7 Tempat Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Papua Terbaru – Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keindahan alamnya. Beberapa pulau di Indonesia menjadi surga tersembenyi bagi para traveler. Sebagai warga Indonesia kita harus mulai untuk mengexplore wilayah-wilayah yang berpotensi sebagai obyek pariwisata agar dapat membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Salah satu pulau yang membuka mata kita bahwa tak hanya pulau yang ramai dikunjungi saja yang memiliki potensi alam yang mempesona adalah Pulau Papua. Meskipun belum memiliki infrastruktur yang memadai dan masih sangat tertinggal namun memiliki keindahan alam yang sangat indah.

Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi terkayadi Indonesia dengan luas wilayahnya tiga kali luas Pulau Jawa. Luasnya yakni sekitar 421.981 km2 dengan jumlah populasi penduduk haya sekitar 2.3 juta jiwa. Sebagian besar wilayah papua merupakan hamparan hutan hujan tropis. Papua merupakan wilayah Indonesia bagian timur yang memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa.

Sumber daya alam Papua memiliki potensi yang bernilai ekonomis dan strategis. Namun karena letaknya yang cukup jauh dari kota-kota besar, tempat ini masih kurang terexplore dari segi pariwisatanya. Keindahan alam yang masih sangat alami dan belum terjamah ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi para traveler. Yuk kita explore keindahan alam pulau yang satu ini 🙂

Baca juga : Tempat Wisata di Manado Terbaru

Tempat Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

  1. Pulau Raja Ampat

Wisata Pulau Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan yang terletak di Bagian Barat Pulau Papua. Perairan ini termasuk dalam salah satu dari 10 perairan terbaik untuk aktivitas penyelaman di Dunia. Aktivitas yang paling menarik di Pulau ini adalah menyelam untuk mengexplore keindahan bawa lautnya.

Terdapat kurang lebih 1.511. jenis ikan dan penyu laut, 700 jenis molusca dan 450 jenis karang keras. Karena keindahanya pulau ini menjadi situs warisan dunia. Waktu terbaik untuk snorkeling di Kepulauan Raja ampat adalah bulan Oktober hingga bulan November, dikarenakan pada bulan ini sangat bagus sehingga air menjadi jernih dan jarak pandang menjadi semakin dekat.

Meskipun sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya, namun tak hanya hal itu yang menjadi kebanggaan pulau ini. Pulau Raja Ampat memiliki keindahan atas laut yang sangat mempesona mulai dari pasir putihnya, gugusan pulau-pulaunya dan juga flora fauna endemik yang dimilikinya seperti burung cendrawasih dan bunga anggrek.

Salah satu yang menarik dari Pulau Raja ampat adalah peninggalan prasejarahnya yang terletak di Kawasan gugusan Misool, terdapat cap-capmtangan pada dinding batu karang. Cap-cap tangan yang diyakini berusia 50.000 tahun ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada dalam gua. Selain itu, terdapat juga bekas peninggalan pesawat udara yang karam peninggalan Perang Dunia II di pulau Wai.

  1. Puncak Jayawijaya

Wisata Pendakian Puncak Jayawijaya Papua
Mendaki Puncak Jayawijaya di Papua | Foto : warungkopi.okezone.com

Salah satu destinasi wisata yang menantang bagi para pendaki adalah Puncak Jayawijaya. Puncak Jayawijaya sangat terkenal dengan salju abadi nya. Gunung Jayawijaya merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Puncak Jayawijawa merupakan puncak yang menakjubkan karena meskipun terletak di garis khatulistiwa Puncak Jayawijaya ini selalu diselimuti oleh salju yang tebal yang diberi gelar sebagai salju abadi. Bagi para pendaki puncak jayawijaya merupakan yang paling favorit. Sehingga banyak turis baik lokal maupun mancanegara mencoba untuk menguji nyalinya di Puncak Jayawijaya ini.

Puncak Jayawijaya memiliki tinggi 4.884 meter di atas permukaan laut. Obyek wisata yang terletak di Taman Nasional Laurentz ini mempunyai panorama yang sangat indah. Puncak ini terlihat seperti permadai hitam yang diselimuti oleh tudung putih. Jika cuaca sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan. Kandungan es di pegunungan Jayawijaya ini diperkirakan mencapai 5 % dari cadangan es dunia yang berada di luar benua Antartika.

Akses menuju Puncak Jayawijaya ini memiliki perizinan yag cukup rumit dan medan pedakian yang berat oleh karena itu jika wisatawan ingin mendaki ke Puncak Jayawijaya disarankan untuk menggunakan jasa agen perjalanan yang berpengalaman. Agen perjalanan tersebut akan mengurus semua perlengkapan anda dari perizinan, transportasi dari Jakarta menuju Papua, persewaan helikopter menuju basecamp, pemandu pendakianasuransi, serta latihan dan pengkondisian tim sebelum pendakian.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih Papua
Indahnya Taman Nasional Teluk Cendrawasih Papua | Foto : cahayapapua.com

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan kawasan konservasi yang paling besar dan paling luas di Indonesia. Taman Nasional ini memiliki luas 1.453.500 hektar dengan hampir 90% berupa perairan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementrian Kehutanan. Di Obyek wisata ini anda dapat menemukan 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan. Kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba juga dapat anda temui ditempat ini.

Selain menyuguhkan keindahan taman bawah laut yang sangat menakjubkan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga memiliki pulau-pulau yang menarik yang harus anda kunjungi seperti Pulau Mioswaar yang memiliki gua dengan sumber air panas yang memiliki kandungan belerang, Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan masih banyak pulau-pulau yang lain yang tak kalah indah.

Secara administratif Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di dua Kabupaten yaitu Wondama dan Nabire. Taman Nasional ini juga menjadi penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan LSM dalam dan luar negeri. Obyek wisata Papua yang satu ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Danau Sentani

Wisata Danau Sentani Jayapura
Indahnya Danau Sentani Jayapura | Foto : log.viva.co.id

Papua memiliki obyek wisata alam yang sangat beragam yang mampu memanjakan wisatawan yang berkunjung. Salah satu obyek wisata yang tak boleh terlewatkan adalah Danau Sentani. Danau Sentani berlokasi sekitae 50 km dari pusat kota Jayapura. Danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan menjadi danau yang paling besar di Papua. Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan memiliki 21 pulau yang menghiasi sekitar danau dengan ketinggian 75 meter diatas permukaan laut.

Danau Sentani memiliki beberapa aktivitas menyenangkan seperti memancing, berenang, menyewa perahu untuk berkeliling danau dan menyantap kuliner yang dijajakan oleh warung-warung disekitar danau. Apabila anda ingin berinteraksi dan berkenalan dengan warga desa disekitar Danau Sentani anda dapat mengunjungi 24 desa yang berada disekitar kawasan ini. Disekitar obyek wisata ini anda dapat menemui deretan rumah panggung dengan jaring ikan nya.

Salah satu nilai jual obyek wisata ini adalah acara tahunan yang diadakan ditempat ini yakni Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan di bulan Juni. Saat festival berlangsung, Obyek wisata ini akan dipenuhu oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya setempat. Ditempat ini anda juga akan menemukan kuliner-kuliner yang sangat lezat yang dapat memanjakan lidah anda.

  1. Danau Paniai

Wisata Danau Paniai di Papua
Eksotisnya Danau Paniai di Papua | Foto : Jalan2.com

Selain Danau Sentani, Papua juga memiliki danau lain yang tak kalah indah yakni Danau Paniai. Danau ini disebut-sebut sebagai danau   terindah pada Konferensi Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti oleh 157 negara. Danau ini berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar. Danau Painai merupakan salah satu danau penghasil ikan air tawar terbesar di Papua. Beberapa jenis ikan yang dapat anda temui di danau ini adalah ikan emas, ikan nila, dan ikan mujair.

Saat senja, pemandangan disekitar Danau Paniai ini sangat cantik. Pengunjung bisa menyaksikan siluettebing-tebing, burung-burung beterbangan diatas danau ditambah keindahan perahu-perahu yang berjajar merapat pulang. Anda dapat melakukan aktifitas memancing didanau ini bersama dengan perempuan-perempuan suku Mee dan Moni.

Danau Paniai juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas diantaranya pos jaga, pemandu atau tour guide, alat pancing, penyewaan perahu, hingga warung-warung yang menyediakan makanan disekitar danau. Apabila anda ingin berlama-lama dilokasi wisata ini anda juga dapat menginap dirumah warga disekitar obyek wisata ini.

  1. Pantai Bosnik

Wisata Pantai Bosnik di Papua
Menikmati Pantai Bosnik di Papua | Foto : wisatadirektori.com

Pantai Bosnik berlokasi di Desa Woniki, Biak Timur, Papua. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Pantai Bosnik menjadi primadona bagi warga papua karena letaknya tak jauh dari kota, dan sarana transportasi yang digunakan pun terbilang mudah. Anda dapat menggunakan ojek atau angkutan kampung. Untuk menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit atau sekitar 15 km dari pusat kota. Sarana penginapan pun sudah tersedia di Biak jadi bagi anda wisatawan yang akan bermalam tak perlu khawatir.

Obyek wisata pantai yang terletak di Biak ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang luas. Deretan pohon kelapa dipinggiran pantai serta dipadu dengan air laut yang jernih kebiru-biruan menjadikan pemandangan Pantai Bosnik begitu sempurna. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dipantai ini adalah berenang, berendam, berjemur, bermain voly pantai atau bersantai bersama keluarga.

Dipantai ini anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan berbagai jenis terumbu karang yang sangat cantik. Anda hanya perlu membayar Rp.10.000 saja untuk dapat menikmati keindahan wisata pantai milik papua ini. Apabila anda ingin menyewa saung yang berada disekitaran Pantai Bosnik, anda hanya perlu merogoh kicek sebesar Rp.50.000 saja, sangat murah bukan ? Apabila anda berkunjung ke Papua dan ingin menikmati keindahan wisata pantai, kami rasa anda wajib mengunjungi pantai yang satu ini.

  1. Lembah Baliem

Wisata Lembah Baliem di Papua
Indahnya Lembah Baliem di Papua | Foto : TripTrus.com

Lembah Baliem terletak disekitar pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut. Suhu di daerah ini berkisar antara 10 sampai dengan 15 derajat Celcius pada malam hari. Lembah ini merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani. Anda dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat yang masih sangat tradisional. Penduduk sekitar lembah baliem masih menggunakan koteka untuk pria dan rok rumbai bagi para wanitanya.

Acara tahunan juga diselenggarakan di Lembah Baliem pada bulan Agustus. Tak heran jika pada bulan ini Lembah Baliem akan dipadati oleh wisatawan. Anda dapat menyaksikan pertunjukan seni dan budaya selama festival ini berlangsung. Selain pertunjukan budaya akan ada karapan babi dan juga pesta babi bakar. Apabila ingin membelikan souvenir untuk keluarga tercinta, anda juga dapat membelinya disini. Berbagai macam pernak-pernik khas daerah ini telah di sediakan.

Untuk mencapai lembah yang eksotik ini anda harus mencapai Kota Jayapura terlebih dahulu. Kemudian untuk mencapai Wamena banyak sekali pilihan penerbangan yang telah disediakan diantaranya : Trigana, MAF, AMA, Yajasi, Manunggal Air, atau menggunakan pesawat Hercules.

Papua memiliki keindahan alam yang luar biasa menakjubkan meskipun beberapa dari obyek wisata pulau Papua belum memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap. Demikian daftar wisata terbaik dan menarik di Papua yang wajib anda kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan simak terus daftar wisata paling populer di Wisatabagus.net karena kami akan terus menambah dan mengupdate daftar-daftar obyek wisata yang paling rekomended untuk anda dan keluarga kunjungi. Stay tune yaa 🙂

2 thoughts on “7 Tempat Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *