Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Lumajang Terbaru – Indonesia memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Beberapa daerah di Indonesia menyumbangkan dana yang besar terutama dari sektor pariwisatanya. Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang sangat besar adalah Pulau Jawa. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas salah satu daerah atau kota yang berada di Pulau Jawa, tepatnya di daerah Lumajang, Jawa Timur. Tak ada salahnya jika kita mengekplore obyek wisata yang ada di daerah ini. Lumajang merupakan kota yang tidak terlalu terkenal namun ternyata menyuguhkan wisata alam yang mempesona. Yuk langsung saja berkenalan dengan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Lumajang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dengan Ibukota Lumajang. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten di Probolinggo di sebelah Utara, Kabupaten Jember di bagian Timur, Samudera Hindia di Selatan, dan juga Kabupaten Malang di Bagian Barat. Tepatnya Kabupaten ini terletak di Tapal Kuda, Jawa Timur. Nama ‘Lumajang diambil dari nama tempat  “Lumajang” yang diketahui dari data prasasti dan penelusuran sejarah yang didapat dari naskah-naskah kuno. Prasasti Mulamaluring adalah prasasti yang tertua yang menyebutkan adanya Negara Lumajang yang kemudian dianggap menjadi hari jadi daerah Lumajang.

Kabupaten Lumajang terdiri atas 21 kecamatan, yang masih di bagi lagi atas 21 desa dan 7 kelurahan. Lumajang memiliki luas wilayah sekitar 1790.90 kilometer persegi. Wilayah ini terdiri dari dataran yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan juga Gunung Lamongan. Kabupaten Lumajang memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter diatas permukaan laut. Seperti kabupaten-kabupaten lain yang ada di Indonesia Lumajang pula memiliki iklim tropis dengan jumlah curah hujan tahunan berkisar antara 1.500 – 2.500 mm. Temperatur atau suhu didaerah ini berkisar antara 24 derajat Celcius hingga 32 derajat Celcius. Sedangkan di wilayah pegungan mencapai 5 derajat Celcius.

Meski Lumajang tidak terlalu terkenal namun ternyata daerah ini memiliki potensi wisata yang luar biasa loh guys. Lumajang memiliki 31 sungai, 6 air terjun, beberapa danau, obyek wisata pantai dan juga 3 pegunungan yang masih aktif. Lumajang juga memiliki situs-situs peninggalan sejarah seperti pura dan candi yang wajib anda kunjungi. Berikut adalah daftar wisata di Lumajang yang menarik untuk anda kunjungi.

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Garut Terbaru

Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

  1. Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru Lumajang
Indahnya Gunung Semeru di Lumajang

Karena letaknya di dataran tinggi Lumajang tentu memiliki banyak obyek wisata berupa pegunungan. Salah satu gunung yang sangat populer adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru sudah sangat terkenal akan keindahanya. Bagi para pendaki Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang wajib dikunjungi. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak dari Gunung Semeru disebut juga Mahameru yang memiliki ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut.  Gunung Semeru juga merupakan gunung tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Bagi para wisatawa yang menyukai petualangan Gunung Semeru dapat anda masukan dalam salah satu daftar wisata anda. Untuk menuju ke Mahameru pengunjung memerlukan waktu sekitar dua hari, jika pulang pergi pengunjung membutuhkan waktu sekitar empat hari. Jalur awal pendakian berupa jalur yang landai dengan menyusuri lereng bukit yang didominasi oleh tumbuhan alang-alang. Setelah berjalan sejauh 5 kilometer menyusuri lereng bukit anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari bunga edelwis yakni bunga yang melambangkan cinta sejati.

Keindahan dari Gunung Semeru tak hanya sampai disitu saja setelah melewati pemandangan bunga edelwis anda akan melihat batu-batu terjal yang sangat indah. Kawasan batu-batu terjal tersebut di sebut dengan Watu Rejeng.  Jika anda melihat kearah lembah dan bukit-bukit anda akan melihat keindahan pohon cemara dan hutan pinus. Kadang-kadang pendaki juga dapat menyaksikan kepulan asap dari puncak Gunung Semeru. Selain pemandangan tersebut disekitar Gunung Semeru juga terdapat obyek wisata lain yakni Danau Ranukumbolo.

Gunung Semeru kaya akan berbagai macam flora dan fauna. Flora yang mendiami wilayah Gunung Semeru antara lain didominasi oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis pohon Jemuju. Sedangkan didaerah lereng gunung banyak ditumbuhi oleh Krinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong, beberapa jenis anggrek endemik dan edelwis putih. Kemudian untuk fauna yang menghuni Gunung Semeru antara lain macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil dan masih banyak yang lain.

  1. Danau Ranu Kumbolo

Wisata Danau Ranu Kumbolo Maha Meru
Indahnya Danau Ranu Kumbolo Maha Meru | Foto : wisatajawa.co.id

Obyek wisata di Lumajang yang paling populer selanjutnya adalah Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo merupakan surga  yang berada terletak di Puncak Mahameru. Luas obyek wisata ini sekitar 15 hektar. Danau ini termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawasan wisata ini terletak pada ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut. Untuk dapat menkmati keindahan obyek wisata Danau Ranu Kumbolo pengunjung harus mendaki Gunung Semeru terlebih dahulu.

Danau Ranu Kumbolo merupakan tempat sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Mahameru atau puncak Gunung Semeru.  Danau ini memiliki debit air yang cukup banyak dan tak pernah surut. Ranu Kumbolo merupakan titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda. Keindahan Ranukumbolo tak perlu diragukan lagi. Di lokasi ini pendaki dapat berburu sunrise yang tampak begitu mengagumkan. Perpaduan warna cerah mentari pagi yang muncul di sela-sela bukit, diimbangi dengan penampakan beningnya ai danau menjadikan pemandangan yang begitu sempurna. Bagi penyuka tantangan Danau Ranu Kumbolo merupakan destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan.

  1. Pantai Bambang

Wisata Pantai Bambang Lumajang
Sunset di Pantai Bambang Lumajang | Foto : eastjava.com

Lumajang memiliki beragam rekreasi wisata yang menarik untuk anda kunjungi, dimulai dari wisata pegunungan, obyek wisata danau nya yang begitu indah, pemandian sumber air panas, wisata alam penguji adrenaline seperti air terjun, hingga obyek wisata pantai. Di Lumajang ada sebuah pantai yang memiliki nama yang cukup unik, pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Bambang. Umumnya nama “Bambang” digunakan untuk nama seorang laki-laki, memang agak janggal jika digunakan untuk nama sebuah obyek wisata pantai. Namun mungkin disitulah letak keunikannya.

Pantai Bambang  terletak di Pantai sebelah Selatan tepatnya di Desa Bago Kecamatan Pasiran. Kurang lebih sekitar 24 kilometer dari Kota Lumajang. Akses menuju pantai ini sangat mudah dan dapat ditempuh baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Ombak milik pantai ini cukup besar hingga 3 meter sehingga pengunjung harus berhati-hati jika berenang maupun bermain air disekitaran obyek wisata ini. Pantai Bambang memiliki warna pasir yang berbeda dari pantai kebanyakan. Warna pasir di pantai ini bukanlah putih bersih melainkan berwarna kehitaman. Namun inilah yang menjadika pantai ini berbeda dan lebih menarik.

  1. Goa Tetes

Wisata Goa Tetes Lumajang
Cantiknya Goa Tetes di Lumajang | Foto : islahagus.blogspot.co.id

Bagi penyuka adventure obyek wisata gunung, air terjun, arung jeram pasti menjadi pilihan yang sangat disukai. Namun selain ketiga jenis obyek wisata tersebut masih ada lagi obyek wisata lain yang sangat menarik untuk dikunjungi dan tak kalah menantang tentunya yakni obyek wisata berupa Goa. Jika mendengar kata Goa pasti yang terbesit dalam benak anda adalah seram bukan? hehe Jangan berfikir yang demikian dulu yaa guys karena Goa yang satu ini tak hanya seram namun juga memiliki segi estetika yang luar biasa menakjubkan. Yuk langsung saja kita simak penjelasan tentang Obyek wisata Goa yang ada di Lumajang yakni Goa Tetes.

Lumajang ternyata memiliki obyek wisata yang unik yang disebut dengan Goa Tetes. Sesuai dengan namanya, goa ini memiliki keindahan panorama alam yang indah dilihat dari gemercik tetesan airnya. Keindahan panorama alam dari goa ini sudah dapat anda lihat dari luar sisi goa. Dari luar sisi Goa anda sudah disuguhi dengan nuansa yang sejuk dengan pepohonan rindang ditambah suara gemercik air yang mengalir disisi goa. Kesan nyaman dan damai akan pengunjung rasakan ketika tiba di tempat ini.

Untuk memasuki Goa anda harus berjalan kaki sepanjang 1 kilometer, namun anda tidak akan rugi karena ketika memasuki goa, anda akan melihat pemandangan yang tak kalah indah. Keindahan dari stalagmit dan stalagtit goa ini terlihat sangat alami. Selain itu, pengunjung akan dibuat takjub oleh bebatuan terlihat berkilauan karena terbentuk dari tetesan mineral dan belerang. Goa tetes tak hanya terkenal akan keindahanya, goa ini juga terkenal memiliki mitos tersendiri bagi warga Lumajang dan sekitarnya, mereka menganggap bahwa jika pengunjung mandi dengan air tersebut maka akan terlihat awet muda, dan jika yang mandi air tersebut masih lajang maka akan dimudahkan jodohnya.

Tertantang untuk mengunjungi goa ini ? langsung saja datang ke Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Obyek wisata yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan oleh pecinta adventure.

  1. Pantai Tlepuk

Wisata Pantai Tlepuk Lumajang

Lumajang, Jawa Timur ternyata memiliki berbagai jenis obyek wisata pantai dengan nama yang cukup unik. Beberapa pantai yang ada di Lumajang diantaranya Pantai Bambang, Pantai Watu Pecak, Pantai Dampar, Pantai Watu Godek dan Pantai Tlepuk. Sesuai dengan keunikan namanya, pantai-pantai ini pula menyuguhkan keunikannya masing-masing. Kali ini kami akan membahas salah satu destinasi wisata di Lumajang yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pantai Tlepuk.

Berada di sebelah Selatan Kota Lumajang, pantai ini memiliki akses yang cukup sulit. Sarana transportasi umum belum tersedia didaerah ini sehingga jika pengunjung ingin mengunjungi obyek wisata yang satu ini, pengunjung dihasruskan untuk  membawa kendaraan pribadi. Meski memiliki akses yang tidak mudah namun pantai ini menawarkan panorama alam yang menarik. Disepanjang jalan menuju pantai pengunjung akan dihibur dengan pemandangan pegunungan yang hijau, perkebunan coklat dan rawa yang indah.

Pantai Tlepuk berlokasi di Kecamatan Pasiran, Lumajang. Jaraknya sekitar 31 kilometer ke arah selatan Kota Lumajang. Meski tak ada kendaraan umum yang melewati lokasi ini namun pantai ini sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya di lewati oleh Jalur Lintas Selatan. Memasuki kawasan pantai, terdapat rawa air payau yang indah berada di kanan atau kiri jalan. Pepohonan dan tebing tinggi menjadi baground yang sangat memukau. Warna airnya hijau terang mempercantik panorama alam milik Pantai Tlepuk. Kawasan Pantai Tlepuk merupakan hamparan pasir hitam dan memiliki ombak besar khas laut selatan. Untuk pengunjung wajib berhati-hati dan tidak disarankan berenang di pantai ini.

Suasana damai nan asri dapat dirasakan di Pantai Tlepuk. Pantai ini memiliki potensi yang sangat luar biasa karena kawasan ini meupakan kawasan yang belum terjamah sehingga masih sangat alami. Jika ingin mencari ketenangan, kami rasa pantai ini dapat anda masukan kedalam daftar liburan anda.

  1. Puncak B-29

Wisata Puncak B-29 Lumajang
Negeri di Atas Awan, Puncak B-29 Lumajang

Apasih yang dimaksud dengan Puncak B-29, pasti anda penasaran kan ? Yuk langsung saja berkenalan dengan salah satu destinasi wisata milik Kota Lumajang ini. Puncak B-29 merupakan destinasi wisata alam baru yang ada di Jawa Timur yang tepatnya berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Letak Puncak B-29 berdekatan dengan gunung Bromo dan Gunung Semeru. Puncak B-29 merupakan potensi wisata yang bisa dibilang cukup unik dan menarik.

Ada dua versi mengenai penjelasan nama Puncak B-29. Versi pertama menyebutkan bahwa Puncak B-29 memiliki arti Bukit yang bernomor 29. Nomor 29 diambil dari urutan perbukitan yang ada didaeran tersebut. Namun versi kedua menyebutkan bahwa masyarakat setempat menyebutnya dengan “Puncak Songolikur” dalam bahasa Jawa yang berari Puncak B-29, angka 29 diambil dari ketinggian yang dimiliki bukit ini yakni sekitar 2900 meter diatas permukaan laut. Terlepas dari asal-usul nama tersebut, Puncak B-29 menawarkan panorama alam yang menakjubkan bak negeri di atas awan.

Bagi penyuka tantangan pastilah mereka akan sangat menyukai Puncak B-29. Puncak B-29 memiliki trek yang berkelok-kelok dan memicu adrenaline. Keindahan utama dari Obyek wisata ini adalah hamparan awan putih yang terlihat seperti lautan seakan membuat kita merasakan sedang berada diatas awan. Selain itu apabila kita menginap, kita dapat melihat keindahan matahari terbit dan keelokan matahari terbenam. Bayangkan saja keindahan yang luar biasa tersebut, panorama awan ditambah kemuning senja matahari terbenam, pastilah akan sangat menakjubkan. Akan sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi obyek wisata yang satu ini.

  1. Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit

Wisata Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit Lumajang
Menikmati Kehijauan Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit | Foto : kompasiana.com

Bagi wisatawan yang menyukai suasana santai yang ditemani dengan nuansa sejuk nan asri, Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit patut dijadikan pilihan. Udara segar dan nuansa alam yang hijau menjadikan tempat ini sangat populer. Obyek wisata ini terletak di Gucialit, salah satu kecamatan di Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Jember disebelah Barat, Kabupaten Probolinggo di sebelah Selatan dan Kabupaten Malang di sebelah Timur. Kawasan ini memiliki suhu sekitar 16 derajat Celius dengan medan jalan berbatu.

Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit merupakan salah satu sumber potensi wisata yang ada di Kabupaten Lumajang. Kawasan obyek wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda Loh gengs. Dahulu Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit ini memiliki beratus-ratus karyawan tetap namun karena turunya omset saat ini mengerucut menjadi karyawan Free lance atau buruh lepas. Meski tanaman teh didaerah ini tak sesubur awalnya namun hal itu tak membuat obyek wisata ini kehilangan keindahanya.

Suasan disekitar Perkebunan Teh Kertowomo Gucialit terasa sangat sejuk karena letaknya di dataran tinggi. Disini pengunjung akan disuguhi hamparan pemandangan hijau khas kebun teh dengan nuansa yang sangat berbeda dari hiruk pikuk penatnya Ibukota. Pengunjung akan merasakan suasana nyaman dan keramah tamahan masyarakat disekitar obyek wisata ini. Obyek wisata ini merupakan pilihan yang sangat tepat dikunjungi dengan keluarga.

Lumajang ternyata memiliki potensi yang luar biasa meskipun masih banyak dari obyek wisata tersebut yang belum terekplore. Oleh karena itu tak ada salahnya kita sebagai warga Indonesia ikut mengekplore obyek wisata tersebut agar potensi alam daerah tersebut tidak dibiarkan begitu saja. Demikian beberapa daftar wisata di Lumajang yang dapat kami sampaikan. Semoga para traveller berminat untuk mengunjungi daerah yang terletak di Jawa Timur ini. Semoga artikel yang ada di Wisatabagus.net ini bermanfaat, See You Soon 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *