7 Tempat Wisata di Lombok Paling Menarik

Posted on

Kumpulan Tempat Wisata di Lombok Paling Populer – Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas ratusan bahkan ribuan pulau-pulau nan indah. Sebagai negara kepulauan Indonesia menawarkan keindahan pariwisata yang tak kalah dengan negara-negara di benua Eropa, sangat disayangkan masih banyak pulau yang belum terexplore keindahan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Wisatabagus.net akan mengulas salah satu pulau yang sangat populer bagi para pecinta alam yakni Pulau Lombok.

Lombok bagi para traveler merupakan pulau yang tak asing lagi, bahkan sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya. Pulau lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda kecil di Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali sebelah barat dan Selat Alas Daru sebelah timur Sumbawa.

Pulau ini memiliki panjang sekitar 70 km dengan luas pulau mencapai 5.435 km2 yang menempatkan pulau ini pada peringkat 108 di dunia berdasarkan luasnya.

Dari segi pariwisatanya banyak hal di pulau lombok yang hampir mirip dengan pulau Bali. Pulau ini mulai dikenal oleh mancanegara pada tahun 1990 an, kemudian pada tahun 2007 sektor pariwisata di pulau ini adalah satu-satunya sektor yang berkembang di Lombok.

Pulau Lombok terkenal dengan berbagai keunikan budaya dan tradisi yang merupakan bauran dari dari berbagai budaya lainnya seperti Bali dan Bugis. Selain terkenal dari keunikan budaya yang dimilikinya, Lombok sangat terkenal akan keindahan wisata alamnya. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di lombok paling popoler yang wajib anda kunjungi.

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Tempat Wisata di Lombok Paling Menarik

  1. Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani Lombok
Indahnya Gunung Rinjani Lombok | Foto : trekkingrinjani.com

 

Gunung Rinjani merupakan gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung berapi yang merupakan gunung berapu tertinggi kedua di Indonesia yang masih aktif yang memiliki ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut.

Lokasi ini merupakan salah lokasi terfavorit bagi para pendaki karena memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yag memiliki luas sekitar 41.330 ha. Pada puncak Gunung Rinjani akan menampilkan sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara.

Pendakian puncak gunung rinjani merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi andalan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Animo komunitas pecinta alam baik dari dalam maupun luar negeri cukup besar, hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah pengunjung yang dari tahun ke tahun.

Pendakian besar-besaran biasanya dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus. Pada pertengahan bulan Agustus pendakian di dominasi oleh pelajar atau mahasiswa yang ingin memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.

Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dengan dua jalur pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Kebanyakan pendaki memulai pendakian dari rute sembalun dan mengakhiri pedakian di rute Senaru karena pendaki dapat meghemat  700m ketinggian, pada rute sembalun agak panjang tetapi datar.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar yang dapat digunakan untuk mendirikan camping, disini pendaki atau wisatawan dapat melakukan aktifitas memancing di Danau ataupun berendam di air panas yang mengandung belerang,

Rinjani memiliki panorama yang sangat apik diantara gunung-gunung lainya di Indonesia. Tak hanya menyuguhkan pemandangan hijau yang sangat mempesona, anda juga dapat menikmati keindahan warna orange sunrise yang sangat memukau pada puncak rinjani.

Suhu udara di gunung rinjani berkisar antara 20 derajat C dengan suhu terendah 12 derajat C. Bagi para pendaki wajib berhati-hati karena angin kencang dapat terjadi di puncak rinjani pada bulan Agustus.

Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dengan waktu tiga hari dua malam atau jika pengunjung ingin menikmati dua obyek wisata lain yakni Gua Susu dan Gunung Baru Jari perlu tambahan dua hari perjalanan.

Untuk menikmati keseruan pendakian di Gunung Rinjani pengunjung perlu menyiapkan logistik yang cukup dan stamina yang prima. Bagimana sobat apakah anda tertarik untuk mendaki salah satu gunung paling populer dengan keindahan alamnya ini?

  1. Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok
Indahnya Pantai Kuta Lombok | Foto : guidelombok.com

Jika ada mendengar kata Pantai Kuta, yang terfikir pada benak anda pastilah Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Namun jangan salah ya sobat, tidak hanya Pulau Bali saja loh yang memiliki Pantai Kuta, namun Pulau Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tak kalah cantik dengan Pantai Kuta yang dimiliki Pulau Bali.

Karena memiliki nama yang sama pastilah keindahan alam yang ditawarkan pula hampir sama. Pantai Kuta milik Pulau Lombok ini menyuguhkan pemandangan yang exotik.

Keindahan Pantai Kuta ini dikarenakan oleh pemandangan pasir putih yang menghampar luas diseluruh tepian pantai, deburan ombak yang bersahut-sahutan menambah indahnya pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu surga wisata di Pulau Lombok.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Pantai Kuta lombok tak perlu khawatir karena di pinggiran pantai sudah banyak yang menyediakan penginapan dan fasilitas MCk yang memadahi, selain itu untuk makanan atau minuman anda tak perlu risau karena banyak anak-anak yang menjajakan kelapa muda di sepanjang tepian pantai.

Bagi yang gemar membawakan oleh-oleh untuk keluarga maupun sahabat, sobat dapat memebelinya di kios-kios dipinggiran Pantai Kuta milik Lombok ini, souvenir yang disediakan pun sangat beragam mulai dari kaos, hiasan, hingga kain tenun dapat anda beli disini. Soal harga tentu dapat disesuaikan dengan budget anda nih sob 😀

Pantai Kuta di Lombok secara adminidtratif berlokasi di Desa Kuta yang berada tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan dapat ditempuh kurang lebih 1.5 jam jika kita memulai perjalanan dari Senggigi dan akan melewati kota Mataram. bagi anda yang kebetulan ke Pulau Lombok jangan sampai melewatkan wisata pantai yang satu ini yaa 🙂

  1. Pantai Desert Point

Wisata Pantai Desert Point Lombok
Taklukan Ombak di Pantai Desert Point Lombok | Foto : blog.hicity.co.id

Lombok memang sangat terkenal karena wisata pantai nya, salah satu pantai yang sangat terkenal adalah pantai Desert Point. Pantai desert Point merupakan pantai yang sangat indah dan diminati khususnya bagi para pecinta surfing atau selancar.

Saat ini Pantai Desert Point telah dinobatkan sebagai salah satu tujuan wisata selancar terfavorit di Dunia dan menempati urutan ke 6 dalam susunan “10 Pantai tujuan Surfing dengan Ombak Terganas” versi International Surfing of Association”. Bisa disebut bahwa pantai ini adalah pantai bagi surganya peselancar.

Pantai Desert Point terkenal juga disebut-sebut memiliki ombak terbaik di Bumi. Pantai ini memiliki ombak yang sangat khas yakni Ombak kiri dimana ketika berselancar anda akan terdorong kearah kiri atau yang sering disebut dengan “lefthand”.

Anda pula dapat menemukan ombak berbentuuk dinding cekung yang dapat bertahan antara 10 hingga 20 detik lamanya, dengan dinding terpanjang mencapai 300 m, hal ini merupakan moment yang paling ditunggu oleh para peselancar.

Pantai yang ciamik ini terletak di Kecamatan sekotong Lombok Barat, tepatya di Barat Daya Pesisir Lombok. Lamanya perjalanan dari Lembar menuju pantai yang sangat menantang adrenaline ini adalah sekitar 2 jam. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Desert Pont adalah kisaran bulan Mei hingga Oktober. Bagaimana guys apakah anda tertarik mengunjungi pantai ini?

  1. Gili Kondo

Indahnya Wisata Gili Kondo Lombok
Pantai Menakjubkan Gili Kondo Lombok | Foto : pegipegi.com

Mungkin traveler sudah sangat familiar dengan destinasi wisata Gili Trawangan, Gili Trwangan memang sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya, namun jangan salah loh gengs, masih banyak gili-gili yang lain yang tak kalah indah dari Gili Trawangan. Salah satu gili yang sangat indah dan wajib anda kunjungi adalah Gili Kondo. Yuk kita explore keindahan Gili yang satu ini.

Gili Kondo adalah salah satu gili yang belum berpenghuni dan sedang dikembangkan sebagai kawasan wisata daerah andalan Pulau Lombok. Gili yang satu ini terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

Gili Kondo berasal dari kata Gili dan Kondo, Gili diartikan sebagai pulau kecil sedangkan kata Kondo dalam bahasa setempat diartikan sebagai burung bangau. Pada pulau kecil ini anda dapat melihat banyaknya burung bangau, maka tak heran jika kemudian oleh masyarakat setempat pulau kecil ini disebut dengan Gili Kondo.

Gili Kondo merupakan gili terbesar kelima diantara tujuh giki yang terdapat dipulau Lombok. Pulau ini memaparkan pemandangan pasir putih nan indah, pasir putih milik Gili Kondo ini memiliki teksture yang sangat halus ditambah ombak yang sangat tenang tentu menambah keindahan dari Gili Kondo.

Anda dapat melakukan berbagai aktifitas di gili ini beberapa diantaranya adalah mendirikan camping, hunting foto, menikmati keindahan bulan purnama, dan anda pula dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat mempesona.

Gili Kondo merupakan salah satu tempat yang paling disarankan bagi anda yang lelah akan hingar bingar nya suasana perkotaan. Kili Kondo menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Untuk menuju ke Gili Kondo anda dapat menempuh perjalanan darat dengan waktu kurang lebih 3 jammenuju dusun padak luar , Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Rute yang ditempuh yaitu Kota Mataram-Narmada – Kopang – Masbagik – Aikmel – Labuhan Lombok – sambelia – Dusun Pudak Luar. Selanjutnya anda harus menempuh perjalanan laut dengan perahu sekitar 20-30 menit untuk tiba di Gili Kondo.

Baca juga : Pura Tanah Lot Bali, Melihat Sejarah hingga Sunset yang Indah

  1. Pantai Senggigi

Indahnya Alam di Pantai Senggigi lombok
Indahnya Alam di Pantai Senggigi Lombok | Foto : anekatempatwisata.com

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal akan keindahan panorama pantainya, Lombok menyuguhkan keindahan pantai nan elok yang sangat sedap dipandang mata. Maka tak heran jika para turis sangat terkesan dan ingin kembali lagi mengunjungi Pulau ini.

Rasanya tak akan ada habisnya jika kita membahas keindahan wisata pantai pulau lombok. Berikut adalah beberapa pejelasan mengapa pantai senggigi banyak diminati oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Senggigi terletak di pesisir barat Pulau Lombok, pantai ini merupakan salah satu pantai yang harus anda masukkan dalam kunjungan anda ketika anda berwisata ke Pulau Lombok.

Pantai ini memiliki garis pantai yang tegas dan panjang. Pinggiran pantai ini menyuguhkan pasir dengan gradasi warna dari hitam ke putih, air lautnya memiliki warna yang jernih dan, untuk ombaknya pun yang tidak besar.

Bagi anda yang gemar menyelam atau snorekling pantai ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Inilah mengapa pantai ini dapat menarik minat turis-turis mancanegara.

  1. Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

Menjelajahi Gili Air Gili Meno dan Gili Trawangan di Lombok
Menjelajahi Gili Air Gili Meno dan Gili Trawangan di Lombok | Foto : nakarasido.com

Pada ulasan nomor 4 diatas Wisatabagus.net telah mengulas salah satu dari tujuh gili yang ada di Pulau Lombok yakni Gili Kondo.

Untuk dapat memahami lebih jelas mengenai gili-gili yag ada di Lombok, mimin akan membagikan informasi mengenai tifga gili yang sangat terkenal yaitu : Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.

Gili Trawangan adalah Gili yang paling terkenal, mungkin saja masyarakat sudah sangat tidak asing dengan kata Gili Trawangan.

Gili Trawangan menawarkan pesona alam bawah laut yang sangat memukau dengan keindahan terumbu karang, dan kenaekaragaman ikan dan species lainnya. Para wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai, snorekling/diving, dan juga berjemur.

Gili trawangan adalah yang paling jauh diantara ketiganya. Sedangakn untuk Gili Meno merupakan tempat untuk anda yang ingin merasakan suasana yang tenang dan rileks. Jika anda menginginkan tempat yang relatif sunyi, Gili Meno adalah tempatnya.

Sementara Gili Air adalah tempat yang paling dekat dengan lombok, Gili air adalah tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena jarak tempuh nya yang relatif dekat. Gili Air juga memiliki populasi penduduk yang paling banyak diantara gili yang lainnya. Anda pasti tidak akan kecewa jika berkunjung ke gili-gili ini.

  1. Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Uniknya Rumah Adat Dusun Sade Lombok
Uniknya Rumah Adat Dusun Sade Lombok | Foto : journesia.com

Jika anda sudah bosan dengan suasana pantai, anda dapat menikmati wisata yang lain di Pulau Lombok ini. Pulau lombok tak hanya terkenal karena wisata alamnya namun juga terkenal dengan budayanya yang kental dan khas.

Pasti para traveler sudah penasaran kan bagaimana budaya pulau yang sangat indah ini?, Mari kita simak wisata budaya pada Pulau Lombok salah satunya Desa Sade.

Desa Sade merupakan salah satu desa yang berada pada jalan raya yang menghubungkan mataram dengan kawasa selatan Lombok. Kurang lengkap rasanya apabila wisatawan yang sudah datang ke lombok namun tak mengunjungi wisata budaya yang satu ini.

Desa ini dihuni oleh perkampungan suku sasak, desa ini terletak di Lombok Tengah. Di perkampungan ini kita akan dibawa dalam suasana tradisional dengan rumah beratapkan rumbia khas sasak.

Rumah Adat Dusun Sade Lombok terdiri atas dua ruangan, ruangan pertama terletak dibagian dalam untuk anggota keluarga wanita yang dirangkap sebagai dapur, dan untuk ruangan lainnya berada dibagian luar yang diperuntukan untuk anggota lainnya. Uniknya rumah adat sasak ini dibersihkan dari kotoran kerbau agar terlihat mengkilap dan terlindung dari serangga.

Lombok memang menawarkan sejuta pesona keindahan alam yang sangat eksotis, tak heran jika lombok merupakan salah satu pulau yang masuk kedalam daftar destinasi wisata paling popoler di Indonesia. Semoga artikel tempat wisata di lombok ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang bingung menentukan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *