Keunikan Pantai Gigi Hiu Kelumbayan Lampung

Posted on

Wisata bahari di Lampung tak henti-hentinya menawarkan suguhan yang unik dan berbeda. Jika sebelumnya kami telah mereview Batu Lapis, dan Teluk Kiluan yang terkenal dengan lumba-lumbanya. Maka review kali ini Wisatabagus.net akan mengulas keistimewaan Pantai Gigi Hiu.

Wisata Pantai Gigi Hiu Lampung

Pantai Gigi Hiu Kelumbayan Lampung

Bisa dibilang bahwa Wisata di Lampung merupakan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan keuikan dan karakteristik dari masing-masing obyek wisata.

Nah untuk keistimewaan dari Pantai Gigi Hiu sendiri terletak dari banyaknya batu-batu karang. Bebatuan karang ini berbentuk besar dan meruncing layaknya gigi hiu. Mungkin itulah alasan dari penamaan Pantai Gigi Hiu.

Bebatuan karang di pantai ini tersusun secara acak disepanjang lepas pantai. Bentuknya yang tidak beraturan justru menjadi pemandangan yang fotogenik.

Baca juga : Cantiknya Taman Bunga Cihideung di Lembang Bandung

Kebanyakan dari mereka yang menyukai kegiatan fotografy datang ke tempat ini untuk mengabadikan fenomena alam yang langka di Pantai Gigi Hiu. Ketika sore hari senja di tempat ini terlihat sangat indah, hamparan batu karang yang menjulang ditambah dengan kemuning senjanya menjadi hal yang mengagumkan.

Tidak seperti kawasan pantai yang lainnya di Pantai Gigi Hiu memiliki ombak yang cukup besar sehingga jika pengunjung datang ke lokasi harus lebih berhati-hati. Terlebih jika pengunjung membawa anak-anak karena dapat terbawa arus.

Meski letaknya agak sulit ditemukan namun nyatanya keeksotisan Gigi Hiu mampu menggugah minat para traveller. Pantai yang indah ini memang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Namun justru disinilah salah satu kelebihannya, pengunjung dapat menikmati sensasi mantai secara private dan lagi anda akan merasakan suasana yang tenang. Mengilangkan penat dan stres ditempat ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Sarana dan prasarana di tempat ini belum memadahi, masih belum banyak fasilitas yang disediakan. Karena memang tempat ini belum dikelola baik oleh warga setempat maupun oleh pemerintah.

Bagi sobat yang berencana menginap pun harus berfikir terlebih dahulu. Belum disediakan penginapan, jika diharuskan untuk bermalam sebaiknya anda dapat menumpang dirumah penduduk sekitar.

Karena letaknya melalui obyek wisata Teluk Kiluan pengunjung juga dapat memilih penginapan alternatif di sekitar kawasan tersebut. Jika ingin mengunjungi tempat ini baiknya untuk membawa rombongan serta perlengkapan yang cukup.

Baca juga : Taman Kupu Kupu Cihanjuang Bandung

Belum banyak ditemukan warung penjual makanan di sekitar sini sehingga disarankan bagi sobat untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah. Untuk sarana dan fasilitas lainnya pun masih minim.

Pantai ini memang masih memiliki banyak kekurangan disana sini dari segi fasilitasnya. Namun hal itu tak sedikitpun mengurangi keeksotisannya.

Waktu terbaik mengunjungi lokasi adalah ketika pagi atau sore hari. Ketika waktu tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunsetnya. Disarankan juga agar datang pada musim kemarau, karena jika musim hujan akses menuju lokasi cukup sulit.

Lokasi Pantai Gigi Hiu Kelumbayan Lampung

Lokasi Pantai Gigi Hiu Kelumbayan

Pantai Gigi Hiu berlokasi di Pekon Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus , Lampung, Indonesia. Dari Pusat Kota Bandar Lampung diperkirakan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan.

Rute Menuju Pantai Gigi Hiu

Jika dari Ibukota Jakarta maka pengunjung harus menyebrang dengan kapal ferry atau menggunakan pesawat selanjutnya menuju ke Ibukota Provinsi Lampung. Nah dari Bandar Lampung anda dapat menggunakan dua rute alternatif yakni :

Rute Teluk Kiluan

Pengunjung langsung mengarahkan kendaraan menuju ke Teluk Kiluan. Teluk Kiluan ini jaraknya sekitar 80 kilomter dari Kota Bandar Lampung. Keluar dari gerbang utama Kiluan, ada jalur menanjak di bagian kiri, Ikuti terus jalur tersebut.

Dari sini jaraknya hanya sekitar 5 kilometer saja. Karena medannya cukup sulit, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp.200.000,- pulang pergi.

Rute Bandar Lampung

Bandar Lampung > Padang Cermin > Bawang > Kelumbayan.

Dari Desa Kelumbayan inilah pengunjung disarankan untuk menggunakan jasa ojek.

Dari Bandar Lampung arahkan kendaraan ke Padang Cermin, lalu susuri terus ke Bawang hingga Kampung Kelumbayan, desa terdekat dengan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Gigi Hiu Kelumbayan

Harga Tiket Masuk Pantai Gigi Hiu

Karena belum dikelola secara resmi maka untuk masuk ke kawasan ini masih belum dikenai biaya tiket masuk. Tetapi biasanya pengunjung akan dimintai sumbangan oleh masyarakat setempat.

Yuk guys ekplore dan ekpose keindahan wisata di Lampung yang mempesona ini agar semakin diperhatikan dan terkelola dengan baik. Simak info wisata lainnya hanya di Wisatabagus.net yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *