7 Tempat Wisata di Bengkulu paling Menarik Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Bengkulu

Tempat Wisata di Bengkulu – Sobat pasti tahu kan darimana Bunga Raflesia Arnoldi berasal? Bunga Raflesia atau yang lebih dikenal dengan Bunga Bangkai ini berasal dari Provinsi Bengkulu. Bunga yang memiliki ukuran jumbo dengan warna merah hati ini tumbuh subur di daerah ini.

Pada kesempatan ini kami akan mengupas tentang Provinsi Bengkulu dan juga sektor pariwisatanya. Provinsi yang terletak disebelah bagian barat daya Pulau Sumatera ini memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah.

Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dan beribukota di Bengkulu. Secara geografis wilayah ini berbatasan dengan Sumatera Barat di bagian Utara, Provinsi Lampung di bagian Selatan, Jambi dan Sumatera Selatan di bagian Timur dan Samudera Hindia di bagian Barat.

Total keseluruhan wilayah provinsi Bengkulu adalah sekitar 19.788,70 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk sekitar dua juta jiwa. Wilayah ini juga pernah dijadikan tempat pengasingan oleh Presiden Soekarno. Banyak sekali peninggalan yang saat ini dijadikan situs sejarah oleh pemerintah setempat.

Bengkulu memiliki iklim tropis hampir sama dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Dari bentuk wilayahnya, Bengkulu didominasi oleh wisata pantai dan juga danau. Banyak sekali pantai-pantai yang ciamik terlahir di daerah ini. Berikut adalah daftar wisata seru yang ada di Bengkulu yang tak boleh anda lewatkan.

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu paling Menarik Dikunjungi

  1. Benteng Marlborough

Wisata Benteng Marlborough Bengkulu

Salah satu tempat yang menjadi situs sejarah peninggalan Jepang adalah Benteng Marlborough. Benteng Marlborough menjadi bukti bahwa Inggris pernah menjajah Indonesia. Dahulu benteng ini dijadikan tempat pertahanan, saat ini kawasan ini telah beralih fungsi sebagai sebuah lokasi wisata yang cukup menarik. Benteng ini mampu menarik jumlah wisatawan yang cukup besar dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah terfavorit yang ada di Bengkulu.

Benteng Marlborough Bengkulu terletak di Pesisir Pantai Tapak Paderi. Bangunan ini dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Inggris pada tahun 1914 – 1917. Pembangunan ini memakan waktu kurang lebih empat tahun dibawah kepemimpinan Gubernur Jendral Josef Colin, seorang gubernur yang menjabat pada masa itu.

Benteng ini merupakan salah satu benteng terbesar dan terkuat yang dibangun oleh pemerintah Inggris. Lokasi dari obyek wisata ini sangatlah strategis, dibangun diatas bukit buatan yag menghadap ke arah Kota Bengkulu dengan memunggungi Samudera Hindia.

Dinamakan Benteng Marlborough karena diambil dari nama seorang Bangsawan Penjajah Inggris yang bernama Duke of Marlborough I. Pada masa itu Pemerintahan Inggris menduduki kawasan ini sekitar 25 tahun. Selain sebagai lokasi wisata, benteng ini juga dijadikan pusat penelitian sejarah.

Banyak sekali mitos yang diceritakan oleh pengunjung yang pernah datang kemari diantaranya adanya mahluk halus, suara langkah kaki, bau busuk dan juga dikatakan bahwa benteng ini merupakan pintu masuk yang menghubungkan ke alam ghaib. Namun itu semua kembali kepada masing-masing individu, mau mempercayai atau tidak. Nyatanya benteng ini merupakan bangunan peninggalan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Terletak di Pusat Kota Bengkulu, Benteng Marlborough memiliki akses yang sangat mudah untuk dijangkau. Lokasi ini dapat dilalui baik menggunakan jalur darat, laut, maupun udara. Sarana transportasi umum juga sudah sangat lengkap.

Jika sobat traveler bertolak dari Kota Bengkulu, sobat harus melalui Jalan Sudirman, kemudian Jalan Bencoolen. Di kawasan wisata ini sudah banyak tersedia penginapan dengan harga yang sangat bervariasi. Sobat hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang sobat miliki.

 

  1. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu

Bagi anda yang menyukai wisata budaya dan sejarah, anda wajib mengunjungi lokasi yang satu ini. Terletak di Jalan Pembangunan No.8, Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Provinsi Bengkulu. Lokasi wisata ini disebut dengan Museum Negeri Bengkulu. Museum Negeri Bengkulu menyimpan berbagai koleksi budaya dan sejarah peninggalan Provinsi Bengkulu.

Museum Negeri Bengkulu dibangun pada tahun 1978 namun baru difungsikan pada tanggal 3 Mei 1980. Banyak sekali benda peninggalan sejarah yang dipamerkan ditempat ini, diantaranya 126 koleksi naskah kuno yang berisi tentang pantun, sejarah dan wejangan.

Terdapat juga Kain tenun tradisional yang diberi nama dengan kain Besurek. Koleksi yang cukup menyita perhatian adalah Mesin pencetak Uang Merah buatan Amerika dengan merk Golden Press. Uang merah merupakan alat pembayaran yang sah dan khusus digunakan untuk wilayah Bengkulu.

Setidaknya ada sekitar 6000 koleksi milik Museum Negeri Bengkulu, koleksi tersebut terdiri dari koleksi Biologi, Koleksi Etnografi, Koleksi Arkeologi, Koleksi Historis, Koleksi Numismatika atau heraldika, Koleksi Fiologi, Koleksi Keramologi, Koleksi Senirupa, dan Koleksi Teknologi. Jika ingin berkunjung ke Museum Negeri Bengkulu anda dapat mengunjunginya kecuali hari senin dan hari libur nasional.

 

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Bengkulu

Jika berkunjung ke Bengkulu, anda tak boleh melewatkan obyek wisata yang satu ini. Lokasi wisata dengan panorama yang menakjubkan ini disebut dengan Pantai Pasir Panjang. Disebut demikian karena memang garis pantai ini memiliki panjang sekitar 7 kilometer.

Panorama alam yang disuguhkan Pantai Pasir Panjang sedikit berbeda dengan wisata pantai kebanyakan. Jika flora yang tumbuh dikawasan pantai biasanya berupa pohon kelapa ataupun mangrove, pada pantai ini ditumbuhi oleh pohon cemara dan pinus. Unik bukan ?

Keindahan panorama alam Pantai Pasir Panjang nampak dari pasir putih yang membentang. Ombak di pantai ini juga terbilang cukup jinak sehingga banyak sekali kegiatan yang dapat pengunjung lakukan. Aktivitas menarik yang dapat sobat lakukan antara lain berenang, bermain pasir, olahraga voly, berjemur dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena suasana pantai ini cukup baik ketika pagi dan sore hari, maka banyak sekali wisatawan yang melakukan olahraga jogging di pantai ini. Pada sore hari pengunjung dapat menyaksikan senja yang sangat indah.

Pantai Pasir Panjang memiliki lokasi yang cukup strategis karena jaraknya sangat dekat dengan Pusat Kota. Jarakanya hanya sekitar 3 kilometer dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit jika anda menggunakan kendaraan roda dua. Kelebihan lain dari Pantai Pasir Panjang adalah fasilitas dan wahana permainan yang disediakan sudah sangat lengkap. Yuk ajak keluarga anda untuk menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang.

 

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Wisata pantai selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Pantai Tapak Paderi karena lokasi wisata ini merupakan wisata terbaik di Bengkulu. Pantai Tapak Paderi memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pantai yang lainnya. Terdapat sebuah pelabuhan yang disebut dengan Tapak Paderi.

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang pertama yang ada di Bengkulu, sehingga pantai ini juga menjadi sebuah wisata sejarah yang cukup menarik. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung kemari untuk menikmati panorama alamnya.

Terletak di bersebelahan dengan pantai panjang, Pantai Tapak Paderi juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Kedua pesisir pantai ini membuat panorama pantai Bengkulu terlihat tak berujung. Berjalan-jalan di pinggiran pantai merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan karena kawasan ini memiliki pasir yang lembut dan landai.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam sembari menyantap hidangan laut berupa seafood dan jagung bakar yang banyak dijajakan oleh pedagang. Sama seperti di Pantai Panjang, disini sobat juga dapat berjemur, bermain air dan juga berenang.

Pantai Tapak Paderi merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat Bengkulu. Fasilitas dan akomodasi yang disediakan sudah sangat lengkap baik berupa penginapan ataupun fasilitas umum lainnya. Akses menuju lokasi ini juga sangat mudah sehingga sobat dapat melaluinya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sarana transportasi umum juga telah tersedia guna memudahan pengunjung.

 

  1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Bengkulu juga memiliki obyek wisata danau yang memiliki nama yang cukup unik yakni Danau Dendam Tak Sudah. Dinamakan demikian karena danau ini memiliki cerita yang juga menarik. Diceritkan adanya pembangunan dam oleh Pemerintah Kolonial Belanda, pembangunan bendungan ini dimaksudkan untuk menampung banjir.

Namun, hingga berakhirnya masa penjajahan, pembangunan bendungan ini tak kunjung usai sehingga masyarakat Bengkulu memiliki dendam yang tak berkesudahan dan kemudian ada yang mengaitkan dengan nama Dendam Tak Sudah.

Danau seluas 577 hektar ini diperkirakan terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Berapi yang terdapat disekitar wilayah ini. Sejak tahun 1936 Danau Dendam Tak Sudah dijadikan sebagai Cagar Alam. Beberapa flora endemik yang mendiami obyek wisata ini antara lain anggrek matahari, gelam, plawi, bunga bakung, brongsong, ambacang, terentang, rawa, dan pakis.

Sedangkan untuk fauna khasnya seperti kera ekor panjang, burung kutilang, lutung, python, siamang, siput, babi hutan dan beberpa ikan yang langka.

Danau Dendam Tak Sudah terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Bengkulu, Indonesia. Berbagai fasilitas umum sudah tersedia di lokasi ini. pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Bengkulu yang dijual di warung-warung. Bagi yang hobi memancing juga bisa menyalurkan hobinya dengan menaiki rakit ke tengah-tengah danau. Yuk berkunjung ke Danau Dendan Tak Sudah dan nikmati suasana alam yang sangat asri.

 

  1. Pulau Tikus

Pulau Tikus Bengkulu

Lokasi wisata selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Pulau Tikus. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata baghari yang sangat menarik dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar daerah. Keindahan wisata yang ada di Kota Bengkulu ini dikatakan sebagai surga kecil yang tersembunyi.

Luas wilayah Pulau Tikus kurang lebih sekitar 2 hektar yang didominasi oleh karang laut. Keanekaragaman hayati yang disuguhkan oleh pulau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Meskipun tidak terlalu luas pulau ini menyuguhkan berbagai macam kegiatan seperti bermain pasir, bermain air, dan juga berenang. Hal ini dikarenakan ombak milik pulau ini cukup jinak.

Pulau Tikus terkenal akan keindahan panorama bawah lautnya jadi bagi anda penggemar snorkeling sobat bisa melakukan wisata penyelaman di kawasan ini. Berbagai jenis terumbu karang serta ikan hias hidup dengan baik karena wilayahnya masih sangat alami. Jika sobat beruntung, sobat bisa menjumpai  penyu hijau dan penyu sisik.

Pulau Tikus berlokasi disebelah Barat Kota Bengkulu dengan jarak sekitar 10 kilometer. Untuk sampai ke Pulau ini sobat membutuhkan waktu sekitar 40 menit jika ditempuh dengan menggunakan speedboat. Namun jika menggunakan speedboat biaya yang dikeluarkan cukup besar, jadi kami sarankan agar pengunjung menggunakan perahu nelayan agar lebih menghemat biaya. Dengan resiko waktu perjalanannya yang agak lebih lama.

 

  1. Sungai Berau

Sungai Berau Bengkulu

Wisata bahari memang tak ada hentinya memberikan pengalaman yang mengesankan. Tak heran jika jenis wisata ini termasuk yang paling digemari, terutama bagi penyuka tantangan. Salah satu wisata bahari yang cukup diminati adalah wisata pengarungan. Di Bengkulu juga terdapat obyek wisata yang mampu memuaskan hasrat adventure anda yakni pengarungan yang ada di Sungai Berau.

Sungai Berau berlokasi di bantaran Jalan Lalu Lintas Barat, sekitar 30 kilometer dari Kota Mukomulyo. Karena debit airnya yang memiliki level yang berbeda-beda, sungai ini sangat cocok digunakan sebagai wisata pengarungan baik untuk pemula maupun untuk pengunjung yang sudah profesional.

Panorama alam yang disuguhkan begitu memikat, nuansanya sangat asri dan segar. Sungai ini memilili air yang sangat jernih sehingga mampu memanjakan mata anda. Beberapa sepesies ikan juga tinggal dan berkembang biak di Sungai Berau. Saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu tengah gencar mempromosikan obyek wisata ini agar dapat menjadi salah satu wisata andalan.

Suasana alam yang mendukung dan kondisinya yang masih sangat alami berpotensi menjadi obyek wisata yang terkenal. Tak ada salahnya kan kita sebagai warga negaa ikut mengekplore keindahan Sungai Berau agar semakin dikenal luas oleh wisatawan.

Provinsi Bengkulu memiliki potensi wisata yang sangat beragam sehingga mampu bersaing dengan obyek wisata yang ada diwilayah lain. Sayangnya kawasan wisata yang terdapat di Bengkulu berlum terekspose dengan baik sehingga lokasi-lokasi wisata di daerah ini belum  mampu menyedot jumlah wisatawan yang cukup besar. Yuk visit Bengkulu dan explore keindahan panorama alamnya.

Wisata lainnya :

Demikian wisata di Bengkulu yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan. Simak terus info wisata terbaik hanya di Wisatabagus.net yaa.. Karena kami akan terus menyajikan informasi terbaru dan paling ngehits dari berbagai daerah khusus untuk sobat traveler. See You Soon 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *