7 Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah paling Menarik

Posted on

Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah – Setelah lelah berwisata ke Pati, Yuk kita bergeser ke Kendal. Buka Kendal Jenner loh yaa :D. Jika Kendal Jenner merupakan salah satu model yang tengah ngehits di Hollywood. Kendal yang satu ini merupakan salah satu Kabupaten atau Kota yang juga ngehits namun dari segi pariwisatanya. Sektor pariwisata di Kabupaten Kendal menawarkan obyek wisata yang beragam. Mulai dari Wisata Pantai, Air terjun, Goa, Sumber Mata Air Panas, Perkebunan Teh, Arung Jeram, hingga Agrowisata semua lengkap ada disini. Wah menarik sekali yaa 😀 Sebelum mengulas dari segi pariwisatanya, alangkah baiknya kita berkenalan dengan salah satu Kabupaten asal Provinsi Jawa Tengah ini.

Kendal merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang beribukotakan Kendal. Kendal termasuk ke dalam wilayah Metropolitan Kedungsapur yang juga merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat setelah jabodetabek, Gerbangkertosusila, dan Bandung Raya. Secara geografis Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian Utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di Bagian Timur, Kabupaten Temanggung di Bagian Selatan serta Kabupaten Batang di Bagian Barat. Jika Pati disebut Kota Manggis, Indramayu di sebut Kota Mangga, maka Kendal disebut juga dengan Kota Santri. Hal ini terbukti dari banyaknya bangunan Pondok Pesantren yag terdapat di Kabupaten ini.

Secara harfiah nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal. Pada awalnya tak ada yang tau nama dari pohon tersebut namun diceritakan ketika Pakuwojo bersembunyi di pohon tersebut di dalam pohon tersebut nampak begitu terang dan akhirnya pohon tersebut dinamai dengan Qondhali yang berarti penerang. Karena orang jawa kurang fasih dalam melafalkan bahasa arab maka kemudian banyak orang menyebutnya dengan Kendal. Unik sekali ya guys asal muasal nama dari Kota Kendal.

Luas wilayah Kabupaten Kendal sekitar 1315.43 kilometer persegi. Secara administratif Kabupaten ini terbagi kedalam 20 kecamatan dengan 265 Desa serta 20 Kelurahan. Kabupaten Kendal memiliki garis pantai sepanjang 41.0 kilometer persegi yang membentang di 25 kelurahan atau desa. Wilayah kabupaten kendal bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa sehingga memiliki iklim yang cenderung lebih panas. Suhu didaeah ini rata-rata sekitar 27 derajat Celcius. Sedangkan wilayah bagian selatan beriklim lebih sejuk yakni rata-rata sekitar 25 derajat Celcius.

Sedangkan secara topografy wilayah Kabupaten Kendal terbagi kedalam dua daerah yakni daratan rendah berupa pantai dan dataran tinggi berupa pegunungan. Wilayah Kendal bagian Utara merupakan dataran rendah yang memiliki ketinggian berkisar 0 hingga 10 meter diatas permukaan laut. Sedangkan untuk bagian selatan merupakan dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 10 hingga 2.579 meter diatas permukaan laut. Karena bentuk topografy nya inilah Kabupaten Kendal memiliki jenis wisata yang sangat beragam. Apa saja sih wisata di Kendal yang paling menarik ? Yuk kita simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah

  1. The Sea Pantai Cahaya

the sea pantai cahaya kendal

Yuk berwisata ke The Sea Pantai Cahaya, lokasi ini memiliki fasilitas lengkap dan menjadi salah satu lokasi terfavorit di Kendal. Pantai ini merupakan salah satu pantai terlengkap di jalur pantura dengan rute yang mudah diakses sehingga tak heran jika pantai ini selalu ramai oleh pengunjung. Jika pengunjung berangkat dari Semarang, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 23 menit untuk sampai ke lokasi.

Pantai ini memiliki menyuguhkan berbagai aktivitas menarik salah satunya adalah melihat atraksi lumba-lumba. Tersedia juga berbagai macam wahana permainan seperti ATV Jungle, Kereta Mini, Taxi Cahaya, Istana Bola, Wahana permainan anak, hingga kolam renang yang berisikan perahu kuno. Di lokasi ini juga terdapat kebun binatang mini yang berisikan berbagai macam satwa langga beserta beragam unggas yang cantik. Pantai cahaya juga menawarkan wahana air buatan bagi anak-anak maupun orang dewasa yang disebut dengan Water King yang merupakan permainan air berupa kolam renang dengan berbagai wahana. Wahana permainan di lokasi Water King diantaranya kolam air tumpah, kolam dewasa, perosotan air, pancuran air, dan area kolam renang anak.

Di The Sea Pantai Cahaya pengunjung tak hanya bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba, di tempat atraksi pengunjung dapat melihat lucunya beruang madu show. Atraksi burung kakak tua jambul kuning juga ada di lokasi wisata ini. Bahkan hewan linsang yang lucu juga ikut memeriahkan pertunjukan yang ada di The Sea Pantai Cahaya. Fasilitas yang ditawarkan oleh The Sea Pantai Cahaya sangatlah lengkap, untuk area parkir dan gazebo penjual makanan juga sudah tersedia dengan baik. Ayo ajak keluarga anda berlibur ke The Sea Pantai Cahaya dan nikmati fasilitas yang akan sangat memanjakan anda dan buah hati 🙂

  1. Curug Sewu Kendal

Wisata Curug Sewu Kendal

Hai Sobat Traveler, bagaimana liburan anda? Pasti sangat menyenangkan bukan? Nah jika anda sedang berkunjung ke Kendal dan ingin menikmati wisata yang indah namun agak sedikit menantang, anda harus mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Masyarakat menyebutnya dengan nama Curug Sewu.

Curug Sewu diambil dari nama Desa tempat air terjun ini berasal, yakni Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun Curug Sewu ini berada pada ketinggian 650 meter diatas permukaan laut. Curug Sewu memiliki tiga tingkatan yakni air terjun utama yang memiliki tinggi 45 meter, pada tingkatan kedua memiliki ketinggian 15 meter, dan pada tingkatan ke tiga memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Jadi total keseluruhan ketinggian air terjun ini adalah 70 meter.

Air terjun Curugsewu memiliki debit air yang sangat terbesar dan sekaligus menjadi yang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat alami dan mempesona. Pepohonan disekitar air terjun bergitu rimbun dan terlihat sangat hijau. Suara gemuruh dari air yang jatuh dari atas tebing memberikan efek relaksasi dan ketenangan kepada pengunjung. Suasana di lokasi ini juga sangat sejuk dan segar sehingga membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sini. Jika beruntung anda juga akan menyaksikan keindahan pelangi dari tingkatan-tingkatan air terjun Curug Sewu.

Benda pertama yang akan anda lihat ketika tiba di kawasan ini adalah Patung Prabu Baladewa. Jika pengunjung ingin menikmati panorama Curug Sewu dari dekat, pengunjung dapat menuruni ratusan anak tangga sembari menikmati panorama keindahan yang disuguhkan. Di lokasi wisata Curug Sewu telah di lengkapi berbagai fasilitas agar pengunjung merasa betah berada disini. Beberapa fasilitas yang disediakan diantaranya adalah taman rekreasi, keun binatang, panggung taman bermain anak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akses menuju ke lokasi ini tidaklah sulit dan dapat dialui dengan kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat. Jalan menuju Curug Sewu sudah beraspal dan halus, namun memiliki medan yang cukup berkelok dan menanjak. Namun perjalan itu sebading dengan keindahan yang diberikan Air Terjun Curug Sewu. Kawasan wisata air terjun Curug Sewu terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Kendal dan jika pengunjung betolak dari temanggung anda harus menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1.5 jam.

  1. Goa Kiskendo

Wisata Goa Kiskendo di Kendal

Selain obyek wisata air terjun, di Kendal juga terdapat obyek wisata lain yang tak kalah menantang yakni obyek wisata Goa. Goa-goa milik Kendal ini juga tak kalah menarik dengan Obyek wisata Goa Pancur yang ada di Pati, Jawa Tengah. Tidak percaya? Yuk langsung saja kita telusuri keindahan dari Goa Kiskendo.

Goa Kiskendo merupakan salah satu goa exsotis yang ada di Kendal. Keeksotisan Goa bahkan sudah nampak ketika anda memulai perjalanan menuju lokasi ini. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang mengagumkan dengan jalan yang cukup berkelok dan naik turun. Goa ini terletak di dataran tinggi sehingga udara disekitar lokasi ini begitu sejuk dan segar. Suasana di tempat ini sangat alami bahkan ketika anda sampai ke lokasi goa. Sesampainya di lokasi pengunjung akan disambut dengan gerbang goa yang besar. Kemudian jika pengunjung menyusuri kedalaman goa, pengunjung akan disuguhi oleh susunan batu kapur berbentuk kerucut yang ada dilantai maupun di dinding goa.

Keindahan stalagmit dan stalagtit juga akan menyambut anda di kedalaman Goa Kiskendo. Di Goa ini pengunjung akan merasa kagum akan keindahan goa. Kemudian pada ujung Goa Kiskendo pengunjung akan menemukan sungai yang mengalir ke perut bumi. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih, terlebih ketika musim kemarau. Suara gemericik dari air sungai akan menambah indah perjalanan anda. Goa Kiskendo merupakan goa utama dan yang paling besar di kawasan ini. Di sekitar kawasan ini juga terdapat goa-goa kecil yang lain seperti Goa Pertapaan, Goa Lawang, Goa Kempul, Goa Kampret dan Goa Talangan.

Jika tertarik menjadikan Goa Kiskendo sebagai destinasi wisata anda, anda dapat beekunjung ke Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Goa ini hanya terletak 15 kilometer ke arah Selatan dari Kota Kendal.

  1. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo

Wisata Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo Kendal

Kabupaten Kendal juga memiliki banyak obyek wisata pemandian air panas, salah satunya adalah Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit bagi masyarakat Kendal. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo disebut juga dengan Gonoharjo Hot Spring Water. Hihihi keren juga ya namanya, lokasi wisata ini tak hanya keren namanya saja. Namun pemandangan yang ditawarkan oleh lokasi wisata ini juga tak kalah keren.

Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo merupakan pemandian air panas yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Sumber air panas di Gonoharjo ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit sepert gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo tak hanya berupa lokasi sumber air panas saja. Saat ini lokasi wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam pemancingan, rumah makan lesehan dan villa yang sengaja disewakan oleh pihak pengelola. Fasilitas lain juga telah tersedia diantaranya area parkir yang luas, Kebun Binatang Mini, Camping Ground, Wahana Permainan Anak, Taman Bunga, Outbond, kola renang air dingin dan panas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo berlokasi di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi wisata ini terletak dalam kawasan hutan lindung yang berada pada ketinggian 427 meter diatas permukaan laut. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 34 kilometer dari Kota Semarang. Jika dari Kota Kendal berjarak kurang lebih sekitar 36 kilometer. Letak pemandian air panas ini sangat mudah diakses sehingga menarik jumlah wisatawan yang cukup besar.

  1. Perkebunan Teh Medini

Wisata Perkebunan Teh Medini Kendal

Yuk berwisata di Perkebunan Teh Medini, obyek wisata ini terasa begitu santai dan menyenangkan. Perkebunan teh merupakan salah satu obyek wisata yang cukup diminati oleh wisatawan. Karena di lokasi ini tak membutuhkan perjuangan ektra untuk menikmati keindahan panorama alamnya. Suasana yang disuguhkan pun sangat sejuk, sehingga pengunjung akan melupakan sejenak rutinitas mereka yang melelahkan. Nuansa perkebunan teh yang nyaman dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Perkebunan Teh Medini terletak di bagian Utara Gunung Unggaran, tepatnya di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini terletak pada ketinggian 2050 meter diatas permukaan laut. Luas area ini sekitar 386.82 hektar. Perkebunan Teh Medini ini sudah ada sejak tahun 1901 yakni pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Pemandangan yang di suguhkan oleh Perkebunan Teh Medini ini sangat menarik, pada pagi hari pengunjung akan disuguhi pemandangan gadis-gadis desa yang sedang memetik daun teh. Kesejukan udara pegunungan pun sangat terasa di kawasan wisata ini.

Untuk menikmati keindahan alam Perkebunan Teh Medini pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp.3000,- per orang. Akses menuju lokasi ini tidaklah mudah sehingga kami menyarakan agar anda menggunakan kendaraan roda dua. Karena jika menggunakan kendaraan roda dua akan lebih menyenangkan, dan anda bisa menikmati pemandangan hijau disepanjang perjalanan.

  1. Arung Jeram di Tubing Genting

Wisata Arung Jeram di Tubing Genting Kendal

Pada kesempatan ini mimin akan menjelaskan sedikit mengenai perbedaan antara olahraga Tubing dan Raffting. Tubing dan Raffting sama-sama olahraga yang bergelut dengan arung jeram, yang membedakanya adalah jika Raffting memerlukan kekompakan team dan menggunakan perau karet serta dayung sebagai media yang digunakannya. Jika Tubing bisa disebut juga dengan single raffting, media yang digunakan berupa ban dalam truk tronton yang di modifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk mengarungi jeram. Sekarang sobat traveler sudah mengerti kan perbedaan Tubing dan Raffting? Nah, mimin akan mengajak anda berwisata ke Arung Jeram di Tubing Genting.

Arung Jeram di Tubing Genting berlokasi di Daerah Limbangan tepatnya di Kedung Wali Desa Genting, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini juga disebut dengan Kedung Wali oleh warga sekitar. Disebut demikian karena konon katanya bebatuan yang tersusun sangat rapi yang terletak di samping kan dan kiri sungai dibuat oleh wali. Arus sungai Kedung di Tubing Genting  cukup deras dan memiliki medan yang berkelok.  Keindahan dari Tubung Genting adalag tebing batu yang terletak sepanjang 200 meter di sisi kanan dan kiri aliran sungai. Tebing di sisi kanan dan kiri sungai ini terlihat begitu unik dan simetris seakan-akan menyerupai sebuah benteng atau candi.

Untuk menuju ke lokasi yang menantang ini pengunjung diharuskan menggunakan sepeda motor, karena medan di lokasi ini tidak memungkinkan pengunjung untuk menggunakan kendaraan roda empat. Jalur yag perlu anda lalui adalah Jalur Kaliwangu menuju Boja, atau dari Ngaliyan – Boja kemudian menuju ke arah Singorojo dan selanjutnya menuju ke Desa Getas Dusun genting, Kecamatan Kendal. Belum disediakan penunjuk arah menuju ke lokasi ini, namun sobat tak perlu khawatir karena masyarakat Kendal yang ramah dapat menunjukan jalan untuk sampai ke lokasi. Selamat mencoba tubing di Singorojo yaa 😀

  1. Agrowisata Ngebruk Patean

Wisata Agrowisata Ngebruk Patean Kendal

Ingin menikmati buah segar dan memetiknya secara langsung? Di Kendal anda bisa mewujudkan keinginan anda tersebut. Lokasi wisata ini disebut dengan Agrowisata Ngebruk Patean atau yang lebih dikenal dengan Plantera Fruit Paradise. Satu-satunya surga buah yang menyuguhkan buah-buah segar dengan kualitas unggulan. Kebun buah ini telah dikelola dengan metode terkini agar dapat menarik minat wisatawan.

Di Agrowisata Ngebruk Patean pengunjung dapat menikmati perjalanan menyusuri kebun buah, memetik buah yang anda sukai dan menikmatinya. Lokasi wisata ini dibuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Jika lelah berjalan kaki, pengunjung bisa menggunakan mobil wisata yang berkapasitas 15 orang. Untuk menghasilkan buah dengan kualitas yang baik, pengelola bahkan mengambil langsung bibit indukan dari negara asalnya misalnya Thailand dan Malaysia. Bibit indukan ini kemudian di rawat dengan menggunakan teknologi modern dan ditangani oleh para ahli pertanian yang berasal dari PT. Cengkeh Zanzibar. Oleh karena itu di Kebun Ngebruk Patean dapat menghasilkan buah dengan kualisat yang sama dengan negara asalnya.

Plantera Fruit Paradise memiliki luas area sekitar 234 hektar dan  mulai dibuka untuk umum pada tahun 2009. Setelah di buka untuk umum, lokasi wisata ini mulai diminati pengunjung baik untuk berwisata keluarga, maupun hanya untuk menikmati dan melihat buah-buah unggulan yang ada di lokasi ini. Bagi penikmat buah tak boleh melewatkan lokasi wisata yang satu ini 🙂

Sektor pariwisata di Kabupaten Kendal menawarkan obyek wisata yang beragam. Mulai dari Wisata Pantai, Air terjun, Goa, Sumber Mata Air Panas, Perkebunan Teh, Arung Jeram, hingga Agrowisata semua ada di Kendal. Kota yang dijuluki dengan Kota Santri ini menawarkan berbagai macam keindahan alam yang sangat menakjubkan. Sayangnya panorama alam milik Kendal ini belum terekplore. Yuk kunjungi Kendal agar pariwisata di kota ini dapat memberikan kontribusi dan pendapatan bagi pemerintah daerahnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga daftar wisata terbaik di Kendal yang telah kami rangkum dari berbagai sumber ini dapat bermanfaat bagi sobat traveler. Simak terus wisata terbaru dan paling populer di Wisatabagus.net agar liburan anda tidak membosankan 😀

Simak juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *