Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Posted on

Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Pesona Gunung Kidul terutama obyek wisata pantainya sangat menarik untuk di jelajahi. Satu yang cukup populer adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang memiliki nama unik ini banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan dan hari libur.

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Nama sebenarnya dari pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Sedangkan asal mula dari nama Indrayanti adalah nama dari sebuah cafe yang ada di pantai ini. Tepatnya nama dari pemilik cafe ini.

Sebelum ada bangunan lain hanya ada cafe Indrayanti lah yang paling mencolok sehingga pengunjung menyebutnya dengan nama tersebut. Seiring berjalannya waktu nama Pantai Indrayanti yang kemudian terkenal dari mulut ke mulut.

Pantai Indrayanti Gunung Kidul terbilang baru, namun ke populeran pantai ini telah dikenal di berbagai daerah. Tempat ini salah satu pantai yang recomended di Gunung Kidul Yogyakarta.

Baca juga : Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta

Keindahan dari Pantai Indrayanti terletak pada perbukitan karang disekelilingnya. Pasirnya berwarna putih lembut dan air lautnya sangat jernih. Tempatnya sangat bersih dan alami sehingga sangat disukai oleh para pengunjung.

Pihak pengelola mejadikan kebersihan sebagai salah satu unggulan di pantai ini. Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan. Mereka tidak segan untuk memberikan sanksi kepada pengunjung yang melanggar.

Aktifitas di Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Aktifitas Menarik di Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai Indrayanti tidak hanya indah, ia menyuguhkan fasilitas yang lengkap. Banyak sekali kegiatan menarik yang dapat anda dan keluarga lakukan.

Bermain Perahu

Menyewa perahu boat untuk menikmati ombak di Pantai Indrayanti menjadi salah satu yang paling menyenangkan. Jika anda berkunjung ke pantai ini jangan sampai di lewatkan yaa 🙂

Melihat Sunset

Pesona lain milik Indrayanti adalah keindahan matahari terbenamnya. Diantara pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Indrayanti lah spot paling menarik untuk menyaksikan sunset.

Wisata kuliner

Kelebihan dari Pantai Indrayanti terletak pada kulinernya yang lezat. Menu-menu yang disajikan di cafe dan resto rata-rata merupakan seafood yang diperoleh dari hasil tangkapan nelayan.

Aktivitas menarik lainnya

Pasir putihnya yang lembut dengan air laut yang sangat jernih memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas diantaranya berenang, bermain air, atau sekedar duduk-duduk di pesisirnya.

Lokasi Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Lokasi Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Lokasi Pantai Indrayanti dekat dengan pantai Baron, Jika bertolak dari Pantai Parangtriris akan melewati pegunungan gunung kidul. Jarak pantai ini berada di sebelah timur Pantai Parangtritis.

Pantai Indrayanti tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar kurang lebih 70 kilometer jika pengunjung bertolak dari pusat kota Yogyakarta. Waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Baca juga : Wisata Belanja Rumah Mode Bandung

Rute Menuju Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Rute yang dapat anda tempuh untuk sampai ke Pantai Indrayanti adalah sebagai berikut :

  • Yogyakarta : Piyungan > Patuk > Sambipitu > Arah Hutan Bunder > Gading > Logandeng > Siyono > Jl. Lingkar Selatan > Jalan KRT Djojodiningrat > Jalan Girisubo > Wonosari > Jalan Saptosari > Tepus > Pantai Indrayanti

Fasilitas yang disediakan oleh Pantai Indrayanti sudah sangat lengkap. Akomodasinya pun baik terdapat penginapan yang memadahi dan akses jalan beraspal halus.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Utnuk dapat menikmati keindahan pantai Indrayati sobat traveller harus membayar tiket. Tiket yang harus dibayar sangat murah, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000,- saja.

Demikian informasi wisata Pantai Indrayanti yang populer di Gunung Kidul. Semoga informasi di Wisatabagus.net ini dapat menambah wawasan anda. Selamat berlibur 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *