Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Indramayu Terbaru – Hai Sobat, Apa kabar ? Musim liburan sebentar lagi akan tiba. Apakah sobat sudah menentukan destinasi wisata yang akan sobat kunjungi ? Jika belum, Wisatabagus.net akan menyarankan salah satu Kota di Jawa Barat yang sangat menarik untuk anda kunjungi yakni Indramayu. Pasti sudah bosan kan berwisata ke tempat yang itu-itu saja. Puncak, Jogja, Bogor, Lembang merupakan tempat wisata yang sudah sangat mainstream. Yuk sekali-kali berkunjung ke lokasi wisata anti mainstream dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia Ibukotanya Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan. Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 315 desa da kelurahan. Hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527. Kota ini dilewati oleh jalur pantura , yakni jalur utama yang terdapat di Pulau Jawa. Meskipun terletak di Tanah Sunda namun bahasa yang digunakan oleh masyarakat kota ini bukanlah bahasa sunda melainkan Bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya Basa Dermayon. Nama Indramayu sendiri berasal dari nama Nyi Endang Darma Ayu yaitu salah seorang pendiri Indramayu.

Indramayu memiliki seni dan budaya yang sangat unik dan beragam seperti wayang, pesta rakyat Mapag Dewi Sri, Sintren, Tarling, Genjring Akrobat, Sandiwara, Berokan, Singa Depok dan Kebo ngamuk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kota Indramayu juga sangat terkenal akan kelezatan kulinernya loh guys, pedesan entog salah satunya. Makanan yang berbahan dasar itik atau entog ini sangat nikmat dan menggoda. Demikianlah sekelumit tentang Kota Indramayu, yuk langsung saja kita simak ulasan mengenai daftar wisata di Kota Indramayu.

Wisata lainnya : Tempat Wisata Solo Terbaru

Tempat Wisata di Indramayu yang Wajib Dikunjungi

  1. Pantai Tirtamaya

Tempat Wisata Pantai Tirtamaya di Indramayu
Wisata keluarga di Pantai Tirtamaya Indramayu | Foto : cirebonsatu.com

Siapa sih yang tak senang dengan obyek wisata pantai, pasti hampir setiap orang menyukai obyek wisata yang satu ini. Wisata pantai memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nuansa pasir yang khas menjadi salah satu alasan mengapa wisata pantai menjadi yang paling diminati. Kota Indramayu juga memiliki obyek wisata unggulan yakni Pantai Tirtamaya.

Pantai Tirtamaya terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Sekitar 20 kilometer dari Kota Indramayu. Lokasi ini sangat mudah ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Karena sarana transportasi dan akomodasi nya yang mudah pantai ini menjadi salah satu magnetnya wisatawan. Pantai Tirtamaya memiliki panorama alam yang sangat indah karena disini anda dapat melihat sunset ketika senja tiba. Paduan senja dengan desiran ombak dipinggiran pantai membuat suasana pantai ini menjadi sangat menarik.

Pantai ini memiliki ombak yang besar sehingga pengunjung tidak dapat melakukan aktivitas diving maupun snorkeling. Tapi guys anda masih dapat berenang dan melakukan aktivitas lainya disini seperti bermain pasir, atau mengadakan piknik bersama keluarga. Meskipun aman berenang di pantai ini, anda harus tetap mengawasi anak-anak anda ya 🙂

  1. Pulau Biawak

Wisata Pulau Biawak Indramayu
Eksotisnya Pulau Biawak di Indramayu | Foto : wisatapulaubiawak.wordpress.com

Pulau Biawak merupakan salah satu destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi.  Sebenarnya pulau ini bernama Pulau Rakit, namun oleh Pemerintah kabupaten Indramayu di namakan Pulau Biawak karena di Pulau ini banyak dijumpai satwa liar yang menjadi ikon pulau ini. Sesuai dengan namanya banyak hewan biawak yang hidup di pulau ini.  Wilayah ini memiliki luas sekitar 120 hektar dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat jika di pandang dari kejauhan.

Biawak tergolong satwa yang sangat unik karena hidup di habitat air asin. Setiap menjelang senja, puluhan biawak dengan panjang antara 20 centimeter hingga 1.5 meter terlihat berenang di tepian pantai. Satwa-satwa tersebut berenang kepantai untuk mencari makanan. Keindahan Pulau Biawak bukan hanya karena dipulau ini terdapat satwa yang unik, namun juga karena panorama alamnya yang mempesona. Pulau ini sangat terkenal di Indonesia baik bagi turis lokal maupun turis mancanegara.

Banyaknya terumbu karang yang masih hidup dipulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Karena keindahan alam bawah lautnya wisatawan dapat melakukan wisata penyelaman atau snorkeling. Bagaimana sobat, apakah anda tertarik untuk mengunjungi pulau yang sangat unik ini?

  1. Pantai Balongan Indah

Wisata Pantai Balongan Indah Indramayu

Indramayu ternyata memiliki wisata pantai yang sangat beragam loh gengs, salah satu pantai kebanggaan masyarakat Indramayu adalah Pantai Balongan Indah. Pantai Balongan Indah merupakan pantai cantik yang ada di Kecamatan Balongan, Provinsi Jawa Barat. Wisata pantai yang ada di Indramayu masih belum terexplore keindahanya padahal pantai-pantai ini sangatlah indah dan mempesona.

Pantai Balongan Indah merupakan pantai yang belum terjamah, karena tak banyak yang mengenal obyek wisata ini. Lingkungan alam nya masih asri dengan panorama alam yang sangat khas meskipun pasir pantai ini tidak berwarna putih. Di pantai ini pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan matahari terbenam ketika senja tiba. Ketika sore hari pemandangan akan terasa lebih lengkap karena kapal-kapal nelayan yang datang bersandar ditepian pantai ini.

Harga tiket masuk Pantai Balongan Indah sangat terjangkau bahkan bisa dibilang murah meriah. Pengunjung  hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- untuk mobil dan Rp. 3000,- untuk motor. Dengan biaya yang sangat murah anda dapat langsung menikmati keindahan panorama pantai dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Meskipun belum selengkap dengan fasilitas pantai-pantai lain yang sudah terkenal, Pantai Balongan Indah menjadi salah satu obyek wisata yang harus anda kunjungi.

  1. Pantai Glayem

Wisata Pantai Glayem Indramayu
Menelisik Uniknya Pantai Glayem di Indramayu

Pantai Glayem merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Lokasi wisata ini berada sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Indramayu atau sekitar 35 kilometer dari Kota Cirebon. Pantai Glayem dibuka pada tahun 2004, sejak dibuka pantai ini memiliki peningkatan jumlah pengunjung yang cukup pesat. Pantai ini memiliki pesona yang sangat indah.

Anda dapat mengajak keluarga dan sahabat untuk berkunjung ke pantai ini selain karena keindahan alamnya, tarif yang ditawarkan juga sangat murah. Untuk menikmati pesona alam di Pantai Glayem pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000,- per orang. Selain itu pengunjung akan disuguhi suasana pantai dengan fenomena pasir laut dan aneka pemandangan yang menarik.  Di pantai ini terdapat rumah makan yang menyajikan seafood dan ikan bakar, pengunjung akan sangat dimanjakan dengan kenikmatan makanan yang disajikan di pantai ini.

Pantai Glayem memiliki ombak yang kecil sehingga pengunjung bisa berenang dan bermain air dengan nyaman dan aman. Selain itu dipantai ini terdapat penyewaan perahu motor yang dapat membawa anda berkeliling dikawasan ini. Apabila anda hanya ingin berenang dibibir pantai anda dapat menyewa ban disekitar pinggiran pantai. Jika berkunjung ke Indramayu, jagan lupa mampir ke pantai yang satu ini yaa 🙂

  1. Pantai Karangsong

Wisata Pantai Karangsong di Indramayu

Pantai Karangsong merupakan pantai yang sangat unik dan berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Pantai yang terletak di wilayah kecamatan indramayu ini memiliki potensi yang luar biasa dan menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa keunikan dari pantai ini pertama, Pengunjung dapat melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan, dan pengunjung juga dapat langsung membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan di dekat sini.

Keunikan selanjutnya dari pantai ini adalah pengunjung dapat melihat pekerja dan pengrajin kapal yang sedang membuat perahu disepanjang jalan menuju Pantai Karangsong. Daya tarik yang lain dari Pantai Karangsong adalah keindahan hutan mangrove  yang ada di obyek wisata ini. Hutan Mangrove ini memiliki luas  25 hektar dan dihutan ini pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing karena kabarnya di hutan mangrove Pantai Karangsong ini terdapat banyak ikan dan udang besar. Untuk menuju ke hutan mangrove ini pengunjung harus menggunakan kapal nelayan.

  1. Situs Buyut Banjar

Wisata Situs Buyut Banjar di Indramayu

Pantai Karangsong berlokasi di Desa Bulak Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Jawa Barat Indramayu. Di situs ini terdapat makam yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Obyek wisata Situs Buyut Banjar ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam jum’at kliwon, Hari Raya Idul fitri dan Hari Raya Idul Adha. Di kawasan ini ada yang unik loh guys, disini terdapat 41 ekor kera yang hidup, tidak kurang dan tidak lebih.

Masyarakat sekitar Situs Buyut Banjar percaya bahwa 41 monyet tersebut adalah prajurit yang terkena kutukan. Menurut cerita kutukan itu bermula ketika pada masa pemerintahan Sunan Gunung Jati hiduplah seorang patih bernama Surya Negara. Suatu hari dia mendapatkan perintah dari Sultan Cakra Buana untuk melihat dan sekaligus mengatasi banjir yang melanda kawasan tersebut. Melihat hal tersebut Pangeran Surya Negara memutuskan untuk membuat bendungan, namun pasukan yang ia bawa tak sebanding dengan pekerjaan besar tersebut.

Kemudian sang pangeran meminta bantuan kepada kerajaan Karang Kendal untuk mengirimkan prajuritnya, kedua kerajaan tersebut telah sepakat namun prajurit kerajaan Karang Kendal datang ketika pengerjaan bendungan telah selesai. Pangeran merasa sangat kesal namun masih memaafkan perbuatanya, namun ketika pangeran menitipkan sebuah bungkusan kepada ketua rombongan dengan sebuah pesan bahwa bungkusan tersebut tak boleh dibuka namun mereka tak menghiraukanya sama sekali. Bungkusan tersebut berisi buah kurma segar dan sangat menggoda, kemudian seluruh prajurit kerajaan Karang Kendal bersama-sama menikmati buah kurma tersebut tanpa rasa bersalah. Pangeran Surya Negara mengetahui hal tersebut dan marah besar, dan mengutuk seluruh prajurit menjadi seekor kera sesuai dengan tabiat kera suka mencuri dan tidak peduli dengan orang lain.

Saat ini tempat ini menjadi obyek wisata di Indramayu yang cukup diminati selain oleh para peziarah namun juga para pengunjung yang hanya ingin melihat 41 monyet yang hidup dikawasan tersebut.

Tempat Wisata di Indramayu Terbaru

  1. Taman Cimanuk

Wisata Taman Cimanuk di Indramayu
Taman Cimanuk, Wisata Terbaru di Indramayu | Foto : ksmtour.com

Seperti kota-kota besar yang lain, Kota Indramayu juga memiliki obyek wisata berupa taman yang disebut dengan Taman Cimanuk. Taman Cimanuk merupakan sungai yang bersejarah bagi masyarakat Indramayu karena pernah menjadi pelabuhan besar dan terkenal di Pulau Jawa. Taman ini menjadi ruang terbuka hijau dan tempat pameran seni budaya. Di sepanjang jalan taman ini biasanya sering diadakan pameran seni, budaya, dan sejarah. Acara yang digelar di Taman Cimanuk ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Lokasi wisata ini biasanya ramai ketika akhir pekan. Beberapa wahana anak di area Taman Cimanuk diantaranya seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Taman Cimanuk memiliki nuansa yang asri dan segar, sehingga taman ini sangat menyenangkan dikunjungi untuk melepas penat karena padatnya rutinitas sehari-hari. Kawasan Taman Cimanuk sering dikunjungi oleh remaja untuk sekedar berfoto selfie karena Taman ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Meskipun Indramayu bukan kota yang besar namun Kota ini memiliki potensi wisata yang tak boleh diabaikan. Kota yang terkenal karena mangga nya ini memiliki beberapa obyek wisata pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yuk sempatkan berwisata ke Kota yang satu ini yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *