Pemandian Air Panas Parang Wedang Parangtritis Bantul

Posted on

Jika berkunjung di sekitar kawasan wisata populer Parangtritis ada baiknya untuk mampir ke salah satu lokasi wisata yang asyik seperti di Pemandian Air Panas Parang Wedang Parangtritis Bantul.

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Setelah lelah seharian berwisata di Parangtritis dan sekitarnya, anda dapat menyegarkan diri di sumber air panas Parang Wedang Bantul. Sumber air panas ini berasal dari pegunungan di sisi timur kawasan ini.

Sama seperti sumber mata air panas pada umumnya, Pemandian Air Panas Parang Wedang memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan. Mineral yang terkandung didalamnya seperti Na, Cl dan Mg.

Selain mampu meberikan efek relaksas kepada tubuh anda, mineral-mneral yang berasal dari alam ini berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit diantaranya gatal-gatal, rematik, serta berbagai penyakit kulit lainnya.

Baca Juga : Keseruan Rafting di Sungai Konto Kediri

Sejarah dan Mitos Sumber Air Panas Parang Wedang

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Asal-usul Sumber Air Panas Parang Wedang ada kaitanya dengan Sri Sultan Hamengku Buwono VI.

Diceritakan bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono VI akan menuju wilayah Pesanggrahan Balekencur. Tadinya Sri Sultan Hamengku Buwono VI berencana akan mandi di wilayah Pesanggrahan.

Namun setelah di rasa kolam di Pesanggrahan memiliki air yang dingin, maka belau kemudian mencari sumber air panas. Sri Sultan Hamengku Buwono VI kemudian menemukan sumber air panas di Desa Mancingan.

Di Desa tersebutlah kemudian Sri Sultan Hamengku Buwono VI membuat lubang dan sejak saat itu kolam tersebut diberinama Parang Wedang.

Baca Juga : Pesona Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Sebelumnya Pemandian Air Panas Parang Wedang hanya digunakan oleh keluarga keraton saja. Setelah kemudian jarang digunakan, maka Pemandian Air Panas Parang Wedang dbuka untuk umum.

Pemandian Air Panas Parang Wedang terdr dari tiga mata air yang memiliki kedalaman rata-rata 10 meter. Sumber air panas ini sangat jernih dan alami serta terjaga dengan baik.

Karenanya banyak pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar daerah mampir ke kawasan ini. Umumnya mereka ingin merasakan efek relaksasi dengan berendam dan merasakan air hangat di kawasan ini.

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi GPS: -8.02121, 110.32882. Obyek wisata sumber air panas ini mudah diakses karena lokasinya masih dekat dan satu jalur dengan obyek wisata populer Pantai Parangtritis.

Fasilitas Pemandian Air Panas Parang Wedang

Fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini sudah cukup memadahi. Terdapat beberapa kamar bilas, kolam perendaman, kamar mandi air hangat, area parkir, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Harga Tket Masuk Pemandian Air Panas Parang Wedang

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB. Harga tiket masuk yang dikenakan hanya Rp.4000,- dengan biaya parkir motor sebesar Rp.1.000,- Waah murah sekali bukan guys?

Nah jika berkunjung ke kawasan Parangtritis, tak ada salahnya ya untuk mampir ke kawasan wisata yang satu ini. Dengan biaya yang sangat murah anda sudah dapat merasakan efek relaksasi yang menyenangkan.

Demikian informasi wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Yogyakarta. Simak terus informasi populer dan menarik lainnya hanya di Wisatabagus.net yaa 🙂 See You Later..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *