Tempat Wisata di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Banyumas Terbaru – Hai sobat traveler bagaimana liburan anda? Pasti menyenangkan yaa :). Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas tentang wisata di Jombang, Jawa Timur. Nah sekarang jalan-jalan ke Banyumas yuk ! Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini juga memiliki potensi loh dari segi wisatanya. Kalo masih nggak percaya, yuk langsung saja kita simak pengulasanya berikut ini.

Jika dilihat dari letak Geografisnya, Banyumas berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di Utara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di bagian Timur, serta Kabupaten Cilacap di Sebelah Selatan dan Barat. Kota yang memiliki jumlah penduduk sekitar lebih dari satu setengah juta jiwa ini memiliki luas wilayah 132.759,56 hektar. Sedangkan jika dilihat dari sisi Morfologinya Kabupaten Banyumas memiliki strukur pegunungan, dataran tinggi dan lembah. Sebagian lembah diantaranya di Sungai Serayu daerah pegunungan terletak di Gunung Slamet.

Secara administratif Banyumas terdiri atas 27 kecamatan, yang masih dibagi lagi adalam 301 desa dan 30 kelurahan. Kaupaten ini beribukota di Purwokerto. Banyumas memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari wilayah kabupaten lainnya yang ada di Jawa. Keunikan Banyumas terliat dari segi budayanya. Beberapa seni dan budaya milik Banyumas adalah Wayang Kulit, Begalang, Calung, Kenthongan, Sholawatan Jawa, Bongkel, Lengger, Sintreng, Aksimuda, Angguk, Aplang, Ebeg, dan Buncis. Nah jika dilihat dari segi pariwisatanya Kabupaten Banyumas memiliki potensi wisata andalan berupa air terjun, goa, dan pegunungan. Berikut ini adalah daftar wisata di Banyumas yang kami rangkum dari berbagai sumber guna memperkaya wawasan wisata anda yaa sobb 🙂

Tempat Wisata di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

  1. Baturaden

Wisata Baturaden Banyumas Jawa Tengah
Indahnya Baturaden di Banymas Jawa Tengah | Foto : log.viva.co.id

Pasti sobat sudah tidak asing lagi kan mendengar kata Baturaden? Obyek wisata ini ternyata terletak di Banyumas loh guys 🙂 . Lokasi tepatnya berada di sebelah utara Kota Purwokerto tepat di sebelah selatan Gunung Slamet. Karena letaknya di lereng gunung tentu saja suasana di kawasan ini sangatlah sejuk dan bahkan cenderung dingin ketika malam hari. Daerah Baturaden merupakan obyek wisata di banyumas yang paling sering dikunjungi  atau bisa dibilang terfavorit. Lokawisata ini tak hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal saja, wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Baturaden merupakan obyek wisata yang ramai dikunjungi tak hanya ketika waktu liburan atau akhir pekan saja, untuk hari-hari biasa juga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokawisata Baturaden menawarkan memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap sehingga wisatawan berbondong-bondong kemari untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Untuk menuju ke lokasi ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak dari Purwokerto hanya sekitar 15 kilometer. Jalan menuju lokasi ini tidak terlalu padat sehingga pengunjung tidak perlu khawatir terjebak macet. Namun pengunjung harus berhati-hati karena rute yang dilalui menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.

Lokawisata Baturaden memiliki panorama yang indah dan memiliki berbagai macam jenis wisata yang sangat lengkap. Beberapa obyek wisata yag terletak pada Kawasan Lokawisata Baturaden antara lain Pancuran Pitu Baturaden, Pancuran Telu, Bumi Perkemahan, Kaloka Widya Mandala, Pemandian Air Panas, Curug Ceheng, Wahana Wisata Lembah Combong. Telaga Sunyi dan masih banyak lagi. Dari Baturaden pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, dan juga beberapa pantai indah yang ada di Kota Cilacap. Kelebihan lain dari lokawisata Baturaden adalah adanya beragam wisata seni dan budaya seperti   Siapa yang tak ingin mengunjungi kawasan wisata yang sudah sangat lengkap fasilitas, akomodasi serta ditunjang oleh berbagai macam obyek wisata yang menarik? 😀

  1. Bukit Tranggulasih

Wisata Bukit Tranggulasih di Banyumas
Sunrise di Bukit Tranggulasih Banyumas

Obyek wisata perbukitan memiliki panorama dan view yang khas. Kelebihan lain dari wisata perbukitan adalah lebih mudah dijangkau dan tak membutuhkan persiapan yang ribet seperti misalnya pada wisata pegunungan dan goa. Disini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah tanpa harus menghabiskan banyak energi. Dataran tinggi dan perbukitan menjadi potensi wisata yang menarik jika dikembangkan dengan baik. Karena sebagian besar daerah di Banyumas merupakan dataran tinggi, pemerintah Kabupaten ini juga tak mau menyia-nyiakan potensi wisata yang dimilikinya. Dataran tinggi dan perbukitan ini kemudian dinamakan dengan Bukit Tranggulasih.

Bukit Tranggulasih terletak di Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng Banyumas, Jawa Tengah. Selain memiliki panorama yang indah Bukit Tranggulasih juga tak jauh keberadaanya dari pusat kota, hanya 15 kilometer saja 😀 waah dekat bukan? Untuk menuju ke daerah ini pengunjung dapat melalui dua jalur, jalur pertama melalui Desa Kedungbanteng ke arah utawa melewati gerbang masuk Curug Gomblang atau melalui jalur kedua dari pintu masuk Curug Bayan Baturaden. Untuk menikmati keindahan panorama di Bukit Tranggulasih pengunjung hanya dikenai retribusi sebesar Rp.3000,- .

Karena letaknya yang masih di Kaki Gunung Slamet, suasana di kawasan ini juga sangat sejuk dan asri. Meskipun terletak tak jauh dari Pusat Kota namun udara dikawasan ini sangat segar. Ingin menikmati suasana dan panorama alam dengan waktu yang cukup lama? pengunjung dapat mendirikan camping di kawasan ini.  Di bukit ini pula wisatawan dapat  menyaksikan  sunrise dan sunset yang sangat indah. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin melepaskan penat, karena setibanya di Bukit Tranggulasih pengunjung akan langsung merasakan senasi kenyamanan dan ketenangan. Tempat ini juga tak hanya cocok untuk kalangan muda saja 🙂 Jadi bagi keluarga yang sedang merencanakan liburan, anda dapat mengunjungi tempat yang satu ini.

  1. Telaga Sunyi

Wisata Telaga Sunyi di Banyumas

Sebagian besar alasan orang berlibur adalah karena ingin menghilangkan penat, mencari ketenangan dan melupakan sejenak rutinitas yang melelahkan. Di Kabupaten Banyumas terdapat lokasi wisata yang dapat mengerti keinginan anda. Oleh warga setempat lokasi ini disebut dengan Talaga Sunyi. Dari namanya saja anda sudah dapat membayangkan bagaimana situasi di tempat wisata ini. Di sini pengunjung akan merasakan kedamaian dan ketenangan.

Telaga Sunyi berjarak sekitar 2.8 kilometer dari lokawisata Baturaden. Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda dua, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Tempat ini sangat cocok untuk digunakan melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari. Talaga Sunyi menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Nuansa alam yang hijau sejuh dan air dingin yang sangat segar. Untuk menikmati keindahan Talaga Sunyi, pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp.10.000,-

Dilokasi ini juga telah tersedia tempat bilas atau ganti bagi anda yang ingin bermain-main dengan air Talaga Sunyi. Fasilitas mushola juga telah dibangun di lokasi wisata ini. Namun untuk penjual makanan masih belum banyak, jadi pastikan anda membawa bekal yag cukup yaa gengs. Tempat rekreasi yang memiliki view elegan ini terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jika berkunjung ke Banyumas jangan lupa tambahkan Talaga Sunyi ke dalam list kunjungan anda yaa 🙂

  1. Curug Talang

Wisata Curug Talang di Banyumas

Jika kita mendengar kata air terjun atau curug, pasti yang kita bayangkan adalah air yang terjun bebas dari tebing yang sangat tinggi. Namun salah satu curug yang berada di Banyumas ini menyajikan keindahan yang berbeda dari biasanya. Ketinggian milik curug ini hanyalah 13 meter. Jadi apasaja yaa karakterisktik dari Curug yang satu ini ? Yuk langsung kita ulas saja keindahan panorama Curug Talang.

Curug Talang berlokasi di Desa Gandapata, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak 15 kilometer di ujung dari Kota Purwokerto membuat lokasi ini memiliki akses yang tak begitu sulit. Jika bertolak dari Kota Purwokerto dengan kendaraan pribadi, pengunjung harus mengambil arah ke  Subang dengan melewati kawasan wisata Baturaden. Kondisi jalan didaerah ini sudah beraspal dan lumayan bagus. Lokasi ini juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum dengan rute yang sama yakni menuju Subang dan Limpakuwus.

Obyek wisata ini sudah menyediakan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Area parkir yang disediakan oleh  kawasan ini cukup luas, fasilitas MCK pun telah disediakan. Jika ingin mendirikan kemah atau camping bersama teman-teman, pengunjung juga dapat melakukanny di lokasi ini. Karena di lokasi ini terdapat bumi perkemahan yang dapat pengunjung gunakan untuk menikmati panorama alam yang ada dilokasi ini. Pengunjung akan dikenai biaya tak lebih dari Rp.10.000,- untuk ticket masuk, parkir, bahkan sudah termasuk biaya asuransi. Waaah murah sekali bukan? Kapan lagi berwisata murah namun menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Yuk ekplore Banyumas sekarang juga 🙂

  1. Curug Abang

Wisata Curug Abang di Baturaden Banyumas

Di Indonesia memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan negara lain. Beberapa potensi wisata di Indonesia adalah pengunungan dan air terjun, terutama jika daerah-daerah tersebut berada pada daratan tinggi. Bagi penggemar film Korea kalian pasti pernah melihat lokasi obyek wisata air terjun di salah satu film yang berjudul “It’s Okay, That’s Love” yang dibintangi oleh aktor kawakan Jo-Ing Sung dan Gong Hyo-Jin. Slah satu sin adegan romatis dari film ini diambil di lokasi air terjun dan ternyata di Indonesia ada lokasi air terjun yang hampir mirip dengan yang ada di film tersebut. Air terjun tersebut disebut dengan Curug Abang. Penasaran kan ? atau tidak percaya? langsung saja cek di Google yaa 😀

Curug Abang terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Curung ini memiliki ketinggian sekitar 10 sampai 15 meter. Keindahan Curug Abang terletak pada pesona air terjun dan keeksotisan panorama alam disekelilingnya. Pemandangan disekeliling Curug Abang nampak begitu hijau ditambah suasananya sangat asri dan sejuk, inilah yang menjadi daya tarik dari Obyek wisata asal Banyumas ini. Kawasan wisata ini tak hanya ramai dikunjungi ketika waktu liburan saja, pada hari-hari biasa pun kawasan wisata ini sangat ramai oleh wisatawan. Dikawasan wisata ini pengunjung dapat mandi dengan sejuknya air milik Curug Abang. Bagi anda yang memiliki hobby memancing anda pula dapat menyalurkan hobby anda di lokasi ini loh 😀

Agar dapat sampai ke lokasi wisata ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Akses menuju lokasi ini tidaklah sulit, pengunjung dapat menggunakan applikasi Google Maps, pastikan GPS anda aktif yaa 🙂 . Fasilitas yang ditawarkan oleh Curug Abang juga sudah lengkap. Di Curug Abang sudah tersedia penginapan, area parkir, fasilitas MCK dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

  1. Gardu Pandang

Wisata Gardu Pandang di Puncak Purwokerto Banyumas

Gardu Pandang merupakan lokasi wisata yang masih berada di kawasan  wisata Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah. Keindahan panorama alam di Gardu Pandang Baturaden hampir mirip dengan Puncak Surloyo di Yogyakarta. Lokasi wisata ini menyuguhkan keindahan alam dari ketinggian. Suasana yang disuguhkan oleh kawasan ini sangat sejuk sehingga membuat pengunjung merasa betah berlama-lama dilokasi ini. Gardu Pandang Baturaden ini merupakan spot yang sangat menarik, tak heran jika wisatawan lokal maupun asing menjadikan lokasi ini menjadi obyek wisata favorit mereka.

Dari lokasi ini pengunjung dapat melihat keindahan perumahan dari wilayah Rempoah, banteran, Sumbang, dan Purwokerto bagian Utara. Gardu Pandang memiliki panorama yang lepas ke wilayah pemukiman di kaki Gunung Slamet. Kelebihan dari lokasi wisata ini adalah banyaknya pohon damar yang tumbuh membuat suasana disini menjadi sangat hijau. Pada sore hari panorama Gardu Pandang Baturaden ini akan nampak lebih mempesona. Karena pada sore hari dikawasan ini pengunjung dapat melihat gemerlap lampu-lampu di kejauhan. Bagaimana sobat? tertarik mengunjungi lokasi wisata ini?

  1. Curug Bayan

Wisata Curug Bayan di Banyumas

Banyumas terkenal akan keindahan curugnya. Banyak curug yang indah terlahir di Kabupaten ini. Beberapa Curug milik Banyumas antara lain Curug Gede, Curug Ceheng Curug Belot, Curug Gomblang Curug Gumawang, Curug Bayan dan masih banyak yang lainnya. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas salah satu Curug yang memiliki keindahan yang sangat mempesona. Curug ini dinamai dengan Curug Bayan, Curug yang disebut-sebut curug terpendek ini memiliki pesona yang khas.

Curug Bayan terletak sekitar 3 km dari Lokawisata Baturaden. Air terjun milik Banyumas ini memiliki tinggi 7 meter dengan luas area kolam sekitar 200-300 meter persegi dengan kedalaman 2 hingga 3 meter. Dikolam ini pengunjung biasanya digunakan untuk berenang dan mandi. Curug Bayan menawarkan pemandangan yang sangat mempesona dengan air yang sangat sejuk dan bersih. Dikawasan ini juga terdapat villa yang di bangun diatas Sungai Banjaran. Bangunan ini nampak begitu indah dan mempesona.

Obyek wisata ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah. Untuk sampai ke lokasi wisata ini pengunjung dapat harus menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum belum tersedia di wilayah ini. Jika ingin menggunakan jalur alternatife pengunjung dapat melalui Kedung Banteng kemudian melanjutkan ke Baturaden. Kondisi jalan dilokasi ini cukup baik namun sangat sempit jadi pengunjung harus lebih berhati-hati karena jalur ini agak sulit jika berpapasan dengan kendaraan lain. Pasti anda sangat penasaran dengan keindahan curug yang satu ini kan?

Banyumas ternyata memiliki panorama alam yang mempesona baik dari dataran tinggi, maupun curug-curugnya. Kota yang terletak di Jawa tengah ini memiliki potensi wisata yang masih sangat alami, dan banyak yang belum terjamah. Hal inilah yang menjadikan kawasan wisata ini sangat menarik bagi wisatawan. Karena banyaknya obyek wisata di Banyumas yang masih belum terekplore, ini menjadi tugas kita bersama untuk menjadikan potensi-potensi wisata milik Banyumas ini menjadi mendunia 🙂

Demikian daftar wisata di Bayumas yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi ini berkenan bagi anda yang tengah memilah-milah daftar wisata yang paling menarik. Simak terus update nya di Wisatabagus.net yaa.. Selamat berliburr 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *