13 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi – Malang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur dan menjadi kabupaten terluas no.2 setelah kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Seperti halnya di bandung, Malang juga merupakan saerah yang dikelilingi Gunung, sehingga memiliki udara yang sangat sejuk.

Malang terkenal dengan buah Apel sebagai maskot flora. Jika anda berkunjung kesini anda akan dengan mudah menemukan apel, mulai di pekarangan pribadi miliki warga setempat hingga perkebunan dan agrowisata besar. Dan untuk maskot fauna dari kota ini yaitu Burung Cucak Ijo, jadi untuk anda yang hobi dengan kicau burung kota malang bisa menjadi kota tujuan ada berlibur 😀

Sebagai kabupaten terluas no.2 di Jawa timur, Malang menawarkan segudang wisata yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam, kuliner, pantai, belanja, sejarah dan masih banyak lainnya. Sobat traveler’s juga tidak perlu khawatir soal akomodasi yang ada di kota ini, karena tempat ibadah, mall, hotel, resto, transportasi umum tersedia lengkap di Kota Aple ini.

Nah, untuk sobat yang sudah merencanakan liburan, Kota Malang dan sekitarnya bisa menjadi salah satu kota tujuan. Dan sobat bisa melihat berbagai tempat recommended di Kota malang yang sudah wisatabagus.net pilih.

Tempat Wisata di Malang Terbaru

1. Pantai Batu Bengkung

Indahnya Wisata Pantai Batu Bengkung Malang
Pantai Batu Bengkung nan Eksotis | Foto : anomharya.com

Terletak di Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Malang, pantai Batu Bengkung menjadi obyek wisata yang sangat eksotis. Hamparan pasir warna putih yang luas dengan keadaan pantai yang bersih membuat pemandangan semakin indah. Selain itu air yang ada di pinggir pantai juga sangat jernih, sangat cocok untuk berendam sambil bersantai.

Pantai ini belum ramai dikunjungi oleh para wisatawan umum, jadi untuk keasrian dan kebersihan masih sangat terjaga. Bebatuan yang mengitari pantai ini mirip dengan wanita yang sedang di “Bekung” (Bekung merupakan tradisi wanita Jawa yang memakai stagen setelah melahirkan supaya perut kembali ramping) sehingga dijuluki dengan “Pantai Batu Bengkung”.

Untuk tiket masuk ke pantai ini sangatlah murah yaitu Rp. 5.000,-/orang. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan air berwarna biru yang menggoda. Selain itu hembusan angin di pinggir pantai yang sejuk akan meninabobokan para pengunjungnya. Oh iya, kalau berkunjung ke pantai ini usahakan hingga sore hari, karena anda bisa melihat bertapa indahnya sunset.

2. Segara Anakan Pulau Sempu

Indahnya Segara Anakan Pulau Sempu Malang
Surga Tersembunyi Segara Anakan Pulau Sempu Malang | Foto : anekatempatwisata.com

“Surga yang tersembunyi” mungkin kalimat itu sangat cocol untuk obyek wisata satu ini yaitu Segara Anakan Pulau Sempu. Terletak di Desa Tambak Rejo Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang, pulau sempu dan segara anakan menjadi obyek wisata terbaru yang sendang naik daun.

Keindahan alam dan segara anakan dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi tebing akan memanjakan mata anda serta memikat semua orang yang melihatnya. Hembusan angin yang sejuk serat ombak yang sangat tenang akan membuat anda merasa sangat damai dan tentram hingga pikiran anda tak ingin beranjak dari tempat ini.

Untuk dapat mengakses Pulau Sempu anda harus menyebrang menggunakan perahu yang ada di Pantai Sendang Biru, dengan biaya berkisar Rp. 100.000 – Rp. 200.000,-. Dalam satu perahu bisa menampung hingga 10 orang. Desediakan juga jasa guide dengan tarif berkisar Rp. 200.000,-. Perjalanan dari Pantai sendang biru menuju pulau sempu tidaklah jauh, hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Namun, Trekking menuju Segara Anakan Pulau Sempu memakan waktu yang lumayan panjang sobat, jadi untuk anda yang ingin mengunjungi laguna ini harus mempersiapakan diri, mulai dari mental hingga fisik. Karena petualangan menuju Segara Anakan anda harus melewati treking selama 2 jam di lebatnya hutan dan juga jalan yang terjal, curam serta berlumpur. Walau jalur yang dilewati akan melelahkan namun semua itu akan terbayar dengan keindahan Segara Anakan Pulau Sempu.

3. Air Terjun Coban Rondo

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang
Indahnya Air Terjun Coban Rondo Malang | Foto : Ikhwan S

Air Terjun Coban Rondo merupakan obyek wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Air terjun ini berjarak 12 km dari kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari, Kec. Pujong, Kab. Malang, Jawa Timur. Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo dengan mudah, karena akses jalan yang bagus, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendraan umum. Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian hingga 84 m dan menawarkan keindahan yang sangat luar biasa.

Anda bisa menikmati keindahan butiran percikan air terjun yang dibalut dengan kesempuraan alam disekelilingnya serta udara yang berhembus sejuk. Air Terjun Coban Rondo memiliki kisah legenda yang sudah diyakini oleh masyarakat setempat, yaitu kisah asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Untuk kisahnya bisa anda baca pada artikel lain atau temukan di google 😀

Selama perjalanan dari Kota Batu menuju ke Air Terjun Coban Rondo anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah serta melihat kota Batu dari ketinggian. Setalam samapai disana anda harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu berkisar Rp. 3.000 – Rp.4.000,- per Orang dan untuk parkir Rp. 3.000 untuk kendaraan roda empat serta Rp.1.000,- untuk kendaraan roda dua. Gimana sobat, tertarik untuk mengunjunginya ?

4. Pantai Balekambang

Wisata Pantai Balekambang Malang
Tanah Lot nya Jawa, Pantai Balekambang Malang | Foto : wisataterindah.net

Jika wisata bali menawarkan Tanah Lot yang indah, di malang pun anda bias menjumpainya yaitu di Pantai Balekambang yang terletak di pesisir selatan tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang. Di pantai ini terdapat 3 pula kecil yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni dan tepat diatas Pulau Ismoyo terdapat bangunan pura “Amerta Jati”, mirip seperti tanah lot yang ada di bali. Pura yang berada di Pantai Balekambang dianggap suci dan sering digunakan untuk upacara adat di waktu-waktu tertentu seperti hari raya Nyepi.

Untuk sampai di Pantai Balekambang anda harus menempuh jarak kurang lebih 70 km ke selatan dari Kota Malang. Walau tempatnya terilang terpencil namun di Pantai Balekambang menyediakan fasilitas yang sngat lengkap, mulai dari resto, warung makan tradisional, penjaga pantai, toko sourvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, mushola, hingga penginapan. Tiket masuk Pantai Balekambang juga sangat murah yaitu berkisar Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,- per orang.

5. Mata Air Sumber Sirah

Wisata Mata Air Sumber Sirah Malang
Jernihnya Mata Air Sumber Sirah Malang | Foto : www.instagram.com/p/BBKXvR5SjIS

Mata Air Sumber Sirah merupakan salah satu tempat wisata terbaru di malang yang sedang hits dikalangan muda mudi. Matai air ini terletak di Desa Sumberjaya, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang. Hal yang menarik dari Mata Air Sumber Sirah yaitu kejernihan serta kesegaran air yang bisa untuk berenang. Selain itu keindahan gangang hijau yang berada didasar menambah kesempurnaan tempat ini.

Untuk menuju Mata Air Sumber Sirah anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, namun untuk roda empat tidak bisa masuk kearea karena jalan menuju ke Mata Air sempit. Tidak ada kendaran umum yang melintas melalui jalur ini, jadi untuk anda yang kebetulan tidak ada kendaraan pribadi bisa menyewa motor atau mobil.

Jika kalian hendak mengunjungi Mata Air Sumber Sirah jangan lupa bawa peralatan renang dan snokeling, karena admin yakin ada tidak akan tahan merasakan kesegaran air tawar yang jernih ini. Oh iya guys, jangan lupa juga bawa kamera tahan air untuk dapat megabadikan keindahan dasar Mata Air Sumber Sirah.

6. Museum Angkut

Wisata Museum Angkut Malang
Keunikan Museum Angkut Malang | Foto : anekatempatwisata.com

Museum identik dengan benda-benda bersejarah dan mungkin sebagian dari sboat sudah bosan. Namun berbeda dengan Museum yang ada di malang, yaitu Museum Angkut yang memiliki konsep yang sangat berbeda dengan museum lainnya. Disini anda bisa menemukan koleksi mobil antik dari berbagai benua seperti Amerika, Eropa, Asia dan beberpa benua lainnya. Bahkan kendaraan jaman dahulu seperti kerata kuda dan sapi bisa anda temukan disini.

Hal yang lebih menarik lagi, anda akan menemukan mobil yang pernah digunakan oleh sang proklamator yaitu Ir Soekarno yang merupakan presiden perama Indonesia. Harga tiket untuk masuk ke Museum Angkut ini cukup mahal, yaitu Rp. 50.000,- untuk hari biasa dan Rp. 75.000,- untuk akhir pekan. Nah, untuk anda yang ingin berkunjung kesini jangan lupa bawa kamera ya, untuk mengambil foto bersama dengan mobil-mobil tua yang da di Museum Angkut.

Omah Kayu Malang

7. Omah Kayu

Malang memiliki tempat wisata dengan pemandangan yang ciamik. Lokasi ini instagramable dan kekinian banget :D. Dinamakan dengan Omah Kayu, tempat ini menyuguhkan suasana rumah kayu yang letaknya diatas pohon. Rumah-rumahan ini menghadap langsung dengan panorama alam yang menakjubkan.

Omah Kayu saat ini tengah digandrungi bagi anak muda karena memang lokasinya sangat cocok digunakan untuk hunting foto. Trend selfie dan fotografy membawa pengaruh positif bagi obyek wisata yang satu ini. Banyak pengunjung yang sengaja datang hanya untuk mengabadikan keindahan lokasi ini dengan teman maupun pasangan.

Panorama yang disuguhkan oleh kawasan ini sekilas hampir mirip dengan obyek wisata Kalibiru yang berada di Jogja, dan Muncak Tirtayasa milik Lampung. Duduk-duduk menikmati semilir angin Kota Malang diatas Omah Kayu tentu akan memberikan pengalaman yang romantis sekaligus mengesankan.

Obyek wisata ini sebenarnya bertema penginapan dengan konsep rumah pohon. Biaya permalam yang harus dikeluarkan untuk dapat bermalam dikawasan ini adalah Rp.250.000,- hingga Rp.300.000,- . Namun jika sobat hanya ingin duduk-duduk atau sekedar berfoto selfie anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp.5.000,-

Tertarik mengunjungi Omah Kayu ? Yuk berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana bulan madu atau prewedding. Ajak pasangan anda kemari yaaa 😀 agar suasana romantis akan semakin terasa.

Pemandian Kalireco Malang

8. Pemandian Kalireco

Jika berkunjung ke Malang sobat tak boleh melewatkan lokasi wisata yang satu ini. Merasakan sensasi bermain air dengan pemandangan yang elok hanya akan anda dapatkan di Pemandian Kalireco. Pengunjung akan dibuat terkesima oleh jernihnya air yang ada di pemandian ini.

Ngadem di Pemandian Kalireco merupakan pilihan yang tepat jika sobat merasa lelah akan rutinitas pekerjaan. Pengunjung akan merasakan sensasi segar ketika menyeburkan diri ke Pemandian Kalireco. Efek relaksasi akan langsung dapat dirasakan ketika berendam di tempat ini.

Udara yang sejuk ditemani oleh segarnya air akan memberikan kesan nyaman dan tenang. Ditempat ini anda akan melupakan sejenak kepenatan yang ada. Di kawasan ini juga ditumbuhi pepohonan yang rindang yang turut melengkapi keeksotisan tempat ini.

Meski belum diresmikan sebagai obyek wisata oleh pemerintah daerah namun Pemandian Kalireco sudah cukup ramai. Kawasan ini memiliki potensi yang cukup baik dari segi pariwisatanya. Yuk ekplore Pemandian Kalireco agar semakin populer dan dikenal oleh masyarakat luas.

Teluk Bidadari Malang

9. Teluk Bidadari

Satu lagi nih tempat wisata milik Malang yang tak kalah eksotis yakni Teluk Bidadari. Layaknya sebuah teluk tentu tempat ini menawarkan pemandangan air yang ketiga sisinya dibatasi oleh daratan. Dengan air yang berwarna kehijauan Teluk Bidadari menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona.

Teluk Bidadari memiliki panorama alam yang sangat cantik tak kalah cantik seperti namanya. Tempat ini masih termasuk dalam kawasan Pantai Mbehi. Medan yang dilalui berupa hutan dan jalan setapak. Dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit untuk trekking menuju ke lokasi ini.

Karena jalur yang dilalui cukup menantang dibutuhkan jasa guide untuk dapat sampai ke Teluk Bidadari. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp.10.000,- per orang. Dengan biaya ini sobat akan ditemani berpetualang menuju ke Teluk Bidadari.

Kolam ajaib ini memiliki pesona keindahan yang sangat nyata. Genangan airnya berwarna biru kehijauan dengan suasana yang sangat tenang. Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi wisata yang cukup private dengan suasana yang sepi anda harus mengunjungi Teluk Bidadari yang ada di Kabupaten Malang.

Teluk Bidadari tepatnya berlokasi di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat ini sangat kece dan sedang happening di kalangan anak muda. So jangan lupa berkunjung ke Teluk Bidadari yaa 🙂

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Ambarawa Paling Menarik

Eco Green Park Malang

10. Eco Green Park

Igin menikmati sensasi wisata keluarga yang cukup asyik ? Yuk kunjungi Eco Green Park malang. Lokasi ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan sensasi liburan bersama lingkungan.

Eco Green Park merupakan taman rekreasi yang menyuguhkan berbagai macam wahana permainan, kebun binatang mini, dan memberikan informasi tentang pemeliharaan lingkungan. Pengunjung dapat mengajak serta buah hati anda untuk belajar mengenal kelestarian lingkungan.

Salah satu wahana yang cukup menarik adalah Jungle Adventure. Jungle adventure menawarkan sensasi berkeliling hutan buatan dengan kereta terbuka. Serunya pengunjung juga akan diajak bermain-main dengan senapan mainan untuk menangkap pemburu. Pasti seru yaa menangkap pemburu dari kereta berjalan 🙂

Eco Green Park beralamat di Jl. Oro-oro Ombo No. 9A, Batu, Jawa Timur. Untuk menikmati taman rekreasi ini sobat akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.40.000,- pada hari Senin hingga Kamis dan Rp.60.000,- ketika weekend dan hari libur. Tempat wisata ini dibuka setiap hari pukul 08.30 pagi hingga 04.30 sore.

Masjid Tiban Turen Malang

11. Masjid Tiban Turen Malang

Bosan berwisata alam? Yuk berwisata religi di Masjid Tiban Malang. Terletak di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur masjid ini bergaya arsitektur perpaduan Timur Tengah, China dan Budaya Modern. Warna biru laut mendominasi seluruh bangunan masjid yang sangat megah ini.

Masjid Tiban Malang masih termasuk dalam kawasan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlailir Rahmah yang mempunyai arti Laut Madu atau Fadilah Rohmat. Masjid ini dibangun pada tahun 1978 oleh Ahmad Bahru Mafluddim Shaleh Al Mahbud Rahmat Alam.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat masjid ini merupakan bangunan yang dibuat oleh jin. Namun mitos itu tidaklah benar, bangunan masjid ini murni dibangun oleh santri dan para jamaah. Diperkirakan sekitar 250 orang santri dan warga sekitar yang tuut membantu proses pembangunan masjid yang sangat indah ini.

Terdiri dari 10 tingkat, bangunan ini memiliki fungsinya masing masing. Pada lantai pertama hingga keempat difungsikan untuk kegiatan pondok para santri. Untuk lantai ke 6 digunakan sebagai ruang keluarga, sedangkan untuk ruangan yang lain ada yang digunakan sebagai toko-toko kecil. Toko ini dikelola oleh para santri dan menjual berbagai pernak pernik berupa sarung, tasbih, jilbab, bahkan pakaian.

Keunikan dari masjid ini tak hanya terletak pada keindahan bangunanya saja. Di area sekitar juga terdapat kolam renang yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak. Terdapat juga berbagai jenis satwa yang hidup dikawasan ini diantaranya kijang, monyet, kelinci dan unggas.

Untuk menikmati kemegahan bangunan masjid ini anda tak pelu membayar tiket masuk loh. Waah unik sekali ya guys, Yuk ajak teman, keluarga, sahabat, dan buah hati anda berwisata religi di Masjid Tiban Malang. Karena selain murah, anda akan mendapatkan pengalaman religi yang mengesankan 🙂

Banyu Anjlok Malang

12. Banyu Anjlok

Jika mendengar nama Banyu Anjlok apa yang anda fikirkan? Apakah sebuah air yang terjun bebas? Yaa pemikiran itu tidak sepenuhnya salah. Banyu Anjlok menyuguhkan pemandangan air terjun yang berkolaborasi dengan kolam alam dan pantai. Wah kok bisa demikian yaa?

Banyu Anjlok memang berhadapan langsung dengan pantai Lenggoksono. Uniknya aliran air ini juga langsung mengalir ke laut. Banyak sekali pengunjung yang menyegarkan diri di kolam yang terdapat di Banyu Anjlok. View nya tentu sangatlah indah tak heran jika lokasi ini cukup populer bagi masyarakat Malang.

Panorama kombinasi air terjun dan lepas pantai memang terbilang langka. Oleh karena itu hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Banyu Anjlok. Banyu Anjlok terletak di daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudom Malang, Jawa Timur.

Untuk dapat menikmati keindaha kawasan Banyu Anjlok sobat perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Medan yang dilewati cukup menantang yakni berupa jalan setapak dan juga jurang.
Untuk tiket masuk sobat tak perlu khawatir, kawasan ini membanderol tiketnya dengan sangat murah. Hanya dengan Rp.5000,- saja sobat sudah dapat menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh Banyu Anjlok.

Alun-alun Kota Malang

13. Alun-alun Kota Malang

Setiap kota sudah tentu memiliki alun-alun atau taman kota yang menjadi maskot bagi daerah tersebut. Kota Malang juga memiliki taman kota yang disebut dengan Alun-alun Kota Malang. Letaknya yang cukup strategis dengan biaya yang murah meriah menjadi alasan berkunjung ke tempat ini.

Alun-alun Kota Malang nampak cukup asri dan menyenangkan. Kawasan ini memiliki udara yang cukup segar dengan pohon-pohon yang rindang. Ditengah-tengah terdapat air mancur yang cukup indah. Anda dapat bersantai menikmati rindangnya pohon dan menyaksikan banyaknya burung merpati nan cantik.

Fasilitas yang disediakan juga memadahi sehingga pengunjung tak akan merasa bosan. Terdapat juga saluran internet gratis yang telah dipasang guna memanjakan pengunjung. Banyak sekali masyarakat Malang yang menghabiskan waktunya untuk berkunjung ke tempat ini. Ketika pagi dan sore hari Alun-alun Kota Malang juga dijadikan sebagai arena jogging dan berolahraga.

Jika tertarik berkunjung ke Alun-alun Kota Malang sobat bisa datang langsung. Lokasi ini hanya bejarak sekitar 2 kilometer dari Stasiun Kota Baru. Cukup strategis bukan ? 😀

Gimana sobat, tertarik untuk berkunjung ke kota malang? Yang menyimpan ke indahan alam yang sangat luar biasa Indah. Semoga artikel daftar tempat wisata di malang yang wisatabagus.net bagikan bisa menjadi referensi anda untuk menentukan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *