Daftar Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah

Posted on

Hai Sobat traveler, Bagaimana liburan anda? Pasti menyenangkan yaa :). Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas wisata yang ada di Kota Batik yakni Pekalongan. Kali ini kami kembali akan menyapa anda dengan salah satu Kota yang memiliki searah luar biasa di Dunia Keislaman. Kota yang masih terletak di Provinsi Jawa tengah ini disebut-sebut sebagai Kota Wali. Disebut demikian karena di Kota ini peradaban Islam di Pulau Jawa mulai disebarkan oleh para wali. Salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memang menarik untuk kita bahas. Di Kota Wali ini tak hanya terkenal akan wisata relignya saja. Wisata bahari, wisata edukasi sejarah, wisata keluarga, agrowisata, bahkan wisata belanja juga ada di Demak. Kami yakin liburan anda ke kota ini tidak akan membosankan.

Nama ‘Demak’ berasal dari Bahasa Arab yaitu ‘Dhima’ yang berarti rawa alias tanah lumpur. Kabupaten Demak memiliki luas wilayah sekitar 1.149,07 kilometer persegi dan terletak sekitar 25 kilometer di sebelah timur Kota Semarang. Demak memiliki lokasi yang sangat strategis karena dilalui oleh jalur pantura yang menghubungkan Kota Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Banyuwangi. Demak juga sangat terkenal dengan buah belimbing dan buah jambu air merah delimanya. Buah-buahan ini akan sangat mudah ditemui di Demak dan menjadi ciri khas Kota yang satu ini.

Secara adinistratif Kabupaten Demak terdiri atas 14 kecamatan dan terbagi dalam 243 desa dan 6 kelurahan. Sedangkan jika dilihat dari ketinggian permukaan tanahnya, wilayah Kabupaten Demak terdiri dari 0 hingga 100 meter diatas permukaan laut. Beberapa Sungai yang cukup besar juga mengalir di Kabupaten ini beberapa diantaranya Kali Tuntang, Kali Buyaran, dan yang terbesar adalah Kali Serang yang membatasi Kabupaten Demak, Jepara dan Kudus. Kabupaten Demak juga memiliki pantai yang membentang sepanjang 34.1 kilometer dan melalui 13 desa. Karena letaknya yang sangat strategis serta peninggalan sejarah yang di miliki Demak hal ini menjadikan kota ini memiliki potensi wisata yang cukup beragam. Berikut adalah beberapa daftar wisata menarik di Demak.

Wisata lain : Tempat Wisata di Pekalongan Jawa Tengah

Kumpulan Tempat Wisata Kota Demak

  1. Masjid Agung Demak

Wisata Religi di Masjid Agung Demak

Yuk berwisata religi ke Masjid Agung Demak dan mengenal sejarah peradaban Agama Islam di Kota ini. Masjid Agung Demak merupakan peninggalan Wali Songo dan juga Sultan Fattah. Bangunan ini didirikan pada tahun 1479 dan menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia. Letak dari masjid ini berada di Desa Kauman, Kelurahan Bintoro, Demak, Jawa Tengah.

Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para Ulama atau Wali yang menyebarkan Agama Islam di tanah Jawa atau yang disebut dengan Wali Songo. Pendiri Masjid Agung Demak adalah Raden Patah yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi. Raden Patah bersama Wali Songo bersama sama mendirikan masjid ini dengan gambar serupa Bulus. Gambar Bulus terdiri atas kepala yang berarti angka 1 (satu), dengan 4 kaki berarti angka 4, badan Bulus berarti angka 0, ekor bulus berarti angka 1. Dari simbol ini diperkirakan Masjid Agung Demak berdiri pada tahun 1401 saka.

Arsitektur masjid ini memiliki induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut dengan saka guru. Salah satu dari tiang utama dengan saka tatal karena tiang tersebut dibuat dari serpihan-serpihan kayu. Bangunan serambi merupakan bangunan yang terbuka dengan atap berbentuk limas yang ditopang dengan 8 tiang yang disebut dengan Saka Majapahit. Atap limas terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan iman, islam, dan ihsan. Di dalam kompleks Masjid Agung Demak terdapat beberapa makam raja-raja kesultanan Demak dan juga trdapat Museum Masjid Agung Demak yang berisi berbagai hal yag meriwayatkan Masjid Agung Demak. Jika kebetulan berkunjung ke Demak, jangan lupa sempatkan ke wisata religi yang satu ini yaa 🙂

  1. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Wisata Hutan Mangrove Morosari Sayung di Demak

Demak tidak hanya terkenal akan wisata sejarahnya saja. Di Kota ini juga memiliki hutan mangrove yang sangat cantik. Jika anda berkunjung ke Demak, tak perlu galau anda bisa menikmati keindahan wisata mangrove yag disebut dengan Hutan Mangrove Morosari Sayung. Meskipun belum banyak yang mengetahui lokasi wisata ini, namun Hutan Mangrove milik Kota Wali ini merupakan tujuan wisata yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Hutan Mangrove Morosari Sayung letaknya tidak terlalu jauh dari jalan raya Demak dan semarang tepatnya di Desa Bendono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk menyusuri kawasan hutan reservasi mangrove pengunjung dapat menggunakan dua cara yakni dengan perahu dan juga dapat menggunakan jembatan. Jika menggunakan perahu pengunjung harus membayar sekitar Rp.100.000,- sedangkan jika menggunakan jembatan anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp.2000,- Suasana di hutan mangrove terasa bergitu asri dan sejuk, jika anda beruntung anda akan menemui satwa endemik seperti burung bangau hitam, bangau putih dan juga bekantan. Kapal-kapal kecil juga nampak mempercantik pemandangan di area ini. Selain pemandangan hutan mangrove, dikawasan ini juga terdapat makam ulama Syekh Abdullah Mudzakir.  Waah menarik sekali yaa 😀 yuk berlibur ke kawasan reservasi mangrove di Demak.

  1. Pantai Morosari

Wisata Pantai Morosari Sayung Demak

Demak juga memiliki wisata pantai yang ciamik loh guys, yuk kita explore keindahan Pantai Morosari milik Kabupaten Demak. Pantai Morosari bisa dibilang sebagai satu-satunya pantai milik Kota Demak, karena hanya pantai ini yang diurus oleh Pemerintah Daerah. Lokasi pantai ini sangat strategis, hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari jalan Semarang – Demak. Karena lokasinya yang strategis dan menjadi satu-satunya wisata pantai di Kota Demak, tentu pantai ini sangat ramai oleh pengunjung.

Nama Pantai Morosari diambil dari nama sebuah Dusun yang terletak di Desa Bendono Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Akses menuju lokasi wisata ini sagatlah mudah karena jalan sudah bagus dan dapat dilalui dengan berbagai macam kendaraan. Disepanjang perjalanan menuju pantai pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan mangrove, tambak dan perkampungan nelayan. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dipantai ini adalah berenang, bermain air, bermain pasir dan menikmati panorama pantai serta melihat keindahan matahari terbenam.

Pantai Morosari menyediakan fasilitas yang cukup lengkap yakni mushola, tempat bilas, fasilitas MCK, di lokasi wisata ini terdapat pula rumah makan apung. Jadi sobat tak perlu khawatir kelaparan jika berlibur kesini 😀 . Tiket masuk menuju pantai ini sangat murah loh, hanya Rp.5000,- per orang pengunjungb sudah bisa bermain air sepuasnya di pantai ini.

  1. Sentra Kerajinan Kaligrafi Mijen

Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi Mijen di Demak

Demak terkenal akan sebutannya sebagai Kota Wali. Peradaban Islam di Pulau Jawa pula di mulai di Kota ini, tak heran jika Islam terasa sangat kental di Kota ini.  Wisata religi juga banyak terdapat di Kota ini. Di kota ini kita dapat menilik sejarah berkembangnya Islam yang di sebarkan oleh Walisongo. Nuansa Islam sangat ketara di Kota ini, bahkan di Kota ini juga terdapat sentra kerajinan kaligrafi.

Sentra kerajinan kaligrafi di Mijen Demak merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk anda kunjungi.  Kaligrafi merupakan suatu ilmu seni menulis indah. Jika dalam budaya Islam bentuk kaligrafi biasanya berupa nama Allah, Asmaul Husna, nama Nabi Muhammad, dan surat-surat Al-Qur’an. Jika berkunjung ke Kota Demak tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Lokasi wisata ini berada di Desa Rejosari RT 002, RW 004, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi wisata edukasi ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda dan keluarga. Karena disini pengunjung tak hanya dapat melihat dan membeli seni kaligrafi. Tetapi pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatanya. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir yang cukup luas, tempat istirahat, kamar mandi / MCK, warung makan, tempat pembuatan kaligrafi dan masih banyak lagi.  Yuk tambah keahlian seni anda dengan berwisata ke Sentra Kerajinan Kaligrafi Mijen.

  1. Agrowisata Belimbing dan Jambu Air Merah Delima

Wisata Agrowisata Belimbing dan Jambu Air Merah Delima Demak

Demak sangat terkenal akan kelezatan buah belimbing dan jambu air merah delimanya. Di sini anda akan sangat menemui kedua buah tersebut karena memang buah-buahan tersebut merupakan buah andalan dari Kota  Demak. Hingga saat ini Belimbing dan Jambu Air Merah Delima menjadi ciri khas Kota Demak. Jika pengunjung ingin mengetahui lebih banyak mengenai buah-buahan ini, pengunjung dapat datang sekaligus berlibur di Agrowisata Belimbing dan Jambu Air Merah Delima di Demak.

Banyak daerah di Demak yang menawarkan Agrowisata Belimbing dan Jambu Air, beberapa diantaranya di Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari dan Mranak. Desa-desa tersebut menawarkan agrowisata dengan keindahan alam yang sangat asri. Nuansa pedesaan akan terasa sangat kental. Karena banyaknya pepohonan dan lahan pertanian membuat nuansa begitu sejuk dan udaranya pun sangat segar. Suasana yang di beikan oleh lokasi wisata ini sangat kontras dengan hiruk pikuk suasana perkotaan. Hal itu yang menjadikan agrowisata di daerah demak tak sepi oleh pengunjung.

Agrowisata Belimbing dan Jambu Air Merah Delima di Daerah Demak dapat anda nikmati dengan memesan paket-paket yang telah ditawarkan oleh pengelola. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati aneka olahan dari buah belimbing dan jambu. Pengunjung juga dapat memetik buah-buahan segar langsung dari pohonnya. Wahh.. sangat menarik yaa sobat 🙂 Yuk ajak keluarga anda berlibur kemari pasti akan sangat menyenangkan.

  1. Makam Sunan Kalijaga

Ziarah ke Makam Sunan Kalijaga Demak

Makam Sunan Kalijaga merupakan lokasi wisata religi yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, sebagian besar pengunjung di dominasi oleh para peziarah. Makam Sunan Kalijaga terletak di Desa Kadilangu, Demak, Jawa Tengah. Sekitar 4 kilometer dari Masid Agung Demak.

Sunan Kalijaga terkenal sebagai ulama yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa dengan cara yang santun dan ramah. Beliau pula berdakwah melalui seni budaya Jawa, tembang-tembang agar mudah diterima oleh masyarakat. Sunan Kalijaga sangat di cintai oleh masyarakat karena kebijaksaannya. Bahkan hingga kini, makam Sunan Kalijaga tak pernah sepi pengunjung. Di komplek makam Sunan terdapat makam makam lain yang disebut-sebut sebagai makanm murid Sunan Kalijaga, di kawasan ini pengunjung tidak diperkenankan berisik atau mengambil foto. Pengunjung hanya diperkenankan minum dari air gerntong peninggalan Sunan Kalijaga yang terletak di sebelah Utara.

Yang unik dikawasan wisata religi ini adalah ketika pengunjung memasuki komplek makam, pengunjung diharuskan melepaskan alas kaki mereka. Banyak tersedia jasa penitipan sandal di lokasi ini, namun jika tidak ingin menitipkan sandal kesayangan anda, anda bisa membeli kantong kresek yang banyak dijual dengan tujuan keperluan tersebut. Kemudian sandal anda dapat dimasukkan ke dalam tas dan anda dapat berziarah dengan tenang :D. Jika ingin membelikan oleh-oleh untuk sanak saudara, anda dapat membelinya di luar kawasan Makam Sunan Kalijaga karena disini akan banyak dijumpai penjual oleh-oleh.

  1. Pantai Morodemak

Wisata Pantai Morodemak Demak

Morodemak merupakan suatu daerah yang terketak di sebelah Barat Kota Demak. Letaknya kira-kira 15 kilometer dari alun-alun Kota Demak. Jika menggunakan kendaraan roda dua dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit, sedangkan jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat akan memakan waktu sekitar 1 hingga 1.5 jam. Lokasi wisata ini tepatnya berada di Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Hal yang menarik dari Morodemak adalah keindahan pantai, keeksotian Hutan Bakau dan juga kelezatan kuliner yang disuguhkan. Disepanjang perjalanan menuju lokasi anda anak dibuat takjub dengan keindahan perahu nelayan yang tertambat di dermaga. di pesisir pantai anda akan melihat panorama alam yang indah, anda juga dapat melihat aktivitas nelayan mencari ikan dan ketika senja, anda juga dapat melihat keindahan matahari terbenam. Waah lengkap sekali bukan?

Tidak hanya itu, di sini anda bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan. Ikan-ikan di Pantai Morodemak sangat terkenal kelezatannya. Karena di sini nelayan membawa langsung hasil tangkapan mereka ke tempat pelelangan ikan, jadi ikan yang dibawa masih dalam kondisi fres. Anda dapat membuktikan kelezatan ikan-ikan Morodemak dengan cara memasaknya tanpa bumbu. Masaklah ikan hanya dengan diberi sedikit garam, anda akan merasakan  ikan yang benar-benar lezat.

Yuk visit dan ekplore Demak, agar kita lebih banyak tahu tentang Kota yang dijuluki Kota Wali ini. Agar kita menyadari ternyata Demak bukanlah Kota yang membosankan. Demak juga layak anda masukan ke dalam list wisata anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 🙂 . Masih banyak loh lokasi wisata di Demak yang belum kami masukkan ke dalam daftar, jadi pastikan anda menyimak informasinya hanya di Wisatabagus.net yaa 🙂 Semoga liburan anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *