Pesona Tebing Breksi Jogja – Bekas Tambang yang Indah

Posted on

Tebing Breksi Jogja – Hai Sobat, Kali ini Wisatabagus.net akan mengajak anda untuk menyingkap pesona Tebing Breksi, Jogjakarta.  Tempat ini merupakan spot terunik dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Penasaran kan akan keindahannya ? Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya.

Wisata Tebing Breksi Jogja

Wisata Tebing Breksi Jogja

Tempat kece ini cukup ngehits loh di social media karena memang panorama nya sangat menarik. Dahulu lokasi ini merupakan sebuah tempat pertambangan batu kapur milik warga sekitar. Seiring berjalannya waktu lokasi ini beralih fungsinya menjadi tempat penelitian sekaligus tempat wisata.

Pemerintah memberhentikan kegiatan pertambangan sejak diketahui bahwa ditempat ini ditemukan situs gunung purba. Untuk menjaga agar tempat ini tetap lestari, pengelola kemudian menyulap tempat ini sedemikian rupa agar dapat menarik minat pengunjung.

Dari kejauhan tempat ini hanya nampak seperti tebing kapur biasa. Namun jika diamati lebih dekat sayatan di dindingya nampak begitu eksotis. Pengunjung akan dibuat terkesima oleh keindahan dan kegagahan tebing setinggi 30 meteran ini.

Jika diamati sekilas tebing ini mirip dengan dinding di Game of Throne. Guratan di dindingnya menghasilkan ukiran yang sangat indah. Untuk dapat mengamati keindahan Tebing Breksi anda akan menapaki anak tangga yang kokoh.

Anakan tangga di Tebing Breksi dipahat dari batu kapur yang kokoh. Bentuk yang dihasilkan sangat padat dan nyaman untuk ditapaki. Untuk dapat ke atas tebing sobat harus menapaki anak tangga dengan jumlah yang tidak sedikit.

Pemandangan yang kece badai akan mengurangi rasa lelah anda. Sejauh mata memandang anda akan disuguhi oleh hijaunya kawasan Jogja. Backgroundnya dipadu dengan keindahan Candi Prambanan, dan Bandara Adi Sucipto.

Sunrise di Tebing Breksi Jogja

Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi mengusung keindahan Geo Herritage. Waktu tebaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah ketika matahari terbit di ufuk timur. Golden sunrisenya nampak begitu elok berpadu dengan kokohnya Tebing Breksi.

Tempat wisata yang ciamik ini diresmikan pada 30 Mei 2015 oleh Gubernur D.I Yogyakarta yang menjabat kala itu. Pada waktu yang bersamaan diresmikan pula Tlatar Seneng yakni sebuah area yang dilengkapi dengan tempat duduk melingkar.

Tlatar Seneng memiliki ukuran yang cukup luas, diameternya sekitar 15 meter. Tempat ini masih termasuk dalam kawasan obyek wisata Tebing Breksi. Fungsi dari Tlatar Seneng adalah sebagai tempat pertunjukan kesenian. Tempat ini terlihat sangat cantik ala ala Colloseum seperti yang di luar negri.

Duuhh apalagi sih yang sobat tunggu..? Yuk kunjungi Tebing Breksi yang berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

Wisata Tebing Breksi Jogja

Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Lokasinya dekat dengan obyek wisata Candi Ijo. Rute yang dilalui cukup mudah karena terletak di Jalur Utama, Jika dari Prambanan Piyunan jaraknya diperkirakan sekitar 1 kilometer sebelum obyek wisata Candi Ijo.

Cara termudah untuk dapat sampai ke lokasi adalah melalu Candi Prambanan. Dari Jogja > Pasar Prambanan > Piyungan > Tebing Breksi. Jarak Piyungan hingga ke Tebing Breksi hanya sekitar 3 kilometer. Jalanan yang kurang bagus dan menanjak akan menjadi tantangan tersendiri bagi sobat traveller.

Karena terbilang baru pengunjung masih belum dikenai retribusi untuk masuk ke wilayah ini. Biasanya mereka yang datang hanya dikenai biaya parkir sebesar Rp.3000,- untuk kendaraan motor dan Rp.5000,- untuk mobil.

Pihak pengelola terus mengembangkan tempat ini agar dapat menyusul kepopuleran obyek wisata lain yang ada di Jogja. Yuk kunjungi tempat yang indah ini ! mumpung masih gratis lohh 😀 hhehehehhe

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *