Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur

Posted on

Siapa yang tak kenal dengan obyek wsata Kawah Ijen ? Pasti kalian juga sudah sering mendengar tentang keindahan obyek wisata yang satu ini. Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Banyuwangi. Keindahanya bahkan sudah mendunia loh guys. Nah, di Banyuwangi tak hanya Kawah Ijen saja yang menjadi destinasi wisata terfavorit, masih banyak obyek wisata yang lain yang tak kalah menarik. Yuk simak saja langsung mengenai salah satu Kabupaten milik Jawa Timur ini.

Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di paling Timur Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo dibagian Utara, Samudera Hindia di Selatan serta Kabupaten Jember, Selat Bali di Timur dan Kabupaten Bondowoso di Bagian Barat. Dengan luas wilayah 5.782,50 km2 menjadikan Kabupaten Bayuwangi menjadi Kabuaten terluas di Jawa Timur sekaligus wilayah terluas di Pulau Jawa. Secara administratif Kabupaten Banyuwangi terdiri atas 24 kecamatan yang terbagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

Wilayah Kabupaten Banyuwangi cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Pada kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso terdapat dataran tinggi ijen dengan puncaknya Gunung Raung dan Gunung merapi. Bagian selatan terdapat perkebunan peninggalan sejak zaman Hindia Belanda. Sedangkan untuk perbatasan Kabupaten Jember bagian selatan merupakan kawasan konservasi yang kini disebut dnegan Taman Nasional Meru Betiri. Pada Semenanjung Blambangan juga terdapat cagar alam yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Nah untuk wilayah perairan dan pantainya, Banyuwangi memiliki wilayah pantai yang merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur yakni Pantai Timur Banyuwangi (Selat Bali). Keberagaman ini menjadikan Banyuwangi memiliki potensi wisata yang menarik. Berikut adalah daftar wisata di Banyuwangi yang kami rangkumkan khusus untuk sobat traveler 🙂

Wisata lain : Daftar Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Bagus

  1. Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Tempat Wisata kawah ijen banyuwangi
Indahnya Wisata kawah ijen banyuwangi | Foto : banyuwangibagus.com

Destinasi wisata terfavorit di Banyuwangi yang wajib anda kunjungi adalah Kawah Ijen. Karena keindahan panorama alamnya kawah ijen ini menjadi magnet bagi para wisatawan. Kawasan wisata ini tak pernah sepi pengunjung baik pada hari libur maupun ketika hari kerja. Bahkan ketika moment-moment tertentu seperti tahun baru lokasi wisata ini memiliki jumlah pengunjung hingga ribuan orang. Kawah Ijen memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Bahkan api biru milik Kawah Ijen hanya ada dua di dunia. Waah pasti sangat menarik yaa 🙂

Kawah Ijen merupakan danau yang terletak di Gunung Ijen. Danau ini terbentuk akibat proses letusan Gunung Ijen yang kemudian kawah ini dipenuhi oleh air dan membentuk kawah yang sangat menakjubkan. Hal yang paling menarik dari lokasi wisata ini adalah keberadaan Kaldera yang disebut-sebut sebagai Kaldera terluas di Pulau Jawa dengan diameter 6 km . Kawah Ijen ini memiliki ukuran 960 x 600 m dengan kedalaman 200 m. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding Kaldera. Obyek wisata ini merupakan kawah terbesar dan terasam di Dunia dan memiliki tingkat keasaman hingga mendekati nol.

Lokasi wisata Kawah Ijen termasuk dalam Kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang memiliki luas 2.560 hektar. Jika ingin berkunjung lokasi wisata yang sangat ciamik ini, anda dapat datang langsung ke Puncak Gunung Ijen yang berada di Wilayah Kecamatan Licik, Perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Keindahan Kawah Ijen terlihat dari birunya air danau dengan kabut dan asap belerang yang sangat mempesona. Panorama alam ijen tak hanya terlihat mempesona ketika siang hari namun juga sangat indah ketika malam hari. Dikawasan Kawah Ijen banyak juga ditumbuhi tanaman khas dataran tinggi seperti bunga Edelwis dan Cemara Gunung.

  1. Pantai Watu Dodol

Wisata Pantai Watu Dodol di Banyuwangi
Indahnya Sunset di Pantai Watu Dodol Banyuwangi | Foto : matajatim.com

Banyumas memiliki obyek wisata pantai yang sayang untuk di lewatkan. Letak pantai ini pun sangat strategis yakni di Jalur Poros Pantura sehingga membuat lokasi wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Pantai yang disebut dengan Pantai Watu Dodol ini berada pada wilayah administratif Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Pusat Kota Banyuwangi dan 2 kilometer dari pelabuhan Ketapang . Karena lokasi nya yang sangat strategis, pantai ini sudah tentu memiliki akses yang sangat mudah baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Di beri nama Pantai Watu Dodol karena merujuk pada Batu Besar yang terdapat di tengah jalan dan menjadi tanda dari keberadaan pantai ini.  Batu besar ini memiliki tinggi 6 meter yang berlokasi tepat di antara kedua ruas jalan raya. Sedangkan untuk Dodol adalah nama sejenis makanan khas Banyuwangi, kemudian dari kombinasi tersebut pantai ini diberi nama Pantai Watu Dodol. Menurut masyarakat setempat, Konon Batu ini juga memiliki cerita mistis loh guys 😀 Batu ini ditinggali oleh mahluk-mahluk ghaib dan menjadi pintu mauk menuju ke Pantai Selatan. hihi Jangan percayaa yaa 🙂

Jika air pantai biasanya terasa asin, namun pada Pantai Watu Dodol terdapat sumber mata air tawar yang berdekatan langsung dengan bibir pantai. Pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan pantai dari sebuah bukit yang terletak di seberang jalan. Dari bukit ini panorama alam Pantai Watu Dodol akan nampak lebih indah. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat Pulau Bali. Keunikan lain dari Pantai Watu Dodol adalah adanya 2 banker yang dahulu dijadikan persembunyian ataupun pertahanan pada masa pendudukan Jepang. Fasilitas dan akomodasi di wisata Pantai Watu Dodol  sudah sangat lengkap. Hotel dan motel juga sudag banyak tersedia di kawasan ini.

  1. Teluk Hijau Banyuwangi

Wisata Teluk Hijau Banyuwangi
Indahnya Teluk Hijau Banyuwangi | Foto : banyuwangibagus.com

Masih ada lagi surga tersembunyi milik Banyuwangi yang wajib kita explore keindahanya yakni Teluk Hijau. Teluk Hijau merupakan obyek wisata pantai yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional meru Betiri, Sarongan, Pesarongan, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Akses menuju lokasi wisata ini cukup sulit dan membutuhkan perjuangan. Namun anda akan merasa takjub akan keindahan dari Teluk Hijau. Apasih kelebihan dari Teluk Hijau dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Teluk Hijau disebut juga Green Bay merupakan obyek wisata yang tak begitu dikenal pada awalnya, namun seiring berjalanya waktu nama Teluk Hijau mulai dikenal karena pesonanya. Sesuai dengan namanya, air pantai ini berwarna hijau jika dilihat dari kejauhan, ini disebabkan oleh tumbuhan ganggang yang hidup didasar laut. Selain warnanya yang hijau, pasir milik pantai inipun begitu lembut sehingga membuat anda merasa nyaman ketika bermain di bibir pantai. Panorama alam yang sangat asri dan masih beum terjamah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain keindahan pesona pantainya, Teluk Hijau juga memiliki air terjun setinggi 8 meter yag disebut-sebut sebagai tempat mandinya para bidadari. Jika berkunjung pada musim hujan, biasanya akan muncul pelangi disekitaran curug. Waaah pasti sangat menakjubkan yaa 🙂 Untuk menuju lokasi wisata yang sangat menakjubkan ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi. Kemudian dapat ditempuh memalui jalur darat maupun jalur laut. Jika ke Banyuwangi jangan lupa mampir ke Teluk Hijau yaa 🙂

  1. Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Indahnya Pantai Pulau Merah Banyuwangi | Foto : initempatwisata.com

Karena letaknya yang berada di paling Timur Pulau Jawa, tak heran jika Banyuwangi memiliki obyek wisata pantai yang begitu eksotis. Pantai-pantai milik Banyuwangi ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Dari Pantai Watu Dodol dengan ciri khas batunya yag besar dan bukit-bukit yang indah. Kemudian Pantai Teluk Hijau dengan airnya yang berwarna hijau dan keindahan curugnya yang mempesona dan masih banyak lagi pantai-pantai yang lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah ini berlokasi di Desa Sumber Agung, Kec.  Pesanggaran, Kab. banyuwangi, Jawa Timur.

Keunikan dari Pantai Pulau Merah adalah adanya gunung kecil yang berada ditengah pantai yang warna tanahnya berwarna merah. Pada saat pasang surut pengunjung dapat berjalan kaki menikmati tanah merah yang ada dipantai ini. Ada yang menyebutkan bahwa dinamakan Pantai Pulau Merah karena warna bebatuan yang berada di pinggiran pantai ini memiliki warna merah seperti tanah yang ada di gunung kecil tersebut. Karena sebenarnya nama pantai ini disebut dengan Pantai Ringin Pitu namun saat ini lebih dikenal dengan Pantai Pulau Merah.

Kelebihan lain dari Pantai Pulau Merah adalah ombaknya yang cukup besar sehingga sangat diminati oleh para pecinta olahraga surfing. Pada waktu-waktu tertentu pantai ini banyak dikunjungi oleh turis asing untuk berselancar. Suasana pantai yang sejuk, diimbangi dengan panorama alam yang begitu indah dengan jajaran pegunungan melengkapi keeksotisan Pantai Pulau Merah. Jika ingin menyaksikan keindahan pantai dengan karakteristik yang kuat Pantai Pulau Merah layak anda masukan ke dalam daftar wisata anda.

  1. Pantai Plekung Banyuwangi

Wisata Pantai Plekung Banyuwangi
Indahnya Pantai Plekung Banyuwangi | Foto : Utiket.com

Masih di Banyuwangi, wisata alam yang menyuguhkan panorama keindahan pantai dan serba-serbinya. Pantai-pantai di Banyuwangi menjadi obyek wisata andalan karena keeksotisanya. Jika membicarakan wisata pantai pasti tak akan ada habisnya, karena masing-masing lokasi wisata menyuguhkan keunikan yang berbeda hingga kita menjadi bingung untuk menentukan destinasi wisata pantai yang mana yang harus dikunjungi. Nah bagi anda pecinta surfing, kami akan menyarankan Pantai Plekung sebagai destinasi wisata anda. Mengapa Pantai Plekung?

Pantai Plekung atau yang lebih dikenal dengan G-Land ini berlokasi di bagian tenggara Pulau Jawa, berada dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga Pantai Plekung termasuk pantai yang memiliki ombak besar. Ombak besar ini dihasilka oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari selatan antartika. Pantai Plekung juga terketak pada sisi timur Teluk Grajakan, oleh karena itu pada sisi kanan ombak lebih dominan.

Untuk olahraga surfing atau selancar, ombak memang faktor utama yang perlu dipertimbangkan dan di Pantai Plekung memiliki ombak yang sangat ideal bagi pecinta surfing. Bahkan ombak-ombak di Pantai Plekung memiliki julukan The Sevent Giant Waves Wonder. Hal ini dikarenakan ombak di sini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai enam meter. Ombak di tempat wisata ini juga disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Meskipun pantai ini memiliki ombak yang bagus sepanjang tahun namun saat-saat terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini adalah bulan Juli hingga bulan September.

Kegiatan utama yang paling menarik dari Pantai Plekung adalah olahraga surfingnya, namun jika anda tidak ingin bermain selancar di pantai ini, anda dapat berjalan-jalan di pinggiran pantai sembari menikmati panorama pantai yang indah. Keindahan dari Pantai plekung adalah hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna kebiruan serta gelombang yag tak pernah putus. Di sekitaran kawasan ini juga terdapat rumah panggung yang dapat kita gunakan untuk tempat beristirahat sembari menyaksikan kelincahan para surfer yang sedang meliuk-liuk diatas ombak dan papan selancarnya.

  1. Air Terjun Kalibendo

Wisata Air Terjun Kalibendo di Banyuwangi
Segarnya Air Terjun Kalibendo di Banyuwangi | Foto : Unic77.com

Kabupaten Banyuwangi berbatasan langsung dengan  Samudera Hindia oleh karena itu banyak menyuguhkan wisata pantai. Namun jangan salah yaa sobat, Banyuwangi juga memiliki obyek wisata lain yang tak kalah menarik yakni obyek wisata air terjun. Obyek wisata air terjun memang menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan suasana  yang damai.  Bagi para petualang pun lokasi ini menjadi lokasi yang terfavorit karena jika mengunjungi air terjun pengunjung biasanya harus berjuang terlebih dahulu untuk sampai ke lokasi. Hal-hal tersebut yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi para traveler.

Air terjun milik Kabupaten Banyuwangi ini disebut dengan Air Terjun Kalibendo. Letaknya di Desa Kampung Glagah, Kabupaten Banyuwangi dan masih termasuk dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo dimana juga terdapat perkebunan cengkeh, perkebunan karet dan perkebunan kopi. Kawasan Agro Wisata Kalibendo ini berada di kaki Gunung Ijen. Karena letaknya yang berada di kaki gunung, otomatis suasana disekitar kawasan ini sangat sejuk dan asri. Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena disekeliling tempat ini terdapat nuansa hijau dari pepohonan yang tumbuh disekitarnya.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Banyuwangi dan untuk sampai ke lokasi ini pengunjung harus melalui jalan setapak dan sungai. Sungai-sungai yang dilalui masih nampak begitu jernih. Rute yang dilalui menuju air terjun cukup berliku dan naik turun sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

  1. Air Terjun Lider

Wisata Air Terjun Lider di banyuwangi
Menikmati Air Terjun Lider di Banyuwangi

Obyek wisata air terjun yang selanjutnya adalah Air Terjun Lider. Letaknya masih di Banyuwangi tepatnya berlokasi di Hutan Lindung Petak 74, Blok Lider, di lereng Timur Gunung Raung di Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH)  Jambewangi. Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Sekitar 45 kilometer dari Banyuawang.

Untuk akses menuju Air Terjun Lider dapat ditempuh melalui dua jalur. Jalan pertama melalui Desa jambewangi, Kecamatan Sempu sepanjang 15 kilometer. Untuk alternatif kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon dengan jarak sekitar 8 kilometer dari perkampungan warga. Akses menuju lokasi cukup menantang dengan kondisi jalan yang rusak parah dan tidak beraspal. Terlebih ketika musim hujan tiba, pengunjung harus berjuang untuk menuju lokasi ini. Pengunjung pula harus melewati tujuh sungai dan memasuki kawasan hutan lindung. Namun ini bukan menjadi alasan kan untuk tidak menikmati keindahan dari Air Terjun Lider ?

Keindahan Air Terjun Lider terletak pada tingginya tebing tempat air terjun ini mengalir dan jatuh. Tinggi tebing tersebut sekitar 60 meter dan sekitar 1.300 meter diatas permukaan laut. Aliran air terjun ini cukup deras yang sumbernya berasal dari mata air pegunungan. Disisi air terjun terdapat 4 aliran air terjun yag lain yang tidak terlalu besar dan masih termasuk kedalam bagian Air Terjun Lider. Keeksotisan Air Terjun Lider nampak dari dinding tebing yang rata dan terlihat menggantung yang menghimpit air terjun tersebut. Dengan keindahan tersebut Air Terjun Lider dijuluki sebagai air terjun terbaik dan tertinggi di Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi merupakan daerah yang wilayahnya cukup luas dan sangat strategis. Karena lataknya yang berada di paling timur dan berbatasan dengan Samudera Hindia, Banyuwangi memiliki potensi wisata berupa lepas pantai yang sangat kaya dah beragam. Keeksotisanya pun sudah terdengar hingga ke mancanegara.

Demikian beberapa daftar wisata di Banyuwangi yang kami sarankan untuk sobat traveler. Semoga perjalanan anda berkesan yaa 🙂 Simak terus update informasi wisata yang terbaru dan terpopuler hanya di Wisatabagus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *