Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik

Posted on

7 Tempat Wisata di Pati Paling Menarik

Daftar Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah

Tempat Wisata di Pati – Yuk berlibur ke Pati, Jawa Tengah 🙂 Meskipun tak seterkenal tempat wisata yang lain, Namun Pati menawarkan keindahan alam yang cukup ekstotis. Tak ada salahnya kita berwisata dan mengekplore obyek wisata yang ada di Kapupaten ini. Apasaja sih keunikan dari Pati? Yuk simak saja rangkuman selengkapnya dibawah ini.

Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di bagian Utara, Kabupaten Rembang di bagian Timur, kemudian Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobokan di bagian Selatan, serta Kabupaten Kudud dan Kabupaten Jepara di bagian Barat. Secara geografis sebagian besar wilayah Kabupaten Pati merupakan dataran rendah. Pada bagian selatan terdapat rangkaian pegunungan kapur, bagian barat laut merupakan daerah perbukitan dan Pada bagian timur dilewati oleh Sungai Juwana.

Selain terkenal dengan kuliner Bandeng Prestonya, Pati merupakan salah satu daerah penghasil manggis terbesar di Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan  Pati Bumi Mina Tani karena sebagian besar penduduknya bekerja dala bidang pertanian bahkan 70 % dari Kabupaten Pati merupakan persawahan. Dari segi pariwisatanya Pati di dominasi oleh wisata air terjun dan goa. Air-air terjun dan goa milik Kabupaten Pati memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut adalah daftar wisata di Pati yang paling menarik.

Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik

  1. Waduk Seloromo Pati Jawa Tengah

Wisata Waduk Seloromo Pati Jawa tengah

Ingin berkunjung ke wisata paling ngehits di Pati? Yuk kunjungi Waduk Seloromo. Disini pengunjung dapat berwisata bersama keluarga dan menikmati suasana waduk yang menenangkan. Waduk Seloromo terletak di lereng sebelah Timur Gunung Muria tepatnya di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan dan liburan tiba karena letaknya tak jauh dari Pusat Kota. Jika pengunjung bertlak dari Simpang Lima alun-Alun, maka haya membutuhkan waktu sekitar 20 sampai dengan 25 menit.

Nama Selomoro di dapat dari kata “Selo” yang berarti batu atau juga tempat duduk dan “Romo” yang berarti orang tua laki-laki (Bapak). Waduk ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1930. Waduk ini menjadi sumber pengairan bagi lahan persawahan di kecamatan Gembong dan kecamatan-kecamatan sekitarnya seperti Wedarijaksa, Juwana, Tlogowangu, dan Pati. Di waduk Seloromo juga dibudidayakan ikan air tawar dan saat ini waduk ini dijadikan lokasi wisata.

Selain menyuguhkan pemandangan yang menarik, di lokasi ini pengunjung juga dapat mendirikan Camping Ground. Kawasan ini menyuguhkan suasana yang sejuk dan menenangkan sehingga sangat nyaman bagi anda yang penat akan rutinitas. Dikawasan ini sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap sehingga liburan anda tidak akan terasa membosankan.

  1. Waduk Gunung Rowo

Wisata Waduk Gunung Rowo Kabupaten pati

Lokasi wisata yang menjadi primadona di daerah Pati adalah Waduk Gunung Rowo. Waduk ini merupakan waduk yang sangat luas dan mampu menampung air sekitar 5.5 juta meter kubik. Sama halnya dengan Waduk Seloromo, waduk ini juga dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1928. Waduk Gunung Rowo digunakan sebagai penampungan air bagi pengairan area pertanian yang ada di bawahnya. Namun saat ini lokasi ini difungsikan juga sebagai tujuan pariwisata.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Waduk ini terletak di lembah diantara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria sebelah timur dan memiliki luas sekitar 320 hektar. Waduk Gunung Rowo menyuguhkan panorama alam yang eksotis yang berlatarkan pegunungan Muria yang juga menjadi lokasi wisata andalan Kabupaten Pati. Keindahan Gunung Muria dapat dilihat ketika pengunjung menghadap ke arah Barat.

Di kawasn waduk banyak terdapat jalan-jalan yang sengaja dibuat untuk jalur wisata waduk. Di jalan-jalan ini juga banyak disediakan tempat peristirahatan. Warung penjual makanan juga banyak berjajar di lokasi ini. Jadi pengunjung tak perlu membawa banyak makanan, anda hanya perlu menyiapkan dompet yang tebal hehe :D. Di lokasi ini juga terdapat tempat pemancingan khusus yang telah disediakan untuk pengunjung. Pengunjung dapat memancing dan membawa ikan hasil tangkapan dengan sistem kalkulasi. Biaya yang dikenakan biasanya sesuai dengan hasil tangkapan pengunjung. Ikan ini terasa sangat lezat apalagi jika dimasak dan dinikmati dengan keluarga tercinta 🙂

  1. Pintu Gerbang Majapahit

Asal Usul Pintu Gerbang Majapahit Pati

Salah satu peninggalan warisan budaya yang ada di Pati adalah Pintu Gerbang Majapahit. Pintu Gerbang Majapahit merupakan pintu yang terbuat dari jati kuno pada masa kerajaan Majapahit. Lokasi wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata sejarah yang harus sobat kunjungi ketika berada di Pati.

Pintu Gerbang Majapahit letaknya tak jauh dari Pusat Kota yakni hanya bejarak sekitar 4 kilometer. Tempat ini lokasi tepatnya di Desa Rendole, Kecamatan Magorejo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Gerbang majapahit sangat dekat dengan Stadion Joyokusumo Pati dan juga dekat dengan obyek wisata Sendang Tirta Sani Pati. Pintu gerbang ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang diangkat oleh Kebo Nyabrang sebagai persyaratan untuk dapat diakui oleh Sunan Muria. Namun setelah tiba di Desa Rondole, Kebo Nyabrang tidak mampu lagi mengangkat dan melanjutkan perjalanan kemudian menunggui pintu gerbang tersebut hingga meninggal dunia.

Pintu Gerbang Majapahit merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Pati yang menyimpan nilai seni yang tinggi. Pintu gerbang ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang terbuat dari bahan Jati kuno pada abad ke – 15 an pada masa Walisongo. Saat ini keberadaan pintu gerbang tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

  1. Goa Pancur

Wisata Goa Pancur pati

Ingin berwisata sekaligus meguji adrenaline yuk kunjungi Goa Pancur 🙂 . Gua Pancur adalah salah satu destinasi wisata menarik yang harus anda kunjungi. Bagi para traveler obyek wisata goa menjadi salah satu obyek wisata penguji adrenaline. Karena biasanya untuk menikmati keindahan Goa pengunjung harus berjuang menuju lokasi-lokasi tersebut. Goa merupakan salah satu obyek wisata yang unik karena setiap goa memiliki karakteristiknya masing-masing, begitu pula dengan Goa Pancur milik Pati, Jawa Tengah.

Meski pada umumnya obyek wisata goa memiliki kesan seram, Gua Pancur menawarkan suasana yang agak berbeda. Goa ini memiliki sejumlah wahana yang menarik mulai dari mandi gratis di mulut goa pancur yang diyakini oleh masyarakat bisa membuat awet muda.

Wahana bebek kayuh juga ada di danau mini yang terdapat di depan mulut goa. Untuk dapat menikmati wahana bebek kayuh, pengunjung dikenai biaya sekirat Rp.15.000,- Bebek kayuh ini dapat di tumpangi oleh empat orang. Pengunjung diberi waktu kurang lebih 15 menit untuk menikmati panorama alam di atas danau mini ini. Di kawasan ini juga dilengkapi Gazebo yang dimanfaatkan untuk melihat keindahan danau buatan, persawahan di sekitar Jimbaran dan juga melihat keidahan lereng perbukitan lereng Gunung Kendeng.

Di dalam Goa Pancur pengunjung akan diajak menyusuri keindahan pesona perut bumi sepanjang 8.27 kilometer. Goa ini menawarkan keindahan stalagmit dan stalagtit yang telah terbentuk selama ribuan tahun. Kawasan Goa yang sangat indah ini terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Keyen, Kabupaten Pati, Jawa tengah.

  1. Air Terjun Tadah Hujan

Wisata Air Terjun Tadah Hujan Sukolilo Pati

Jika sobat merupakan salah satu yang menyukai wisata air terjun, anda harus mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Air Terjun Tadah Hujan. Jika anda mengira nama Air Terjun Tadah Hujan berarti air ini hanya mendapatkan pasokan air ketika musim hujan anda salah besar. Ini hanyalah sebuah nama, tidak selalu mempresentasikan keadaan dari obyeknya. Air Terjun Tadah Hujan mengalirkan air sepanjang tahun meskipun musim kemarau.

Debit air yang cukup melimpah sehingga warga memanfaatkanya sebagai pemasok air bersih yang kemudian dialirkan ke desa melalui pipa-pipa yang dipasang di sepanjang jalan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 meter dan memiliki kolam penampungan di bawahnya. Air-air disekitar kolam penampungan berwarna kehijauan. Disekitar kolam penampungan air terjun terdapat kolam-kolam buatan yang sengaja dibuat oleh warga untuk tempat mandi atau bermain air para pengunjung.

Kawasan disekitar Air Terjun Tadah Hujan nampak begitu asri dengan pohon-pohon besar yang sangat rindang. Suasananya pun terasa sangat sejuk dan tenang. Bagi anda yang ingin mencari ketenangan dan kenyamanan, lokasi wisata ini dapat anda masukan ke dalam salah satu daftar liburan anda. Air terjun ini terletak di kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

  1. Goa Wareh

Wisata Goa Wareh di Pati

Obyek wisata goa di Pati yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Goa Wareh. Goa Wareh menawarkan keindahan alam yang tak kalah mempesona jika dibangingkan dengan Goa Pancur. Goa ini berlokasi di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Bagaimana sih keindahan dan panorama alam yang diberikan oleh Goa Wareh? Yuk kita telusuri bersama-sama 🙂

Goa Wareh terletak sekitar 15 kilometer bila kita bertolak dari Pusat Kota Pati, Jawa Tengah. Jadi menempuh perjalanan sekitar 25 menit. Goa Wareh merupakan salah satu pesona keindahan gugusan pegunungan Kendeng yang membentang di sepanjang wilayah Pati bagian Selatan. Luas area di kawasan ini sekitar 4.5 hektar dan memiliki lorong goa yang menuju ke arah kiri sepanjang 100 meter. Daya tarik dan keindahan dari Goa Wareh adalah sungai bawah tanahnya yang memiliki air yang sangat jernih.

Jika berlibur kemari kami sarankan untuk membawa baju ganti, terutama yang mengajak keluarga dan anak-anak. Di kawasan ini menawarkan keunikan yang lain yakni terdapat sumber mata air alami yang berasal dari Gunung Kendeng sehingga pengunjung bisa menikmati bermain air dan mandi di sumber mata air ini. Karena sumber ini berasal dari mata air pegunungan, airnya tentu terasa sangat sejuk dan segar. Mandi dengan air ini dipercaya dapat membuat anda awet muda dan enteng jodoh loh 😀 Jadi bagi kamu yang belum ketemu-ketemu dengan jodohnya, buruan deh datang kesini.

  1. Kebun Kopi Jolong

Agrowisata Kebun Kopi Jolong Pati

Bosan dengan suasana menantang dan ingin merasakan sensasi yang lebih santai? Tenang saja, di Pati juga tak melulu wisata penguji adrenaline saja. Kabupaten Pati juga menawarkan wisata alam yang sedikit santai seperti Kebun Kopi Jolong. Perkebunan Kopi ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional IX dan sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Kawasan ini dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda.

Kebun Kopi Jolong kemudian dikelola sebagai salah satu kekayaan alam peninggalan Belanda dalam bidang pertanian dan perkebunan. perkebunan kopi ini berada pada ketinggian 570 hingga 790 meter diatas permukaan laut. Suhu di kawasan ini juga relatif rendah hanya berkisar antara 25 sampai dengan 32 derajat Celcius saja. Untuk luas keseluruhan area ini sekitar 527 hektar yang merupakan total keseluruhan dari Perkebunan Kopi, Pabrik Pengolahan Kopi, dan juga Bumi Perkemahan.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi ini adalah berjalan-jalan melintasi area perkebunan kopi, menyusuri dan melihat-lihat air terjun dan juga sungai-sungai kecil yang sangat indah. Di sekitaran sungai ini terdapat bebatuan besar maupun kecil yang berserakan membuat bantaran sungai nampak begitu indah. Keunikan lain dari lokasi ini adalah adanya bumi perkemahan yang terawat dan sangat terjaga kemanannya. Bumi perkemahan ini juga memiliki lahan seluas lapangan sepak bola dengan ditumbuhi rumut yang sangat rapi dan terawat. Lokasi ini berbatasan langsung dengan jurang yag menghadap ke Pegunungan Muria. Sudah dapat dipastikan panorama alam dikawasan ini begitu ciamik dan menggoda.

Selain dapat menyaksikan panorama alam yang sangat mempesona, di kawasan kebun kopi ini pengunjung sudah tentu dapat melihat proses pemanenan hingga pengolahan kopi. Waaah sangat menarik yaa :). Jika tertarik mengunjungi lokasi wisata ini anda dapat datang langsung ke desa Jolong Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jika anda bertolak dari Pusat Kota Pati hanya berjarak sekitar 20 kilometer.

Kota yang disebut Kota Manggis ini ternyata memiliki obyek wisata yang menarik dan manis, semanis buah manggis yang menjadi ikon Kota ini. Obyek wisata yang ditawarkannya juga cukup beragam dari wisata yang cukup santai hingga yang menguji adrenaline semua ada disini. Jadi jika berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah, sempatkan berkunjung ke kota yang satu ini yaa 🙂

Demikian daftar wisata paling ngehist di Pati yang kami rangkum dari berbagai sumber. Dapat kami pastikan liburan sobat traveler nggak pake galau jika mengunjungi lokasi-lokasi yang telah kami sarankan. Stay di Wisatabagus.net yaa 😀 karena kami akan berbagi informasi wisata paling ngehits lainnya. Selamat berlibur….

Simak juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *