25 Tempat Wisata di Lampung yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi | Wisatabagus.net – Sebagai provinsi di ujung pulau Sumatera sekaligus sebagai gerbang penghubung ke pulau Jawa, Lampung memiliki pesona alam yang sangat Indah. Puluhan tempat wisata alam maupun buatan bisa menjadi salah satu pilihan untuk berlibur di Lampung. Menikmati suasana alam yang asri dan indah membuat anda tidak akan lupa dengan provinsi satu ini.

Nah, untuk anda yang ingin berlibur atau sekedar rekreasi di Lampung, berikut daftar tempat wisata di lampung yang paling populer.

1. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Lampung 2016

Pulau yang berada di Kabupaten Pesawaran tepatnya dikecamatan Punduh Pidada dengan luas sekitar 1.084 hektar terbagi menjadi dua pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pahawang kecil memiliki wisata bawah laut yang sangat menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar Provinsi Lampung penasaran untuk mengunjungi Pulau Pahawang. Waktu tempuh dari Bandara Raden Intan ke pulau pahawang hanya menghabiskan waktu 1.5 jam (tegantung kondisi jalan) untuk menuju dermaga penyebrangan lalu naik perahu untuk menuju ke Pulau Pahawang Besar. Ada dua Alternativ dermaga penyebrangan untuk menuju ke Pulau Pahawang, yang pertama anda bisa menyebrang melalui dermaga Ketapang atau menggunakan perahu yang ada di Pantai Sari Ringgung. Untuk anda yang berniat untuk berlibur saya sarankan untuk menginap disana, sehingga bisa menikmati pagi dan sorenya pulau pahawang.

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Anda suka dengan hewan Gajah? Jika suka, Taman Nasional Way Kambas ini sangat tepat untuk anda kunjungi, pasalnya Way Kambas merupakan sekolah Gajah pertama di Indonesia yang terletak di Kabupaten Lampung Timur, kecamatan Labuhan Ratu. Didirikan pada tahun 1985 sebagai Pusat Latihan Gajah (PLG). Namun saat ini sudah berganti nama menjadi Pusar Konservasi Gajah (PKG) dengan harapan sebagai tempat perkembangbiakan, pelatihan dan konsevasi.  Sampai saat ini terdapat sekitar 300 ekor gajah yang sudah dilatih dan di sebar ke berbagai tempat di Tanah Air.

3. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Pantai Mutun dan Pulau Tangkil Lampung

Ada banyak pantai yang ada di lampung dan salah satunya yang paling terkenal yaitu Pantai Mutun yang terletak di Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jarak Pantai Mutun dari Bandar Lampung tidaklah jauh, hanya sekitar 10Km dan bisa diakses dengan mudah. Di Pantai Mutun Tersedia berbagai fasilitas yang bisa anda sewa, seperti Pondokan, Water Boom, Perahu Cano, Banana Boat dan juga resto. Jika anda sudah samapi di Pantai Mutun, jangan lewatkan keindahan Pulau Tangkil yang berada diseberang pantai dan anda bisa mengaksesnya menggunakan perahu dengan biaya tiket yang sangat murah yaitu berkisar 60-100rb untuk menyewa kapal. Oh iya guys, setelah sampai pulau tangkil jangan lupa untuk meminta nomor telepon nelayannya, agar saat anda ingin pulang bisa menghubungi nelayan yang mengantar anda untuk menjemput kembali.

4. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan Lampuang Selatan

Pernah mendengar pesona pantai Lovina di Bali? atau bahkan sudah pernah mengunjunginya? Anda bisa menemukan hal yang sama di Lampung saat ini tepatnya di Obyek wisata Teluk Kiluan, yaitu melihat lumba-lumba secara langsung di habitat aslinya. Untuk anda yang ingin melihat lumba-lumba di teluk kiluan saya sarankan untuk menghubungi pihak homestay untuk menanyakan cuaca dan waktu yang tepat untuk melihat keberadaan lumba-lumba karena sangat dipengaruhi dengan cuaca. Banyak yang menyarankan untuk berkunjung antara bulan April sampai September yang mana sedang musim kemarau. Nah, untuk anda yang tidak ingin melihat hewan lucu ini, bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan batu karang yang menarik.

5. Pantai Pasir Putih dan Pulau Codong

Pantai Pasir Putih Lampung Selatan

Salah satu pantai yang selalu ramai dikujungi dan dekat dengan Ibu Kota Bandar Lampung yaitu Pantai Pasir Putih akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Biaya masuk yang sangat terjangkau dan sangat mudah di akses membuat pantai ini selalu ramai diwaktu libur. Fasilitas yang bisa anda gunakan pun cukup banyak seperti Shelter, kamar bilas, toilet, kapal motor dan masih banyak lainnya. Anda bisa bersantai menikmati sejuknya udara pantai dengan tenang. Untuk anda yang hendak ke Pantai Pasir Putih jangan lewatkan Pulau Condong yang berada di seberang pantai Pasir Putih. Dengan biaya sekitar 50rb anda bisa menyewa perahu untuk menuju pulau Condong. Keadaan pantai yang bersih serta air yang kernih sangat tepat untuk berenang.

6. Gunung Krakatau

Wisata Gunung Krakatau Lampung

Krakatau merupakan gunung berapi yang berada di Selat Sunda dan pernah meletus pada tahun 1883. Dan saat ini yang ada tinggal anak krakatau dan menjadi salah satu obyek wisata yang sangat menarik yang bisa anda kunjungi. Akan tetapi Gunung krakatau saat ini sudah menjadi daerah konsevasi alam, jadi untuk memasuki atau berkunjung di area gunung krakatau anda harus mendapatkan ijin dari balai konsevasi lampung. Namun, untuk anda yang tidak mau repot bisa membeli paket tour/tiket tour yang dikelola oleh travel agent. Dengan begitu anda tidak perlu mengurus ijin di balai konsevasi karena semua akan di urus oleh travel agent.

7. Air Terjun Putri Malu

Indahnya Air Terjun Putri Malu Lampung

Salah satu obyek wisata yang menarik di lampung selanjutnya yaitu Air Terjun Putri Malu yang terletak di Kabupaten Way Kanan. Kondisi air terjun ini masih sangat alami dan asri karena wisatawan umum belum banyak yang mengunjunginya, hal itu dikarenakan jalur menuju Air Terjun Putri Malu cukup melelahkan.

Air Terjun Putri Malu lebih banyak dikunjungi oleh para pecinta alam untuk berenang dibawah air terjun dan berfoto untuk mengabadikannya. Dengan ketinggian 80 meter dan memiliki bentuk air terjun yang sedikit membengkok  seakan malu-malu membuatnya disebut dengan Air Terjun Putri Malu. Walau trekking yang melelahkan, namun di setiap jalan menuju air terjun anda akan di suguhi pemandangan yang indah.

8. Pantai Sari Ringgung dan Pasir Timbul

Wisata Pantai Sari Ringgung dan Pasir Timbul

Sari Ringgung merupakan pantai baru yang ada di Lampung. Pantai ini terletak di Desa Sidodadi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesarawan, ditengah tengah-tengah antara pantai Mutun dan Pantai Kelara. Pantai Sari Ringgung dibuka pada tahun 2015 dengan obyek yang paling menark yaitu pasir timbul yang berada di tengah pantai dan tercipta secara Alami. Selain itu anda bisa menikmati berbagai pemandangan indah seperti Krakatau View. Saat ini Pantai Sari Ringgung masih dalam tahap pengembangan, dan seperti akan menjadi obyek wisata pantai yang paling banyak diminati.

9. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu Kulumbayan Lampung

Nama pantai ini sangat menyeramkan, yaitu Pantai Gigi Hiu. Namun keindahan pantai ini jauh dari kata seram. Terdapat berbagai bebatuan yang menjulang tinggi dan tajam membuat pantai ini disebut dengan Pantai Gigi Hiu. Batu-batu tersebut menjadikan pantai ini berbeda dengan wisata lainnya. Oh iya guys, Pantai Gigi Hiu terletak di dearah Tanggamus, dekat dengan Teluk Kiluan. Jadi untuk anda yang sedang berwisata di Teluk Kiluan jangan lupa untuk berkunjung di Pantai Gigi Hiu.

10. Pantai Kelara

Wisata Pantai Kelara Lampung

Pantai selanjutnya yang harus anda kunjungi yaitu Pantai Kelara yang berada di Gedung Tataan, Pesawaran. Pantai ini dikelola oleh TNI-AL, jadi pasti aman. Nama kelara sendiri merupakan singkatan dari Kelapa Rapet yaitu Pohon Kelapa yang jaraknya berdekatan, karena banyak pohon kelapa disekitar pantai ini. Anda bisa menikmati berbagai permain seru dipantai ini seperti bananan boat.

Itulah beberapa tempat wisata di Lampung, dan masih banyak lagi wisata di lampung yang akan saya tuliskan. Jadi jangan lupa untuk berkunjung kembali di wisatabagus.net dan dapatkan informasi wisata paling populer di nusantara.

11. Pantai Tanjung Setia

Wisata Pantai Tanjung Setia Lampung

Wisata pantai di Lampung yang harus sobat kunjungi selanjutnya adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai Tanjung Setia merupakan surganya wisata bagi pecinta surfing. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan disebut-sebut sebagai salah satu ombak terbaik. Lokasi wisata ini terletak di Pesisir Barat Pulau Sumatera, sehingga gulungan ombak milik Samudera Hindia ini sangat terkenal bagi para pecinta olahraga surfing dari berbagai belahan dunia.

Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu pantai Eksotis yang ada di di Lampung yang menyuguhkan panorama alam yang sangat ciamik. Pesona utama dari Pantai Tanjung Setia adalah ombaknya yang tinggi dan menantang. Ombak yang indah tersebut dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Panorama alam pantai ini akan terasa lebih indah ketika sore hari, deburan ombak yang panjang dilengkapi dengan hamparan pasir putih serta dipadukan dengan kemuning senja dari matahari terbenam membuat tampilan Pantai Tanjung Setia terasa sangat eksotis.

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Jika pengunjung bertolak dari Kota Bandar Lampung pengunjung membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam. Jika pengunjung merasa lelah dan ingin bermalam pengunjung dapat menyewa bungalow atau penginapan-peginapan yang banyal tersedia dikawasan ini. Akses menuju lokasi ini tidaklah sulit dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Pengunjung dapat pula menaiki kendaraan umum yang menuju ke Krui. Mudahnya akses dan sarana transportasi di Pantai Tanjung Setia membuat pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terlebih ketika liburan tiba.

12. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung

Wilayah yang terletak di paling Selatan Pulau Sumatera ini memang memiliki potensi wisata pantai yang sangat menakjubkan. Karena pesona pantainya yang sangat menarik kita mulai melupakan wisata sejarahnya. Di Provinsi Lampung, tapatnya di Kabupaten Lampung Timur terdapat lokasi wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Lokasi wisata ini disebut dengan Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi peninggalan dari masa kebudayaan megalitikum. Beberapa spot menarik yang ada di situs Purbakala Pugung Raharjo antara lain Pintu Gerbang yang menyerupai bangunan candi. Kemudian terdapat pula gundukan tanah yang ditumbuhi rumput hijau. Rumput ini terlihat sangat rapi, konon gundukan ini merupakan bekas benteng. Jika anda berjalan masuk, anda juga akan menemui komplek yang disebut dengan Batu Kandang atau Batu Mayat. Di Komplek Batu Kandang ini pengunjung bisa melihat sekelompok batu besar yang tersusun dalam bentuk empat persegi yang menghadap ke arah timur dan barat. Dibagian tengah persegi ini terdapat batu bulat  panjang yang ujungnya dipahatkan Phallus atau lambang alat kelamin laki-laki.

Selain kopleks Batu Mayat di lokasi ini juga terdapat punden berundak yang bentuknya mirip dengan sebuah piramida. Total keseluruhan punden berundak ini ada 13 buah, Punden ini memiliki teas yang bertingkat-tingkat. Punden berundak yang ditemukan di lokasi ini memiliki tiga buah undak-undak dan dua buah undak-undak yang melambangkan perbedaan derajat dan status sosial. Disekitar Punden Berundak ini terdapat kolam peninggalan megalitikum yang memiliki air yang sangat jernih. Kolam ini bersumber dari air yang berasal di bawah pohon besar yang ada di lokasi tersebut. Dahulu kolam ini digunakan sebagai tempat mandi. Kolam ini terletak di bagian Timur Situs.

Taman Purbakala Pugung Raharjo memiliki pesona yang cukup menakjubkan. Namun sayang sekali lokasi ini tidak terawat dengan baik. Tempat ini juga kurang terekplore sehingga terkesan terlupakan. Padahal lokasi ini memiliki sejarah dan panorama alam yang sangat menarik. Sebagai warga Lampung yang baik, Yuk kita explore wilayah ini dengan mengunjungi Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Perjalanan menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 1.5 hingga 2 jam jika sobat bertolak dari Kota Bandar Lampung.

13. Menara Siger, Lampung

Wisata Menara Siger, Lampung

Menara Siger merupakan salah satu Landmark atau ikon Kota Lampung. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung namun tidak mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Tempat ini sengaja di bangun pada lokasi yang sangat strategis, dimaksudkan agar dapat menarik minat wisatawan. Menara Siger dibangun di Bukit Gamping, Kecamatan bakaheuni, Kabupaten Lampung Selatan.

Menara Siger di bangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Gubernur Lampung Yaitu Bpk. Sjachroedin, ZP. Menara Siger dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 15 miliar. Dana yang di keluarkan sebanding dengan keindahan bangunan ini. Bakaheuni sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera memang menjadi lokasi yang sangat strategis untuk bangunan ini. Setiap penumpang kapal yang akan merapat ke Bakaheuni dapat menyaksikan bangunan yang megah ini. Bagunan ini terletak diatas bukit dengan ketinggian 110 meter diatas permukaan laut. Pada bagian depan berhadapan langsung dengan pelabuhan Bakaheuni sedangkan view pada bagian belakang Menara Siger berlatarkan Samudera Hindia.

Menara Siger merupakan lokasi penanda titik nol di Sumatera di bagian Selatan. Bangunan Menara Siger dibuat sesuai dengan namanya, dalam adat Lampung “Siger” merupakan topi adat pengantin wanita. Secara fisik bangunan ini berbentuk seperti mahkota yang terdiri dari sembilan rangkaian yang melambangkan sembilan bahasa di Lampung. Bangunan ini berhiaskan ukiran corak kain tapis khas daerah Lampung. Di lokasi menara siger juga terdapat payung tiga warna yang menandakan puncak menara. Payung ini diartikan sebagai simbol tatanan sosial. Menara Siger tidak hanya menjadi ikon dalam bidang pariwisata tetapi juga ikon dalam bidang keagamaan, seni, budaya, dan juga dalam bidang pendidikan.

Bangunan menara ini memiliki tinggi 32 meter dengan luas 50 x 11 meter dan memiliki 6 lantai. Arsitek dari bangunan Menara Siger adalah Ir. Ansori Djausal, M.T orang asli Lampung. Waah bangga sekali ya masyarakat Lampung bisa memiliki Landmark semegah ini 🙂

14. Laguna Dodo

Wisata Laguna Dodo Tanggamus Lampung

Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup unik. Salah satu  wisata milik Lampung yang menawarkan pesona yang sangat unik adalah Laguna. Pasti sobat belum tau kan arti dari Laguna. Tidak usah risau karena pada kesempatan ini mimin akan memberikan sedikit pencerahan kepada sobat traveler :D. Laguna atau yang dalam bahas inggris disebut dengan “Lagoon” merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang berupa pasir, batu karang dan sejenisnya. Jadi laguna merupakan air yang tertutup di bagian belakang gugusan karang atau pulau-pulau atau di dalam atol.

Sekarang sobat sudah tau kan apa itu laguna? Kali ini mimin akan membahas salah satu destinasi wisata favorit di Lampung yakni Laguna Dodo. Laguna Dodo terletak di Teluk Kiluan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Laguna Dodo berbentuk seperti kolam renang air asin dengan tebing terjal disekelilingnya. Perjalanan menuju ke Laguna Dodo membutuhkan kehati-hatian karena rute nya cukup terjal dan licin. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit untuk sampai ke lokasi. Perjalanan yang cukup menguras energi itu akan terbayar ketika sobat sampai ke lokasi.

Laguna Dodo merupakan spot yang cantik untuk sobat gunakan berfoto selfie maupun wefie :D. Lokasi ini juga menyuguhkan pesona alam yang begitu indah. Pengunjung dapat berenang dan bermain air di Laguna Dodo dengan ditemani suara debur ombak dari pantai Gayao. Yuk ajak pacar, sahabat, kakak, adik, teman, dan keluarga anda untuk berkunjung kemari, dijamin deh liburan sobat pasti seru abiiis 😀

15. Lembah Hijau

Wisata Lembah Hijau Lampung

Ingin mengunjungi waterboom, kebun binatang, Villa mini, dan rumah hantu dalam satu tempat? Datang saja langsung ke lokasi wisata Lembah Hijau.  Lokasi wisata Lembah Hijau menawarkan wisata dengan fasilitas yang sangat lengkap. Sesuai dengan namanya, lokasi ini juga memiliki nuansa yang sangat hijau. Suasana yang ditawarkan di kawasan ini juga sangat sejuk dan asri. Tempat rekreasi ini juga sangat terawat dan bersih, tak heran jika kawasan Lembah Hijau selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik ketika hari libur maupun ketika hari kerja.

Lembah Hijau merupakan obyek wisata buatan yang menyuguhkan suasana alami. Lokasi wisata ini terletak di Jl. Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Lokasi wisata ini memiliki luas area 30 hektar dan berada di area perbukitan serta dialiri oleh sungai kecil. Di tempat rekreasi ini pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti kebun binatang mini, Waterboom, aquarium, wahana rumah hantu, taman dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Kebun Binatng milik Lembah Hijau memiliki berbagai macam satwa mulai dari rusa, burung merak, burung beo, ayam kalkun, dan berbagai satwa lainnya. Masih di area Kebun Binatang masih terdapat aquarium dengan bebagai jenis ikan. Di Aquarium ini juga terdapat ikan raksasa loh guys, ikan ini berukuran sangat besar. Di dekat lokasi aquarium terdapat wahana Rumah Hantu yang berukuran sangat besar. Pengunjung dapat menikmati Wahana Rumah Hantu dengan membayar tiket sebesa Rp.15.000,-.

Jika pengunjung berasal dari luar daerah dan ingin mencari penginapan, pengunjung tak perlu khawatir karena di kawasan ini terdapat Villa-villa mini dengan berbagai ukuran dan jenis. Villa-villa ini dibuat dengan bentuk dan design yang sangat unik. Fasilitas lain yang disuguhkan oleh tempat ini antara lain resto, tempat meeeting, ayunan, tempat duduk, toilet umum mushola dan area parkir. Suasana yang ditawarkan di lokasi wisata ini sangat sejuk dan segar. Pengunjung pasti akan merasa betah berlama-lama di kawasan ini.

16. Danau Ranau

Wisata Danau Ranau Lampung

Wisata di Lampung yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Danau Ranau. Sejarah Danau Ranau terbentuk akibat letusan gunung Seminung yang menyebabkan tanah menjadi terbelah dan membentuk semacam cekungan besar yang kemudian terisi oleh air. Saat ini Danau Ranau menjadi lokasi wisata yang menarik bagi masyarakat Sumatera. Danau ini bahkan sudah sangat terkenal oleh wisatawan.

Dengan memiliki luas sekitar 125.9 kilometer persegi danau ini menjadi danau terbesar ke dua di Pulau Sumatera. Danau ini menempati urutan kedua setelah Danau Toba yang ada di wilayah Sumatera Utara. Danau Ranau memiliki kedalaman 229 meter dengan debit volume air sekitar 21.95 kilmeter kubik. Danau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Secara topografy lokasi wisata ini merupakan perbukitan yang berlembah sehingga memberikan nuansa yang sangat sejuk.

Danau Ranau menjadi tempat ikan mujair, kepor, kepiat, dan harongan berkembang biak. Keunikan dari Danau Ranau juga terletak pada Pulau Marisa. Pulau Marisa merupakan pulau yang terdapat di tengah-tengah Danau Ranau. Pulau ini memiliki sumber air panas yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Di kawasan ini juga terdapat obyek wisata air terjun yang sangat indah yang disebut dengan air terjun Subik Tuha. Bagi pengunjung yang berencana menginap, dilokasi ini juga telah disediakan penginapan bagi para wisatawan.

17. Pulau Sebuku

Wisata Pulau Sebuku Lampung

Lampung memiliki pesona alam yang tak kalah menakjubkan jika dibandingkan dengan wisata yang ada di Pulau Jawa. Karena letaknya yang berbatasan dengan Selat Sunda menjadikan Provinsi lampung memiliki potensi wisata pantai-pantai dan pulau yang sangat ciamik. Salah satu pulau di Lampung yang harus anda kunjungi adalah Pulau Sebuku. Apasaja keunikan dari Pulau Sebuku? Yuk langsung saja kita lirik pesona dari Pulau Sebuku milik Lampung 🙂

Pulau Sebuku merupakan salah satu spot wisata menarik dengan keindahan alam yang mempesona. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau. Letusan Gunung Krakatau yang sangat dahsyat mengakibatkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera terpecah dan membentuk pulau-pulau baru disekitar selat sunda termasuk juga Pulau Sebuku. Keeksotisan dan daya tarik dari Pulau Sebuku adalah pasir putihnya yang bersih dan garis pantainya yang landai. Air laut milik Pulau Sebuku juga sangat jernih dan berwarna biru kehijauan.

Aktifitas wisata yang dapat pengunjung lakukan di Pulau Sebuku antara lain berenang, bermain air, voly pantai, bermain pasir, snorkeling daqn masih banyak lagi yang lainnya. Keindahan bawah laut dari Pulau Sebuku sudah tak perlu di ragukan lagi. Jika pengunjung melakukan wisata penyelaman di pulau ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan taman bawah laut dari Pulau Sebuku. Panorama alam disekitar Pulau Sebuku juga sangat mengagumkan. Dari lokasi wisata ini pengunjung dapat melihat keindahan dari Gunung Anak Krakatau. Pengunjung dapat menikmati keindahan sekeliling Pulau Sebuku dengan berjalan-jalan disekitar kawasan ini.

Pulau Sebuku merupakan pulau yang terletak di Selat Sunda, Pulau ini juga menjadi salah satu Pulau yang terbesar di kawasan Selat Sunda. Secara geografis Pulau ini terletak di 2.5 kilometer sebelah Utara Pulau Sebesi dan 2.3 kilometer di sebelah Selatan Pulau Sumatera dan secara administratif Pulau Sebuku berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Jika ingin merasakan sensasi wisata bahari yuk kunjungi Pulau Sebuku yang ada di Lampung 🙂

Wisata Tersembunyi Air Terjun Curup Tujuh Lampung

18. Air Terjun Curup Tujuh

Wilayah Lapung kaya akan potensi wisata air terjun. Salah satu yang paling digemari adalah Air Terjun Curup Tujuh. Air terjun ini terletak di Marga Jaya, Selagai Lingga, Lampung Tengah, Lampung 34176. Diperkirakan berjarak sekitar 32 km atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari ibukota kabupaten Lampung Tengah,. Sedangkan jika anda berkunjung dari Gunung Sugih maka jaraknya sekitar 135 km.

Pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun ini sangat memikat. Hawa sejuk akan terasa setibanya anda di lokasi, debit airnya cukup deras serta terjun dari tebing tinggi yang kokoh. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi Air Terjun Curup Tujuh.

Untuk akomodasi dan fasilitas yang disediakan oleh kawasan ini sudah cukup baik. Terdapat area perkemahan bagi sobat yang menyukai kegiatan alam yang satu ini. Yuk tunggu apalagi nih guys? Kunjungi Air Terjun Curup Tujuh segera yaa 🙂

Kalianda Resort Lampung

19. Kalianda Resort

Tau nggak guys, bahwa Lampung teryata memiliki pesona wisata yang luar biasa. Ini ditunjukan oleh Kalianda yakni dengan adanya Grand Elty Krakatoa atau yang lebih dikenal dengan Kalianda Resort. Tempat ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara dikarenakan fasilitasnya yang lengkap serta pemandangannya yang elok.

Di Kalianda Resort terdapat sekitar 46 kamar hotel dan 36 villa. Terdapat juga fasilitas lainnya seperti camping ground, sarana outbond, ruang pertemuan (ruang meeting), sepeda, perahu boat, perahu dayung, jet sky, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain dibekali dengan segudang fasilitas tempat ini juga menyajikan pemandangan pantai yang menakjubkan dengan view Gunung Krakatau yang mempesona. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di Jalan Trans Sumatera KM. 45, Merak Belantung, Kalianda, Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551, Indonesia.

Wisata Pulau Pisang Lampung yang tersembunyi

20. Pulau Pisang

Letak daerah Lampung yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera menjadikan wilayah ini menjadi sangat strategis. Wilayah ini dikelilingi oleh pesisir pantai serta pulau-pulau kecil yang indah. Nah pulau yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Lampung adalah Pulau Pisang.

Penamaan dari Pulau Pisang sendiri diambil dari bentuknya yang hampir mirip dengan buah pisang. Pulau Pisang ini masih sangat alami karena masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat mencapai ke lokasi anda diharuskan untuk menyeberang dari Dermaga Tembakak menggunakan perahu dengan tarif Rp.20.000,- per orangnya.

Obyek Wisata Curup Lestari Lampung

21. Curup Lestari

Pantai dan Curup memnjadi wisata andalan bagi daerah Lampung. Banyak sekali curup-curup yang menawan yang wajib anda kunjungi. Seperti obyek wisata air terjun lainya anda membutuhkan perjuangan untuk dapat sampai ke lokasi. Namun hal ini tidak mengurangi keeksotisan dari Curup Lestari.

Curup Lestari. terjun dari atas tebing setinggi 30 meter. Dibawahnya terdapat kolam kecil yang dapat anda gunakan untuk berendam maupun menyegarkan diri Pemandangan yang disuguhkan oleh kawasan ini sangat alami sehingga dapat merefreshkan pikiran anda.

Air terjun ini berlokasi di Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Jika anda berkunjung dari Kota Bandar Lampung maka dibutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih agar dapat sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Bukit Pangonan Talang Indah Pringsewu

22. Bukit Pangonan Talang Indah

Ini nih tempat kece di Lampung yang lagi ngehits dan wajib anda kunjungi. Disebut dengan Bukit Pangonan Talang Indah, tempat ini menyajikan spot kekinian dengan segudang fasilitas menarik. Terdapat rumah hobbit, rumah terbalik, ayunan, kolam, jembatan, gardu pandang, dan spot menarik lainya.

Bukit Pangonan Talang Indah ini mengadopsi trend wisata di ketinggian yang tengah happening. Terang saja hal ini menjadi saya tarik yang cukup kuat bagi para traveller. Banyak pengunjung yang rela datang dari luar daerah untuk merasakan sensasi wisata di Bukit Pangonan Talang Indah ini.

Obyek wisata ini beralamat di Jl. Raya Danau, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35373. Jika sobat datang dari Gisting dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sedangkan jika sobatdari Kota Bandar Lampung mungkin membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam hingga 2 jam.

Wisata Muncak Tirtayasa Malam Hari

23. Muncak Tirtayasa

Jika Jogja memiliki Kalibiru, maka Lampung juga punya Muncak Tirtayasa sebagai ikon wisatanya. Kedua tempat ini sama-sama menyajikan pemandangan dari ketinggian. Bedanya Muncak menyuguhkan keindahan pantai sebagai latar belakangnya.

Pemandangan yang disuguhkan oleh Muncak Tirtayasa sangat mempesona. Karena dari sini anda dapat menyaksikan landscape Pantai Tirtayasa yang memukau. Keindahan Muncak Tirtayasa tak hanya dapat dinikmati pada siang hari saja, melainkan juga ketika malam hari.

Pada malam hari pemandangan yang disajikan sangat indah seperti milik Bukit Bintang. Kerlap-kerlip lampu kota diimbangi dengan suasana malam yang indah menjadikan suasana di tempat ini kian romantis. Banyaknya spot menarik serta harga tiket masuknya yang murah menjadikan tempat ini menjadi sangat diminati oleh wisatawan.

Baca juga : Muncak Tirtayasa, Lokasi Wisata Terbaru Paling Hits di Lampung

Lokasi Puncak Mas Sukadanaham Lampung

24. Puncak Mas Sukadanaham

Wisata yang tengah ngehist selanjutnya adalah Puncak Mas Sukadanaham. Puncak Mas Sukadanaham menyuguhkan pemandangan ciamik yang akan membuat anda terpesona. Fasilitas penunjang wisata yang lengkap juga akan memanjakan kegiatan wisata anda selama berada di lokasi.

Fasilitas yang dapat anda temukan di lokasi diantaranya gardu pandang, saung, resto dan fasilitas penunjang lainnya. Kawasan ini tak hanya menyenangkan dikunjungi ketika siang hari. Tempat nya juga asyik bahkan ketika malam hari. Pemandangan yang disuguhkan malam hari sangat romantis terlebih jika anda mengajak pasangan.

Puncak Mas Sukadanaham menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi favorit warga Lampung. Jika sobat penasaran akan keindahan Puncak Mas Sukadanaham dapat langsung datang ke Jl. Haji Hamim RJP, Kelurahan Sukadanaham, Tajung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung

25. Air Terjun Lembah Pelangi

Ketika berkunjung ke Lampung sebaiknya untuk menyempatkan waktu anda dengan berkunjung ke Air Terjun Lembah Pelangi. Dinamakan demikian karena di tempat ini sering muncul pelangi yang sangat cantik. Panorama yang disuguhkan oleh kawasan ini sangat indah dan memikat.

Air Terjun Lembah Pelangi berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35686, Indonesia. Tiket masuk yang dikenakan oleh kawasan ini sangatlah murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp.5.000,- saja per orangnya.

Inilah Daftar Wisata di Lampung yang harus anda kunjungi untuk mengisi waktu akhir pekan anda 🙂 Jangan lupa untuk menyimak info wisata menarik lainnya hanya di Wisatabagus.net yaa 🙂 Selamat berlibur.. See You

Simak juga :

2 thoughts on “25 Tempat Wisata di Lampung yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *