Sumur Jatulanda Dieng : Pesona Wisata Sejarah Hingga Misteri di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Posted on

Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo | Diantara obyek wisata unggulan Dataran Tinggi Dieng Sumur Jatulanda adalah yang tak boleh dilewatkan. Sumur Jatulanda merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata unggulan yang ada di kawasan Dieng. Kawasan ini cukup menarik untuk dibahas karena tak hanya cantik namun juga memiliki mitos yang cukup kental.

Wisata Alam Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Secara fisik Sumur Jatulanda tidak nampak seperti sebuah sumur kebanyakan melainkan nampak seperti sebuah kolam. Meski demikian masyarakat sekitar tetap menyebutnya sumur hingga kini. Dikatakan juga bahwa Sumur Jatulanda merupakan sumur ajaib dari Kabupaten Banjarnegara.

Untuk nama Sumur Jatulanda ini dapat diartikan sebagai sumur raksasa yang memiliki diameter yang sangat besar dan kedalaman yang cukup dalam. Asal muasal nama ini diambil dari Bahasa Jawa yang kemudian dipakai hingga saat ini. Di kawasan Dataran Tinggi Dieng nama-nama diambil dari cerita pewayangan yang dimaksudkan agar menjadi contoh panutan agar kita menjadi baik.

Banyak sekali mitos yang menyelimuti obyek wisata ini mulai dari cerita roro jonggrang, cerita putri yang cantik jelita maupun cerita pewayangan. Dari beberapa mitos yang beredar tidak satupun yang hingga saat ini terbukti kebenaranya. Terlepas dari segala segala mitos tersebut Sumur Jatulanda memiliki pesona yang cukup memikat para wisatawan.

Baca juga : Harga Tiket Masuk Dieng Wonosobo 2017 Terbaru

Sejarah Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Sejarah Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Sumur Jatulanda memiliki bentuk fisik seperti kolan dengan air berwarna hijau. Sama seperti obyek wisata Dieng yang lain sumur ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik beberapa ratus tahun silam yang kemudian membentuk sebuah lubang. Proses alamiah ini biasanya disebut dengan kepundan. Kurang lebih sumur ini berdiamater 90 meter dengan kedalaman 750 meter.

Kawasan Sumur Jatulanda berada pada ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut. Suhu dikawasan ini cukup dingin sehingga disarankan kepada pengunjung untuk menggunakan baju hangat atau jaket. Udara dan suasananya cukup sejuk sehingga mampu memanjakan pengunjung.

Baca juga : Kencana Park Bogor ( Agripark Taman Kencana ) : Wisata Edukasi untuk Sang Buah Hati

Lokasi Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Lokasi Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Kawasan wisata ini beralamat di Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan batur, kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 7 kilometer dari kawasan Dieng Plateau.

Fasilitas di Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Untuk sarana dan prasarana yang disediakan oleh tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Beberapa fasilitas seperti shelter, gardu pandang, area parkir dan fasilitas MCK. Di kawasan ini juga banyak tersedia warung-warung penjual makanan sehingga sobat tak perlu khawatir kelaparan 😀 hehe

Harga Tiket Masuk Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo

Obyek Wisata Alam Sumur Jatulanda Dieng Wonosobo membanderol tiket masuknya dengan harga yang sangat murah. Untuk dapat menikmati fenomena alam yang mengagumkan ini anda hanya akan dikenakan biaya Rp.5.000,- saja per orangnya. Murah sekali bukan guys?

Demikian serba-serbi Sumur Jatulanda Dieng, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan wisata anda. Simak terus informasi wisata terbaru dan terpopuler hanya di Wisatabagus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *