Observatorium Bosscha Lembang – Wisata Edukasi di Bandung

Posted on

Observatorium Bosscha Lembang – Destinasi wisata selanjutnya yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Lembang, Bandung adalah Observatorium Bosscha. Bagi sobat yang gemar mengamati benda-benda luar angkasa wajib banget deh berkunjung ke tempat ini.

Wisata Observatorium Bosscha Lembang

Wisata Observatorium Bosscha Lembang

Lokasi Observatorium Bosscha Lembang

Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Bandung, Jawa Barat tepatnya 15 kilometer di bagian Utaa Kota Bandungberdiri dilahan seluas 6 hektar dan dinyatakan sebagai Cagar Budaya oleh Pemerintah. Letaknya kurang lebih berada pada ketinggian 1.310 meter diatas permukaan laut.

Sejarah Observatorium Bosscha Lembang

Didirikan pada tahun 1932 dan menjadi observatorium tertua di Indonesia sekaligus terbesar se Asia Tenggara. Pembangunan Observatorium Bosscha kurang lebih memakan waktu sekitar 5 tahun yakni mulai tahun 1923 hingga 1928. Tempat ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1933.

Kemudian pada 17 Oktoer 1951 NISV secara resmi menyerahkan Observatorium Bosscha kepada pemerintah Republik Indonesia. Sejak Institute Teknologi Bandung didirikan Observatorium Bosscha berfungsi sebagai tempat penelitian serta pendidikan formal Ilmu Astronomi di Indonesia.

Observatorium Bosscha Lembang 1

Berbagai pengamatan dilakukan di tempat ini antara lain pengamatan transit exoplanet WASP-74b, pengamatan planet-planet Bima Sakti, pengamatan bulan sabit, pengamatan gerhana bulan dan matahari, serta pengamatan hilal untuk menentukan jatuhnya Hari Raya.

Dahulu Observatorium Bosscha diberi nama Bosscha Strerrenwatch yang dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Bangunan ini ditujukan untuk memanjukan ilmu astronomi di Hindia Belanda. Nama Boscha diambil dari nama Karel albert Rudolf Bosscha yakni seorang yang menjadi penyandang dana utama sebagai bentuk penghargaan.

Kegiatan pengamatan bintang di Galaxy Bima Sakti dapat anda lakukan di tempat ini mulai pukul 09.00 hingga 20.00  WIB yang terbagi kedalam beberapa sesi. Setiap sesi terdiri dari 200 orang. Aktivitas melihat bintang ini dapat dilakukan pada siang hari dan lebih cantik ketika malam hari.

Ketika langit sedang cerah pemadangan bintang di Observatorium Bosscha terlihat sangat indah. Kita dapat mengamatinya melalui teropong-teropong bintang yang ada di observatorium tersebut. Kunjungan malam hari biasanya di jadwalkan pada malam dimusim kemarau. Itupun hanya dibuka pada hari-hari tertentu.

Wisata Observatorium Bosscha Lembang Bandung

Harga Tiket Masuk Observatorium Bosscha Lembang

Untuk dapat masuk ke kawasan ini anda harus membeli tiket, dan harga tiket yang dikenakan di tempat ini cukup murah, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.15.000,- per orang untuk dapat memasuki kawasan Observatorium Bosscha. Harga tiket ini terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan pengetahuan yang anda dapatkan.

Yuk kunjungi Observatorium Bosscha milik Kota Bandung dan dapatkan wisata edukasi yang menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaa, hanya di Wisatabagus.net 🙂

Wisata lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *