10 Tempat Wisata di Lembang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Lembang Terbaru – Lembang adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.048 meter diatas permukaan laut. Daerah ini merupakan daerah yang terletak dipegunungan, suhu rata-rata di daerah ini berkisar antara 17-27 derajat C. Karena letaknya dipegunungan maka lembang memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Tempat wisata yang sejuk dan dingin merupakan salah satu yang dicari oleh sebagian besar warga Ibukota Jakarta. Sesaknya Ibukota membuat warganya mencari salah satu alternatif liburan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Hal ini menjadi salah satu alasan yang menjadikan Lembang menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia.

Dengan mayoritas daerah yang merupakan pegunungan, Lembang memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Daerah ini memiliki beberapa obyek wisata yang dapat anda kunjungi dari obyek wisata air terjun, pegunungan, kawah hingga pemandian air panas. Waahh sangat lengkap yaa sobat 😀 pasti semakin penasaran kan obyek wisata apa saja yang ada di daerah ini, Mari kita simak obyek wisata terfavorit di daerah Lembang.

Baca juga : Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

Tempat Wisata di Lembang yang Wajib Dikunjungi

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Anda pasti sudah sangat familiar dengan obyek wisata yang satu ini, Gunung Tangkuban Perahu merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Gunung ini berada di kota Bandung  tepatnya di kecamatan Lembang. Asal muasal daerah ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang sudah menjadi cerita rakyat secara turun temurun. Sangkuriang dikisahkan seorang anak yang mencintai ibunya Dayang Sumbi.

Untuk menggagalkan niat anaknya untuk menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan perahu hanya dalam waktu semalam. Ketika usahanya digagalkan, Sangkuriang marah besar dan menendang perahu yang telah ia buat tersebut dan menyebabkan perahu mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan gunung api yang masih aktif, beberapa kawahnya masih menunjukann tanda-tanda keaktifan gunung ini. Obyek wisata ini memiliki view yang sangat indah yaitu berupa kawah, terdapat tiga kawah yang dapat anda kunjungi yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dari kawah-kawah yang lain. Kawah Domas memiliki ukuran yang tidak besar namun kawah ini sangatlah unik karena kawah ini memancarkan semburan air panas. Dikawah ini pengunjung dapat merebus telur dengan cara merendam telur tersebut pada air panas yang ada di kawah Domas ini.

Tak hanya telur yang dapat direndam di kawah ini, anda pula dapat merendam kaki anda dan merasakan relaksasi yang sangat menenangkan, berendam di air panas ini dapat dijadikan alternaif ketika anda lelah setelah seharian berkeliling di tempat wisata ini.

Yang terakhir adalah Kawah Upas, untuk menuju ke kawah Upas anda perlu berjalan 1.2 km dari kawah Ratu, atau sekitar 25menit jika ditempuh dengan berjalan kaki, mungkin jika anda menempuhnya dengan cara terbang akan lebih cepat ya sob 😀 hehe. Disepanjang jalan kawah Upas anda akan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona dengan tampilan pepohonan yang rindang samping kiri dan kanan jalan khas Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu memilki fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Apabila anda berencana menginap, banyak hotel dan penginapan tersedia disekitar obyek wisata ini. Area parkir yang disediakan sangat luas, Mushola, fasilitas MCK, untuk makanan pun anda tak perlu kuatir karena banyak kios-kios penjuak makanan yang telah dibangun. Selain kios makanan, anda kios merchandise anda dapat membeli oleh-oleh berupa antungan kunci, kaos, topi dan lain lain.

Gunung tangkuban Perahu berada jauh dari Kota Bandung, hanya sekitar 40 km dan dapat anda tempuh dengan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam jika menggunakan kendaraan bermotor. Pada akhir pekan biasanya jalur menuju obyek wisata ini sangatlah padat, namun anada tek perlu khawatir karena anda akan disuguhi pemandangan sanga sangat indah dengan jalur yang berkelok khas pegunungan. Suhu rata-rata setiap hari di area ini adalah sekitar 17 derajat C pada siang hari dan 2 derajat C.

Baca Juga : 13 Tempat Wisata di Semarang Wajib Dikunjungi

  1. Maribaya

Wisata Maribaya Bandung

Maribaya Lembang bertempat di Utara Bandung, dahulu lokasi ini terkenal kotor dan kumuh namun setelah direnovasi cukup lama, Maribaya berubah menjadi Maribaya Resort. Kawasan ini sangat berubah tampilan dan fasilitasnya loh, kawasan ini menjadi kawasan yang sangat indah dan nyaman.

Area wisata ini sudah sangat terkenal di Kota bandung, umurnya pun sudah puluhan tahun, yaa bisa dikatakan jika Maribaya merupakan obyek wisata legendaris yang menjadi tujuan jalan-jalan favorit orang tua jaman dahulu. Obyek Wisata maribaya menyuguhkan keindahan air terjun, wisata air panas, dan juga kerimbuan hutan hijau.

Obyek wisata yang terletak di daerah Lembang ini beroperasi hanya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00. Kawasan maribaya memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto. Pertama adalah air terjun Maribaya, kawasan maribaya memiliki beberapa curug yang sangat indah yang tak boleh anda lewatkan yakni curug cikawari, cigulung dan cikoleang. Kawasan ini dilewati oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Pada area ini mata anda akan sangat dimanjakan oleh keindahan curug-curug ini.

Spot kedua yang  tak kalah indah untuk digunakan berfoto adalah Sky Bridge Tapak Halimun. Sky Bridge Tapak Halimun merupakan platform berupa jalan atau jembatan yang berada disebelah kiri area. dari tempat ini kita bisa melihat sebagian besar area Maribaya resort. Selanjutnya Ampitheatre Bale Pinton, area ini cocok digunakan untuk acara family outing, gathering perusahaan dan pasangan yang akan menikah, tempat ini recomended banget nih gengs 🙂 karena kita dapat menyewa area ini untuk kegiatan-kegiatan dengan banyak peserta. Ampitheatre Bale Pinton dapat menampung hingga 200 orang.

Maribaya resort juga memiliki kolam rendam air panas, kolam ini merupakan kolam air panas alami yang memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Di tempat ini disediakan 4 macam kolam rendam dengan harga yang sangat bervariasi antara lain: Deluxe pool, VIP Pool, Foot Spa, dan kamar berendam private Tirta Raga. Selain jembatan layang dan kolam air panas, maribaya resort juga memiliki kolam pemacingan yang terkenal dengan nama Talaga Giri. Bagi anda yang senang berwisata kuliner atau sekedar nongkrong untuk menikmati kopi hangat Maribaya Resort juga menyediakan cafe-cafe elegan dan Food Court. Maribaya emang memiliki segudang fasilitas yang dapat memanjakan pengunjungnya. Waahh tempat wisata yang sangat menarik bukan?

  1. Air Panas Ciater

Tempat Pemandian Air Panas Ciater Bandung

Air Panas Ciater merupakan obyek wisata yang sudah sangat populer. Obyek wisata ini merupakan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berwisata di daerah Subang, Bandung. sesuai dengan namanya, tempat ini tentu menawarkan pesona relaksasi air panan yang alami.

Air Panas Ciater berasal dari kawah Gunung tangkuban Perahu, tempat wisata ini merupakan yang paling banyak diminati oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena Air Panas Ciater memiliki berbagai mineral yang dapat mengobati berbagai macam penyakit dan sangat baik bagi kesehatan.

Konon katanya mineral dari air panas ini dapat membuat anda lebih cantik dan tampan lo :D. Jadi bagi anda yang merasa kurang cantik atau kurang tampan, mimin rasa Air Panas Ciater dapat menjadi destinasi wisata yang direkomendasikan hehe 😀

Air Panas Ciater tak hanya menawarkan aktifitas berendam saja, banyak aktivitas yang dapat traveler lakukan jika berkunjung ke tempat wisata ini. Beberapa kegiatan diantaranya : bersepeda, memancing, berenang, berperahu, mendayung, arung jeram, berkuda, bermain tenis lapangan,basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Obyek wisata ini terletak di Jl. Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Subang, Jawa Barat. Air Panas Ciater berlokasi di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Jika anda dari Kota Subang hanya berjarak sekitae 30 km atau menempuh waktu perjalanan kurang lebih 40 menit, sedangkan jika dari Bandung berjarak 32 km atau sekitar 45 menit perjalanan. Meski menempuh waktu yang cukup lama, namun jalan saat meuju obyek wisata ini anda akan disuguhi oleh pemandangan yang menarik seperti hamparan kebun teh yang sejuk dan asri.

  1. Floating Market

floating-market-lembang

Memang tak ada habisnya jika membahas tempat wisata yang ada di Lembang. Lembang memang salah satu tempat yang sangat menarik bagi para traveller. Selain menyuguhkan keindahan yang alami, Lembang terkenal akan udaranya yang sangat sejuk karena memang tempatnya dipegunungan. Ingin wisata yang tak hanya indah namun juga unik ? Selain Maribaya tentu Floating Market adalah salah satunya. Baiklah mari kita simak salah satu destinasi wisata yang sangat unik ini.

Floating Market merupakan sebuah kawasan wisata dengan luas sekitar 7 hektar dengan dengan sebuah danau yang bernama Siti Umar sebagai pusatnya. Tempat ini menawarkan keunikan berupa pasar terapung. Jika mendengar kata pasar terapung tentu yang anda pikirkan adalah pasar yang berada diatas air, yaaps memang benar Floating Market adalah pasar yang aktivitasnya berada diatas air yang biasanya menggunakan perahu sebagai sarana transportasinya. Floating Market di Lembang ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan pasar terapung pada umumnya karena tempat ini memiliki konsep wisata bukan perdagangan.

Pasar terapung milik lembang ini tak menjajakan sayuran atau buah-buahan melainkan makanan olahan yang sangat lezat seperti baso tahu, lotek,siomay, surabi, sosis bakar, duren bakar, otak-otak, ketan bakar, dimsum dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pada tempat ini sangatlah bervariasi dari harga Rp.5000 hingga Rp.35.000. Perahu-perahu yang menjajakan berbagai jenis makanan ini ditata dengan sangat rapi berbeda dengan pasar terapung pada umumnya, sehingga pengunjunglah yang akan mendatangi perahu-perahu ini. Total ada 46 perahu yang menjajakan makanan-makanan ini.

Selain pasar terapung, Floating Market juga memiliki wahana lain yang sangat cocok bagi anak-anak dan keluarga. Beberapa aktifitas yang dapat anda dan keluarga lakukan ditempat ini adalah memberi makan ikan, memberi makan angsa, memeberi makan kelinci,Kano, ATV, Flying Fox, Perahu Kayuh, Sepeda Air,Ampan, Kebun Strawberry, dan Kebun sayur Organik. Obyek wisata ini dibuka pada pukul 10.00 sampai dengan pukul 17.00 pada hari biasa dan pukul 09.00 sampai dengan 22.00 pada akhir pekan.

Baca Juga : 14 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

  1. Sapu Lidi

Wisata Sapu Lidi Lembang Bandung

Sapu Lidi merupakan salah satu obyek wisata dilembang yang menawarkan suasana lingkungan  pedesaan yang asri. Tempat wisata yang satu ini sangat rekomended untuk anda yang ingin melepaskan penat dan lelahnya bekerja. Ide utama tempat ini adalah menyajikan sebuah tempat makan yang nyaman dengan hidangan yang lezat dan berada dilokasi pedesaan yang memberikan sensasi relax dan damai.

Kawasan wisata terpadu ini memiliki luas sekitar 6 hektar dengan kapasitas pengunjung mencapai seribu orang. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan kegiatan seperti Gathering Perusahaan, Famili Gathering, Pernikahan, atau acara-acara lainnya. Sapu Lidi mencitrakan objek wisata dengan konsep Traditional Ethnic buadaya khas Jawa Barat yang memiliki menu-menu andalan khas daerah ini seperti Ayam Kahaseupan, Ayam Bakar Daun, Sapi Gribik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Penasaran dengan kuliner khas Jawa Barat ? Jangan ragu untuk berkunjung ke tempat ini yaa 😀

  1. Jendela Alam

Wisata Jendela Alam Lembang Bandung

Liburan bersama keluarga diakhir pekan tentu menjadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Di Lembang banyak tempat wisata keluarga yang dapat anda kunjungi. Naun tak semua tempat ini memeberikan nilai pendidikan bagi anak-anak. Jendela alam merupakan salah satu tempat yang dapat anda jadikan media untuk mengenalkan kepada anak mengenai hewan dan tumbuhan.

Ditempat ini anda dapat mengajarkan anak bagaimana cara berinteraksi dengan hewan, memberi makan, beternak hingga merawat hewan. Selain itu anak anda juga akan diajarkan untuk mengenal tumbuhan dengan cara berkebun, memetik buah dan juga memetik sayuran. Tak hanya mengenal hewan dan tumbuhan. Disini anda juga dapat mengajak keluarga dan anak-anak untuk merasakan sensasi berpetualang dan bermain air. Jendela alam buka setiap hari kerja pada pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore, sedangkan pada hari Libur pukul 8 pagi hingga 4.30 sore.

Obywk wisata Jendela Alam terletak di komplek Graha Puspa Jl. Sersan bajuri km 4.5 Kecamatan Lembang, Bandung, Jawa Barat. Fasilitas yang ditawarka temoat ini berupa peternakan dan perkebunan, mini waterboom, playground, kedai alam, aula, mushola dan lain-lain.

  1. Kampung Gajah

Wisata Kampung Gajah Lembang Bandung

Meskipun dinamakan kampung gajah, namun anda tidak akan menemukan gajah ditempat ini Obyek wisata yang memilki luas sekitar 60 hektar ini memiliki banyak wahana permainan yang dapat anda nikmati bersama keluarga tercinta. Kampung Gajah memiliki tema wisata, belanja, dan kuliner. Secara realisasinya kampung gajah sudah memiliki 4 jenis restaurant, beberapa factory outlet  dan berbagai jenis wahana permainan. Bagi anda yang suka berbelanja, wisata kuliner sekaligus wisata alam Kampung Gajah adalah tempatnya.

Kampung Gajah terletak di sebelah utara kota Bandung, apabila anda ingin kesana anda dapat menggunakan beberapa alternatif yaitu menggunakan bus DAMRI dari terminal Leuwi. Menggunakan angkot dari terminal Cicaheum, Menggunakan angkot jurusan ST. Hall- Lembang dan yang tersakhirangkot jurusan Ciroyo-Lembang dari bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Baca juga : Pantai Tanjung Setia – Surganya Peselancar di Pesisir Barat Lampung

Wisata Ciwangun Indah Camp ( CIC )

8. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Berbaur dengan alam di Ciwangun Indah Camp (CIC) akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Ciwangun Indah Camp menjadi salah satu pilihan wisata di Lembang yang tak boleh anda lewatkan.

Ciwangun Indah Camp (CIC) berdiri pada lahan seluas 22 hektar dengan ketinggian sekitar 1.100 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini tentu menyuguhkan suasana yang sejuk khas pegunungan. Anda dapat melepaskan penat akibat rutinitas kerja dengan menghirup udara segar di Ciwangun.

Obyek wisata ini memberikan fasilitas lengkap yang akan memanjakan anda seperti Outbond, bumi perkemahan, Saung Pertemuan, Kebun Strawberry, air terjun, perkebunan teh, dan masih banyak lagi. Ciwangun Indah Camp (CIC) juga menyuguhkan penginapan berupa Villa yang menunjang wisata anda di tempat ini.

Farm House Lembang Bandung

9. Farm House Lembang

Berkunjung ke Lembang rasanya tak akan lengkap jika belum mampir di Farm House yang populer. Disini ada rumah hobbit yang sangat unik. Hampir semua spot di tempat ini kece-kece sehingga akan menghasilkan gambar yang apik.

Farm House Lembang merupakan salah satu destinasi wisata favorit baik bagi warga Bandung, maupun Ibukota Jakarta. Ketika akhir pekan dan hari libur tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap diantaranya cafe indoor, alun-alun mini, bar, gedung serba guna dan berbagai fasilitas lainnya.

Farm House Lembang Bandung beralamat di Jalan Raya Lembang No. 108, Cihideung, Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan ini letaknya sangat strategis karena tepat di jalan Utama Lembang, Bandung. Obyek wisata Farm House tepatnya terletak di sebelah kanan sekitar 2 kilometer sebelum Hotel Grand Lembang.

Pine Forest Camp Lembang Bandung

10. Pine Forest Camp

Nah bagi para pecinta alam, admin akan merekomendasikan Pine Forest Camp yang letaknya juga masih di tanah Lembang. Daya tarik dari Pine Forest Camp adalah adanya hutan pinus yang asri yang kemudian dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan.

Pine Forest Camp merupakan area camping ground yang alami. Konsep yang diusung oleh Pine Forest Camp adalah Camping Exclusive yang sangat cocok digunakan untuk acara besar seperti organisasi maupun perusahaan. Beberapa jenis camping yang ditawarkan diantaranya : Exclusive Camping, Family Gathering/Company Gathering, High Rope Course & Flying fox, Outdoor Party and Games dan masih banyak lagi.

Berada pada ketinggian 1.200 mdpl membuat kawasan ini sangat sejuk serta memiliki udara yang segar. Tempat ini sangat cocok bagi sobat yang ingin menghilangkan penat akibat rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Mengadakan kegiatan camping di kawasan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Demikian Daftar Obyek Wisata di Lembang Paling populer yang dapat anda kunjungi dengan keluarga. Semoga liburan anda berkesan yaa 🙂 Simak terus informasi tempat wisata di Wisatabagus.net karena kami akan terus menyajikan tempat-tempat wisata paling populer yang wajib anda kunjungi. See you arround 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *