Berpetualang ke Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat

Posted on

Pulau Biawak Indramayu – Berjumpa lagi dengan Wisatabagus.net, pada kesempatan ini mimin akan mengajak sobat traveller untuk mengenal lebih jauh mengenai Pulau Biawak. Secara administratif Pulau Biawak termasuk ke dalam kepulauan Sunda Besar.

Wiasta Pulau Biawak Indramayu

Lokasi Wisata Pulau Biawak Indramayu

Pulau yang letaknya di Laut Jawa ini memiliki luas sekitar 120 hektar. Nama asli dari pulau ini adalah Pulau Rakit namun karena banyaknya satwa jenis Biawak yang mendiami pulau ini akhirnya pulau ini populer dengan sebutan Pulau Biawak.

Diperkirakan populasi biawak yang tinggal di pulau ini sekitar 300 ekor. Saking banyaknya hewan ini menjadi ciri khas sekaligus ikon pulau ini. Populasi biawak-biawak ini dijaga kelestariannya. Setiap pagi para penjaga memberi makan satwa-satwa liar ini dengan ikan segar.

Disekitar kawasan ini terdapat pulau-pulau lain diantaranya Pulau Gosong dan Pulau Cendekian. Kedua pulau ini hanyalah berupa hamparan batu karang yang tidak berpenghuni. Pemandangan berbeda ditunjukan oleh  Pulau Biawak yang mampu memikat banyak wisatawan.

Sebagian besar wilayah Pulau Biawak ditumbuhi oleh tumbuhan mangrove. Jika dipandang dari kejauhan nuansa hijau rindang menjadi pemandangan yang sangat apik. Banyaknya pepohonan menjadikan kawasan ini cukup padat dan juga rimbun.

Wisata Pulau Biawak Indramayu

Tempatnya yang alami memungkinkan berbagai populasi unggas dan jenis lainnya berkembang biak. Tak jarang wisatawan berjumpa dengan cangkak bulus, cekaka, trinil pantai dan beberapa satwa endemik lainnya.

Keunggulan dari Pulau Biawak terletak pada keindahan bawah lautnya. Penghuni pulau ini banyak membudidayakan biota laut diantaranya ikan kerapu, ikan hias, rumput laut dan lain sebagainya.

Pulau ini memiliki bibir pantai yang cukup landai. Sobat dapat menikmati semilir angin serta berbagai aktivitas lainnya. Pasir pantainya berwarna putih bersih bebas dari sampah. Air lautnya pun sangat jernih dengan ombak yang bersahabat.

Selain berenang, dan bermain pasir snorekling menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Taman bawah laut dikawasan ini masih sangat terjaga keasiannya. Pengunjung akan menyaksikan terumbu karang yang cantik, ikan berwarna-warni dan berbagai biota laut lainnya.

Jangan lupa membawa kamera anti air ketika berkunjung ketempat ini yaa. Karena hampir semua tempat dikawasan ini merupakan spot yang cantik untuk melakukan aktivitas fotografy. Baik di atas maupun bawah lautnya mampu membuat anda berdecak kagum.

Keunikan lain dari Pulau Biawak adalah adanya mercusuar setinggi 65 meter yang didirikan oleh ZM Willem pada tahun 1872. Mercusuar ini digunakan untuk mememberikan navigasi kepada nelayan-nelayan yang melintas disekitar pulau.

Wisata Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak terletak di Laut Jawa, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat tepatnya di sebelah utara semenanjung Indramayu. Dari pelabuhan Karangsong , Inderamayu dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam menggunakan perahu.

Banyak paket wisata Pulau Biawak yang biasanya ditawarkan oleh pihak pengelola. Beberapa diantaranya paket diving,  snorekling dan paket reguler. Jika sobat berniat untuk wisata ke tempat ini disarankan untuk memilih satu diantara paket tersebut karena biasanya fasilitas penunjang wisata sudah disediakan oleh pengelola.

Biaya yang dikenakan memang cukup mahal namun sebanding dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Diantaranya makan 4x, BBQ, Coffe break, transport kapal, Penginapan, perizinan, photo underwatet dan masih banyak lagi.

Bagaimana sobat tertarik mengunjungi Pulau Biawak? langsung datang saja ke lokasi yaa. Dapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan berkunjung ke tempat yang unik ini.

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *