Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

Posted on

Tempat Wisata di Medan Terbaru – Kota Medan merupakan kota metropolitan terbesar ke tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas 26.510 hektar. Secara administratif Medan berbatasan Selat Malaka di sebelah Utara, dan Kabupaten Deli Serdang di sebelah Selatan, Barat, dan Timurnya. Kota ini memiliki iklim hutan hujan tropis dengan musim kemarau yang tidak merata.

Masyarakat yang mendiami kota ini terdiri dari berbagai macam suku, namun mayoritas beretnis Jawa, Batak, Tionghoa dan Minangkabau. Keanekaragaman etnis di Kota Medanterlihat dari jumlah masjid, gereja, dan vihara yang banyak tersebar di seluruh kota. Beberapa rumah ibadah ini menjadi destinasi wisata religi terfavorit bagi warganya seperti Masjid Raya Medan, dan Maha Vihara Adhi Maitreya. Selain wisata religi, Medan memiliki obyek wisata alam yang sangat mempesona. Yuk kita simak daftar wisata di medan yang paling populer.

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Palembang Terbaru

Tempat Wisata di Medan yang Romantis

  1. Air Terjun Dua Warna sibolangit

Wisata Air Terjun Dua Warna Medan
Indahnya Air Terjun Dua Warna di Medan

Wisata bahari merupakan wisata yang paling diminati saat ini. Di Kota Medan setidaknya ada sekitar kurang lebih 2 obyek wisata danau dan 5 obyek wisata air terjun. Obyek wisata air terjun yang ada di Kota Medan ini salah satunya adalah Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna atau yang disebut dengan Air Terjun Dwi Warna menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit Kecamatan Sibolangit.

Air Terjun Dua Warna berada pada ketinggian 1.270 meter diatas permuaan laut. Disebut Air Terjun Dua Warna karena air terjun ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang berada dikolam berwarna putih ke abu-abuan sedangkan air terjun yang tumpah dari atas berwarna biru muda. Secara ilmiah, perbedaan warna ini disebabkan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang. Karena kandungan yang dimilikinya jangan sekali-kali untuk mencoba meminumnya. Perbedaan ini juga tidak hanya berbeda pada warnanya namun juga pada suhu air terjun tersebut. Air terjun berwarna biru memiliki suhu dingin, sedangkan air yang berwarna putih abu-abu bersuhu hangat.

Di area ini anda dapat berenang, bermain air, dan bersantai sambil menikmati pesona alam keindahan air terjun. Anda juga dapat menghidupkan api unggun di sekitar area ini. Pasti akan sangat menyenangkan mengunjungi obyek wisata yang sangat indah ini bersama orang-orang tersayang. Suasananya yang sejuk dan segar akan membuat anda merasa tenang dan nyaman ketika berada ditempat ini.

  1. Istana Maimun Peninggalan Kerajaan

Wisata Istana Maimun Peninggalan Sejarah di Medan
Megahnya Istana Maimun Peninggalan Sejarah di Medan

Setelah berkunjung ke Air Terjun Dua warna, jangan lewatkan untuk berkunjung ke obyek wisata sejarah Istana Maimun. Karena disini anda akan diajak untuk melihat-lihat sejarah Istana Kesultanan Deli. Istana Maimun merupakan salah satu ikon Kota Medan yang terletak di Jalan Jendral Brigadir Jendral Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Pembangunan isana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun di design oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli. Luas istana ini sebesar 2.772 m2 dan memiliki 30 ruangan. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bagian induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke Utara dan pada sisi depan terdapatย  Bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Istana Maimun sekarang dijadikan obyek wisata karena memiliki design interiornya unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu dengan gaya islam, Spanyol, India, dan Italia. Obyek wisata ini dapat anda jadikan tujuan wisata edukasi untuk buah hati anda. Anda dapat menanamkan nilai-nilai sejarah dengan cara yang menyenangkan jika berkunjung ke tempat ini.

  1. Danau Siombak

Wisata Danau Siombak Marelan di Medan
Menikmati Danau Siombak di Medan | Foto : tempatwisataseru.com

Di Kota Medan juga memiliki obyek wisata berupa danau loh gengs. Danau yang berada di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan ini disebut dengan nama Danau Siombak. Danau Siombak merupakan danau buatan yang memiliki luas sekitar 40 hektar dengan diameter 1000 meter dan kedalaman kurang lebih 12 meter. Danau Siombak terletak di antara dua sungai yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun.

Danau Siombak akan ramai pengunjung ketika liburan tiba dan ketika akhir pekan. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat rekreasi ini antara lain memancing, ,menyewa speedboat, dan bagi orang tua yang mengajak anak-anak tak perlu khawatir karena di kawasan ini sudah disediakan kolam mini, bebek dayung, dan mandi bola. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana santai dan tenang anda dapat memasukan Danau Siombak menjadi salah satu daftar tujuan wisata anda. Obyek wisata ini juga murah meriah loh, anda hanya perlu mengeluarkan dana Rp.2000,- saja. Bagaimana apakah anda tertarik ?

  1. Masjid Raya Medan

Wisata Masjid AL Mashun Medan
Indahnya Masjid Raya Medan

Seperti yang telah disebutkan diawal artikel bahwa Kota Medan memiliki wisata religi yang akan membuat anda merasa takjub ketika melihatnya. Kota medan memiliki berbagai macam etnis sehingga menciptakan pula keberagaman agama yang dianut. Bagi umat Islam, masjid menjadi tempat suci yang digunakan oleh umatnya sebagai tempat ibadah. Kota Medan juga memiliki Masjid yang sangat dibanggakan oleh masyarakatnya. Masjid tersebut adalah Masjid Raya Medan.

Masjid Raya Medan menjadi salah satu destinasi wisata religi terfavorit bagi masyarakat medan yang menganut agama Islam. Bagaimana tidak, masjid ini memiliki pesona yang luar biasa indah. Dengan melihat bangunan masjid ini dari luar saja anda sudah dapat merasakan kesejukan di dalam hati anda. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur khas Timur Tengah yang begitu unik. Masjid Raya Medan sering dikenal dengan sebutan Masjid Raya Al Mashun. Bangunan masjid ini berbentuk persegi delapan dan memiliki sayap dibagian selatan, utara, timur dan barat.

Pada awalnya Masjid Raya Al Mashun dirancang oleh arsitek Belanda Van Erp, seorang arsitek yang juga merancang Istana Maimun. Namun kemudian pada prosesnya dikerjakan oleh JA Tingdeman. Bangunan ini berbahan marmer yang di impor dari Itaia, Kaca Patri dari China, dan Lampu gantung yang dikirim langsung dari Perancis. Bangunan ini bercorak bangunan campuran Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah. Masjid Raya Medan yang berbentuk segi delapan iniruang bagian dalam yang unik dan sangat berbeda dengan kebanyakan bangunan masjid yang ada. Empat penjuru masjid masing-masing diberi beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, melengkapi kubah utama diatap bangunan utama masjid.

Bangunan masjid yang sangat megah ini terbagi menjadi ruang utama, tempat wudhu, gerbang masuk dan menara. Ruang utama, tempat sholat berbentuk segi delapan tidak sama sisi. Pada sisi berhadapan lebih kecil, terdapat beranda serambi kecil yang menempel dan menjorok keluar. Jendela-jendela yang mengelilingi pintu beranda terbuat dari kayu dengan kaca-kaca patri dan perpaduan tersebut kemudian membuat masjid ini nampak sangat unik, indah, dan megah. Ketika berkunjung ke Kota Medan, anda harus mengunjungi obyek wisata religi yang satu ini.

  1. Taman Buaya Asam Kumbang

Wisata Taman Buaya Asam Kumbang di Medan

Masing-masing orang memiliki obyek wisata favorit yang berbeda satu sama lain. Mungkin sebagian orang menyukai wisata alam berupa pantai, air terjun, wisata edukasi, wisata menyelam di taman bawah laut dan masih banyak lagi. Setiap orang memiliki keunikan dan kegemaranya masing-masing. Bagi anda yang menyayangi binatang, senang memelihara dan merawat binatang mungkin obyek wisata yang satu ini wajib anda kunjungi. Tapi jangan coba-coba untuk memelihara hewan yang satu ini yaa ๐Ÿ˜€

Taman Buaya Asam Kumbang merupakan taman penangkaran reptil buaya terbesar di Indonesia. Taman ini memilikim luas kurang lebih dua hektar dan bahkan menjadi taman buaya terbesar di Asia. Di tempat ini ada sekitar dua ribu lima ratus ekor buaya dengan berbagai ukuran, disini juga ada juga buaya yang sudah memiliki umur 40 tahun lebih. Sejarah taman ini berawal dari hobi Lo Tham Muk akan hewan reptil yakni seorang warga lokal pada tahun 1959.

Taman Buaya Asam Kumbang terletak di Jalan raya Kecamatan Medan Selayang No. 59 Desa Asam Kumbang. Obyek wisata ini berada sekitar 5 kilometerdari pusat Kota Medan. Taman penangkaran buaya ini buka setiao hati mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 06.00 petang. Bagi anda penyuka reptil sempatkan waktu anda untuk mengunjungi Taman Buaya Asam Kumbang ini yaa ๐Ÿ™‚

  1. Gunung Sibayak

Wisata Gunung Sibayak di Medan

Gunung Sibayak merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Karo, lokasi tepatnya ada dikecamatan Berastagi. Gunung ini disebut “Gunung Raja” oleh masyarakat setempat. Berada diย  sekitar 50 km sebelah Barat daya Kota Medan. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 1881. Tempat ini menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Bagi pengunjung penyuka tantangan, gunung satu ini merupakan salah satu gunung di Sumatera Utara yang perlu anda taklukan.

Pemandangan sekitar Gunung Sibayak ini sangatlah indah. Gunung ini memiliki kawah yang berukuran 200 x 200 meter, kawah ini terletak di batu cadas dengan kawah belerang. Kandungan solfatara membuatnya tak berhenti menyemburkan uap panas. Bagian landai kawah ini dapat anda gunakan untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Dari puncak gunung anda dapat melihat keindahan matahari terbit dengan sinarnya yang memberikan suasana hangat. Agar dapat melihat sunrise yang sangat indah di puncak gunung. Pendaki harus memulai pendakian di malam hari sekitar pukul 02.00. Perjuangan anda akan tergantikan oleh keindahan mentari yang beranjak naik.

Selain keindahan puncaknya, mata anda akan dimanjakan dengan aliran air sela-sela batuan gunung. Penduduk sekitar sumber air ini menggunakanya sebagai air minum. Air ini sterasa sangat dingin dan sangat jernih. Aliran ini juga telah digunakan oleh salah satu brand air minum yang sangat terkenal. Untuk mecapai tempat ini membutuhkan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Kawasan ini ramai oleh pendaki pada bulan Agustus tepatnya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Negara Indonesia.

  1. Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Wisata Air Terjun Sipiso-piso Tongging di Medan

Anda sedang atau akan berkunjung ke Kota Medan? Bingung menentukan destinasi wisata yang menarik untuk anda kunjungi ? Cobalah untuk berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso Tongging. Wisata air terjun merupakan wisata yang banyak digemari oleh para pecinta alam. Karena di wisata ini anda akan merasakan ketenangan dan suasana asri yang sangat berbeda dengan suasana kota yang sangat ramai dan melelahkan. Mari kita simak ulasanya sebagai berikut.

Air Terjun Sipiso-piso Tongging menyuguhkan keindahan yang sangat luar biasa. Obyek wisata yang berada di pulau Sumatera ini akan sangat meanjakan mata anda. Suasana disekitar air terjun ini terasa sangat sejuk, memiliki udara yang sangat segar, dan pemandangan yang sangat asri. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut dan dikelilingi oleh hutan pinus. Dengan ketinggian air sekitar 120 meter, air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Untuk menuju obyek wisata ini anda dapat menggunakan transportasi umum dari Kota Medan, Sumatera Utara. Pengunjung adapat menggunakan bus ke Kota Kabanjahe dengan menempuh waktu perjalanan sekitar dua jam. Setelah sampai di Kabanjahe perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan busmenuju ke Danau Toba. Perjalanan menempuh waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 kilometer. Air Terjun Sipiso-piso Tongging menawarkan keindahan yang sangat mempesona hingga sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. Untuk lebih jelasnya langsung saja kunjungi obyek wisata yang satu ini ya ๐Ÿ™‚

Siapa menyangka kota Metropolitan terbesar ke tiga di Indonesia ini memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik. Masih banyak sekali obyek-byek wisata lain di Kota Medan yang belum kami ulas. Simak terus daftar wisata di Medan yang menarik untuk anda kunjungi hanya di Wisatabagus.net . Semoga kami dapat menambah dan memperbaiki artikel ini agar menjadi informasi yang bermanfaat bagi para traveler. ๐Ÿ™‚ Semoga liburan anda menyenangkan, See You ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *