Keindahan Golden Sunrise di Puncak Suroloyo Jogja

Posted on

Puncak Suroloyo Jogjakarta | Satu lagi nih tempat wisata di Jogja yang memiliki view keren dari ketinggian. Masyarakat sekitar menyebutnya Puncak Suroloyo. Panorama alam yang disuguhkan berupa keindahan jajaran pegunungan serta bangunan megah Candi Borobudur. Tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk berburu Golden Sunrise yang mempesona.

Golden Sunrise di Puncak Suroloyo Jogjakarta

Wisata Puncak Suroloyo Jogja

Berada pada ketinggian kurang lebih 1.019 meter diatas permukaan laut menjadikannya sebagai bukit tertinggi di Pegunungan Manoreh. Puncak Suroloyo erat kaitanya dengan sejarah Raden Mas Rangsang.

Mitos  dan Asal Mula Puncak Suroloyo Jogja

Dikisahkan dalam sebuah karya sastra yang disebut dengan Serat Cabolek, bahwasanya Sultan Agung Hanyokusumo akan mendapatkan wangsit sebagai seorang Penguasa Tanah Jawa. Karenanya belisu diharuskan untuk berjalan dari Keraton Kota Gede hingga ke Perbukitan Manoreh.

Hal itu dilakukannya demi menjadi seorang penguasa kala itu. Sesampainya di bukit tertinggi di Pegunungan Manoreh beliau kelelahan kemudian tertidur. Dalam tidurnya beliau bermimpi diperintahkan untuk membangun pertapaan ditempatnya berhenti. Kisah ini diperkirakan terjadi pada abad ke-18. Tempat inilah yang saat ini disebut dengan Puncak Suroloyo.

Lokasi Puncak Suroloyo Jogjakarta

Lokasi Puncak Suroloyo Jogja

Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta.

Rute Menuju Puncak Suroloyo Jogja

Terdapat dua jalur yang anda lalui menuju ke lokasi. Pertama melalui Yogyakarta dan yang kedua melalui Semarang. Berikut adalah rutenya :

  • Yogyakarta : Jalan Godean > Kenteng > Nanggulan > Kalibawang > Puncak Suroloyo
  • Semarang atau Magelang : Magelang > Muntilan >Jalan Wates > Kalibawang > Puncak Suroloyo
  • Alternatife lain : Jalan kaki dari Borobudur ke arah Selatan > Terminal Samigaluh > Puncak Suroloyo

Baca Juga : Pantai Baron Jogja – Wisata Pantai Cantik di Gunung Kidul yang Menggoda

Untuk dapat sampai ke Puncak Suroloyo anda akan diberi tantangan berupa jalan sempit dan menanjak. Bagi yang berjiwa petualang sih mimin yakin kalian akan senang dengan medan seperti ini. Jarak tempuh sekitar 15 kilometer dan dapat dilalui dengan sepeda motor.

Setibanya di kaki Suroloyo pengunjung masih diharuskan untuk menaiki anak tangga sebanyak 286 buah. Sebaiknya anda menyiapkan stamina yang cukup sebelum berangkat ke tempat ini. Karena menaiki ratusan anak tangga tidaklah semudah yang anda fikirkan. hihi

Anda akan merasa kelelahan dan sedikit kehabisan nafas minimal ngos-ngosan 😀 Disarankan untuk beristirahat sejenak dan tidak memaksakan diri. Sobat dapat menaikinya secara perlahan sembari menimati panorama alam yang disuguhkan.

Pengunjung akan disambut dengan burung gereja , capung, dan juga kupu-kupu setelah sampai di Puncak Suroloyo. Kawanan unggas dan serangga ini nampak terbang sangat rendah menyambut kedatangan para pengunjung.

Dari sinilah surganya panorama alam terpampang dengan nyata. Kemegahan keempat Gunung mengapit indahnya Situs warisan dunia Candi Borobudur. Gunung-gunung yang nampak megah diantaranya Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu.

Waktu terbaik berada ditempat ini adalah ketika pagi hari, jika beruntung anda dapat menyaksikan eloknya matahari terbit. Banyak pengunjung yang rela berangkat pagi-pagi buta hanya untuk menyaksikan keindahan golden sunrise di kawasan ini.

Baca Juga : Info Lengkap Wisata Kebun Gowa Makassar, Sulawesi Selatan

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo Jogjakarta

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo Jogja

Harga Tiket Masuk yang ada dikawasan ini sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp.5000,- saja. Dikawasan ini tidak banyak ditemukan pemungutan liar sehingga cukup aman untuk para pengunjung.

Puncak Suroloyo merupakan destinasi wisata yang dapat Wisatabagus.net rekomendasikan bagi sobat traveller yang sedang berlibur di Jogjakarta. Selamat berakhir pekan, sampai jumpaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *