Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Blitar Terbaru – Keindahan panorama alam Indonesia sudah tak bisa diragukan lagi. Salah satu Pulau yang memiliki potensi wisata yang sangat beragam adalah Pulau Jawa. Pulau Jawa terkenal dengan nuansa alamnya yang asri dan sejuk. Karena lokasi-lokasi wisata di daerah di Pulau ini cukup mudah di akses, pulau ini menyedot jumlah wisatawan cukup fantastis tiap tahunnya. Pulau terluas ke 13 di dunia ini sangat populer bagi para traveler. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas salah satu Kabupaten atau Kota milik Pulau Jawa yakni Blitar.

Kabupaten Blitar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan pusat pemerintahan terletak di Kangoro. Baik Kabupaten ataupun Kota Blitar terletak di kaki Gunung Kelud dengan ketinggian 156 meter diatas permukaan laut. Kota yang memiliki luas sekitar 32.58 kilometer ini terbagi kedalam tiga kecamatan yakni Kepanjenkidul, Sananwetan dan Sukorejo. Secara administratif kota ini terletak sekitar 167 kilometer sebelah barat daya Kota Surabaya, dan 80 kilometer sebelah barat Kota Malang. Nama Blitar berasal dari frasa Bali Dadi Latar yag berarti kembali jadi halaman.

Dilihat dari segi Morfologynya Blitar memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Kota ini memiliki suhu antara 24 – 34 derajat Celcius sehingga menjadikan suhu udara rata-ratanya cukup sejuk dan nyaman. Karena kota ini memiliki potensi yang cukup bagus dari segi Pariwisatanya, Pemerintah Daerah Blitar memilih sektor Pariwisata sebagai primadona untuk mengembangkan ekonomi daerah. Berikut ini adalah beberapa tempat tujuan wisata yang harus anda kunjungi ketika anda berada di Blitar.

Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi

  1. Pantai Peh Pulo

Wisata Pantai Peh Pulo di Blitar, Tempat Wisata di Blitar Terbaru

Pesona pantai di Blitar sangat beragam, dimulai dari pasir putih hingga pasir hitamnya semua ada di Blitar. Saat berkunjung ke Kota Blitar, anda harus mampir ke Pantai Peh Pulo karena pantai ini memiliki pesona yang sangat menawan. Dari namanya Pantai Peh Pulo memang cukup asing namun keindahan pantai ini sudah cukup terkenal bagi warga Blitar. Lokasi wisata ini sudah ramai dikunjungi baik untuk masyarakat Blitar maupun luar daerah Blitar. Keindahan Pantai Peh Pulo dibilang mampu menyaingi keindahan Raja Ampat sehingga Pantai ini disebut sebagai Pantai Raja Ampat Mini milik Blitar.

Nama Pantai Peh Pulo diambil dari nama pulau terbesar yang ada di seberang pantai ini yakni Pulau Peh. Pantai di Selatan Jawa memang terkenal akan ombaknya yang besar dan ganas, begitu pula dengan Pantai Peh Pulo. Oleh karena itu pengunjung harus berhati-hati jika bermain dipantai ini. Keeksotisan dari Pantai Peh Pulo terletak pada pulau-pulau kecil disekitar garis pantai. Di pantai ini pengunjung juga bisa berpetualang dengan mendaki semenanjung kecil disebelah barat pantai. Dari semenanjung ini, anda dapat menikmati keindahan Pantai Peh Pulo dari sudut pandang yang berbeda.

Pantai ini berlokasi di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Akses menuju lokasi ini cukup sulit dan memakan waktu yang agak lama. Jika menggunakan sepeda motor pengunjung membutuhkan wakttu sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunaka kendaraan roda empat mungkin akan memakan waktu yang lebih lama. Meskipun akses menuju tempat wisata ini tidaklah mudah namun anda tak perlu khawatir karena akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang dimiliki oleh pantai ini.

  1. Pantai Jolosutro

Wisata Pantai Jolosutro di Blitar
Pasri Hitam yang Eksotis di Pantai Jolosutro Blitar | Foto : blitarvaganza.com

Kawasan wisata pantai yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Jolosutro. Jika pada pantai Peh Pulo memiliki pasir yang putih dan bersih. Di Pantai Jolosutro memiliki warna pasir yang sangat berbeda yakni kehitaman. Namun justru disinilah letak keeksotisannya. Pasir hitam yang menawan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Bukit-bukit karang dan ombaknya yang besar juga menjadi ciri khas dari Pantai Jolosutro.

Pantai Jolosutro merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang harus anda kunjungi. Suasananya yang tenang dan nyaman membuat pantai ini menjadi destinasi wisata favorit bagi keluarga. Kelebihan lain dari obyek wisata ini adalah aksesnya yang mudah dan petunjuk lokasinya juga sangat jelas. Jalan menuju lokasi ini sudah beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat wisata Pantai Jolosutro. Disepanjang perjalanan menuju pantai ini pengunjung akan ditemani oleh hamparan bukit-bukit cantik yang hijau.

Pantai Jolosutro merupakan pantai yang memiliki panorama alam yang alami dan keasrianya masih terjaga hingga kini. Suasana sejuk serta debur ombak yang kencang yang menghempas batu karang akan membuat pengunjung merasa kagum akan keindahan Tuhan Yang Maha Esa. Dibagian barat pantai ini juga tak kalah indah, pemandangan pantai yang landai dikelilingi pepohonan teduh serta ombak besar dan panjang menjadi sajian utama. Diujung bukit terdapat batu yang berdiri kokoh menjadi pembatas Pantai Jolosutro. Dari atas bukit batu ini pengunjung dapat melihat keindahan pantai dengan suasana yang agak berbeda.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Pantai Jolosutro terletak sekitar 45 kilometer dari Pusat Kota. Lokasi Pantai Jolosutro berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh pantai ini sudah cukup memadahi. Tempat sholat, toilet, tempat bersantai, lahan parkir, dan warung makan sudah tersedia di lokasi ini. Bagaimana apakah sobat tertarik mengunjungi Pantai Jolosutro di Blitar ?

  1. Pantai Tambakrejo

Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar
Indahnya Pantai Tambakrejo Di Blitar | Foto : tripadvisor.co.id

Pantai yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Tambakrejo. Jika pada umumnya Pantai Selatan terkenal akan ombaknya yang besar Pantai Tambakrejo memiliki ombak yang cukup tenang sehingga pantai ini sangat nyaman dan aman jika dikunjungi bersama keluarga anda. Ingin bermain pasir dan berlibur bersama keluarga? Yuk langsung saja kunjungi Pantai Tambakrejo.

Pantai Tambakrejo terletak di sebuah teluk disebuah teluk yang memiliki garis pantai sepanjang 10 kilometer. Pantai ini berada kurang lebih sekitar 30 kilometer dari Pusat Kota Blitar. Pesona Pantai Tambakrejo terletak pada pasirya yang putih dikombinasikan dengan birunya langit dan air laut yang bersih. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakuka dipantai ini adalah berenang, bermain pasir, menyewa perahu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di bibir pantai ini juga terdapat kampung nelayan dimana pengunjung dapat membeli langsung ikan yang didapat dari hasil melaut.

Pantai ini tak pernah sepi pengunjung terlebih ketika akhir pekan tiba. Selain biaya yang dikeluarkan untuk berlibur di pantai ini cukup murah, sarana prasarana, akomodasi, dan akses menuju lokasi ini cukup mudah. Secara administratif lokasi wisata ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Untuk menuju ke tempat ini pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika bertolak dari pusat kota. Untuk fasilitas yang disediakan oleh tempat ini sudah sangat memadahi. Mushola, fasilitas MCK, hingga pedagang makanan pun sudah tersedia di lokasi wisata ini. Dikawasan ini pengunjung dapat melihat keindahan sunset juga loh 😀 waah lengkap sekali yaa.. jangan lupa ajak keluarga anda berlibur di tempat ini, pasti akan sangat  menyenangkan.

  1. Pantai Umbul Waru

Wisata Pantai Umbul Waru di Blitar
Indahnya Pantai Umbul Waru di Blitar

Ingin menyaksikan keindahan panorama pantai dan keindahan air terjun sekaligus ? Hanya ada di Blitar. Pantai tersebut dinamai dengan Pantai Umbul Waru. Pantai-pantai milik Blitar menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik, mulai dari pasir putih, pasir hitam, bahkan pantai dengan air terjun juga ada di Kota ini. Blitar memang memiliki potensi wisata yang begitu menakjubkan. Keindahan alamnya sudah menghipnotis para wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara. Tak heran jika Blitar menjadikan sektor pariwisata sebagai penyokong pendapatan daerah.

Lokasi wisata yang sangat unik ini menjadi incaran para traveler untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Lokasi ini menawarkan pemandangan yang sangat jarang dijumpai. Keindahan air terjun di padukan dengan panorama lepas pantai yang sangat eksotis. Pasti sudah dapat dibayangkan bagaimana menakjubkannya obyek wisata ini. Pantai ini memiliki warna pasir putih kecoklatan dengan tebing-tebing curam disekelilingnya. Pantai Umbul Waru tidak begitu luas namun menghadirkan pemandangan yang sangat ciamik. Ombak di Pantai ini cukup besar terlebih ketika sedang pasang, pengunjung diharapkan agar berhati-hati dan menjaga keselamatan. Bagi anda penyuka tantangan, anda dapat memanjat tebing air terjun milik Pantai Umbul Waru ini, namun dengan syarat harus membawa perlengkapan sendiri loh yaa 😀

Akses menuju lokasi ini cukup sulit, pengunjung tidak dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun motor matic karena jalur yang dilalui full dengan bebatuan dan tanjakan. Fasiltas yang tersedia juga masih sangat minim, namun hal ini tak mengurangi keeksotisan panorama Pantai Umbul Waru. Jika ingin berkunjung kepantai ini datang saja langsung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

  1. Air Terjun Coban Wilis

Wisata Air Terjun Coban Wilis di Blitar

Lokasi wisata selanjutnya yang harus anda kunjungi ketika berada di Kota Blitar adalah Air Terjun Coban Wilis. Beberapa obyek wisata di Blitar memiliki nama yang sangat unik. Selaras dengan keunikan panorama alamnya. Air Terjun Coban Wilis merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun milik Blitar yang harus anda kunjungi. Air terjun ini terletak di hulu kali semut, masih di Kawasan Gunung Kelud.

Air Terjun Coban Wilis terdiri dari tiga rangkaian, dengan air terjun utama yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meterdan terletak pada hilir dari air terjun pertama dan air terjun kedua. Untuk air terjun kedua merupakan yang paling kecil sedangkan untuk air terjun yang pertama merupakan air terjun yang paling menarik karena air terjun ini bertingkat-tingkat. Untuk menuju ke lokasi ini pengunjung harus melalui medan yang sulit. Namun bagi penyuka tantangan hal itu tak mengurangi minat untuk mengunjungi Air Terjun Coban Wilis ini.

Untuk menuju ke kawasan ini dapat di tempuh dengan menggunakan dua jalur. Pertama pengunjung dapat melalui hilir dengan menyusuri Sungai Semut. Kedua, pengunjung dapat melalui jalur darat yakni melalui Kota Wlingi ke arah Utara. Jalan menuju lokasi ini cukup sempit dan berliku, oleh karena itu kami sarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja. Obyek wisata ini berlokasi di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

  1. Air Terjun Tirto Galuh

Wisata Air Terjun Tirto Galuh di Blitar
Air Terjun Tirto Galuh di Blitar yang Menakjubkan | Foto : reresepan.com

Obyek wisata pantai dan air terjun menjadi obyek wisata andalan bagi Kabupaten Blitar. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Kota Blitar memiliki potensi wisata yang sangat mengagumkan. Banyak Curug dan pantai terlahir di Kota ini. Bahkan potensi wisata milik Blitar ini masih banyak yang belum terjamah alias masih sangat alami. Beberapa lokasi wisata bahkan belum memiliki fasilitas yang memadahi. Namun hal itu tak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Blitar, Jawa Timur.

Kabupaten Blitar Jawa Timur memiliki banyak air terjun dengan berbagai macam karakteristik, salah satunya adalah Air Terjun Tirto galuh. Jalur menuju lokasi ini cukup mudah, jika anda bertolak dari Kota Blitar anda harus menuju ke arah Tambak Rejo. Kemudian di perempatan Desa Gawang ke arah kanan hingga anada menemui Monumen Trisula. Ikuti terus jalan tersebut hingga anda menemui pertigaan  yang terdapat penunjuk arah menuju Air Terjun Tirto galuh. Lokasi wisata ini tepatnya terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Air Terjun Tirto galuh merupakan tempat aliran air sungai dengan kondisi tebing yang lebar dan cukup curam. Bebatuan di tempat ini berbentuk seperti palung sehingga membentuk banyak aliran. Lokasi wisata ini disebut juga dengan Air Terjun Kedung Malang. Di kawasan ini banyak tempat yang dapat anda gunakan untuk bersantai menikmati keindahan dan gemricik aliran air terjun. Aliran air terjun Tirto Galuh tidak begitu besar sehingga pengunjung bisa berjalan kaki menuju ke hulu dari air terjun. Dari atas akan nampak pesona aliran yang memenuhi palung hingga membentuk kolam-kolam kecil. Disebelah kiri air terjun terdapat area Flying Fox dan juga tempat untuk berenang.

  1. Gua Embultuk

Wisata Gua Embultuk di Blitar

Blitar memiliki pesona alam yang sangat kaya, bahkan gua yang disebut-sebut sebagai salah satu gua terindah juga terdapat di Kabupaten ini. Gua Embultuk terletak di Desa Tupaktepuh, Kecamatan Bakung, kearah Selatan Kota Blitar. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Pusat Kota. Obyek wisata goa merupakan salah satu destinasi wisata paling diminati oleh para petualang. Keindahan stalagmit dan stalagtit yang ada di dalam gua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Gua Embultuk merupakan sebuah gua alam yang dipenuhi oleh keindahan stalagmit dan stalagtit dan meupakan salah satu gua terindah yang ada di Dunia. Keindahan Gua Embultuk terlihat dari dinding-dinding gua yang telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu. Goa ini memiliki panjang sekitar 1500 meter dengan luas dan tinggi sekitar kurang lebih 3 meter. Ketika memasuki gua ini pengunjung akan dimanjakan keindahan stalagmit sepanjang kurang lebih 1.5 kilometer. Suasana gemericik air di bawah tanah juga mengimbangi keindahan yang ditampilkan goa ini. Pengunjung akan terhipnotis akan keindahan dan keheningan yang diberikan oleh goa ini. Keindahan goa ini mampu menarik perhatian tuis lokal maupun turis asing sehingga pemerintah daerah semakin memperhatikan akses jalan dan fasilitas penunjang lainnya.

Demikian beberapa referensi wisata di Blitar yang dapat Wisatabagus.net sajikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berliburr 🙂 Simak terus update lokasi wisata menarik dan populer di Wisatabagus.net yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *