Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Garut Terbaru – Wisata di Jawa Barat memang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Karena suasananya yang sejuk daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Beberapa Kota di Provinsi Jawa Barat yang wajib anda kunjungi diantaranya Bogor, Lembang dan Garut. Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas wisata di daerah Bogor dan Lembang. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas daftar wisata di Garut yang wajib anda kunjungi.

Karena suasananya yang sejuk Garut menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota yang terkenal karena dodolnya ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di Utara, Kabupaten Tasikmalaya di Timur, Samudera Hindia di Selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di sebelah Barat. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini beribukota di Tenggarong Kidul.

Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Beberapa gunung yang ada di Garut adalah Gunung Papandayan dan Gunung Guntur, keduanya terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, serta Gunung Cikuray yang terletak di selatan Kota Garut. Kota ini memiliki luas sekitar 306.519 Hektar. Garut memiliki iklim tropis basah dengan curah hujan tahunan rata-rata 2.589 mm. Ibukota garut berada di ketinggian 717 meter diatas permukaan laut. Kabupaten Garut merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki potensi wisata yang luar biasa. Karena letak geografisnya yang dikelilingi oleh pegunungan, Garut menjadikan gunung-gunung ini sebagai potensi wisata. Yuk langsung saja kita simak ulasanya di bawah ini.

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Indramayu Terbaru

Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

  1. Gunung Papandayan

Tempat Wisata Gunung Papandayan di Garut
Indahnya Pemandangan Gunung Papandayan di Garut | Foto : nativeindonesia.com

Gunung Papandayan merupakan obyek wisata pegunungan yang sangat terkenal di Kota Garut. Gunung ini merupakan gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut dan terletak 70 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung Papandayan memiliki topografi yang curam, berbukit, bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Kawasan ini memiliki flora dan fauna yang sangat beragam seperti pohon Suagi, Puspa, Saninten, Kihujan, Jamuju, serta beberapa jenis burung, babi hutan, kijang, lutung dan trenggiling.

Beberapa lokasi menarik di Gunung Papandayan diantaranya Kawah Papandayan, Blok Pondok Saladah, Hutan Alun, Tegal Mati, Tegal Panjang dan Sumber Air Panas. Gunung Papandayan menjadi obyek pendakian yang sangat menarik bagi para wisatawan karena jalur pedakianya sangat landai dan sangat bersahabat dengan pendaki pemula. Pemandangan yang disuguhkan oleh obyek wisata ini juga sangat mempesona. Oleh karena itu kawasan ini tak pernah sepi pengunjung ketika musim liburan tiba.

  1. Gunung Cikuray

Wisata Gunung Cikuray di Garut
Indahnya Puncak Gunung Cikuray di Garut | Foto : sebandung.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Kota Garut dikelilingi oleh Pegunungan, salah satunya Gunung Cikuray. Gunung Cikuray merupakan tempat wisata yang sangat populer khusunya bagi para pendaki. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kota Garut, ketiggian gunung ini sekitar 2.818 meter di atas permukaan laut. Gunung Cikuray atau Cikurai adalah sebuah gunung bertipe Stratvolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Cikuray memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Karena pemandangan diatas puncak Cikuray menyuguhkan hamparan awan yang menggumpal seperti sebuah samudera oleh karenanya banyak pendaki yang menyebut Gunung Cikuray sebagai negeri diatas awan. Udara disekitar Gunung Cikuray sangat segar dan alami sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan ingin kembali lagi ke obyek wisata ini.

Untuk menuju lokasi ini anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Bandung maupun dari Tasikmalaya menuju ke terminal Guntur. Kemudian darisana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung. Ketiga jalur pendakian tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Namun jalur  Bayongbong merupakan jalur pendakian yang paling terjal, tetapi jalur ini juga jalur yang paling cepat menuju ke puncak dibanding jalur-jalur yang lain.

  1. Gunung Guntur

Tempat Wisata Gunung Guntur di Garut
Indahnya Pemandangan Gunung Guntur di Garut | Foto : cmeythasari.wordpress.com

Obyek wisata pegunungan selanjutnya adalah Gunung Guntur. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, Kota garut memiliki banyak obyek wisata pegunungan. Jadi jika ingin merasakan sensasi pendakian, kunjungilah kota yang satu ini. Gunung Guntur berlokais disekitar kecamatan Leles. Jika pengunjung dari Kota Bandung, maka obyek wisata ini terletak disebelah kanan sebelum alun-alun Tarogong, Garut.

Karena wilayahnya yang gersang, biasanya pendaki melakukan pendakian pada sore atau malam hari. Jika pendakian dilakukan pada siang hari pendaki akan mengalami kesulitan. Jarak puncak Gunung Guntur sebenarnya tidak terlalu jauh, namun karena medannya yang berpasir pendakian akan sedikit sulit. Dari puncak Gunung Guntur terlihat jelas obyek wisata danau Situ Bagendit, Gunung Cikuray, Obyek wisata Cipanas, serta perumahan penduduk.

Keindahan lain dari Gunung Guntur adalah air terjun yang oleh masyarakat setempat disebut Curug Citiis. Ditempat ini pengunjung  bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Guntur. Keindahan diatas Gunung Guntur akan sangat memanjakan mata anda, dipuncak ini pendaki akan melihat keindahan awan yang luar biasa indah. Wajarlah jika pendaki betah berlama-lama di Gunung Guntur.

  1. Situ Bagendit

Wisata Situ Bagendit di Garut
Menikmati Indahnya Wisata Situ Bagendit di Garut | Foto : hoteldigarut.net

Situ Bagendit merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa barat. Situ Bagendit merupakan obyek wisata alam berupa danau yang berbatasan dengan Desa Banyuresmi di sebelah utara, Desa Cipicung di sebelah Selatan, di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Binakarya sedangkan untuk di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sukamukti. Kawasan Situ Bagendit berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Garut. Obyek wisata ini merupakan salah satu yang paling populer di Kota Garut.

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 dan memiliki sarana transportasi dan akomodasi yang cukup lengkap. Kawasan ini memiliki fasilitas yang apik dengan kualitas lingkungan yang sangat baik. Bangunan permanen dan semi permanen dikawasan ini terawat dengan baik. Area parkir yang disediakan cukup luas, di obyek wisata Situ Bagendit juga terdapat wahana kereta api mini dan juga kolam renang.

Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di lokasi ini adalah bersepeda air, memancing, jet sky, Rakit bambu, dan anda pula dapat berkeliling menikmati pemandangan Situ Bagendit dengan menyewa kapal milik nelayan yang sengaja disewakan untuk para pengunjung. Kawasan Situ Bagendit memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga asri. Jika anda ingin menikmati suasana tenang dengan pemandangan yang sangat indah, anda dapat menjadikan Situ Bagendit sebagai salah satu destinasi wisata anda.

  1. Pemandian Air Panas Cipanas

Wisata Pemandian Air Panas Cipanas di Garut
Berendam di Pemandian Air Panas Cipanas Garut | Foto : travel.detik.com

Kota Garut terkenal akan keindahan alamnya yang sejuk dan asri karena letaknya di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan. Beberapa obyek wisatanya yang sangat terkenal pun berupa obyek wisata pegunungan. Namun jika anda sudah bosan dengan obyek wisata tersebut atau ingin merasakan sensasi wisata yang lebih santai, sobat dapat mengunjungi Pemandian Air Panas Cipanas yang letaknya masih di Kota Garut.

Pemandian Air Panas Cipanas milik Kota Garut ini terletak di dan memiliki luas sekitar 9.335 meter persegi dengan konfigurasi lahan taman yang berbukit-bukit dengan kemiringan yang agak curam. Di Lokasi ini terdapat beberapa jenis kolam yang disesuaikan dengan penggunanya dari mulai kolam anak-anak hingga kolam berendam orang dewasa. Air panas di kolam ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan eksim. Air panas Cipanas ini mengandung berbagai mineral dengan suhu rata-rata sekitar 37 sampai dengan 46 derajat celcius. Air panas ini mengandung belerang yang sumbernya berasal dari Gunung Guntur. Hangatnya air panas ini juga dapat menembuhkan pegal-pegal dan juga meregangkan otot-otot yang kaku sehingga membuat tubuh merasa nyaman dan rileks.

Disepanjang perjalanan menuju lokasi ini pengunjung akan disuguhi keindahan hutan pinus yang terliha begitu sejuk dan teduh. Selain itu pengunjung juga dapat melihat hamparan sawah yang ditanami padi dan palawija oleh para petani, dan juga perbukitan yang berderet dikanan dan kiri perjalanan anda. Udara dikawasan ini sangat sejuk, segar dan sangat alami. Pengunjung akan merasakan kenyamanan yang tidak dapat di temui di Kota-Kota besar seperti Jakarta. Nuansa yang asri menjadikan tempat ini destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

  1. Kawah Putih Talaga Bodas

Wisata Kawah Putih Talaga Bodas di Garut
Indahnya Kawah Putih Talaga Bodas di Garut | Foto : emillukmanulhakim.blogspot.co.id

Destinasi wisata selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Kawah Putih Talaga Bodas. Tempat ini dinamakan Talaga Bodas karena air danaunya yang berwarna putih. Kawasan wisata ini berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan memiliki luas 23.85 hektar. Kawah Putih Talaga Bodas berada di ketinggian 1.512 diatas permukaan laut dan merupakan kawah dari Gunung Talaga Bodas.

Kawah Putih Talaga Bodas merupakan kawah belerang yang kemudian membentuk danau besar dengan cairan berwarna putih. Pemandangan Kawah Putih Talaga Bodas ini hampir mirip dengan  obyek wisata Kawah Putih Ciwidey di Bandung yang sudah sangat populer. Kedua kawah ini memiliki air danau yang berwarna putih kehijauan. Kawah ini memiliki suhu yang cukup tinggi yakni sekitar 85 0 95 derajat celcius sehingga airnya cukup berbahaya. Tiket masuk menuju kawasan ini sangatlah murah yakni Rp.5000,- anda sudah dapat menikmati keindahan obyek wisata Kawah Putih Talaga Bodas.

Aktivitas yang dapat anda lakukan di kawasan ini berupa trekking, hiking, fotografi, piknik atau hanya sekedar jalan-jalan. Di kawasan ini terdapat banyak spot cantik untuk berfoto, dan ketika pengunjung sudah letik berjalan-jalan dikawasan ini, pengunjung dapat berendam di air panas untuk menghilangkan letih secara gratis. Bagaimana sobat? menarik bukan? sempatkan berkunung ke lokasi ini yaa 🙂

  1. Pantai Santolo Paneungpeuk

Wisata Pantai Santolo Pameungpeuk di Garut
Pantai Santolo Pameungpeuk, Surga Wisata di Garut | Foto : mandalareload.com

Selain terkenal akan wisata daerah pegunungannya, Garur juga memiliki wisata-wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dibahas. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas salah satu pantai milik Kota Garut yakni Pantai Santolo Paneungpeuk. Pantai Santolo Paneungpeuk menawarkan keindahan alam dengan khas. Untuk menuju obyek wisata ini anda tak perlu khawatir karena jalan dari arah Garut, Tasik, ataupun Bandung cukup bagus. Anda juga harus tetap berhati-hati karena jalan ini agak berkelok-kelok.

Fasilitas dan wahana permainan yang disediakan oleh Pantai Santolo Paneungpeuk cukup lengkap. Penginapan yang ditawarkan pun sangat bervariatif mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal sudah tersedia dikawasan ini. Selain menikmati suasana pinggiran pantai, atau berpiknik bersama keluarga, disini juga tersedia wahana permainan seperti banana boat, anda juga dapat mengajak anak-anak anda bermain pasir atau berenang dipinggiran pantai. Setelah lelah bermain air pengunjung dapat membeli ikan bakar yang dijual disekitar kawasan ini.

Demikian daftar wisata di Garut yang paling menarik dan wajib untuk anda kunjungi. Semoga liburan anda menyenangkan. Simak terus informasi dan update tempat wisata paling populer hanya di Wisatabagus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *