Taman Nasional Baluran Situbondo, Padang Savananya Indonesia

Posted on

Taman Nasional Baluran – Sobat pasti pernah kan melihat acara di televisi yang bertemakan kehidupan satwa liar. Nah biasanya backgroun yang diperlihatkan berupa padang savana yang membentang sangat luas. Padang savana yang indah tersebut ternyata tak hanya ada di Afrika tetapi juga di Indonesia.

Di negara kita padang savana yang indah bisa dilihat di Taman Nasional Baluran milik Kabupaten Banyuwangi. Sekarang sobat tak perlu jauh-jauh  ke Afrika kan untuk menikmati padang savana yang indah?

Taman Nasional Baluran

Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Luas total kawasan Baluran National Park diperkirakan sekitar 25.000 hektar. Baluran didirikan pada tahun 1980 dan dikelola oleh Departemen Kehutanan. Kawasan ini memiliki sejarah yang panjang dari masa ke masa hingga menjadi sebuah kawasan Taman Nasional.

Kawasan ini terbagi dalam beberpa zona diantaranya zona inti memiliki luas 12.000 hektar, zona rimba seluas 5.537 yang meliputi daratan dan perairan, kemudian zona pemanfaatan intensif seluas 800 hektar dan zona pemanfaatan khusus dengan luas sekitar 5.780 hektar. Sedangkan untuk zona rehabilitasi diperkirakan memiliki luas 783 hektar.

Vegetasi di Taman Nasional Baluran diperkirakan memiliki sekitar 444 jenis. Beberapa diantaranya merupakan vegetasi endemik yang mampu beradaptasi pada musim yang sangat extreme. Tumbuhan tersebut antara lain Wisoro Bukol, Mimba, dan Pilang.

Tumbuhan lainnya yang mendominasi adalah vegetasi savana, mangrove, dan pohon-pohon besar lainnya. Tempat ini cukup cantik sepanjang musim, ketika musim penghujan misalnya padang savana serta tumbuhan lain nampak menghijau. Bahkan ketika musim sedang extreme seperti musim kemarau savana masih terlihat indah dengan warnanya yang menguning.

Baca juga : Ubud Monkey Forest, Hutan Monyet di Bali

Baluran National Park melindungi berbagai satwa liar baik yang jumlahnya banyak hingga yang jumlahnya langka dan dilindungi. Total sekitar 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung yang tinggal dikawasan ini.

Satwa Banteng menjadi ikon dan juga ciri khas dari TN Baluran. Tak hanya itu satwa lain yang turut dilindungi keberadaan nya adalah Kerbau, Ajag, Rusa, Macan Tutul, Kucing Api dan Kancil. Pasti seru yaa jika kita beruntung dapat melihat mereka sekaligus.

Beberapa burung dengan jenis langka juga terdapat dikawasan Taman Nasional Baluran antara lain Tuwuk Asia, Layang-layang api, Kangkareng, Burung Rangkong, dan Bangau Tong-tong. Burung merak yang indah juga ada di tempat ini.

Keistimewaan Taman Nasional Baluran tak hanya mengacu pada savananya saja. Tempat ini menarik dari segala sisi mulai dari lebatnya hutan hijau hingga keindahan alam bawah lautnya.

Dermaga indah, hutan mangrove dan juga pesisir pantai di Bama menjadi andalan di TN Baluran Banyuwangi. Destinasi lain yang harus anda kunjungi ketika berada dikawasan ini antara lain Goa Jepang, Sumur Tua, Curah Tangis, Dermaga, Manting, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Candi Bang dan Kramat.

Ketika berwisata ke tempat ini jangan pernah melupakan kamera kesayangan anda yaa. Karena view yang disuguhkan tempat ini kece-kece. Tepat ditengah-tengah padang savana misalnya, sobat dapat menyaksikan kemegahan Gunung Baluran. Meskipun sudah tidak aktiv namun pesonanya justru semakin memukau.

Menyaksikan keindahan Coral Reef dan mengamati kehidupan satwa liar akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pantas saja jika dikawasan ini selalu ramai oleh pengunjung baik pengunjung domestik maupun mancanegara.

Baluran menyuguhkan sensasi wisata alam yang sangat lengkap. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda surviver dan para traveller sejati. Pengalaman yang berbeda akan sobat dapatkan ketika berwisata ke tempat ini.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Wongsorejo tepatnya sebelah Utara Banyuwangi. Secara administratif tempat ini berbatasan dengan Selat Madura di bagian Utara, dan Selat Bali di bagian Timur.

Baca juga : Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Rute Menuju Taman Nasional Baluran

Jika sobat memulai perjalanan dari Jawa bagian Timur maka sobat dapat mengambil rute Banyuwangi > Batangan > Bekol > Taman Nasional Baluran. Jarak tempuhnya hanya sekitar 47 kilometer. Sedangkan jika mengambil rute melalui Situbondo > Batangan maka jarak tempuhnya sekitar 60 kilometer.

Tidak seperti di tempat wisata lain yang membutuhkan perjuangan ektra untuk dapat sampai ke lokasi, di Taman Nasional Baluran jalur yang dilalui sangatlah mudah karena jalur merupakan jalan provinsi yang terhubung langsung ke Bali. Jalurnya sudah beraspal dan halus sehingga akan meringankan perjalanan anda.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Harga Tiket masuk Taman Nasional Baluran

Harga untuk weekday (Senin-Sabtu)

  • Wisatawan Domestik: Rp. 5.000
  • Wisatawan Asing: Rp. 150.000
  • Parkir Kendaraan Roda 2: Rp. 5.000
  • Parkir Kendaraan Roda 4: Rp. 10.000

Harga untuk Weekend (Minggu) dan Hari Libur Nasional

  • Wisatawan Domestik: Rp. 7.500
  • Wisatawan Asing: Rp. 225.000
  • Parkir Kendaraan Roda 2: Rp. 7.500
  • Parkir Kendaraan Roda 4: Rp. 15.000

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi. Untuk menikmati tempat wisata yang luas ini sebaiknya dimulai sejak pagi agar sobat dapat menikmati TN Baluran dari segala sisi. Waktu kunjungan terbaik adalah mulai Bulan April hingga Bulan Agustus karena pada bulan-bulan ini banyak satwa yang berkembang biak.

Untuk akomodasi berupa hotel masih belum ada namun ada beberapa penginapan yang dapat anda sewa dengan biaya sekitar Rp.200.000,- per malam nya. Di penginapan ini sudah disediakan makan malam jadi sobat tak perlu lagi membelinya diluar. Penginapan ini dapat dipesan sebelum keberangkatan.

Demikian info wisata Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, Semoga info wisata ini dapat menambah wawasan dan referensi wisata anda. Simak info lainnya hanya di Wisatabagus.net yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *