17 Tempat Wisata di Semarang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Semarang Terbaru – Semarang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang berpusat di Kota Semarang dan merupkan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Walaupun Semarang tidak seterkenal kota kota metropolitan lainnya namun Semarang merupakan kota terbesar ke 5 setelah  Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Secara Geografi semarang dibagi menjadi dua kategori yaitu Kota Bawah yang teletak di dataran rendah dan sering di landa bajir yang disebabkan oleh luapan air laut (rob) dan yang kedua yaitu Kota Atas yang berada dibagikan selatan.

Sebagai salah kota metropolitan terbesar di Indonesia, kota semarang memiliki berbagai jenis wisata yang bisa anda kunjungi, mulai dari wisata alam, sisata kuliner, wisata keluargan dan masih banyak lainnya yang sangat sayang jika tidak di explore. Selain terdapat obyek wisata yang beraneka ragam, akomodasi di semarang pun terbilang lengkap, terdapat berbagai jenis hotel, resotran, dan juga transportasi yang memadai.

Nah, untuk anda yang ingin liburan di Kota Semarang jangan lupa mengumpulkan informasi tempat wisata di semarang yang menarik seperti yang akan saya sajikan dalam blog wisatabagus.net ini. Hal itu bertujuan agar anda bisa menentukan tempat wisata terbaik yang bisa anda kunjungi berserta lokasinya. Baiklah, berikut beberapa tempat wisata yang ada di kota semarang yang wajib dikunjungi saat musim libur.

Baca juga : Tempat Wisata di Lembang Terbaru

Tempat Wisata di Semarang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Eling Bening

Indahnya Wisata Eling Bening Semarang

Untuk memulai perjalanan kita di kota semarang anda akan saya ajak ke tempat wisata terbaru di semarang yang sedang hits yaitu Wisata Eling Bening yang terletak di Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa Kab. Semarang dengan lokasi di puncak perbukitan.

Memanfaatkan lahan dengan luas sekita 3 ha, Wisata Eling Bening menawarkan keindahaan yang sangat menawan. Barisan gunung yang indah dan hamparan rawa pening yang sangat luas dapat anda nikmati diatas Wisata Eling Bening. Selain itu udara yang sejuk akan membuat anda tak ingin pergi meninggalkan tempat ini.

Selain menyuguhkan pemandangan yang luar bisa indahnya, di Wisata Eling Bening juga tersedia berbagai fasilitas yang relatif lengkap seperti restoran, meeting room, kolam renang, tempat outbound hingga camping ground. Anda bisa merenang di kolan renang outdoor dan menikmati indahnya alam.

Oh iya guys, akses jalan untuk menuju tempat ini sudah bagus dan lebar jadi anda tak perlu khawatir soal macet. Selain itu tempat parkir yang luas sudah disediakan untuk semua wisatawan.

2. Pantai Marina

Wisata Pantai Marina Semarang

Suka dengan wisata pantai? Nah, jika anda sedang berkunjung ke semarang atau berlibur kesemarang jangan lewatkan pantai yang satu ini yaitu Pantai Marina yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso, kompleks PRPP (Pekan Raya Promosi dan Pembungunan), Kelurahan Tawangsari, Semarang Barat.

Pantai ini terletak diperumahan yang memiliki berbagai fasilitas yang mendukung seeprti kolam renang, ski air, speed boat, dan taman bermain anak-anak dan sangat cocok untuk wisata keluarga. Berkeliling disekitar pantai dengan bersepeda atau bersantai dipinggir pantai untuk menunggu sunset yang indah merupakan hal yang menyengkan yang bisa anda lakukan di Pantai Marina. Selain itu anda bisa memancing, berfoto di jembatan kayu yang dibuat menjorok ke pantai atau mengunjungi kebun buah naga.

Biaya untuk masuk ke Pantai Marina juga terbilang sangat murah yaitu hanya berkisar Rp. 5.000,- dan dibuka setiap hari dan 24 Jam. Gimana sobat, tertarik untuk menelusuri keindahan Pantai Marina?

3. Umbul Sidomukti

Wisata Umbul Sidomukti Semarang
Indahnya Wisata Umbul Sidomukti Semarang | Foto : mangkoko.com

Umbul Sidomukti merupakan wisata pegunungan yang berada di Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang dan terletak di atas bukit dengan ketinggian 1.200 mdpl sehingga menyajikan pemandangan yang sangat indah. Di Umbul Sidomukti anda bisa menikmati berbagai wahana wisata dengan fasilitas yang sangat mendukung seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Pondok Lesehan, Camping Ground, Taman Renang Alam, Pondok Wisata, dan Meeting Room

Diatas bukit ini terdapat 4 kolam renagn dengan kedalaman yang berbeda-beda. Anda akan dimanjakan dengan air yang segar dan jernih, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah di wisata Umbul Sidomukti. Selain itu terdapat berbagai wahana olahraga yang menantang yang bisa anda coba seperti flying fox yang memiliki dua pilihan track, marine bridge yang berada di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV.

Walau memiliki keindahan yang luar biasa dengan fasilitas yang lengkap, namun harga untuk menikmati wahana yang ada di Umbul Sidomukti terbilang sangat murah yaitu masih berkisaran puluhan ribu. Jika sobat saat ini berada di semarang sangat disayangkan jika wisata Umbul Sidomukti hanya dilewati.

4. Bukit VW

Wisata Bukit VW Semarang
Bukit VW Semarang | Foto : instagram.com/fafa_cihuy

Tidak hanya menjadi barang rongsok, ternyata mobil tua juga memiliki daya tarik yang menawan seperti halnya yang ada di semarang terdapat puluhan mobil bekas yang sudah tua namun memikat banyak pengunjung, tempat ini dinamakan Bukit VW.

Lagi lagi sosial media menjadi tempat yang tepat untuk mempublikasikan keindahan alam indonesia tak terkecuali dengan Bukit VW yang booming melalui sosial media. Bukit ini memiliki nama Bukit VW karena terdapat puluhan mobil bekas tahun 70-an dengan merek VW yang bergaya retro. Untuk yang suka dengan potography, Bukit VW bisa menjadi salah satu pilihan tempat hunting yang akan memberikan kesan berbeda.

Bukit ini terletak di Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang dan untuk memasuki tempat ini anda hanya dikenakan biaya parkir Rp.2.000,- untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil. Tips untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Bukit VW diusahakan untuk datang di pagi hari atau sore hari, karena sinar matahari tidak terlalu menyengat dan yang pasti anda akan mendapatkan kontras cahaya yang lebih indah.

5. Curug Lawe

Wisata Curug Lawe Semarang
Wisata Curug Lawe Semarang | Foto : IG @feri_riyanda

Mencari wisata air terjun disemarang? Nah, Curug Lawe bisa menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi. Curug Lawe yang terletak di Desa Kalisidi, Kec. Ungaran Utara, Semarang memiliki pesona keindahan yang sangat menawan. Anda akan melwati kebun cengkeh yang dikelola PT Cengkih Zanzibar untuk menuju ke Curug Lawe. Dengan tiket yang murah yaitu berkisar Rp. 4.000,- anda bisa menikmati keindahan Curug Lawe sepuasnya.

Karena air yang yang jatuh dari atas tebing berwaarna putih dan terlihat seperti benang benang putih yang sangat banyak membuat air terjun ini dinamakan dengan “Lawe” (bahasa Jawa) yang berarti benang putih dalam bahasa Indonesia. Memiliki ketinggian sekitar 40m serta berbentuk oval dan hampir semua lereng Curug Lawe di lewati air yang turun dari atas memberikan kesan keindahan tersendiri.

6. Benteng Pendem Ambarawa

Wisata Benteng Pendem Ambarawa Semarang

Sudah kita ketahui secara seksama bahwaa Indonesia pernah dijajah ratusan tahun, dan Kota Semarang menjadi salah satu saksi sejarah dan memiliki berbagai peninggalan sejarah yang sangat mengagumkan salah satu nya yaitu Benteng Pendem yang berada di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Nama asli dari wisata ini yaitu Fort Willem I, namun karena dulu benteng ini berada dibawah permukaan tanah atau terkubur membuat masyarakat setempat menjulukinya dengan nama Benteng Pendem.

Benteng Pendem sudah berumur lebih dari satu abad yaitu berdiri pada tahun 1834, namun bangunan ini masih sangat kokoh. Terlihat tidak terawat karena ditumbuhi lumut dan tumbuhan liar namun hal itu membuat Benteng Pendem terlihat semakin menarik serta unik dan sering kali menjadi tempat berburu foto oleh para potographer.

Untuk memasuki atau berkunjung di Benteng Pendem ini anda tidak dipungut biaya alias gratis, jadi untuk anda yang sedang ada disemarang sangat disayangkan jika tidak melihat kokoh nya Benteng Pendem ambarawa ini.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Megahnya Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang tidak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, namun semarang juga memiliki wisata religi yang tak kalah menarik yaitu Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613 dan menjadi tujuan wisata religi utama untuk muslim yang ada di semarang dan sekitarnya.

Saat anda mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, anda akan melihat kemegahan tempat ibadah yang luar biasa. Dengan desain yang menakjubkan dan dihiasi beberapa payung raksasa yang bias dibuka dan ditutup seperti yang ada di masjid Nabawi, Madinah.

Untuk yang ingin mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah jangan lupa untuk menaiki menara asmaul husna yang dibangun di dekat masjid yang memiliki ketinggian 99 meter. Anda juga bisa menaiki menara ini untuk melihat keindahan Masjid Agung Jawa Tengah dari atas.

Baca juga : Wisata Pantai Pasir Putih Lampung

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

8. Museum Kereta Ambarawa

Selain memiliki obyek wisata alam yang ciamik, Semarang memiliki beberapa wisata sejarah yang cukup unik. Salah satu peninggalan sejarah yang cukup menarik bagi mimin adalah Museum Kereta Ambarawa. Dahulu tempat ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Museum Kereta Ambarawa terletak di Jalan Stasiun Nomor 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Meski terbilang kuno dan sudah tua Kereta uap ini masih bisa dinaiki oleh penumpang lhoo. Salah satu kereta uap yang hingga kini masih beroperasi adalah kereta dengan lokomotif B 5112. Saat ini kereta-kereta ini masih difungsikan sebagai kereta api wisata. Kereta uap ini merupakan salah satu diantara tiga kereta bergerigi yang masih tersisa di dunia. Dua diantaranya dimiliki oleh negara Swiss dan India.

Untuk dapat menikmati keindahan kereta tua di Museum Ambarawa ini sobat harus merogoh kocek sebesar Rp.10.000,- Jika sobat membawa buah hati akan dikenai biaya sebesar Rp.5.000,- Museum ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Yuk berkunjung ke Museum Kereta Ambarawa 🙂

Gunung Kendil Semarang

9. Gunung Kendil

Potensi wisata Kota Semarang cukup beragam mulai dari curug, pegunungan, museum hingga perbukitan. Salah satu perbukitan yang belakangan ini tengah ngehits adalah Gunung Kendil. Meski dinamakan dengan Gunung Kendil sebenarnya tempat ini bukanlah sebuah gunung melainkan hanya sebuah perbukitan. Namun masyarakat setempat yang menyebutnya demikian sehingga saat ini lebih dikenal dengan Gunung Kendil.

Berada pada ketinggian 1.305 meter diatas permukaan laut Gunung Kendil sangat cocok bagi pendaki pemula. Bagi sobat yang sedang belajar mendaki anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Kendil. Meski jalur yang dilalui cukup sempit namun sobat tak membutuhkan keahlian khusus. Sobat hanya perlu membawa perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman dan juga tenda bagi yang ingin bermalam.

Suasana malam yang disuguhkan Gunung Kendil cukup apik sehingga mampu menarik minat wisatawan. Banyak dari mereka yang berangkat pada sore hari dan memilih untuk bermalam. Karena ketika malam hari sobat dapat menyaksikan keindahan Kota Semarang dengan kerlap kerlip lampunya. Tertarik mendirikan camping di Gunung Kendil? Yuk datang saja langsung ke Dusun Gojati, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu Semarang

10. Lawang Sewu

Nama Lawang Sewu tentu sudah tak asing lagi kan ditelinga sobat ? Yups Bangunan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini memang cukup populer. Tak hanya terkenal bagi masyarakat Kota Semarang saja bangunan ini cukup ngehits diberbagai daerah terutama karena cerita mistisnya.

Pada masa Pemerintah Kolonial Belanda Lawang Sewu merupakan sebuah Kantor Perusahaan Kereta Api Belanda. Karena memiliki sejarah dan gaya arsitektur yang cukup menarik Lawang Sewu dijadikan tempat wisata oleh pemerintah. Meski memiliki kesan mistis banyak pengunjung yang penasaran dan ingin merasakan sendiri sensasi horor dari tempat ini.

Lawang Sewu berasal dari Bahasa Jawa yang berarti seribu pintu, meski sebenarnya tidak memiliki seribu pintu sesuai dengan namanya. Namun banyaknya pintu dari bangunan ini mampu membuatnya layak disebut dengan Lawang Sewu.

Dibangun pada tahun 1904 bangunan ini berdiri megah dengan ciri khas Belanda. Bangunan ini juga memiliki ruang bawah tanah yang dahulu memiliki fungsi sebagai penjara, ditempat inilah yang dikabarkan sering terjadi hal-hal aneh. Untuk dapat menikmati kemegahan Lawang Sewu sobat akan dikenai retribusi Rp.10.00 per orang.

Baca Juga : Floating Market Lembang Bandung, Berwisata Kuliner Dengan Cara Yang Unik

Pantai Maron Semarang

11. Pantai Maron

Selain Pantai Marina Kota Semarang memiliki wisata pantai yang tak kalah indah. Pantai ini disebut dengan Pantai Maron dan terletak disebelah barat Kota Semarang tepatnya di sekitar Muara Sungai Silandak.
Sama seperti pantai populer lainya Pantai Maron juga cukup ramai ketika akhir pekan dan hari Libur Nasional. Tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal banyak juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan Pantai Maron.

Untuk dapat sampai ke lokasi ini terdapat dua jalur yang bisa anda lalui. Pertama dari Bandara Ahmad Yani dan yang kedua melalui Perumahan Graha Padma, Krapyak. Jika sobat melalui Perumahan Graha Padma hanya berjarak sekitar 3 kilometer atau sekitar 10 menit jika menggunakan kendaraan bermotor.

Pengunjung akan melalui medan yang cukup menantang karena jalan menuju Pantai Maron belum diaspal. Namun hal ini tak menyurutkan minat wisatawan. Dengan harga tiket sebesar Rp.5.000,- sobat dapat menikmati keeksotisan pantai yang cukup terkenal di Kota Semarang.

Taman Lele Semarang

12. Taman Lele Semarang

Ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Yuk kunjungi Taman Lele milik Kota Semarang. Kami pastikan liburan keluarga anda akan terasa lebih berkesan karena banyak sekali wahana permainan yang disuguhkan.

Berdiri diatas area seluas 22.173 meter persegi Taman Lele semarang memiliki banyak sekali fasilitas dan permainan. Beberapa fasilitas diantaranya Kebun Binatang Mini, Kolam Renang, Taman, Danau Buatan, Gazebo, dan juga Panggung Pertunjukan.

Mengajak buah hati berwisata di Taman Lele pastilah sangat menyenangkan karena sobat bisa merasakan berbagai wahana permainan lengkap pada satu area. Jika bosan pengunjung juga bisa duduk-duduk santai menikmati keindahan danau buatan. Lengkap sekali bukan?

Menyuguhkan nuansa yang asri Taman Lele Kota Semarang menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang terfavorit. Obyek wisata Taman Lele terletak di Jalur Pantura Jalan Walisongo Km 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang. Jika kebetulan berkunjung ke Kota Semarang jangan lupa ajak keluarga anda untuk mampir ke sini yaa 🙂

Pantai Tirang Semarang

13. Pantai Tirang

Setelah berwisata ke Pantai Maron tak ada salahnya bergeser sedikit ke Pantai Tirang. Karena letaknya yang cukup berdekatan sobat bisa mengunjungi kedua pantai ini dalam satu hari. Pantai Tirang memiliki pesona yang sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan.

Di pantai ini sobat dapet menyaksikan langsung para nelayan yang sedang membudidayakan rumput laut. Terdapat juga tanaman mangrove yang menghiasi kawasan sekitar. Keindahan terumbu karangnya juga tak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti sangat eksotis.

Keunggulan lain sari Pantai Tirang adalah ombaknya yang sangat bersahabat sehingga membuat pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas. Selain aktivitas bermain air, berenang dan juga menelam sobat dapat melakukan aktivitas memancing. Bagi sobat yang hobby memancing, bisa nih menyalurkan kegemarannya di pantai ini.

Setelah menikmati berbagai aktivitas menarik sore harinya sobat dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam di Pantai Tirang. Wahh lengkap sekali ya pesona yang disuguhkan oleh pantai milik Kota Semarang ini. Tertarik mengunjungi pantai ini ? Yuk datang langsung ke Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bantir Hills Semarang Jawa Timur

14. Bantir Hills Semarang

Trend wisata di ketinggian yang mulai ramai sejak 2016 hingga sekarang ini membuat berbagai daerah di Indonesia berlomba-lomba untuk menciptakan tempat wisata yang diinginkan oleh para wisatawan. Jika Lampung memiliki Bukit Pangonan dan Muncak Tirtayasa, maka semarang memiliki Bantur Hills.

Panorama alam yang disuguhkan oleh Bantir Hills mirip dengan Puncak Bintang di Bukit Moko Bandung. Bantir Hills merupakan obyek wisata terbaru di Semarang yang menyuguhkan keeksotisan wisata yang memukau. Meski terbilang baru, kawasan ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Banyak sekali spot-spot kece yang ada di Bantir Hills yang dapat membuat anda betah untuk berlama-lama. Keunggulan dari Bantir Hills Semarang adalah view alamnya yang indah serta banyaknya tempat yang dapat anda gunakan untuk melakukan aktivitas Fotografi.

Bantir Hills Semarang terletak di di Desa Losari, Kecamata Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Saat ini masih belum diberlakukan harga tiket dikawasan ini. Pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir saja. Yuk tunggu apalagi nih guys?

Fasilitas Desa Wisata Bejalen Ambarawa

15. Desa Wisata Bejalen Ambarawa

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang baru dan tak kalah unik. Disebut dengan Desa Wisata Bejalen Ambarawa, kestimewaan dari tempat ini adalah keindahan rumah yang di cat dengan berbagai macam warna dan gambar.  Desa Wisata Bejalen Ambarawa dapat juga disebut dengan Kampung Warna Warni ala Kota Semarang.

Karena tempatnya yang terbilang unik, Kampung Bejalen yang ada di Ambarawa ini banyak diminati oleh para wisatawan. Tempat ini memiliki banyak spot foto yang cantik sehingga sangat disukai oleh kawula muda.

Desa Wisata Bejalen Ambarawa beralamat di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Diperkirakan jaraknya hanya sekitar 3 kilometer saja dari Pusat Kota Ambawawa.

Rawa Pening Ambarawa Semarang

16. Rawa Pening

Rawa pening merupakan obyek wisata yang kami rekomendasikan untuk sobat yang menyukai ketenangan. Berakhir pekan di Rawa Pening dapat menghilangkan penat yang melanda. Daya tarik dari Rawa Pening adalah ketenangan air danau yang sangat luas dengan view pegunungan yang menjadi latarnya.

Obyek wisata ini paling asik dikunjungi pagi atau sore hari. Ketika pagi dan sore hari menjadi waktu-waktu paling baik dan paling indah bagi obyek wisata in. Karenanya bagi sobat yang ingin menikmati suasana Rawa Pening yang syahdu dapat berkunjung pada kedua waktu tersebut.

Yuk tunggu apalagi ? Kunjungi segara danau dengan luas 2.670 hektar ini yaa 🙂 Rawa Pening berlokasi di daerah Ambarawa Semarang.

Museum Kereta Api Ambarawa

17. Museum Kereta Api Ambarawa

Ini nih satu tempat yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung di Semarang dan sekitarnya. Museum kereta api ini tadinya merupakan sebuah stasiun kereta api yang kemudian di alih fungsi menjadi sebuah Museum karena sudah tidak digunakan lagi.

Seperti layaknya museum lainnya, Museum Kereta Api Ambarawa juga menyimpan berbagai koleksi kereta api. Hingga saat ini masih terdapat satu kereta yang digunakan untuk memuat penumpang wisata. Kareta yang masih digunakan tersebut merupakan  lokomotif B 5112.

Tidak ada waktu khusus untuk berkunjung ke kawasan ini. Karena kawasan ini beroperasi setiap hari mulai dengan senin hingga minggu pada pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore hari. Harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa sangatlah murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp.5.000,- untuk anak-anak dan Rp.10.000,- untuk orang dewasa.

Itulah beberapa tempat wisata di semarang yang sangat menakjubkan dan melengkapi keindahan Bumi Nusantara ini. Memiliki kekayaan alam yang luar bisa dengan sektor wisata yang menakjubkan membuat Indonesia menjadi salah satu negara tujuan untuk berlibur. Semoga artikel yang wisatabagus.net bisa membantu anda untuk menetukan tempat wisata yang tepat saat di semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *