7 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

Posted on

Tempat Wisata di Jombang Terbaru – Ingin berkunjung ke Grand Canyon namun tidak memiliki cukup biaya? Tak usa khawatir karena di Jombang, Jawa Timur ada destinasi wisata yang sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Hanya saja jika di Jombang tidak sebesar dengan yang ada di Arizona ya 😀 hehe .

Grand Canyon mini milik Jombang ini tak kalah indah loh gengs. Oleh karenanya ia menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit milik Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Selain obyek wisata tersebut masih banyak wisata-wisata lain di Jombang yang perlu anda ketahui. Mari kita telusuri serba-serbi Kabupaten Jombang, Jawa Timur 🙂

Jombang merupakan salah satu Kabupaten milik Jawa Timur yang memiliki luas wilayah sekitar 1.159,50 kilometer persegi dan jumlah penduduk di daerah ini sekitar 1,5 juta jiwa. Jombang juga disebut sebagai kota santri , karena banyaknya sekolah pendidikan Islam atau pondok pesantren.

Kemudian jika dilihat secara admisistratifnya, Kabupaten Jombang terdiri dari 21 kecamatan yang mencakup 306 desa dan 4 kelurahan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Jombang merupakan dataran rendah dengan hampir 90 %  berada pada ketinggian 500 meter diatas permukaan laut.

Secara umum Kabupaten Jombang terbagi ke dalam tiga bagian yakni : Bagian Utara yang terletak di sebelah utara Sungai Berantas. Kemudian Bagian Tengah yakni sebelah selatan Sungao Berantas yang merupakan dataran rendah dengan tingkat kemiringan hingga 15 %, dan Bagian Selatan yang merupakan daerah pegunungan dengan kondisi wilayah yang bergelombang.

Kota santri ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan mencapai 2.500 mm per tahun. Untuk pendudukya secara umum ber etnis Jawa. Dari segi pariwisatanya Kota Jombang memiliki potensi wisata yang cukup bagus, namun sangat disayang potensi tersebut belum digali dan belum memiliki sarana dan prasarana yang mendukung. Mari kita gali obyek wisata di Jombang agar tidak terabaikan begitu saja 🙂

Baca juga : Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru

Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

Wisata Alam Jombang

  1. Kedung Cinet

Wisata Kedung Cinet di Jombang
Kedung Cinet, Green Canyon Mini Kota Jombang

Jika berkunjung ke Jombang obyek wisata yang harus anda kunjungi pertama kali adalah Kedung Cinet. Seperti yang telah kami sebutkan di awal paragraf bahwa Kedung Cinet memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis, oleh karena itu masyarakat setempet menyebutnya dengan Grand Canyon mini dari Jombang. Kenapa ya disebut dengan Grand Canyon mini? Anda pasti sangat penasaran kan? sama saya juga hehe 😀 Maki kita lihat penjelasanya di bawah ini.

Di sebut Grand Canyon mini karena lokasi wisata ini hampir mirip dengan panorama alam yang disuguhkan  oleh obyek wisata Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Keeksotisan Kedung Cinet dimulai sejak perjalanan menuju lokasi tersebut.  Birunya hamparan air Sungai Berantas serta keindahan warna-warni persawahan Desa Plandaan tak dapat lagi anda pungkiri keindahanya. Anda juga akan dibawa melewati jembatan kayu untuk mencapai ke lokasi wisata Kedung Cinet. Sesampainya di lokasi anda akan dimanjakan oleh keindahan ngarai ini.

Keindahan ngarai Kedung Cinet akan membuat anda tak sempat berkedip. Pertama-tama anda akan menyaksikan permukaan penampang sungai dilengkapi dengan hijau air dan juga tumbuhan di sisi kanan dan kiri sungai. Suara gemericik aliran air terdengan sangat asyik mengalir disela-sela rongga ngarai. Di hampir seluruh kawasan Kedung Cinet merupakan spot yang sangat menarik untuk digunakan berfoto. Keunikan ngarai Kedung Cinet menyadarkan kita akan betapa indahnya ciptaan sang pencipta.

Dahulu lokasi ini digunakan sebagai tempat pemandian di masa kerajaan Majapahit. Waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada musim kemarau. Karena hanya pada musim kemarau pengunjung dapat melihat jernihnya endapan air yang ada di Kedung Cinet. Jika anda ingin menikmati keeksotisan dari Kedung Cinet anda harus datang ke Desa Pojok Klitih kecamatan Plandan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

  1. Air Terjun Tretes Jombang

Wisata Air terjun Tretes Jombang
Pesona Air terjun Tretes Jombang

Ingin menikmati keindahan dengan cara yang menatang, anda harus mengunjungi obyek wisata Air terjun Tretes yang letaknya berada di Jombang, Jawa Timur. Obyek wisata air terjun memang tengah di gemari oleh kawula muda. Selain bisa menguji adrenaline, pengunjung juga akan terhibur akan keindahan bentang alam yang disuguhkan nya. Jadi tak ada salahnya kan berkunjung ke Air terjun Tretes Jombang.

Dengan ketinggian sekitar 158 meter Air terjun Tretes Jombang disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Timur. Suasana di kawasan ini sangat sejuk karena terletak di ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut. Kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya. Secara geoligis kawasan ini merupakan batuan hasil gunung api kuarter tua. Suhu di kawasan wisata ini rata-rata 24 derajat Celcius dengan curah hujan 5.856 mm per tahun. Keindahan Air terjun Tretes Jombang sudah tidak diragukan lagi.

Air terjun Tretes Jombang terletak di Dusun Penganjaran, Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Karena lokasi wisata ini termasuk lokasi wisata baru yang ada di Jawa Timur. Maka fasilitas penunjang pun masih belum lengkap. Diharapkan agar pemerintah daerah Jombang dapat terus memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di kawasan ini agar semakin banyak pula wisatawan yang berkunjung.

  1. Goa Sigolo Golo

Wisata Goa Sigolo Golo di Jombang
Indahnya Goa Sigolo Golo di Jombang

Jombang juga menawarkan wisata goa yang sangat menarik yakni Goa Sigolo-golo. Goa Sigolo-golo berlokasi di Dusun Kraten Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Trek menuju ke Goa Sigolo-golo cukup sulit namun mungkin hal inilah yang menjadi daya tarik dari Goa Sigolo-golo. Karena medan yang akan dilalui cukup menantang pengunjung harus mempersiapkan stamina dan fisik yang sebaik-baiknya. Yuk kita intip aset milik Kota Jombang ini memang menyajikan keunikan yang luar biasa.

Untuk menuju ke Goa Sigolo-golo pengunjung harus melalui jalan turun dan menyusuri anak tangga yang tersusun dari tanah yang dibentuk dengan pagar bambu dan kayu lainya. Selanjutnya pengunjung akan menemui keindahan Sungai Bomo. Keindahan lain dari Goa Sigolo-golo adalah pengunjung dapat menikmati keindahan tebing yang curam dan bebatuan yang eksotis. Goa Sigolo-golo merupakan salah satu obyek wisata dari Jombang yang wajib anda kunjungi

  1. Candi Rimbi

Wisata Candi Rimbi di Jombang

Wisata andalan milik Jombang tak hanya dari wisata alamnya saja. Jombang juga memiliki wisata budaya loh J Meskipun tak sebanding dengan wisata-wisata budaya yang ada di daerah lain. Namun obyek wisata Candi Rimbi milik Jombang patut untuk di banggakan. Candi Rimbi merupakan candi peninggalan Agama Hindu dari masa klasik yag letaknya berada di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Candi ini juga sering disebut dengan Cangkup Pulo. Nama Rimbi dikaitkan dengan nama tokoh pewayangan yang bernama Arimbi, yang merupakan istri dari tokoh pewayangan bernama Bima.

Menempati areal seluas 895,56 meter persegi, bangunan ini memiliki panjang 13.24 meter, lebar 9.10 meter dan tinggi 12 meter. Bangunan Candi Rimbi dibentuk dari batuan andesit sedangkan untuk pondasinya sendiri dibangun dari bata. Kondisi dari Candi Rimbi ini sepintas mirip dengan Candi Sumur yang berada di Sidoarjo. Meskipun atap dan hampir separuh badan candi telah runtuh namun candi ini masih terlihat begitu mempesona. Pada bagian kaki candi terdapat berbagai relief yang menggambarkan manusia dan hewan. Salah satu relief yang sangat unik adalah gambar mengenai sepasang pengantinyang berada dalam sebuah gentong. Namun sayangnya hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana maksud atau arti dari relief-relief tersebut. Selain dapat menikmati keeksotisan bangunan candi, dari lokasi ini pengunjung juga dapat melihat panorama Gunung Anjasmoro yang terletak di sebelah Selatan Kota Mojokerto.

  1. Alun Alun Kota Jombang

Wisata Keluarga Alun Alun Kota Jombang

Ingin berwisata bersama keluarga namun memiliki budget yang minim? Yuk ajak keluarga datang ke Alun-alun Kota Jombang. Disini sobat dapat mengajak serta seluruh keluarga untuk menikmati suasana Kota Jombang. Letak Alun-alun Kota Jombang ini sangat strategis sehingga banyak warga Jombang yang menghabiskan akhir pekannya di sini. Dahulu alun-alun ini nampak begitu lusuh, namun setelah dilakukan pemugaran Alun-alun Kota Jombang ini nampak begitu menarik. Memang tak banyak artikel yang menggambarkan mengenai Alun-alun Kota Jombang, jika ingin tau lebih lanjut langsung saja datang ke lokasi wisata yang satu ini yaa J

  1. Klenteng Hong San Kiong

Wisata Klenteng Hong San Kiong di Jombang

Warga Tionghoa yuk berwisata religi ke Klenteng Hong San Kiong. Meski memiliki ukuran yang cukup mungil dan tidak berada dipusat kota, wisata religi ini termasuk salah satu yang patut untuk anda kunjungi. Keberadaan klenteng ini merupakan jejak bahwa daerah ini menjadi memiliki peranan penting pada masa lampau. Klenteng Hong San Kiong diperkirakan berdiri pada abad 17 dan merupakan klenteng tertua di Jombang, Jawa Timur.

Keberadaan Hong San Kiong bermula dari sebuah keluarga bermarga Tan yang melakukan pemujaan terhadap terhadap Kong Co Kong Tik Cun Ong. Kemudian sosok keluarga Tan memiliki peran yang cukup penting pada awal berdirinya Klenteng Hong San Kiong. Bangunan ini berdiri di lahan seluas 16.200 m2 dengan luas bangunan 3.500 m2.. Klenteng Hong San Kion menunjukan adanya asimilasi antara warga pribumi dengan pendatang yang beretnis Tionghoa di Jombang.

Hong San Kiong berlokasi di Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Wisata budaya ini merupakan tempat ibadah Tri Dharma yakni agama Tios, agama Budha, dan Konghucu. Karena letaknya yang berada di tepi Jalan Gudo membuat lokasi ini sangat mudah untuk dikenali. Klenteng Hong San Kiong memiliki ornamen-ornamen yang menarik khas Tionghoa. Pada dinding klenteng terdapat pula hiasan berupa lukisan dengan tema kisah dan Legenda Tiongkok Kuno. Keunikan Klentang Hong San Kiong menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan khususnya warga Tionghoa.

  1. Gereja Mojowarno Jombang

Wisata Gereja Mojowarno di Jombang

Gereja Mojowarno Jombang disebut juga Gereja Klaten Wetan yang disebut-sebut sebagai gereja tertua di Jombang. Sama halnya dengan Klenteng Hong diperkirakan gereja ini di bangun pada tahun ke 1700 an pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini tak hanya menjadi tempat ibadah namun juga menjadi tujuan wisata religi bagi masyarakat yang beragama Kristen. Yuk berwisata religi ke Gereja Mojowarno Jombang.

Obyek wisata religi ini bergaya arsitektur khas Belanda. Ciri tersebut dapat dilihat dari jendela-jendela besar yang dimiliki oleh bangunan ini. Dari dalam gereja pula memiliki cerobong asap, menara lonceng dan nornamen-ornamen khas Negara Kincir Angin. Gereja Mojowarno Jombang terletak tepat di depan Rumah Sakit Kristen (RSK) Mojowarno. Gereja ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang tetap dilesarikan keberadaannya hingga kini.

Demikian daftar wisata di Jombang, Jawa Timur yang sudah kami rangkum untuk menambah list  wisata anda. Semoga informasi dari Wisatabagus.net ini bermanfaat bagi para traveler. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *