7 Daftar Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Palembang Terbaru – Sedang berkunjung ke Palembang dan ingin mecari tempat wisata paling populer dan wajib untuk dikunjungi? Yuk simak resumenya di Wisatabagus.net sekalian berkenalan dengan Kota yang satu ini.

Palembang merupakan Ibukota Sumatera Selatan, dan sekaligus menjadi kota terbesar kedua setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas sekitar 358.55 kilometer yang dihuni 1.7 orang dengan kepadatan penduduk 4.800 km2. Dari segi sejarahnya kota ini dianggap sebagai salah satu pusat dari kerajaan Sriwijaya.

Palembang memiliki iklim tropis dengan angin lembab nisbi. Penduduk kota ini merupakan etnis Melayu dan menggunakan bahasa melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang.

Dari segi pariwisatanya Palembang memiliki landmark yang sangat terkenal yaitu Jembatan Ampera. Kota yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam ini pula memilki wisata religi yang sangat menarik, unik dan wajib untuk anda kunjungi seperti masjid Agung Sultan Mahmud Badarudinn, dan Masjid Cheng Hoo.

Selain itu masih ada wisata bahari seperti air terjun lematang, air terjun bidadari, air terjun marung, Pulau Kemaro dan Sungai Musi. Untuk obyek wisata berupa dataran tinggi ada obyek wisata gunung dempo di lahat, hutan punti kayu dan bukit suguntang sangat layak untuk anda kunjungi. Kemudian untuk wisata edukasi sejarahnya ada benteng kuto besak, taman purbakala kerajaan sriwijaya, dan monumen perjuangan rakyat palembang.

Wisata keluarga pun tersedia di Kota yang satu ini yakni wisata keluarga Kembang Iwak Family Park. Kota palembang juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya yang endesss 😀 Wah lengkap sekali ya sobat. Tampaknya Kota Palembang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Yuk simak ulasanya satu persatu dibawah ini 🙂

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Makassar Terbaru

Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

  1. Jembatan Ampera

Wisata Jembatan Ampera di Palemang
Jembatan Ampera, Landmarknya Palembang | Foto : fajar/jpnn

Obyek wisata yang wajib anda kunjungi pertama kali jika berkunjung ke kota ini adalah Jembatan Ampera. Karena Jembatan Ampera merupakan landmark atau ikon nya kota Palembang. Jembatan Ampera terletak ditengah-tengah kota palembangmenghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Pada awalnya jembatan ini dinamai dengan Jembatan Bung Karno, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan atas kesungguhan Presiden Soekarno untuk membangun jembatan di atas sungai musi. Setelah terjadi pergolakan politikpada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno sangat kuat kemudian jembatan ini diganti namanya menjadi Jembatan Ampera (
Amanat Penderitaan Rakyat)

Keistimewaan jembatan ini pada awalnya bagian depan, tengah dan belakang jembatan ini dapat diangkat keatas ditujukan agar tiang kapal yang lewat tidak tersangkut dengan badan jembatan. Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dengan tinggi maksimu 44.50 meter dapat melewati jembatan ini  dengan mudah.

Namun sejak tahun 1970, aktivitas turun dan naik bagian tengah jembatan sudah tidak dilakukan karena waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini menggangu aktifitas lalu lintas yang berada diatasnya. Sangat tidak lengkap rasaya jika berkunjung ke Kota Palembang namun tidak mengunjungi obyek wisata yang satu ini. Jembatan Ampera memiliki panorama yang sangat indah ketika malam hari.

Jembatan ini nampak sangat cantik dan elegan. Puluhan lampu cantik yang menghiasi jembatan ini akan membuat pengunjung terpana. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung hanya untuk mengambil gambar atau berfoto disekitar jembatan ini.

  1. Bukit Siguntang

Legenda Bukit Siguntang Palembang
Misteri Bukit Siguntang di Palembang | Foto : infopalembang.id

Obyek wisata alam di Kota Plembang yang wajib anda kunjungi adalah Bukit Siguntang. Bukit Siguntang adalah bukit kecil setinggi 29-30 meter diatas permukaan laut yang terletak sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musidan masuk ke dalam wilayah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Secara administratif situs ini termasuk kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. Bukit ini berjarak sekitar 4 kilometer disebelah barat daya di Pusat Kota Palembang. Transportasi menuju Bukit Siguntang dapa ditempuh menggunakan angkutan umum menuju jurusan Bukit Besar.

Dikawasan sekitar Bukit Siguntang ditemukan beberapa temuan purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya. Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai leluhur warga Palembang. Oleh masyarakat setempat, kompleks ini dianggap keramat dan menjadi tempat tujuan ziarah. Kini kawasan ini menjadi Taman Purbakala untuk menjaga artefak-artefak yang mungkin masih belum terungkap.

Bukit Siguntang adalah gundukan tanah yang paling menonjol didataran Kota Palembang. Bukit yang dipenuhi taman dan pepohonan besar ibi dipercaya sebagai kompleks pemakaman raja-raja Melayu. Pada bagian puncak bukit terdapat beberapa makam yang menurut penduduk lokal dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya. Bukit ini memiliki suasana yang asri, sejuk dan segar. Dikawasan ini banyak ditumbuhi pohon-pohon hijau yang sangat menyejukan mata.

  1. Benteng Kuto Besak

Wisata Benteng Kuto Besak Palembang
Wisata Benteng Kuto Besak Palembang | Foto : hellopalembang.com

Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad  XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud badarudinn I yang memerintah pada tahun 1724 sampai dengan tahun 1758 dan pelaksanaan pembangunanya diselesaikan oleh  penerusnya yaitu Sultan Mahmud Badarudinn yang memerintah pada tahun 1776 sampai dengan 1803.

Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1780 dengan arsitek yang sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Semen perekat bata bangunan ini menggunakan batu kapur yang ada di daerah pedalaman Sungai Ogan ditambah dengan putih telur.

Benteng Kuto Besak dibangun selama 17 tahun dan secara resmi ditempati pada Senin, 21 Februari 1797. Sangat berbeda dengan keraton lama yang letaknya berada dipedalaman. Keraton baru berdiri diposisi yang sangat strategis, terbuka, sekaligus sangat indah. Benteng Kuto Besak posisinya menghadap sungai musi.

Pembangunan dan penataan kawasan disekitar Benteng Kuto Besak bertujua menjadi wisata hiburan terbuka yang memperlihatkan potensi keindahan pesona Sungai Musi dan bangunan-bangunan bersejarah. Jika dilihat dari Jembatan Ampera, pemandangan yang tampak adalah pelataran luas dengan latar belakangderetan pohon palem di halaman Benteng Kuto Besak dan menara air di Kantor walikota Palembang. Pada malam hari pemandangan Benteng Kuto Besak akan terlihat semakin sempurna dengan cahaya deretan lampu-lampu taman yang menciptakan refleksi warna kuning pada perukaan sungai.

  1. Pulau Kemaro

Wisata Pulau Kemaro Palembang
Wisata Pulau Kemaro di Palembang | Foto : sumselprov.go.id

Pulau Kemaro merupakan delta kecil yang di Sungai Musi yang terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera dan 40 km dari Kota palembang. Pulau Kemaro merupakan rekreasi yang terkenal di sungai musi. Di lokasi ini juga terdapat vihara china yakni klenteng Hok Tjing Rio. Kuil Budha yang sering dikunjungi umat Budha dan digunakan untuk berdoa atau berziarah ke makam juga ada di kawasan ini. Di Pulau Kemaro juga sering dijadikan tempat acara Cap Go Meh setiap tahun baru imlek.

Daya tarik Pulau Kemaro adalah adanya bangunan Pagoda berlantai 9yang menjulang ditengah-tengah pulau. Bangunan ini dibangun pada tahun 2006. Selain Pagda ada juga Klenteng Hok Tjing Rioyang lebih dikenal dengan Klenteng Kuan In yang sudah lebih dulu dibangun pada tahun 1962.

Didepan klenteng terdapat makamTan Bun An dan Siti Fatimah. Di tempat ini juga ada pohon yang unik yang disebut dengan pohon cinta, konon apabila pasangan mengukir nama dipohon tersebut maka hubungan mereka akan berlangsung hingga pernikahan.

  1. Air Terjun Bidadari

Wisata Air Terjun Bidadari di Palembang
Menikmati Air Terjun Bidadari di Palembang

Kapubaten Lahat memiliki potensi air terjun yang sangat beragam. Obyek wisata air terjun ni tersebar diseluruh kaecamatan di Kabupaten Lahat. Salah satunya adalah di Kecamatan Pulau Pinang tepatnya di Desa Karang Dalam. Air terjun Bidadari  berada ditengah hutan dan memiliki 7 puncak dan tiga kolam pemandian.

Untuk dapat menuju air terjun bidadari pengunjung dapat menempuh perjalanan15 menit atau 16 kilometer dari Kota Lahat dan ketika telah samapi di Desa Karang Dalam, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati kebun kopi , masuk ke dalam hutan kurang lebih 30 menit. Ada dua jalur alternative yang dapat ditempuh jalan pertama anda dapat langsung menuju air terjun pertama dan alternative kedua para pengunjung dapat menyusuri air terjun dari bawah.

Air Terjun Bidadari memiliki ketinggian 30 meter dengan lebar kolam 15 meter, aliran sungai Air Terjun Bidadari bermuara ke Sungai Lematang. Air Terjun Bidadari terlihat sangat asli dan alami karena masih belum banyak dijamah oleh manusia.

Ditepian sungai banyak ditubuhi pohon-pohon yang rindang yang membentuk sebuah goa. Pohon-pohon terseut membuat suasana disekitar obyek wisata ini terasa semakin teduh dan sejuk. Beberapa pohon berjenis mahoni ada juga pohon bambu. Dikawasan ini juga terdapat berbagai jenis burung dan kupu-kupu.

  1. Gunung Dempo

Wisata Gunung Dempo di Palembang
Indahnya Gunung Dempo Palembang

Tak hanya di Pulau Jawa yang memiliki destinasi wisata berupa pegunungan. Di Pulau Sumatera khususnya Sumatera Selatan pun memiliki obyek wisata dataran tinggi berupa gunung yang disebut dengan Gunung Dempo. Meskipun obyek wisata ini tidak terlalu familiar ditelinga masyarakat, tak ada salahnya jika kita mengulas obyek wisata yang satu ini agar dapat terexplore keindahannya.

Gunung Dempo merupakan gunung yang terletak di Sumatera Selatan. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Kota Palembang dengan ketinggian 3.195 meter diatas permukaan laut. Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para pendaki karena pesona pemandangan yang sangat indah dan menawan. Pendaki akan disuguhi pemandangan hijau hamoaran kebun teh yang sangat luas. Hamparan kebun teh ini letaknya di lereng Gunung Dempo.

Selain kebun teh, Gunung Dempo memiliki kawah yang sangat indah yang airnya dapat berubah sewaktu-waktu, terkadang kawah ini berwarna putih, kadang berwarna biru dan terkadang berwarna hijau. Untuk mendaki ke Gunung Dempo anda perlu berhati-hati karena trek gunung ini tidaklah mudah dan agak menanjak. jadi apabilla pendaki ingin melakukan pendakian di Gunung Dempo maka harus mempersiapkan kondisi tubuh anda serta sarana prasarana harus yang anda butuhkan.

  1. Masjid Cheng Hoo

Wisata Masjid Cheng Hoo di Palembang

Setelah mengulas tentang wisata alam, wisata bahari dan wisata edukasi Kota Palembang. yuk beralih ke Wisata Religinya. Kota yang mayoritas penduduknya islam ini memiliki bangunan masjid yang sangat unik. Masjid yang diberi nama Masjid Cheng Hoo ini sebenarnya memiliki nama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Masjid ini bernuansa Muslim Tionghoa dan berdiri di tanah seluas 5000 hektar.

Masjid Cheng Hoo berlokasi di Jakabaring Palembang. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, dan pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan dan juga tokoh masyarakat Tionghoa disekitar Palembang. Masjid yang dibangun dengan perpaduan unsur china dan melayu ini sudah memiliki TPA atau Temoat Pendidikan Al-Quran unuk anak-anak secara gratis.

Masjid Cheng Hoo tak hanya menjadi tempat ibadah, karena bangunan nya yang unik masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi baik untuk turis asing maupun tuis lokal. Masjid Cheng Hoo sangat layak untuk anda masukan kedalam daftar tujuan wisata anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *