Daftar Tempat Wisata di Pekalongan Jawa Tengah

Posted on

Hai Sobat Traveler, Bagaimana liburan kalian ? Kali ini Wisatabagus.net akan mengajak kalian mengunjungi destinasi wisata menarik yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kalian tahu kan darimana kain-kain batik yang indah berasal? Sudah pasti salah satunya berasal dari Kota Pekalongan. Pasti sobat sudah sangat familiar kan dengan Kota yang satu ini. Kota Pekalongan memang terkenal dengan kain-kain batiknya yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri bahkan mancanegara. Nah selain terkenal akan batiknya, Pekalongan ternyata juga memiliki pemandangan alam yang mempesona. Jika tidak percaya yuk langsung saja kita simak wisata menarik yang ada di Pekalongan.

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini mempunyai luas wilayah sekitar 42.25 kilometer. Kota ini terletak pada Jalur Patura yang menghubungkan Jakarta , Semarang dan Surabaya. Pekalongan berjaarak sekitar 101 kilometer sebelah barat Kota Semarang, atau 384 kilometer dari Jakarta. Kota ini terkenal dengan Kota Batik karena dikota ini terlahir berbagai macam kain batik dengan corak yang sangat bervariatif. Kota ini juga diberikan penghargaan oleh UNESCO sebagai Kota Cratif dalam kategori Crafts & Folk Art pada Desember 2014.

Sejarah Pekalongan hingga saat ini belum diketahui asal-usulnya. Namun Dokumen Tertua menyebutkan menurut Keputusan Pemerintah Hindia Belanda (Goverment Besluit) Nomor 40 tahun 1991, nama “Pekalongan” diambil dari kata “Halong” yang berarti (dapat banyak) dan di bawah simbol Kota tertulis ‘Pek-Alongan’. Kemudian berdasarkan keputusan DPRD Kota Besar Pekalongan tanggal 29  Januari 1957 dan Tambahan Lembaran daerah Swantara Tingkat I Jawa Tengah tanggal 15 Desember 1958, nama Pekalongan berasal dari kata ‘A-Pek-Halong-An yang berarti pengasalan atau pendapatan.

Kota yang memiliki jumlah penduduk sekitar tiga ratus ribu jiwa ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa pada Bagian utara, Kabupaten Batang pada bagian Timur, Pemalang pada bagian Barat, dan kemudian berbatasan dengan banjarnegaa dan Purbalingga pada bagian Selatan. Secara administatif Kota Pekalongan terbagi dalam 4 (empat) Kecamatan yang masing-masing terbagi lagi kedalam 27 Kelurahan. Kota ini dikenal dengan kota yang memiliki sisi religiusitas yang cukup tinggi, hal ini dibuktikan dari banyaknya pondok pesantren yang didirikan di Kota ini. Penduduk Kota Pekalongan mayoritas beragama Islam dengan etnis Jawa.

Pekalongan memiliki iklim tropis sama dengan kabupaten atau kota lain yang berada di Jawa Tengah. Untuk curah hujan rata-rata di daerah ini berkisar antara 40 mm hingga 300 mm per bulan dengan jumlah hari hujan 120 hari. Dengan curah hujan tersebut, Kota ini bersuhu sekitar 17 derajat hingga 35 derajat Celcius. Untuk Akomodasi di Kota Pekalongan sudah sangat beragam, Hotel dan Lossmen juga sudah tersedia, jadi bagi anda yang ingin berwisata ke Kota Batik ini anda tak perlu merasa khawatir. Berikut adalah beberapa daftar wisata di Pekalongan.

Wisata lain : Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur

Objek Wisata di Pekalongan

  1. Pantai Pasir Kencana

Wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan

Berwisata ke Pekalongan? tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah Pantai Pasir Kencana. Mengapa harus berkunjung ke Pantai Pasir Kencana? Karena pantai ini merupakan tujuan wisata terfavorit bagi masyarakat Kota Pekalongan. Jadi tak ada salahnya kan jika sobat traveler juga ikut mencoba dan merasakan senasi keindahan alam Pantai Pasir Kencana. Letak Pantai Pasir Kencana juga tak jauh dari Pusat Kota Pekalongan hanya sekitar 4 kilometer saja.

Pantai Pasir Kencana merupakan pantai milik Kabupaten Pekalongan yang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Pantai ini merupakan salah satu landmark Kota Pekalongan. Lokasi wisata Pantai Pasir Kencana memiliki luas sekitar 1.5 hektar dan berbatasan langsung dengan tempat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara yang terletak di Pantai Utara Jawa.  Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai ini adalah berenang, bermain air sepuasnya, membangun istana dari pasir atau bahkan hanya sekedar berjalan-jalan menikmati senja yang begitu indah.

Di tempat wisata ini pengunjung tidak hanya dapat berwisata pantai saja, namun pengunjung dapat melihat aquarium dengan koleksi biota laut yang mirip dengan miniatur Seaworld. Jika ingin membeli ikan segar pengunjung juga dapat bergeser sedikit ke tempat pelelangan ikan. Pantai Pasir Kencana sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung, diantaranya taman bermain, panggung terbuka, bangku dan taman untuk bersantai, mushola, warung makan, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Curug Muncar

Wisata Curug Muncar di Pekalongan

Tempat wisata di Pekalongan yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Curug Muncar. Curug Muncar merupakan obyek wisata air terjun milik Kota Pekalongan yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Bagi yang berjiwa petualang, obyek wisata ini menjadi salah satu tujuan terfavorit karena untuk menuju ke lokasi ini dibutuhka perjuangan yang tidaklah mudah. Namun semua itu sebanding dengan keindahan curug yang sangat menawan. Curug Muncar terletak pada kaki gunung Ragajembangan tepatnya di Desa Curugmuncar Kecamatan Petungkriyono Kecamatan Pekalongan.

Untuk menuju ke Curug Muncar pengunjung dapat melalui Kecamatan Doro, tepatnya di pasar Doro. Kemudian dari Pasar Doro terdapat jalan utama menuju ekowisata Petungkriyono. Rute menuju lokasi ini sudah beraspal namun cukup berkelok dan naik turun. Disepanjang perjalanan menuju lokasi pengunjung akan disuguhi keindahan panorama alam berupa hutan bambu, pakis hutan dan beberapa tumbuhan lainnya. Sungai-sungai khas pegunungan dan bebatuan besar juga banyak terdapat di kawasan wisata ini.

Curug Muncar terletak pada ketinggian 1.249 meter diatas permukaan laut. Karena letaknya di kaki gunung, lokasi wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan asri. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini berpadu dengan rindangnya pepohonan sekitar membuat nuansa yang sangat menenangkan. Tempat ini memberikan nuansa yang sangat kontas dengan suasana perkotaan. Tak heran jika Curug Muncar menjadi salah satu yang paling favorit di Kota Pekalongan.

  1. Curug Bajing

Wisata Curug Bajing di Pekalongan

Obyek wisata curug selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Curug Bajing. Nama air terjun yang satu ini sangatlah unik ya gengs. Tempet wisata ini merupakan salah satu yang terfavorit dan sedang naik daun di Pekalongan. Keindahan Curug Bajing mampu memanjakan mata dan membuat para wisatawan berdecak kagum. Lokasi wisata Curug Bajing ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Curug ini terletak pada 1.300 meter diatS permukaan laut dengan tinggi air terjun sekitar 70 meter.

Curug Bajing memiliki debit air yang cukup besar meskipun saat musim kemarau. Oleh karena itu pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi di kolam ini karena akan sangat bebahaya. Di lokasi wisata ini pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang sangat indah. Gemercik suara air terjun membuat pengunjung akan merasa rileks dan tenang. Pepohonan disekitar curug begitu rimbun sehingga membuat pemandangan terlihat begitu hijau. Keindahan panorama alam disekitar curug akan membuat wisatawan betah dan ingin kembali lagi ke tempat ini.

Curug Bajing berlokasi di kawasan pegunungan Petungkriyono, tepatnya beada di Desa Telogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Akses menuju lokasi ini cukup mudah dengan jalan yang cukup lebar. Di lokasi ini juga tersedia petujuk jalan jadi sobat traveler tak perlu kawatir nyasar 😀 . Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini sudah cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya tempat ibadah, fasilitas MCK, saung makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Pantai Slamaran

Wisata Pantai Slamaran di Pekalongan

Kota yang terkenal dengan Kota Batik ini memiliki obyek wisata pantai yang memikat. Berbeda dengan pantai yang letaknya di bagian selatan, pantai yang terletak di bagian utara Pulau Jawa memiliki ombak yang relatif tenang. Wisatawan pun dapat bermain air sepuasnya di pantai ini. Hal inilah yang membuat pantai-pantai utara Jawa ini menarik jumlah wisatawan yang cukup besar. Salah satu pantai utara Jawa yang cukup terkenal adalah Pantai Slamaran.

Pantai Slamaran merupakan pantai yang terletak di Utara Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Jawa tengah. Lokasi wisata ini menawakan pemandangan sunset yang sangat menawan. Tak hanya sunset, pesona sunrise nya juga cukup ciamik loh 😀 . Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 3.5 hektar dengan bentang memanjang. Jika biasanya pinggir pantai ditaburi pasir putih yang lembut, dipantai Slamaran anda akan disuguhi pemandangan yang agak berbeda. Pinggiran Pantai Salamaran di batasi dengan tembok beton memanjang dengan tumpukan batu-batu penahan, batu-batu ini bertujuan untuk menahan gelombang air laut.

Meskipun memiliki pemandangan yang sangat indah, namun pantai ini masih minim akan fasilitas dan ondisi di kawasan ini juga kurang terawat. Pantai Slamaran terkenal akan kisah atau mitos Dewi Lanjar. Seseorang yang disebut dengan Ratunya Pantai Utara. Ada banyak versi yang menceritakan mitos ini. Salah satu versi menyebutkan bahwa Dewi Lanjar merupakan Dewi Rara Kuning yang belum lama menikah namun ditinggal mati oleh suaminya. Lanjar diartikan sebagai janda muda, seseorang yang sudah menikah namun masih perawan.

Terlepas dari berbagai mitos yang dimilikinya, Pantai Slamaran memiliki daya pikat yang cukup untuk mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah. Jika wisatawan ingin melihat pesona Pantai Slamaran, pengunjung dapat langsung datang ke Pekalongan, Jawa Tengah. Pantai ini hanya terletak sekitar 5 kilometer dari Pusat Kota Pekalongan ke arah Utara.

  1. Museum Batik Pekalongan

Wisata Museum Batik Pekalongan

Kota Pekalongan disebut dengan Kota Batik, karena batik-batik yang menawan dengan barbagai corak terlahir di kota ini. Jika kalian ingin melihat berbagai macam corak dan variasi dari Batik Pekalongan, anda harus mengunjungi Museum Batik Pekalongan. Lokasi wisata ini merupakan salah satu landmark Kota Pekalongan. Museum ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Juli 2006. Pada awalnya bangunan ini merupakan kantor administrasi keuangan pabrik gula kemudian dialihfungsikan sebagai balai kota, pernah juga digunakan sebagai komplek perkantoran kota dan saat ini banguna ini digunakan sebagai museum.

Museum Batik Pekalongan menyimpan banyak koleksi batik tua hingga batik yang sudah modern. Batik-batik tersebut berasal dari daerah pesisir, daerah pedalaman, dan batik dari berbagai daerah di Nusantara lainya seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Papua pun ada di museum ini. Museum ini tak hanya memamerkan koleksi batik, disini juga merupakan pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik. Jika anda ingin melakukan penelitian, juga dapat anda lakukan di tempat ini.

Museum Batik Pekalongan pula banyak mengadakan program-program kemasyarakatan seperti pelatihan membatik ke barbagai sekolah dan institusi. Melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga guna melestarikan buda batik, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Tertarik berkunjung kemari ? yuk langsung saja ke Museum Batik Pekalongan di Jalan Jatayu No.3 Kota Pekalongan. Tepatnya di kawasan Budaya Jatayu Pekalongan.

  1. Gunung Kendalisodo

Wisata Gunung Kendalisodo di Pekalongan

Di Gunung Kendalisodo memiliki panorama alam yang sangat indah, terutama di Puncak Hanoman. Jadi jika anda menyukai wisata pendakian anda harus coba wisata pendakian yang satu ini. Puncak Hanoman merupakan salah satu spot tefavorit untuk berkumpul dan menikmati keindahan sekitar. Puncak Hanoman tak pernah sepi pengunjung bahkan ketika bukan musim liburan.

Gunung Kendalisodo berada pada ketinggian 1.697 meter diatas permukaan laut. Dari puncak gunung Kendalisodo  kita akan menikmati suasana sejuk, asri dan menenangkan. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang lelah dengan segudang pekerjaan dan rutinitas. Pemandangan alam di Puncak Hanoman terlihat begitu indah, hamparan hutan hijau nampak begitu asri. Keindahan Puncak Hanoman akan lebih ketara ketika musim kemarau, karena pada musim kemarau anda berpotensi melihat Golden Sunrise dari lokasi ini. Di kawasan ini juga terdapat banyak benda peninggalan sejarah Belanda seperti tugu Trianggulasi, meja dan kursi yang terbuat dari batu dan masih banyak lagi.

Pengunjung tak perlu khawatir, dikawasan ini sudah tersedia banyak fasilitas sehingga akan ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan. Di kawasan ini juga terdapat fasilitas Camping Ground yang mampu menampung sekitar 20 orang. Tertarik berlibur ke Puncak Hanoman? Yuk langsung saja ke Kecamatan PetungKriyono, Lokasi wisata ini hanya berjarak 4 kilometer dari kecamatan ini.

  1. Linggo Asri

Wisata Linggo Asri di Pekalongan

Selain wisata pantai dan curug, Pekalongan juga memiliki wisata bahari yang sangat menarik yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan Linggo Asri. Lokasi wisata ini terletak di perbukitan dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Pesona keindahan dari lokasi ini terletak pada asrinya panorama pedesaan, suasana yang sejuk serta hijaunya pepohonan disekitar. Inilah yang menjadi daya tarik obyek wisata bahari milik Pekalongan ini.

Linggo Asri merupakan wisata terpadu yang menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas liburan. Di lokasi ini telah disediakan arena bermain untuk keluarga,  kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, arung jeram, bahkan wisata outbond serta flying fow juga ada disini. Selain memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap Linggo Asri juga memiliki letak yang strategis sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Linggo Asri terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Ajak buah hati anda untuk berlibur di lokasi wisata ini yaa 🙂 pasti akan sangat menyenangkan berlibur bersama keluarga sembari menikmati indahnya panorama pedesaan yang disuguhkan. 🙂

Demikian beberapa daftar wisata di Pekalongan yang recomended banget yang khusus kami rangkumkan untuk sobat traveler agar perjalanan sobat di Kota Batik ini menjadi lebih berkesan. Masih banyak lokasi wisata lain di Pekalongan yang akan kami update segera, jadi simak terus infomasinya hanya di Wisatabagus.net 🙂 See you..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *