Indah & Mempesona : 7 Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah

Posted on

Indahnya Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah [WAJIB DIKUNJUNGI!]

Daftar Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah

Kalian tau nggak sobat darimana kerajinan Jati Ukir berasal ? Pasti kalian menjawab dari Kabupaten Jepara. Yups memang benar, kerajinan jati ukir yang sangat indah berasal dari Jepara. Bahkan mungkin kursi, meja, lemari yang kalian punya bisa jadi berasal dari daerah ini. Daerah ini memang sangat terkenal akan kerajinan ukirnya. Selain terkenal akan seni ukirnya, Jepara ternyata memiliki lokasi-lokasi wisata yang sangat ciamik yang sangat menarik untuk dibahas. Yuk berkenalan langsung dengan Kabupaten Jepara, agar kita dapat mengenal lebih jauh seluk beluk kota yang satu ini.

Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Laut Jawa di bagian Barat dan bagian Utara. Kemudian berbatasan dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di bagian Timur, serta Kabupaten Demak di Bagian Selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa yang berada di Laut Jawa. Asal nama Jepara sendiri berasal dari kata Ujung Para, Ujung Mara dan Jumpara yang kemudian menjadi Jepara, yang berarti sebuah tempat pemukiman para pedagang yang berniaga ke berbagai daerah.

Secara administratif kabupaten ini terdiri atas 14 kecamatan yang dibagi ke dalam 183 desa dan 11 kelurahan. Secara geografis Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah yang bagian Barat dan Utaranya dibatasi oleh Laut. Bagian timur wilayah ini merupakan daerah pegunungan. Luas wilayah daratan Jepara sekitar 1.004,132 km2 dan memiliki panjang garis pantai 72 kilometer.  Karena memiliki panjang garis pantai yang cukup luas serta memiliki wilayah yang berupa dataran tinggi atau pegunungan, otomatis Kabupaten Jeoara memilikipotensi wisata pantai serta curug yang sangat indah. Berikut adalah daftar potensi wisata di Jepara yang sangat menarik.

Objek Wisata di Jepara Jawa Tengah

  1. Taman Nasional Karimunjawa

Wisata Pulau Karimunjawa Jepara

Ketika ingin berlibur ke Jepara, tempat wisata seru pertama yang harus traveler kunjungi adalah Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa merupakan lokasi wisata yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Keindahan Taman Nasional Karimunjawa bahkan sudah sampai ke mancanegara. Lokasi wisata ini juga mendapat julukan Carribean of Jawa yakni pulau Karibian yang berada di Jawa. Konon katanya keindahan pulau karibian hampir mirip dengan Karimunjawa.

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 22 pulau yang terletakl di laut Jawa. Lokasi wisata ini memiliki luas 111.625 hektar dan kemudian ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut. Asal muasal Pulau ini konon dari salah satu tokoh penyebar Agama Islam yakni Sunan Muria. Saat Sunan Muria melakukan perjalanan beliau melihat sederet pulau yang nampak kremun-kremun atau samar-samar di Utara Pulau Jawa, mulai saat itu lah pulau tersebut disebut dengan Karimun Jawa.

Untuk menuju lokasi yang sangat menawan ini, pengunjung dapat menggunakan dua jalur yakni jalur udara dan jalur laut. Bagi pengunjung yang menggunakan jalur udara, pengunjung dapat memulainya dari kota semarang dan tepatnya di Bandara Ahmad Yani setelah itu menaiki pesawat jenis Cassa 2/2 untuk menuju ke Bandara Dewadaru yang berada di Pulau Karimunjawa. Sedangkan jika menggunakan jalur laut, pengunjung bisa menaiki kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang ataupun menggunakan kapal dari Kota Jepara melalui Pelabuhan Kartini.

Keindahan yang ditawarkan dari Taman Nasional Karimunjawa adalah wisata pantai, pulau mangrove, keindahan terumbu karang, serta keberadaan flora dan fauna yang ada di kawasan ini. Taman Nasional Karimunjawa sangat terkenal akan keindahan taman bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang tumbuh dikawasan ini. Pengunjung juga dapat menemui berbagai macam ikan hias dengan berbagai macam warna. Di lokasi ini pengunjung juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti berselancar, berjemur, snorkeling, wreck dive, dan juga menikmati wisata kuliner.

  1. Pulau Panjang

Wisata Pulau Panjang Jepara

Wisata pantai memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Tak heran jika wisata yang satu ini hampir disemari semua orang. Yuk kunjungi surga kecil yang berada di pantai utara Jawa. Karena lokasi wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Masyarakat sekitar menyebut lokasi wisata ini sebagai Pulau Panjang. Pulau ini memiliki luas 19 hektar dengan jarak sekitar 1.5 laut dari Pantai Kartini Jepara. Bagaimana sih keindahan pantai yang satu ini? Mari kita lihat ulasan selengkapnya 🙂

Untuk dapat menikmati keindahan panorama alam pulau panjang, anda harus menggunakan perahu dengan membayar sekitar Rp.12.000,- per orang. Kemudian untuk memasuki area pulau, pengunjung akan dikenakan biaya Rp.3000,- per orang. Harga tersebut tak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan oleh Pulau Panjang. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, suasananya pun masih sangat asri dan bersih. Keindahan panorama laut akan membuat kita lupa sejenak dengan hiruk pikuk dan sesaknya suasana perkotaan.

Pulau Panjang memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan halus. Pulau ini juga dikelilingi laut yang dangkal sehingga sangat cocok untuk aktivitas berenang, menyelam, dan canoe. Selain itu terumbu karang yang sangat cantik sehingga banyak wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam di puau ini.  Bahkan aktivitas berjalan-jalan di pinggiran pantai Panjang saja sudah sangat menyenangkan. Panorama alam di pulau ini begitu menakjubkan dan membuat siapa saja merasa betah berlama-lama di pulau ini. Hutan tropis yang berada di Pulau Panjang juga memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pohon-pohon, perdu, semak-semak, membuat species burung laut berkembang biak dan tinggal disana.

  1. Pantai Bandengan

Wisata Pantai Bandengan Jepara

Karena wilayah Kabupaten Jepara memiliki panjang pantai sekitar 97 kilometer. Tak salah jika Kabupaten ini memiliki potensi wisata pantai yang begitu banyak dan beragam. Pantai-pantai milik Jepara menyuguhkan pesona yang eksotis. Salah satu pantai di Jepara yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Bandengan. Alasanya adalah pantai ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan dekat dari perkotaan. Sehingga sangat ramai ketika akhir pekan dan waktu liburan tiba.

Pantai Bandengan atau dikenal juga dengan Pantai Tirto Samudro merupakan pantai yang sangat di gemari di daerah ini. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat Festival Layang-layang Regional, Nasional dan juga Internasional. Bahkan di lokasi ini pula sering diadakan kompetisi adu balap motor cross loh guys 😀 waah menarik sekali yaa. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air pantai yang sangat jernih. Pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan dan aktivitas di pantai ini seperti berenang, bermain air, bermain voly pantai dan masih banyak lagi yang lainnya. Di pantai ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam loh 😀

Pantai ini berlokasi sekitar 7 kilometer dari pusat kota. Sarana dan prasarana di pantai ini juga sudah sangat lengkap. Untuk akses menuju lokasi juga sangat mudah. Jadi apalagi yang anda tunggu? Yuk berlibur ke Pantai Bandengan. Dijamin liburan anda akan sangat menyenangkan.

  1. Air Terjun Songgolangit

Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara

Seperti yang sudah mimin sebutkan di awal bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Jepara berupa lepas pantai dan pegunungan atau dataran tinggi. Sehingga daerah ini memiliki potensi wisata pantai dan curug yang cukup beragam. salah satu curug atau air terjun yang memiliki panorama alam yang sangat indah adalah Air Terjun Songgolangit. Dari namanya saja sudah sangat unik, yuk langsung saja kita lihat keunikan apalagi yang dimiliki oleh Air Terjun Songgolangit.

Sonngolangit berasal dari bahasa Jawa yang dapat diartikan menyangga langit. Dinamakan demikian karena air terjun ini nampak seolah-olah sedang menyangga langit. Air terjun ini memiliki tinggi 80 meter dengan lebar 2 meter. Suasana di kawasan ini terasa begitu sejuk dan segar. Terasa sangat berbeda dengan suasana yang ada diperkotaan. Pepohonan disekeliling air terjun juga nampak begitu hijau. Di lokasi ini juga banyak dijumpai species kupu-kupu yang begitu cantik. Meskipun air terjun ini nampak begitu indah, namun saat ini pengunjung tidak boleh mandi di kawasan tersebut karena sudah banyak korban yang tenggelam. Kolam penampungan air tersebut memiliki palung sedalam 8 meter sehingga sangat berbahaya.

Air Terjun Songgolangit terletak di Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Buku, Kecamatan Kembang, kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Pusat Kota Jepara. Akses menuju lokasi sudah sangat baik dan beraspal sehingga pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Air Terjun Songgolangit sudah memiliki fasilitas yang cukup baik, area parkir, toilet umum, dan warung-warung makan sudah ada di lokasi ini. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Songgolangit pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3000,- murah bukan? Bagaimana sobat? tertarik mengunjungi kawasan wisata ini ?

  1. Pantai Teluk Awur

Wisata Pantai Teluk Awur Jepara Resort

Di Jepara masih banyak obyek wisata pantai yang harus anda kunjungi, Kok pantai lagi, pantai terus, dan pantai melulu sih ? pasti sobat bertanya demikian kan ? . Namun jangan salah, pantai ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai di Jepara yang lain. Di pantai ini juga masih sepi pengunjung dan jika berlibur di pantai ini pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis. Siapa yang nggak suka gratisan ? hehe 😀 . Nah jika ingin liburan gratis tanpa dikenai biaya retribusi, yuk main-main lah ke Pantai Teluk Awur.

Pantai Teluk Awur letaknya masih di Jepara, tepatnya berada di Desa Telukawur, Kecamatan Tahunan. Pantai ini hanya berjarak 4 kilometer dari Pusat Kota. Untuk menemuka lokasi ini sangat mudah, pantai ini ditandai dengan adanya hutan kmangove sebagai penahan abrasi air laut. Di pantai ini dilakukan acara kegiatan tradisional yakni Pesta Lomban. Pesta Lomban disebut juga dengan bakda kupat, pesta ini merupakan pesta nelayan yang berupa sedekah laut. Karena pantai ini belum dikelola dengan baik, pantai ini belum memiliki banyak fasilitas penunjang. Namun itu tak megurangi keindahan panorama alam yang disuguhkan.

Banyak aktivitas atau kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini seperti berenang, bermain pasir, voly pantai dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak juga masyarakat setempat yang melakuka aktivitas memancing di pantai ini. Air di pantai ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Pantai ini masih sepi pengunjung, jadi bagi anda yang ingin menikmati wisata pantai yang terasa milik sendiri, anda bisa mengunjungi pantai ini ketika weekdays, pasti akan lebih terasa privat.

  1. Benteng Portugis

Wisata Benteng Portugis di Jepara

Lelah berwisata ke pantai ataupun curug? Yuk ikuti kami berjalan-jalan ke obyek wisata yang lebih santai. Selain berwisata anda juga akan menambah wawasan anda mengenai Kota Ukir ini. Kota Jepara juga memiliki wisata sejarah yang disebut dengan Benteng Portugis. Benteng Portugis merupakan salah satu wisata andalan Kota Jepara, Jadi jangan lewatkan lokasi wisata yang satu ini yaa 🙂

Benteng Portugis terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa tengah. Letaknya sekitar 45 kilometer di sebelah Timur Laut Kota Jepara. Untuk menuju ke lokasi ini pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada transportasi umum ke situs sejarah ini.  Benteng ini berupa tembok berbentuk persegi empat yang terletak diatas bukit tepat di seberang selatan Pulau Mandalika. Di dalam tembok berupa lahan kosong yang ditumbuhi pepohonan. Di area sebelah Utara ditumbuhi bangunan yang digunakan sebagai tempat berteduh bagi para pengunjung. Dan di sisi Utara dan Timur benteng terdapat beberapa replika meriam peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Beberapa fasilitas yang ada dikawasan ini diantaranya Rumah Portugis, Kawasan Benteng, Mushola, Area Parkir dan Pantai. Jadi jika pengunjung lelah berjalan-jalan di kawasan benteng, pengunjung bisa melihat indahnya lepas pantai, pegunungan, dan bukit-bukit yang nampak di sekitar kawasan ini.

  1. Museum RA. Kartini

Telusuri Jejak Kartini di Museum RA. Kartini Jepara

Siapa yang tak kenal dengan sosok RA. Kartini? Seorang tokoh wanita yang dikenal sebagai Pahlawan Nasional dalam memperjuangkan emansipasi wanita sewaktu ia hidup. Hingga saat ini perjuangan RA Kartini masih dapat kita rasakan terutama bagi kaum hawa. Terlaksananya kesamaan gender di Indonesia merupakan salah satu wujud perjuangan dari Raden Ajeng Kartini. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, Jepara secara khusus membuat Museum wanita yang lahir pada 21 April tahun 1897 tersebut. Museum Kartini merupakan wujud dari penghormatan terhadap jasa-jasa dan perjuangan dari wanita yang disebut sebagai Raden Ajeng Kartini.

Museum RA. Kartini terletak di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No. 1 Jepara. Luas banguna museum sekitar 890 meter ersegi dan berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi. Bangunan tersebut terdiri dari tiga gedung. Gedung K memiliki luas 590 meter persegi, Gedung T memiliki luas 130 meter persegi dan untuk Gedung N memiliki luas 190 meter persegi. Selain menyimpan benda-benda peninggalan Kartini, museum ini juga menyimpan benda-benda warisan budaya yang terdapat di Kabupaten Jepara.

Di museum ini pengunjung juga bisa melihat kerangka ikan raksasa yang diberi nama “Joko Tuo”  Kerangka ini memiliki panjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat sekitar 6 tn. Ikan tersebut ditemukan pada tahun 1989 di Pulau Karimunjawa dalam keadaan mati. Banyak sekali peninggalan-peninggalan RA Kartini yang dipajang di museum ini, jika tertarik langsung saja datang ke Jepara. Untuk masuk ke lokasi wisata sejarah ini pengunjung hanya dikenai biaya Rp.2000,- per orang di hari kerja dan Rp.3000,- pada akhir pekan.

Jepara merupakan Kota yang sangat unik dan menyimpan berbagai macam budaya dan sejarah. Potensi wisata yang dimilikinya pun cukup beragam. Namun karena secara geografisnya sebagian besar wilayah Kabupaten Jepara berada di lepas pantai dan pegunungan. Sebagian besar wisata alam nya didominasi oleh pantai dan air terjun. Pantai-pantai  yang dimiliki Kabupaten Jepara sangatlah menakjubkan. Amat disayangkan jika anda tidak berlibur ke Kota Ukir ini.

Demikian wisata di Jepara yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat traveler. Simak terus update wisata terbaik kami hanya di Wisatabagus.net

Selamat berlibur 🙂

Simak juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *