7 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru – Pekanbaru merupakan Ibukota Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk juga kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Perkembangan kota ini pada awalnya tidak terlepas dari fungsi Sungai Siak sebagai sarana transportasi dalam mendistribusikan hasil bumi. Seiring berjalanya waktu daerah ini berkembang menjadi tempat pemukiman yang ramai. Pada tanggal 23 Juni 1784 berdasarkan musyawarah dewan menteri dari empat suku kemudian kawasan ini dinamai dengan Pekanbaru.

Kota yang merupakan kota terbesar di Riau ini memiliki banyak sekali wahana rekreasi yang dapat anda nikmati bersama keluarga. Beberapa obyek wisata yang dapat anda kunjungi dikota ini adalah wahana air, taman rekreasi, kebun binatang, wisata religi, dan juga wisata edukasi. Berikut ini wisatabagus.net akan merangkumkan daftar tempat wisata di pekan baru yang wajib anda kunjungi.

Baca juga : Tempat Wisata di Padang Terbaru

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

  1. Riau Fantasi

Wisata Riau Fantasi Pekanbaru
Serunya Bermain Air di Riau Fantasi Pekanbaru | Foto : drive.id

Ingin liburan menyenangkan bersama keluarga di Kota Pekanbaru? Anda harus mengunjungi Riau Fantasi. Riau Fantasi merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang sangat populer. Tempat ini merupakan pusat hiburan dan kebanggaan bagi masyarakat Riau. Wahana ini merupakan yang paling besar dan paling lengkap di Pulau Sumatera.  Akan sangat disayangkan apabila anda tidak mengunjungi tempat yang satu ini karena Riau Fantasi merupakan destinasi favorit bagi liburan keluarga.

Riau Fantasi sering disebut dengan nama Labersa Water and Theme Park memiliki luas kurang lebih 6.5 hektar. Labersa Water and Theme Park terletak dikecamatan Siak, kabupaten Kampar. Obyek wisata ini dibangun pada areal Labersa Gran Park dibawah pengelolaan Hutahahean Group. Tempat ini memiliki dua wahana, yakni wahana basah dan wahana kering. Riau Fantasi memiliki berbagai fasilitas lengkap seperti hotel berbintang dan penginapan, bahkan lapangan golf pun tersedia disini dengan luas yang hampir 300 hektar.

Obyek wisata ini dibangun tahun 2009 akan mengajak anda untuk menikmati wahana air yang akan sedikit memicu adrenaline anda. Beberapa kolam penampung air milik Riau Fantasi yakni Adult Pool, Adventure Pool, Lazy Driver Pool, Baby Pool serta Crocodile River Pool. Adult Pool merupakan kolam renang yang diperuntukan untuk dewasa dengan kedalaman 1.5 meter.

Jika anda ingin menikmati arus pelan di sebuah sungai buatan, Lazy Pool adalah pilihan sangan sangat tepat, karena Lazy Pool ini merupakan sungai buatan denga panjang 950 meter. Pengunjung dapat menggunakan pelampung sambil bersantai dan menikmati pemandangan disekitar sungai buatan ini.

Crocodile River pool memiliki beberapa wahana seluncur yang sangat menyenangkan diantaranya Vertical Slide, Spiral Slide, Race Slide, dan juga Big Slide yang memiliki ketinggian 12 meter dari permukaan kolam. Di area ini anda dapat menikmati sensasi tumpahan air dari sebuah drum yang berukuran besar dan dapat menampung air hingga 3000 liter.

Apabila anda mengajak anak-anak ditempat wisata ini tak perlu khawatir, ada kolam khusus yang telah disediakan yang diberi nama Baby Pool. Baby Pool memiliki kedalaman 30 cm. Dikolam ini terapat pula perahu kecil yang dapat digunakan untuk buah hati anda berkeliling dikolam ini.

Untuk wahana keringnya, ada berbagai wahana permainan yang menguji adrenaline seperti kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster, family swinger, dan masih banyak lagi yang lainya. Apabila anda tak terlalu suka wahana yang menantang anda bissa menikmati wahana yang lebih santai seperti komedi putar dan kereta wisata.

Riau Fantasi juga telah dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, toilet, kafetaria, gazebo untuk bersantai, dan free wifi. Riau Fantasi merupakan obyek wisata yang wajib anda kunjungi bersama keluarga.

  1. Danau Buatan Lembah Sari

Wisata Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru
Indahnya Sunset di Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru

Danau Buatan Lembah Sari berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau. Danau ini merupakan danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Pemandangan alam disekitar Danau Buatan Lembah Sari ini memiliki panorama yang indah, sejuk, dan nyaman dan bukit-bukit yang banyak ditumbuhi pepohonan. Keindahan sekitar danau ini diimbangi oleh air danau yang sangat tenang dan menyejukan mata.

Obyek wisata Danau Buatan Lembah Sari terdapat berbagai permainan, salah satunya adalah naik gletek atau sampan kecil yang dioperasikan oleh mesin. Kita dapat berkeliling dengan menggunakan sampan kecil tersebut sembari menikmati keindahan pemandangan alam yang disuguhkan oleh Danau Buatan Lembah Sari.

Selain menaiki sampan, anda dapat menggelar tikar dan berpiknik di area obyek wisata ini. Sepeda air juga sudah disediakan ditempat ini.

  1. Masjid Agung AnNur

Megahnya Masjid Agung AnNur Pekanbaru
Megahnya Masjid Agung AnNur Pekanbaru

Selain memiliki obyek wisata alam maupun wisata buatan Pekanbaru juga memiliki wisata religi yang dapat mengisi sisi spiritual anda. Wisata religi provinsi Riau ini antara lain Masjid Senapelan dan Masjid Agung An Nur.

Masjid Agung An Nur disebut-sebut sebagai Taj-Mahal nya Kota Pekanbaru karena masjid ini memiliki pesona keindahan seperti yang dimiliki oleh Taj-Mahal di India.

Masjid megah ini memadukan arsiktetur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Bangunan utamanya memiliki ukuran yang simetris yakni 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya.

Masjid Agung An Nur terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau dan dapat menampung sebanyak 4.500 jamaah. Masjid Agung milik Kota Pekanbaru ini memiliki 5 kubah dan empat menara.

Selain sebagai tempat ibadah Masjid Agung An Nur dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi masyarakat Pekanbaru, Pada Bulan Ramadhan, kawasan masjid ini dijadikan sebagai lokasi ngabuburit dan dipenuhi oleh pedagang makanan maupun pakaian serta pernak-pernik juga dijual disekitaran masjid ini.

Pada malam hari Masjid Agung An Nur tampak sangat indah dengan cahaya warna-warni yang  kemudian dipantulkan oleh air kolam yang berada tepat didepan masjid. Suasana disekitar masjid terasa sangat menyejukan dan mendamaikan hati. Menariknya ditempat ini sudah disediakan fasilitas wifi gratis.

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Wisata Istana Siak Sri Indrapura Pekanbaru
Istana Siak Sri Indrapura Pekanbaru | Foto : lihat.co.id

Istana Siak Sri Indrapura dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaiffudin. Istana ini juga disebut dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah. Istana ini telah beralih fungsi menjadi obyek wisata yang dibuka untuk umum. Obyek wisata ini merupakan sisa peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai abad ke-20.

Istana ini memiliki arsitektur bergaya Eropa, Arab dan Melayu. Bangunan utamanya memiliki dua lantai tampak sangat megah, meskipun telah berusia lebih dari 100 tahun. Pada lantai satu, anda dapat melihat koleksi kerajaanseperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. Di tempat ini juga ada sebuah gendang yang telah berusia lebih dari 200 tahun.

Di lantai dua yang dahulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu kerajaan, sekarang ini dijadikan tempat koleksi senjata pusaka milik sultan. Selain itu ada lukisan Napoleon Bonaparte yang dikirim langsung dari Perancis. Banyaknya benda koleksi sultan yang beasal dari Eropa membuktikan bahwa pada zaman dahulu, Kerajaan Siak telah menjalin kerjasama internasional. Untuk memasuki Istana Siak Sri Indrapura anda harus melepaskan alas kaki karena dikhawatirkan merusak lantai granit istana.

  1. Taman Rekreasi Alam Mayang

Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru
Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Taman Rekreasi Alam Mayang menawarkan wahana rekreasi alam terbuka yang dapat anda nikmati dengan keluarga tercinta. Taman ini memiliki luas 24 hektar dan memiliki arena bermain bola, taman bermain anak, Shooting target, Tembak Rekreasi dan studio film 3D.

Di Obyek wisata ini anda dapat menikmati pertunjukan topeng monyet dan permainan sulap yang dilakukan oleh badut yang dapat menghibur anda dan keluarga.

Di area ini terdapat pula tiga buah kolam pemancingan yang dapat anda gunakan untuk menyalurkan hobi memancing anda. Taman Rekreasi Alam Mayang sering dijadikan lokasi pertandingan memancing oleh pemerintah setempat. Selain memancing ditepat ini juga ada wahana permainan yang agak menguji adrenaline seperti flying fox, Safary Train, ATV  dan berbagai kegiatan outbond lainnya. Untuk kegiatan yag lebih santai anda dapat menyewa seoeda air dan menaiki bola raksasa.

Taman Rekreasi Alam Mayang terletak di Jl. Imam Munandar Harapan Raya Km.8 Kelurahan Tanggerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Jika pengunjung berencana menginap, pengelola sudah menyediakan beberapa akmodasi penginapan seperti hotel dan restoran, jadi pengunjung tak perlu khawatir jika ingin mencari tempat menetap. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 sore hari.

  1. Kebun Binatang Sang Kulim

Wisata Kebun Binatang Sang Kulim Pekanbaru

Jika anda bosan dengan wisata alam seperti pantai atau wahana air lainnya, sobat dapat mengunjungi Kebun Binatang Sang Kulim yang terletak di Jl. Kubang Raya, Kecamatan Siak. Kebun binatang ini merupakan satu-satunya kebun binatang terlengkap yang dimiliki oleh provinsi Riau.

Jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 25 km dari Pusat Kota Pekanbaru. Kebun Binatang ini dapat dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga ketika lelah bekerja.

Mengunjungi kebun binatang Kasang Kulim mampu menjadi sarana edukasi bagi anak-anak dan keluarga. Anda dapat mengenalkan fauna kepada anak-anak sejak dini. Berbagai marga satwa yang terdapat di Kebun Binatang Sang Kulim antara lain : Tapir, Elang Bandol, Ular Sanca, Binturong, Kuda Nil, Beruang Madu, Landak, Burung Kasuari, Macan Dahan, Orang Utan, Burung Kakak Tua, Singa, Buaya, Gajah, Kuda, dan masih banyak yang lainnya.

Kebun Binatang Sang Kulim adalah alternative wisata bagi masyarakat Pekanbaru dan Riau. Selain memiliki koleksi marga satwa yang sangat lengkap, kawasan Kebun Binatang Sang Kulim dilengkapi juga dengan andong, anda juga dapat menaiki bebek kayu sembari menikmati suasana asri yang disuguhkan oleh kebun binatang ini.

  1. Perpustakaan Soeman H.S

Wisata Perpustakaan Soeman H S Pekanbaru
Suasana Malam di Perpustakaan Soeman H S Pekanbaru

Pekanbaru memiliki berbagai jenis wisata yang sangat lengkap termasuk juga wisata edukasinya. Salah satu wisata edukasi yang dimiliki oleh kota Pekanbaru adalah Perpustakaan Soeman H.S. Nama perpustakaan diambil dari nama seorang novelis asal Riau, Soeman H.S .

Jika mendengar kata perpustakaan yang anda pikirkan pastilah sebuah tempat yang membosankan, namun jangan salah ya sobat perpustakaan di Pekanbaru ini anda dapat melihat bahwa perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat wisata dan tempat belajar yang menyenangkan.

Bangunan perpustakaan ini sangat unik jika dilihat dari sisi luar. Bentuknya menyerupai sebuah papan alas untuk membaca al-Qur’an. Perpustakaan Soeman H.S terdiri dari enam lantai serta didukung oleh berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, cafetarian, ruang meeting, sampai auditorium. Ditempat ini juga ada ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu yang disebut-sebut terlengkap di Indonesia.

Perpustakaan Soeman H.S tak hanya diperuntukan bagi orang dewasa. pengunjung dapat mengajak anak-anak ke tempat wisata edukasi yang satu ini. Disini tersedia Children Library and Kids Corner yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Disini anda dapat membaca buku di Sofa maupun lesehan. Ruang baca dilengkapi juga oleh pengatur suhu ruangan (AC) dan dilengkapi oleh akses internet gratis.

Perpustakaan Soeman H.S terletak di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Kelebihan yang dimiliki oleh Perpustakaan Soeman H.S ini adalah anda tak perlu membayar untuk memasuki perpustakaan ini, anda pun tak perlu memiliki kartu anggota untuk membaca koleksi buku ditempat ini. Perpustakaan buka setiap hari Senin – Jum’at pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 dan pada hari sabtu dan minggu pada pukul 09.00 hingga 14.00. Bagaimana sobat apakah anda tertarik mengunjungi obyek wisata edukasi yang satu ini?

Baca juga : Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Yogyakarta

Pekanbaru memang memiliki obyek wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata bahari hingga wisata edukasi telah ada di kota ini. Oleh karena itu sangat disayangkan jika anda tidak berkunjung ke tempat-tempat menarik yang ada di Kota Pekanbaru. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *