7 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Jogja (Yogyakarta) | Wisatabagus.net – Jogja atau Yogyakarta merupakan daerah yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah dan Samudra Hindia.

Daerah ini terkenal dengan berbagai jenis tempat wisata mulai dari wisata kuliner , wisata atau wahana bermain anak, wisata pantai dan wisata alamnya yang sangat memukau.

Tak dapat dipungkiri jika Jogja merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit tidak hanya bagi turis lokal namun juga mancanegara. Salah satu obyek wisata yang telah diakui dunia adalah Candi Borobudur.

Jogja memang terkenal sebagai kota dengan penduduk paling ramah, tak heran jika Jogja merupakan destinasi wisata terfavorit setelah pulau Bali.

Tidak hanya itu, untuk sarana transportasi terbilang lengkap, penginapan yang disediakan pun sangat banyak dan bervariasi. Biaya yang perlu dikeluarkan jika kita berwisata ke kota ini pun murah meriah sehingga dapat dijangkau oleh hampir semua kalangan. berikut ini adalah beberapa Tempat Wisata Jogja yang harus anda kunjungi

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Terbaru

Kumpulan Tempat Wisata di Jogja (Yogyakarta)

  1. Kalibiru

Tempat Wisata Kalibiru Jogja

Kalibiru merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Desa Wisata Kalibiru terletak di bukit Manoreh, Kulon Progo dengan ketinggian 450 mdpl, karena terletak dikawasan perbukitan, daerah ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar.

Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang ciamik, mulai dari Waduk Sermo hingga fly fox yang terletak diatas bukit.  Flying fox yang dibuat dengan latar datar seluas 1m persegi ini merupakan tempat wajib digunakan untuk berfoto selfie karena pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan.

Obyek wisata Kalibiru memang sedang hangat-hangat nya diperbincangkan karena tempat ini menampakkan keindahan alam yang menawan dan sejuk dipandang mata. Berbagai fasilitas pun telah disediakan di tempat ini guna memanjakan para traveler yang berkunjung.

Baca juga : Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Fasilitas tersebut diantaranya : Camping Ground, Outbond, Homestay, Pendopo, Gardu Pandang, Kios Makanan, fasilitas MCK, dan Juga tempat parkir. Fasilitas yang  Tempat wisata yang  terletak di sebelah barat Yogyakarta ini memiliki trek cantik yang memiliki panjang 1.5 m hingga 7m. Anda dapat memilih sesuai keinginan anda.

Kalibiru dapat ditempuh sekitar 1.5 jam dari kota Jogja atau sekitar 45 menit. Jika anda kebetulan berkunjung ke Yogyakarta, destinasi wisata ini wajib anda kunjungi :). Desa Wisata Kalibiru lebih tepatnya terletak di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargwilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

  1. Borobudur

Wisata Candi Borobudur Jogja

Candi Borobudur merupakan situs budaya yang telah diakui oleh dunia, situs pra sejarah ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi Budha ini kurang lebih 100 km disebelah barat daya kota Semarang, 86 km sebelah barat Surakarta, dan 40 km barat daya kota Yogyakarta.

Borobudur pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang menjadi primadona di daerah Yogyakarta. Tempat wisata ini merupakan candi Budha yang paling besar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 archa budha. Candi ini memiliki relief dan patung budha terbanyak di dunia.

Monumen ini merupakan bangunan tempat suci yang digunakan untuk memuliakan Budha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah. Borobudur saat ini masih digunakan sebagai tempat untuk memperingati acara keagamaan Trisuci Waisak.

Seluruh umat Budha dari berbagai belahan bumi datang berbondong-bondong setiap tahunnya untuk memperingati acara ini. Dalam dunia pariwisata, Boroburur merupakan salah satu destinasi wisat yang paling banyak dikunjungi wisatawan

  1. Hutan Pinus Mangunan

Indahnya Hutan Pinus Mangunan jogja

Sebelum menjadi obyek wisata yang terkenal, hutan pinus mangunan merupakan tanah yang tandus yang kemudian di reboisasi. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti akasia, kemiri dan kayu putih juga ditanam pada lahan yang memiliki luas kurang lebih 500 ha tersebut.

Saat ini kawasan Mangunan tidak hanya sebagai hutan lindung, namun juga sebagai kawasan pariwisata khususnya pada bagian yang ditanami pohon pinus.

Obyek wisata ini mulai dikelola untuk pariwisata dan menyediakan berbagai fasilitas seperti gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, fasilitas MCK, Mushola dan kios makanan.

Suasana hutan yang asri mampu menarik minat wisatawan, selain itu keberadaan sumber mata air bengkung diyakini pula sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma menarik para peziarah untuk berkunjung.

Destinasi wisata yang terletak di daerah Dlingo, Mangunan, Bantul ini memiliki pesona alam yang tak dapat dipungkiri lagi keasriannya.

Hal ini membuat para pecinta photograpy tertarik untuk mengabadikan obyek wisata tersebut, tak hanya itu par pecinta selfie pun tak kalah ketinggalan untuk hunting foto ditempat yang sejuk ini.

Banyak pula para muda mudi yang ingin mengabadikan moment pre-wedding nya ditempat ini karena pohon pinus dipercaya memiliki filosofi yang menarik yakni sebagai lambang cinta bagi orang Korea.

  1. Air Terjun Grojokan Sewu

Wisata Air Terjun Grojokan Sewu Jogja

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat wisata yang sangat diminati oleh traveler, pemandangan air terjun serta trekking yang menantang menjadi alasan para wisatawan untuk menguji andrenaline.

Kota Jogja juga memiliki obyek wisata air terjun yang memiliki pemandangan nan elok, air terjun tersebut sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Air Terjun Grojokan Sewu karena banyaknya aliran yang melewati jeram dan langsung jatuh ke sungai.

Air Terjun Grojokan Sewu terletak di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta. Wisata alam air terjun grojokan sewu menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pohon-pohon rindang disekitarnya membuat lokasi ini sangat sejuk dan teduh.

Bagi para wisatawan tak perlu khawatir, apabila obyek wisata air terjun biasanya memiliki medan yang sulit, air terjun grookan sewu memiliki rute yang mudah dikarenakan daerah sekitar pasar Jonggrangan sudah disediakan petunjuk jalan yang akan mengarahkan wisatawan ke sana.

  1. Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Siapa yang tak kenal dengan pantai satu ini, ya Parangtritis atau yang sering disingkat Paris oleh para penduduk di daerah sekitarnya. pantai Parangtritis terkenal dengan ombak besarnya dan terkenal juga karena mitos kleniknya mengenai Ratu penguasa pantai selatan yakni Nyi Roro Kidul. Terlepas dari berbagai mitos yang dimilikinya, pantai ini memiliki pengunjung yang luar biasa banyak dari tahun ke tahun.

Pantai parangtritis terletak sekitar 27km kearah selatan kota Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di kawasan paling selatan pulau jawa, pantai ini terhubung langsung dengan samudra hindia. Parangtritis Beach mulai berkembang dari waktu kewaktu, beberapa aktifitas yang menguji adrenaline yang dapat traveller lakukan dipantai ini yakni ATV dan Paralayang.

Untuk fasilitas penginapan anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menemui hotel atau penginapan begitu memasuki kawasan ini dengan harga yang sangat bervariasi. Mengenai makanan pun anda tek perlu khawatir karena banyak pedagang yang telah menyediakan makanan dengan berbagai macam menu mulai dari makanan ringan hingga makanan berat sesuai dengan keinginan anda.

  1. Puncak Kosaroka

Indahnya Wisata Puncak Kosaroka Jogja

Kosaroka merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh muda-mudi untuk berselfie ria dikarenakan memiliki view yang sangat menarik. Background laut lepas yang dimiliki oleh Kosaroka menjadi daya tarik tersendiri bagi para photography.

Banyak para traveler yang tak ingin melewatkan untuk berfoto selfie di bukit karang yang sangat cantik ini. Kosaroka terletak di tepi pantai gunung kidul, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta.

Bukit karang yang merupakan puncak tertinggi dikawasan sekitar Pantai Drini dan Pantai Gunung Kidul ini menjadi salah satu bukit karang yang menarik karena bukit ini ditumbuhi rumput hijau nan indah.

Saat rumput-rumput ini berbunga menambah cantik pemandangan puncak Kosaroka karena akan dihinggapi oleh banyaknya kupu-kupu beterbangan. Keindahan yang disuguhkan puncak kosaroka tidak hanya dari rumputnya yang hijau namun juga pemandangan eksotis yang dapat dilihat dari ketinggian.

Jika kita berada pada puncak Kosaroka kita akan disuguhi oleh pemandangan laut lepas, dan birunya air laut yang selaras dengan birunya langit yang cerah yang akan membuat pemandangan yang sempurna.

Jajaran perbukitan dan pantai-pantai yang cantik di sepanjang pesisir Gunung Kidul pun daat kita lihat keindahannya dari puncak Kosaroka. Tak heran jika puncak Kosaroka menjadi slah satu blind spot terfaforit untuk hunting foto bagi para wisatawan.

  1. Bukit Bintang

Wisata Malam Bukit Bintang Jogja

Jogja memiliki beragam tempat wisata menarik, dari air terjun, bukit karang, hingga lepas pantai. Tak hanya itu wisata malah di kota budaya ini pun menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.

Beberapa tujuan wisata malam yang dapat anda nikmati yakni titik nol kota Malioboro, Alun-alun Kidul, Taman Pelangi, dan Bukit Bintang.

Bukit Bintang merupakan salah satu tempat tujuan wisata malam yang sangat terkenal di Jogja. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan malam nan indah kota Yogyakarta, menurut sebagian kalangan Bukit Bintang merupakan salah satu tempat terindah di Jogja.

Bukit Bintang merupakan bukit yang terletak dikawasan Bukit Patuk diperbatasan Bantul dan Gunung Kidul. Bukit ini lokasinya berada dipinggir jalan raya Wonosari-Jogja sehingga ramai oleh berbagai wisatawan yang lewat dari berbagai daerah atau para pengendara yang sengaja mampir untuk menikmati keindahan alam Bukit Bintang.

Bukit Bintang pada sore haripun terlihat menawan karena pemandangan sunset pada malam hari pun suasana malam sangat indah karena lampu-lampu kota Yogyakarta terlihat berkedap-kedip seperti bintang dilangit. Inilah mengapa obyek wisata ini disebut Bukit Bintang.

Demikian beberapa daftar tempat wisata di Jogja yang populer dan memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona. Semoga informasi ini dapat dijadikan referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *