7 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Manado Terbaru | Wisatabagus.net – Hai Sobat, Anda sedang bingung menentukan destinasi wisata yang menarik dan indah untuk dikunjungi? Ingin menikmati wisata bawah laut yang sangat menawan? Kami rasa Taman Laut Bunaken adalah salah satu jawabanya. Taman laut Bunaken merupakan wisata bawah laut yang memiliki keindahan yang sangat mempesona. Taman laut ini terletak di Kota Manado. Namun tak hanya Taman Laut Bunaken yang harus dan wajib anda kunjungi. Masih banyak destinasi wisata lain yang yang sangat menarik di Kota Manado.

Sebelum kita mengulas daftar wisata yang menarik di Kota Manado, sebaiknya kita sedikit mengenal mengenai Kota yang satu ini. Manado merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Manado terletak di Teluk Manado yang dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota ini terletak di ujung jazirah utara pulau Sulawesi. Iklim Kota ini adalah iklim tropis dengan suhu rata-rata 24 sampai dengan 27 derajad Celcius. Luas wilayah daratan Manado adalah 15.726 hektar. Manado merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18.7 kilometer. Kota ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan. Wilayah daratanya didominasi oleh kawasan berbukit dengan sebagian dataran rendah di daerah pantai. Wilayah perairan Kota Manado meliputi Pulau Bunaken, Pulau Siladen dan Pulau Manado Tua. Pulau-pulau ini lah yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Berikut ini adalah daftar wisata di Manado yang wajib anda kunjungi.

Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru

Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

  1. Taman Laut Bunaken

Wisata Taman Laut Bunaken Manado
Indahnya Taman Laut Bunaken Manado | Foto : equityworld-futures.net

Taman Laut Bunaken disebut-sebut sebagai taman laut terindah di dunia. Wisata taman laut ini merupakan salah satu dari sejumlah kawasan konservasi alam atau taman Nasional Indonesia. Taman Laut Bunaken sangat terkenal karena formasi terumbu karangnya yang luas dan sangat indah sehingga sering dijadikan lokasi penyelaman oleh turis-turis baik turis lokal maupun turis mancanegara.

Obyek wisata ini dijadikan warisan dunia pada tahun 2005 oleh UNESCO. Taman Laut Bunaken sangat kaya akan biota laut, anda dapat melihat aneka terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan dengan berbagai macam warna.

Bagi para wisatawan yang memiliki hobi menyelam dan menyukai fotografi air maka Bunaken merupakan tempat  wisata yang sangat wajib anda kunjungi. Di lokasi ini ada 39 titik selam yang membuat anda betah untuk belama-lama.

Jika anda tidak biasa menyelam dan berenang anda tetap dapat menikmati keindahan wisata bawah laut dengan menggunakan kapal selam yang didesign secara khusus. Dinding kapal ini didesign dengan dinding yang berupa kaca transparan sehingga anda bisa melihat keindahan bawah laut yang sangat luar biasa mempesona.

Bunaken memiliki luas 75.265 hektar dan terletak di Teluk Manado disebelah utara pulau Sulawesi. Untuk menuju obyek wisata ini anda dapat menggunakan kapal speedboat  atau kapal sewaan dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Waktu menyelam terbaik di Taman Laut Bunaken adalah antara bulan Mei sampai dengan bulan Agustus. Pada rentang waktu ini airnya lebih jernih sehingga jarak pandang bisa lebih baik. Selain intu pada bulan-bulan ini suhu udara juga sangat ideal jika digunakan untuk menyelam.

  1. Pulau Siladen

Wisata Pulau Siladen Manado yang Menawan
Pulau Siladen Manado yang Menawan | Foto : askjeez.com

Pulau Siladen merupakan salah satu dari lima pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan surganya manado selain Bunaken. Keindahan pemandangan bawah laut pulau ini pun tak kalah menakjubkan. Siladen memiliki biota laut yang sangat beragam, terumbu karang yang dimilikinya pun sangat eksotis.

Pulau Siladen ini pun memiliki pemandangan yang sangat indah karena pasirnya yang putih bersih. Asal muasal nama pulau ini diambil dari sebuah cerita tentang sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangier saat sedang berlayar kemudian mengalami kecelakaan ditengah laut dan tenggelam. Lokasi tempat kapal tenggelam tersebut kemudian dikenal dengan nama Siladen yang berarti “kandas”.

Di Pulau ini ada dua lokasi menyelam yang sangat potensial yaitu Siladen dan Siladen Utara dengan kedalaman dasarnya sekitar 20 sampai dengan 50 meter. Dinding kasar didasar laut pulau ini terlihay seperti rak buku, dan disetiap rak memiliki berbagai jenis ikan yang berbeda. Ikan, Moluska dan terumbu karang yang memiliki warna-warni yang sangat beragam menambah keindahan bawah laut pulau Siladen. Sedangkan didaratan pulau ini berdiam beberapa jenis satwa yakni kera hitam, rusa, kaskus dan juga burung camar.

Berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini diantaranya anda dapat menikmati keindahan bawah laut dengan manaiki kapal selam berkaca, snorkeling, diving, fothograpy bawah air, dan juga berjemur di pantai. Ombak dipulau ini tidak besar sehingga sangat nyaman untuk berenang maupun menyelam, baik untuk penyelam pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Kegiatan menyelam dipulau ini akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan bagi para pengunjung.

Untuk dapat sampai kepulau ini anda dapat menggunakan dua cara yakni menggunakan perahu transportasi umum yang kedua anda dapat menggunakan speedboat. Jika menggunakan transportasi umum anda harus menunggu pukul 1 – 3 siang tergantung dengan pasang surut airdan akan kembali esok harinya pada pukul 7 pagi. Jika menaiki speedboot anda dapat berangkat sewaktu-waktu sesuai keinginan anda. Untuk fasilitas penginapan sudah banyak tersedia di pulau ini. Sedangkan untuk makanan anda tak perlu khawatir sudah banyak kios-kios makanan yang menyediakan makanan khas daerah ini.

  1. Air Terjun Kima Atas

Wisata Air Terjun Kima Atas Manado
Wisata Air Terjun Kima Atas Manado | Foto : xyztempatwisata.com

Apabila anda bosan dengan suasana pantai obyek wisata air terjun dapat anda jadikan pilihan. Di Kota Manado memiliki air terjun yang sangat indah yakni obyek wisata Air Terjun Kima. Air Terjun Kima memiliki nuansa yang asri, sejuk, dan menenangkan. Tak heran jika obyek wisata ini menjadi salah satu yang paling disukai di Manado. Jaraknya hanya 15 km dari Pusat Kota Manado atau menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit. Air Terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas.

Disekitar air terjun ini anda akan disuguhi pemandangan yang sangat menyejukan mata, pepohonan tumbuh subur dan sangat rindang. Udara disekitar obyek wisata ini pun sangat segar. Air Terjun Kima memiliki tiga tingkat dengan aliranya yang tidak terlalu deras sehingga aman jika berenang di kolam penampungan airnya. Apabila anda enggan bermain air anda dapat menggelar tikar sembari menikmati makanan yang banyak dijajakan diarea ini.

Air Terjun Kima Atas terletak di Kelurahan Kima atas, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

  1. Danau Tondano

Wisata Danau Tondano Manado
Menikmati Indahnya Danau Tondano Manado | Foto : jalan2.com

Tak akan ada habisnya jika membahas wisata bahari yang dimiliki oleh Kota Manado. Kota Manado memang memiliki wisata bahari yang sangat beragam, mulai dari taman laut, wisata pantai, wisata air arung jera dan juga wisata danau yang tenang. Salah satu danau di Kota Manado yang sangat terkenal adalah Danau Tondano. Danau Tondano terbentuk karena aktivitas vulkanis gunung Purba, yang mirip dengan kejadian Danau Toba di Sumatera Utara, Danau wisata ini memiliki pulau yang letaknya berada ditengah-tengah dan berada di dataran tinggi yakni 600 meter diatas permukaan laut.

Danau Tondano memiliki luas hingga 400 hektar dan diapit oleh Gunung tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang. Jika ingin menikmati suasana yang tenang atau hanya sekedar melepas penat karena aktivitas sehari-hari anda dapat duduk-duduk dipinggiran danau. Atau jika ingin lebih memanjakan mata anda, anda dapat berkeliling danau menggunakan perahu motor yang mampu menampung sekitar 10 penumpang. Obyek wisata yang satu ini akan sangat mengesankan jika anda kunjungi dengan keluarga tercinta.

Obyek wisata Danau merupakan danau yang terluas yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Utara. Luas danau ini sekitar 4.278 hektar. Danau ini dilingkari dengan jalan provisi dan menghubungka kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Ramboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini merupakan penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, arwana, tawes, pongkor, bontayan, lobster hitam, udang kecil, gurame dan karper.

  1. Arung Jeram Sawangan

Wisata Arung Jeram Sawangan Manado
Taklukan Arung Jeram Sawangan Mando

Ingin wisata air yang lebih menantang? di Kota Mando  terdapat pula wahana yang dapat memicu adrenaline anda yakni Arung Jeram Sawangan. Sungai sawangan menjadi salah satu spot menarik yang perlu anda taklukan. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras sehingga sangat menantang untuk anda coba. Ditempat ini anda akan diajak untuk menaklukan arus dan bebatuan yang ada selama kurang lebih 2 jam. panjang lintasan sungai yang perlu anda tempuh sekitar 9 km.

Perjalanan anda akan dimulai dari Resort River Park, desa Sawangan. Disepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang di tepian sungai. Anda juga dapat menjumpain monyet-monyet yang bergelantungan diatas pohon. Obyek wisata ini terletak di Desa sawangan Kecamatan Airmadidi, kabupaten Minahasa Utara. Anda tidak akan rugi jika mengunjungi objek wisata alam yang satu ini, selain disuguhi pemandangan alam yang indah anda juga dapat menguji seberapa besar nyali anda di Arung Jeram Sawangan milik Kota Manado ini.

  1. Bukit Kasih

Wisata Bukit Kasih Manado
Indahnya Wisata Bukit Kasih Manado | Foto : indonesia-tourism.com

Bukit Kasih merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Jika kebetulan berlibur ke Kota Manado, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat yang satu ini yaa 🙂 . Seperti namanya yang sangat unik, ditempat ini anda dapat melihat  rumah ibadah resmi di Indonesia dalam satu tempat.

Dari pintu masuk anda dapat meilhat monumen setinggi 22 meter yang disebut dengan Tugu Toleransi. monumen ini berbentuk segi lima yang disetiap sisinya terdapat simbol-simbol masing masing agama dengan kutipan ayat dari kitab sucinya. Naik ke atas anda dapat melihat-lihat lima rumah ibadah yang masing-masing dihubungkan dengan anak tanggaberliku Utuk dapat melihat-lihat dan berkeliling diarea wisata ini anda harus menaiki dan menuruni ratusan anak tangga. Oleh karena itu anda harus memakai alas kaki yang nyaman jika berwisata ke tempat ini.

Selain tugu toleransi, terdapat sebuah menara salib yang berwarna putih dengan tinggi mencapau 53 meter. Menara ini dapat anda lihat dari  kawasan Boulevard yang ada di Pusat Kota Manado. Bukit kasih terletak di Desa Kanonang atau sekitar 55 km dari apusat Kota Manado.

  1. Kota Bunga Tomohon

Wisata Taman Bunga Tomohon Manado
Indahnya Taman Bunga Tomohon Manado | idnusantara.com

Tomohon terletak 22 km di Sisi Timur Kota Manado. Untuk menuju kota ini dapat ditempuh sekitar satu jam dari Kota Manado dengan menggunakan sepeda motor, Kota Bunga Tomohon memiliki koleksi bunga yang sangat beragam. Kota Bunga ini sangat terkenal dan memiliki acara pameran yang berkelas internasional yang bertajuk Tomohon International Flower Festival. Festifal bunga ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Jika festival ini tiba anda akan disuguhi hamparan bunga yang beraneraragam bentuk dan warnanya.

Kota Tomohon memiliki kondisi tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk ditanami berbagai macam bunga. Bagi anda penyuka tanaman bunga, sempatkan mampir ketempat ini untuk membeli atau hanya sekedar berjalan-jalan. Karena di tempat ini anda akan sangat dimanjakan oleh keindahanya dan kesejukan udara yang dimiliki tempat ini. Pemandangan ini akan tampak sempurna ketika dilihat saat matahari terbit dengan embunnya yang muncul dipagi hari.

Kota Bunga Tomohon terletak dikaki Gunung Lokon sekaligus menjadikan gunung ini sebagai latar belakang bunga-bunga yang tumbuh subur. Disepanjang jalan di Tomohon anda dapat menemukan toko-toko penjual bunga yang akan mengijinkan anda untuk memetik dan bunga yang anda sukai. Fasilitas yang disediakan ditempat ini terbilang lengkap mulai dari penginapan, makanan, akomodasi lainnya.

Baca juga : Sapu Lidi Lembang Bandung : Nikmati Suasana Pedesaan

Kota Manado memiliki wisata bahari yang sangat lengkap mulai dari taman laut, wisata pantai, air terjun hingga arung jeram. Bahkan Kota Bunga pun ada di Kota Manado ini. Sehingga Kota Manado menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dan harus anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *