Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Makassar Terbaru | Wisatabagus.net– Makasar merupakan Ibukota Sulawesi Selatan. Kota ini terletak di Kawasan Indonesia Timur, dipesisir barat daya pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makasar di sebelah barat. Makasar memiliki luas 199.26 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 1.6 juta jiwa. Kota ini berada diurutan ke enam berpenduduk terbesr di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang. Secara Demografis kota ini tergolong type multi etnik, atau multi kultur dengan berbagai suku bangsa yang menetap didalamnya. Hal inilah yang menjadikan kota ini sangat unik dan menarik.

Keunikan Kota Makasar tidak hanya dari budaya dan suku bangsanya saja. Kota ini juga memiliki berbagai macam obyek wisata dari pantai hingga dataran tinggi. Beberapa obek wisata di Kota Makasar yakni Pantai Losari, Benteng Rotterdam,  Taman Nasional Bantimurung, Taman Laut Taka Borerate, Malino, Tanjung Bira, Danau Tempe, Pemandian Air Oanas Lejja dan masih banyak lagi yang lainnya. Yuk simak satu persatu obyek wisata terfavorit warga Makasar 🙂

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Papua Terbaru

Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

  1. Pantai Losari

Wisata Pantai Losari di Makasar
Indahnya Pantai Losari Di Makasar | Foto : anekatempatwisata.com

Siapa yang tak kenal obyek wisata yang satu ini, Pantai Losari merupakan pantai yang menjadi landmarknya Kota Makasar. Pantai ini sangat terkenal dan menjadi obyek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.  Obyek wisata ini tak hanya ramai diakhir pekan namun juga dihari-hari biasa. Pada pagi hari obyek wisata ini dijadikan sarana olahraga seperti jogging dan pada sore hari anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah sambil menikmati wisata kuliner.

Pengunjung dapat melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi yang lainnya. Dahulu pantai ini dikenal dengan pusatnya makanan laut dan ikan bakar di malam hari. Warung-warung penjual makanan ini diebut-sebut sebagai warung terpanjang didunia karena warung-warung tersebut berjejer hingga panjangnya kurang lebih satu kilometer. Salah satu panganan yang dijajakan di tempat ini adalah Pisang Epe yaitu pisang mentah yang dibakar, kemudian dipipihkan dan dicampur dengan air gula merah. Panganan ini sangat lezat dinikmati ketika hangat.

Pantai Losari terletak di jantung kota Makasar tepatnya di Jalan Penghibur. Jalan yang berada disebelah barat Kota Makasar. Akses untuk menuju obyek wisata ini sangatlah mudah, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pelabuhan Soekarno Hatta Makasar. Namun jika anda dari bandara Hassanudin perjalanan ditempuh dalam waktu 45 menit. Wisatawan dapat menggukan transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk dapat sampai ketempat ini. Sarana penginapan pun telah disediakan di Kota ini seperti hotel dengan berbagai kelas. Untuk fasilitas seperti Rumah Sakit, Cafe, warung, dan juga kios-kios penjual souvenir ada diarea ini.

  1. Benteng Rotterdam Makasar

Wisata Benteng Rotterdam di Makasar

Ingin mengenal lebih jauh sejarah Kota Makasar ? Yuk kunjungi obyek wisata yang satu ini. Selain menikmati keindahan Bangunan peninggalan sejarah, anda juga dapat menambah wawasan dan belajar tentang kota yang satu ini. Di Benteng Rotterdam anda akan mengetahui banyak hal tentang peninggalan Kerajaan Gowa Tallo. Benteng Rotterdam dibangun tahun 1545 oleh Raja Gowa yang ke-9yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallonna.

Pada mulanya benteng ini berbahan tanah liat. Kemudian pada masa  pemerintahan Raja Gowa yang ke -14 yakni Raja Allaudinn Benteng Rotterdam konstruksi benteng ini diubah  menjadi batuu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Benteng ini berbentuk penyu laut sesuai dengan filosofinya bahwa penyu laut dapat hidup didarat maupun dilautan begitupula Kerajaan Gowa yang berjaya didaratan maupun di lautan.

Di Kawasa benteng ini terdapat Museum La Galigo yang didalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah Kota Makasar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah yang ada di Sulawesi. Sebagian besar benteng ini masih utuh dan sekarang dijadikan obyek wisata oleh pemerintah setempat. Obyek wisata yang satu ini merupakan wisata edukasi yang sangat baik untuk meningkatkan dan mengingatkan nilai-nilai sejarah bangsa ini.  Di tempat ini anda dapat menikmati obyek wisata sekaligus mengajarkan anak-anak anda mengenai sejarah Kerajaan Gowa. Tak ada salahnya mengajak anda dan keluarga berlibur ketempat ini.

  1. Taman Nasional Bantimurung

Wisata Taman Nasional Bantimurung Makasar
Menelursuri Taman Nasional Bantimurung Makasar | Foto : lilytour.com

Taman Nasional Bantimurung merupakan primadona wisata alam Sulawesi Selatan. Obyek wisata ini terletak di Maros atau sekitar 45 km dari pusat Kota Makasar. Luas tempat ini mencapai 43.750 hektar dengan wilayahnya yang melingkupi bukit kapur, air terjun dan juga gua. Sebagai obyek wisata andalan Bantimurung memiliki berbagai macam aktivitas menarik seperti Flying Fox, berenang dikolam yang telah disediakan, menjelajahi gua dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alasan mengapa Taman Nasional Bantimurung disebut sebagai The Kinggdom of Butterfly karena ditempat ini menjadi habitat berbagai jenis kupu-kupu. Taman Nasional Bantimurung mengembangkan penangkaran kupu-kupu yang mengusung konsep Taman Kupu-kupu. Taman kupu-kupu ini bertujuan untuk wahana pendidikan konservasi bagi masayarakat umum. Taman Nasional Bantimurung memiliki panorama alam yang sangat mempesona yang dapat anda lihat ketika bermain wahana Flying Fox. Pengunjung dapat menyusuri aliran sungai hingga kehulunya di danau Kassi Kebo. Danau ini dikelilingi oleh tebing terjal dan dihiasi pasir putih ditepianya. Didekat danau terdapat gua batu yang menyajikan juntaian stalagtit dan tonjolan stalagmit serta keindahan gua lainya. Disisi lain sungai terdapat pula Gua Mimpi dengan ornamen yang tak kalah indah.

Taman Nasional Bantimurung memiliki lokasi yang strategis yang dapat di jangkau dar berbagai jurusan dan dilintasi oleh jalan lintas Kabupaten Maros-Bone menjadikan lokasi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Obyek wisata ini tidak jauh dari Kota Makasar yakni hanya berjarak sekitar kurang lebih 42 km dan dapat ditempuh dalam wajtu 1 jam perjalanan apabila ditempuh dengan kendaraan roda empat. Apabila berkunjung ke Kota Makasar sempatkan mampir ke tempat wisata yang satu ini yaa 🙂

  1. Taman Laut TakaBonerate

Wisata Taman Laut Takabonerate Makasar
Indahnya Wsiata Taman Laut Takabonerate Makasar | Foto : tntakabonerate.com

Ingin menikmati wisata bawah air di Kota Makasar? Mari kunjungi Taman Laut TakaBonerate yang terletak di Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Luas total kawasan ini 220.000 hektar dan terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan Indonesia. Tempat ini merupakan surganya bagi para penyelam. Taman Laut TakaBonerate menyuguhkan keindahan bawah laut yang mempesona. Obyek wisata ini memiliki 295 jenis ikan karang, 261 jenis terumbu karang, 244 jenis molusa, kura-kura dan penyu. Kecantikan terumbu karangnya membuat anda semakin betah untuk berlama-lama di tempat ini

Ada sebanyak 15 pulau di Taman Laut TakaBonerate. Topografi kawasan sangat unik dan menarik dimana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang, trerdapat selat-selat yang sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kola-kola kecil.

Musim kunjungan terbaik Taman Laut TakaBonerate yakni pada bulan April sampai dengan Juni, dan Bulan Oktober sampai dengan Desember setiap tahunnya. Pada saat itu, arus dan suhu airserta berbagai faktor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam semakin jernih dan nampak sangat jelas.  Untuk mencapai lokasi ini pengunjung dapat menggunakanbus dari Makasar ke Bulukumba dengan jarak sekitar 153 km dengan waktu tempuh mencapai 5 jam. Kemudian ke Pelabuhan penyebrangan Permatata Kabupaten Kepulauan Selayar dengan kapal feri sekitar dua jam yang kemudian dilanjutkan ke Kota Benteng sekitar 1.5 jam. Jika anda menggunakan transportasi udara anda dapat langsung dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makasar ke Bandar Udara H. Areoppala Kepulauan Selayar. Dari Kota Benteng ke Pulau Terdekat yaitu Rajuni dengan kapal kayu sekitar lima jam perjalanan.

  1. Malino

Wisata Malino Highland di Makassar
Menikmati Indahnya Wisata Malino Highland di Makassar | Foto : indonesia-tourism.com

Kota Makasar memiliki wisata yang menawarkan panorama khas pegunungan. Tempat wisata yang terletak di dataran tinggi tersebut adalah Malino. Malino adalah kelurahan yang terletak di kawasan Gowa, Sulawesi Selatan. Obyek wisata yang terletak 90 kilometer dari pusat kota ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Selama perjalanan menuju Malino pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang tinggi berjejer diantara sungai dan lembah, batu kapur yang sangat indah, jalanan yang berkelok-kelok menambah indah pemandangan di sekitar milano. Kawasan ini sudah terkenal sebagai tempat rekreasi sejak zaman Belanda.

Malino berada di ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut. Karena letaknya diketinggian kawasan ini terasa sangat sejuk, hamparan pepohonan hijau sangat memanjakan mata anda. Udara disekitar kawasan ini sangat segar dan alami. Suhu di tempat ini mulai dari 10 derajat C hingga 26 derajat C. Berbagai jenis tanaman tropis yang indah, timbuh dan berkembang di Kota yang dingin ini. Selain itu Malino pun penghasil buah-buahan dan sayuran khas yang tumbuh di lereng gunung Bawakareang. Ketika musim hujan Kota ini sering berkabut dan jarak pandangnya hanya 100 meter saja.

Perjalanan menuju kota ini menempuh waktu kurang lebih 2 jam. Diarea ini terdapat banyak air terjun yang indah seperti Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala. Selain itu juga ada kebun teh, lembah biru, dan banker peninggalan Jepang. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas daerah ini seperti dodol ketan, buah markisa dan juga apel. Apabila berkunjung ke Kota Makasar sempatkan untuk mampir ke Malino yaa J anda pasti tidak akan menyesal.

  1. Tanjung Bira

Wisata Tanjung Bira di Makassar
Indahnya Tanjung Bira di Makassar | Foto : indonesia-tourism.com

Selain Pantai Losari, Makasar memiliki pantai lain yang tak kalah menarik yakni Pantai Tanjung Bira. Pantai Tanjung Bira menawarkan pesona panorama alam pesisir pantai tropis. Pantai ini terletak di ujung Selatan Pulau Sulawesi tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kawasan ini terletak kurang lebih 40 kilometer dari Bulukumba, atai sekitar 200 kilometer dari pusat kota Makasar.

Fasilitas dan akomodasi Pantai Tanjung Bira sangatlah lengkap, fasilitas MCK sangat nyaman, penyewaan motor, penyewaan alat snorkeling, dan juga pelbuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para wisatawan yang ingin menyelam di Pulau Selayar. Untuk akomodasi penginapan sudah banyak tersedia Villa dikawasan ini, Bungalow dan hotel dengan tarif yang relatif murah juga telah disediakan. Untuk makanan pengunjung tak perlu khawatir karena disekitar area ini telah banyak berdiri rumah makan ataupun restoran.

Keindahan obyek wisata Tanjung Bira tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga telah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Wisatawan dapat melakukan aktifitas berenang, berjemur dipinggiran pantai, menyelam ataupun hanya sekedar duduk-duduk menikmati suasana pantai yang indah. Di Tanjung Bira anda dapat melihat keindahan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam.

  1. Pemandian Air Panas Lejja

Wisata Pemandian Air Panas Lejja di Makassar
Serunya Berendam di Pemandian Air Panas Lejja Makassar | Foto : beritamks.com

Pemandian Air Panas Lejja terletak di kawasan hutan lindung berbukit yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Obyek wisata ini berada di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa sekitar 44 kilometer di Utara Kota Watansoppeng yang merupakan Ibukota Kabupaten Soppeng. Pemandian Air Panas ini memiliki sumber air panas dengan suhu 60 derajat Cyang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan rematik. Pemandian Air Panas Lejja merupakan obyek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fasilitas dan akomodasi di obyek wisata Pemandian Air Panas Lejja ini cukup memadahi dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahat , lapangan tenis dan juga baruga wisata yang dapat menampung sekitar 300 orang.Yang menarik di tempat wisata ini adalah banyaknya botol dan plastik yang digantungkan di sekitar lokasi pemandian. Konon katanya jika menggantung botol dan plastik maka permohonan anda akan segera terkabul.

Kota Makasar ternyata memiliki potensi pariwisata yang sangat kaya. Masyarakat kota ini patut berbangga hati karena memiliki berbagai macam jenis pariwisata dengan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Demikian daftar wisata di Makasar yang paling menarik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi ini berkenan bagi para traveler yang tengah mencari obyek wisata paling menarik di Kota Makasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *