagi ? Jika bukan sekarang kapan lagi ?

Baca juga : Pantai Nglambor Wonosobo | Tempat Wisata Snorkeling Terindah di Gunung Kidul Jogja

Demikianlah beberapa daftar wisata yang Wisatabagus.net sarankan jika anda ingin berkunjung ke Sukabumi, Jangan lupa ajak partner travelingmu yaa agar liburanmu makin berkesan 😀 hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *