Daftar Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Populer !

Posted on

Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru – Pada artikel sebelumnya Wisatabagus.net telah mengulas mengenai wisata di Lumajang, Jawa Timur. Yuk bergeser ke wisata yang ada di Jawa Tengah. Wisata yang ada di Pulau Jawa bayak menawarkan wisata alam berupa dataran tinggi. Salah satu obyek wisata yang terkenal di Jawa Tengah adalah dataran tinggi Dieng yang letaknya di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Meskipun tak seterkenal wisata di Jawa Barat, namun faktanya wisata di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Banjarnegara juga memiliki potensi yang cukup bagus. Karena letaknya didataran tinggi, sudah tentu daerah ini juga memiliki potensi wisata berupa dataran tinggi.  Yuk langsung saja berkenalan dengan Kabupaten atau Kota yang satu ini.

Banjarnegara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya di Banjarnegara. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 106.970.997 hektar atau sekitar 3.10 % dari seluruh luas Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara terdiri atas 20 kecamatan  yag terbagi dalam 226 desa dan 12 kelurahan.

Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di sebelah Utara, Kabupaten Wonosob di bagian Timur, Kabupaten Kebumen di bagian Selatan serta Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purnbalingga di sebelah Barat. Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa Banjarnegara merupakan daerah berupa dataran tinggi, dan topogafi diwilayah ini berada di ketinggian antara 100 sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut.

Berdasarkan bentang alam dan letak geografisnya,  kabupaten ini dibagi dalam 3 bagian yaitu : Zona Utara meliputi kawasan pegunungan yang merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng dan Pegunungan Serayu Utara. Zona ini memiliki relief yang curam dan bergelombang. Bagian kedua yakni Zona Tengah yang merupakan zona Depresi Serayu yang cukup subur.

Kemudian zona yang terakhir adalah Zona Selatan yang meliputi Pegunungan Serayu Selatan yang merupakan daerah pegunungan yang memiliki relief yang curam. Wilayah Kabupaten Banjarneraga memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata sekitar 3.000 mm per tahun dengan suhu rata-rata 20 derajat Celcius sampai dengan 26 derajat Celcius. Berikut adalah daftar wisata di Banjarnegara yang wajib anda kunjungi.

Wisata lainnya : Tempat Wisata di Lumajang Terbaru

Tempat Wisata di Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi

  1. Dataran Tinggi Dieng

Wisata Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara
Indahnya Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara | Foto : ranselkecil.com

Jika anda berkunjung ke Banjarnegara tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu obyek wisata terfavorit di Kota Banjarnegara. Obyek wisata ini berupa kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah dengan ketinggian rata-rata sekita 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di daerah ini sekitar 12 sampai dengan 20 derajat Celcius disiang hari dan 6 sampai dengan 10 derajat Celcius ketika malam hari. Sedangkan saat musim kemarau di Bulan Juli dan Agustus suhu udara mencapai 0 derajat Celcius di pagi hari.

Dieng merupakan gabungan dua kata “di” yang berarti tempat atau gunung dan “Hyang” yang berarti Dewa. Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Namun teori lain menyatakan nama Dieng berasal dari Bahasa Sunda. Dieng merupakan dataran tinggi yang terbentuk akibat letusan gunung-gunung berapi di sekitar Dataran Tinggi Dieng dan Gunung Dieng itu sendiri.

Gunung-gunung yag berada di kawasan Dieng merupakan obyek wisata unggulan yang masing-masing menyimpan keunikanya. Hampir si semua titik di kawasan Dieng meupakan spot menarik, di spot-spot tersebut pengunjung dapat melihat sunrise yang sangat indah. Keindahan Dataran Tinggi Dieng tidak hanya berupa pegununganya saja namun masih banyak objek wisata lain yag tak kalah enarik diantaranya obyek wisata Candi, Telaga, Kawah, Goa, Sumur, Museum, dan Mata Air Sungai Serayu.

Yuk berwisata ke Dataran Tinggi Dieng karena obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang sangat menarik. Bayangkan saja di sebuah pegunungan terdapat sebuah danau atau telaga dengan background pemandangan yang mempesona yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Kesan alami langsung dapat kita rasakan ketika tiba di kawasan ini. Perpaduan berbagai macam keindahan obyek wisata di Dataran Tinggi Dieng menjadikan kawasanan ini nampak begitu sempurna. Ingin mengetahui lebih banyak tentang Dataran Tinggi Dieng, silahkan langsung saja mengunjungi Desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

  1. Curug Pitu

Wisata Curug Pitu di Banjarnegara
Sejuknya Curug Pitu di Banjarnegara | Foto : yukpiknik.com

Dinamakan Curug Pitu karena curug ini memiliki tujuh buah tingkatan dari atas ke bawah. Untuk dapat melihat ketujuh tingkatan curug ini pengunjung harus berjalan naik menuju hulu dengan cara melalui jalan setapak yang cukup sempitdan licin. Dari kesluruhan tingkatan milik Curug Pitu yang paling bawah merupakan yang paling besar dan paling tinggi. Curug Pitu memiliki ketinggian 30 meter dengan kolam dibawahnya. Kolam penampungan curug ini dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

Curug Pitu menyuguhkan keindahan yang mempesona dengan suasana yang sejuk dan udara yang segar. Pengunjung akan sangat dimanjakan ketika berada di kawasan ini karena suara air yang bergemericik ditambah keindahan pepohonan. Kawasan ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Banjarnegara menuju ke arah Timur. Dapat ditemuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit dari pertigaan jalan Tekitadi, Banjarnegara, Wonsobo. Obyek wisata ini terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Bagi penyuka tantangan Obyek wisata ini harus anda masukkan ke dalam list yaa gengs 🙂

  1. Curug Mrawu

Wisata Curug Mrawu di Banjarnegara
Indahnya Curug Mrawu di Banjarnegara | Foto : eventbanjarnegara.com

Karena letaknya di dataran tinggi, Kota Banjarnegara memiliki banyak obyek wisata air terjun yang sangat beragam. Curug Mrawu merupakan termasuk salah satu dari dua curug yang paling besar di Banjarnegara. Aliran sungainya berasal dari Sungai Mrawu, sungai mrawu ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk sumber air pertanian. Curug ini merupakan destinasi wisata terfavorit di Banjarnegara. Masyarakat daerah setempat percaya bahwa air yang ada di Curug Mrawu mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti rematik dan penyakit kulit lainnya.

Curug Mrawu merupakan obyek wisata yang menarik dengan ketinggian sekitar 50 meter. Kelebihan dari Curug Mrawu adalah adanya air panas di kanan dan kiri aliran air terjun. Aliran air panas memiliki suhu sekitar 50 derajat Celcius. Keberadaan air panas ini membuat air yang berada dikolam bercampur dengan air curug yang bergitu segar. Curug Mrawu memiliki keindahan yang sangat mempesona dengan nuansa yang hening, sejuk, dan nyaman. Keindahan sekeliling kawasan ini juga sangat memanjakan pengunjung karena udaranya yang sangat segar.

Kawasan wisata Curug Mrawu terletak tidak jauh dari pusat Kecamatan Pejawaran. Untuk mencapai obyek wisata ini pengunjung harus menempuh jarak 2 kilometer. Anda dapat menempuh dua jalur yakni jalur Madukara, yang kedua melewati Singamerta. Jika pengunjung melewati Singamerta pengunjung membutuhkan 1.5 jam. Disepanjang perjalanan menuju lokasi Curug Mrawu pengunjung akan melihat perkebunan kentang milik warga setempat.

  1. Waduk Mrica

Wisata Waduk Mrica di Banjarnegara
Menikmati Wisata Waduk Mrica di Banjarnegara | Foto : islamireligius.blogspot.co.id

Waduk Mrica merupakan waduk buatan yang terbentuk dari hasil membendung sungai Serayu. Bendungan ini membentuk waduk yang sangat luas yang kemudian disebut-sebut sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Panjang bendungan ini mencapai 6.5 kilometer dengan luas 1.250 hektar. Waduk ini diresmikan pada tahun 1989 oleh presiden Soeharto. Waduk Mrica merupakan sumber PLTA yang juga dimanfaatkan oleh para petani sebagai sarana untuk menstabilkan alira irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.

Selain sebagai sumber PLTA waduk ini juga dikembangkan menjadi sarana wisata dengan menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Fasilitas yang disediakan diantaranya wisata air berupa penyewaan perahu motor, dayung dan juga memancing. Kemudian terdapat pula wahana bermain anak -anak atau playground, panggung terbuka untuk konser, padang golf dan yang utama adalah sajian panorama keindahan Waduk Mrica.

Karena hamparan airnya yang sangat luas, ujung dari waduk ini bahkan tidak nampak sehingga jika pengunjung melihat dari kejauhan, waduk ini nampak seperti pantai. Suasana tenang, nyaman dan asri disuguhkan pula ditempat ini. Pepohonan rindang di pinggiran waduk menjadikan tempat ini terasa sejuk dan segar.

Waduk Mrica merupakan tempat yang dapat dikunjungi oleh semua kalangan dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tak ada salahnya untuk menyempatkan berkunjung di Waduk Mrica yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah.

  1. Arung Jeram Sungai Serayu

Wisata Arung Jeram Sungai Serayu di Banjarnegara
Serunya Arung Jeram Sungai Serayu di Banjarnegara | Foto : Maioloo.com

Banjarnegara ternyata memiliki beragam wisata yang menantang dari air terjun hingga wisata air arung jeram. Bagi penyuka adventure, Kota Banjarnegara dapat anda jadikan pilihan wisata petualangan anda. Karena ukuran sungainya yang lebar dengan debit air yag merata sepanjang tahun, rute pengarunga yang panjang, serta panorama disekitar sungai membuat Sungai Serayu menjadi pilihan terfavorit bagi para traveler.

Arung jeram sebagai sarana wisata ternyata juga merupakan sarana olahraga. Sebagai sarana olahraga Arung Jeram Sungai Serayu menyajikan sebuah perjalanan menyusuri sungai dengan keanekaragaman flora dan fauna endemik yang dapat dinikmati oleh pengunjung sembari mendayung perahu yang mereka tumpangi. Arung Jeram Sungai Serayu memiliki debit air  yang merata, bagi newbie yang ingin mencoba tidak akan merasa kesulitan asalkan mengikuti perintah yang diberikan oleh instruktur.

Arung Jeram Sungai Serayu terletak di Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi ini pengunjung membutuhkan waktu sekitar  jam perjalanan dari Yogyakarta dengan melewati Lereng Gunung Sindoro Sumbing. Jika berkunjung ke Banjarnegara sempatkan untuk berwisata ke Arung Jeram Sungai Serayu yaa 🙂

  1. Wadas Tumpang

Wisata Wadas Tumpang di Banjarnegara

Selain terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah, Banjarnegara juga masih kental akan unsur-unsur budayanya. Beberapa situs budaya masih terlihat utuh yang kemudian oleh pemerintah setempat dijadikan obyek wisata budaya. Beberapa situs peninggalan yang ada di Kabupaten Banjarnegara diantaranya adalah Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Gatot Kaca dan Wadas Tumpang. Wadas Tumpang terletak di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

Wadas Tumpang menyajikan keindahan obyek wisata alam berupa pegunungan yang terbetuk dari dua batu yang bertumpukan dan dipeluk oleh pohon beringin yang berukuran sangat besar. Dikabarkan pohon beringin ini telah memiliki usia hingga ratusan tahun. Aktivitas menarik dari obyek wisata ini adalah pendakian ke puncak Wadas Tumpang yag memiliki tinggi kurang lebih sekitar 20 meter.

Disepanjang perjalanan menuju lokasi pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang masih sangat alami, khas wisata alam dan pegunungan. Selain itu terdapat juga kandang macan yang terbuat dari akar pohon beringin, di lokasi ini juga pengunjung dapat menemukan kera-kera atau monyet berwarna putih. Sangat unik bukan ?

Untuk dapat sampai ke lokasi ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, tak perlu kuatir karena lokasi ini sangat mudah ditemukan. Para traveler [un dapat menggunakan applikasi google map’s jika malu bertanya kepada penduduk sekitar. Jika menggunakan transportasi umum pengunjung dapat menaiki bis atau angkuta umum menuju kecamatan bawang kemudian dilanjutkan dengan menaiki ojek menuju desa Majalengka hingga sampai ke lokasi wisata Wadas Tumpang Banjarnegara.

  1. Candi Arjuna

Wisata Candi Arjuna di Banjarnegara
Menelisik Sejarah Candi Arjuna di Banjarnegara | Foto : yukpiknik.com

Dari sekian banyak wisata budaya di Kabupaten Banjarnegara, mimin tertarik untuk mengulas tentang Candi Arjuna. Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu yag terletak di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini merupakan salah satu candi dikawasan Kompleks Percandian Arjuna. Di kompleks ini juga terdapat candi-candi yang lain yakni Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada.

Dinamakan Candi Arjuna karena umunya di candi-candi di Kawasa Dieng mengambil nama tokoh pewayangan Mahabarata sebagai nama candi-cansi tersebut. Bangunan Candi Arjuna berukuran 6 x 6 meter dan menghadap kearah Barat. Di pintu-pintu masuk Candi Arjuna dihiasi oleh kala makara. Atap candi berjenjang dengan menara-menara kecil disetiap sudutnya.  Kompleks Candi Arjuna mulai dikelola untuk pengembangan wisata pada tahun 2010 oleh pemerintah daerah dan kemudian kawasan ini menjadi salah satu wisata budaya yang cukup populer.

Banjarnegara merupakan daerah yang berada pada dataran tinggi tak heran jika lokasi-lokasi wisata di daerah ini melalui jalur yang menantang. Jika di daerah Garut terkenal akan wisata pegunungannya, di Banjarnegara terdapat banyak sekali obyek wisata air terjun yang pastinya akan sangat memanjakan mata anda. Keindahan obyek wisata di Banjarnegara sangatlah beragam. Tak ada salahnya jika anda memasukan Kabupaten Banjarnegara ke dalam daftar wisata anda.

Baca juga : Wisata Bajak Laut Gresik | Wahana Waterboom Seru untuk Anak dan Keluarga

Demikian daftar wisata di Banjarnegara yag dapat kami sampaikan. Semoga perjalanan wisata anda berkesan. Tetap kunjungi Wisatabagus.net yaa 🙂 karena kami akan terus mengupdate lokasi wisata terfavorit yang harus anda kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *