Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, Menikmati Blue Fire yang Langka

Posted on

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, Menikmati Blue Fire yang Langka

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi – Pada kesempatan yang baik ini Wisatabagus.net akan mengulas pesona wisata Kawah Ijen. Keindahan panorama yang disuguhkan oleh kawasan ini sudah terdengar ke berbagai penjuru bahkan ke mancanegara. Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit yang sangat ramai terlebih ketika menjelang akhir tahun. Nah bagi sobat yang masih bingung menentukan tujuan wisata akhir tahun, obyek wisata Kawah Ijen dapat dijadikan pilihan. Apasaja kelebihan Kawah Ijen? Yuk kita simak rangkuman selengkapnya 🙂

Awal mula dikenalnya kawasan Kawah Ijen adalah ketika turis asal Perancis yakni Nicolas Hulot dan istrinya Katia Kraft datang ke kawasan ini pada tahun 1971. Mereka kemudian memaparkan keindahan pesona Kawah Ijen dengan menuliskannya di Majalah Geo.

Tak hanya keindahanya yang dijelaskan, namun juga kerasnya kehidupan penambang belerang. Kedua hal ini kemudian menjadi daya tarik  bagi para turis dan fotografer dunia. Saat ini kawasan kawah ijen mampu menarik jumlah wisatawan yang cukup besar.

Deskripsi Kawah Ijen Banyuwangi

Deskripsi Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan kawah yang terletak di Puncak Gunung Ijen yang berada pada ketinggian 2.443 meter diatas permukaan laut. Kawah ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik Gunung Ijen yang kemudian dipenuhi dengan air dan membentuk kawah yang sangat menakjubkan.

Danau Kawah Ijen disebut-sebut sebagai danau terasam dan terbesar di dunia. Kedalaman danau ditaksir memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan luas kawah sekitar 5.466 hektar. Dinding kaldera milik kawah ijen memiliki tinggi sekitar 300 hingga 500 meter dengan diameter sekitar 6 kilometer.

Api Biru Kawah Ijen Banyuwangi

Api Biru Kawah Ijen Banyuwangi

Daya tarik dari obyek wisata Kawah Ijen terletak pada Api Biru atau yang dikenal dengan Blue Fire. Api Biru ini haya terdapat pada dua kawah di dunia, salah satunya adalah yang dimiliki oleh Kawah Ijen. Inilah mengapa turis mancanegara berbondong-bondong datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan Api Biru yang ada di kawasan ini.

Air danau Kawah Ijen memiliki warna hijau toska dan berpadu dengan dinding kaldera serta dihiasi oleh asap hingga menjadi sebuah pemandangan yang menarik. Kawasan ini menawarkan suasana yang sangat sejuk, suhu udaranya berkisar antara 10 derajat Celcius. Jadi jika sobat ingin menikmati keindahan Kawah Ijen diharapkan agar menggunakan pakaian tebal atau jaket.

Aktivitas menarik lain yang dapat anda lakukan di kawasan ini adalah dengan berburu sunrise di pagi hari. Pemandangan matahari terbit dilokasi ini nampak begitu elok, jika ingin menikmatinya sobat harus berangkat lebih pagi ke puncak Gunung Ijen. Pengunjung juga dapat menemukan tumbuhan khas dataran tinggi seperti Bunga Edelwis dan Pohon Cemara Gunung.

Disekitar lereng terhampar flora berjenis Manisjero atau Cantiqi dengan warna daun yang kemerahan. Kombinasi sunrise serta keindahan kawasan lereng gunung menjadikan pemandangan yang begitu komplit. Sobat pasti akan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan jika berkunjung ke Kawah Ijen.

Kawah Ijen masih termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang lebih tepatnya berlokasi di Kecamatan Licik, Perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Untuk menikmati keindahan obyek Kawah Ijen sobat harus mendaki Puncak Gunung Ijen, waktu terbaik yakni pada pukul 01.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Umumnya diperlukan sekitar 2 hingga 3 jam untuk mencapai puncak.

Jalur trekking berpasir dan berbatu halus dengan sudut kemiringan antara 10 sampai 35 derajat. Karena pendakian dilakukan pada malam hari dengan penerangan yang seadanya, perjalanan mencapai kawah dirasa cukup sulit dan menantang. Sebelum melakukan pendakian sebaiknya sobat menyiapkan stamina, mental dan perbekalan yang cukup agar dapat sampai kepuncak dengan baik. Jika perlu sobat dapat menggunakan jasa guide lokal yang sudah berpengalaman.

Rute Perjalanan ke Kawah Ijen

Rute Perjalanan ke Kawah Ijen

Rute yang harus anda lalui menuju ke obyek wisata Kawah Ijen adalah melalui Kabupaten Banyuwangi menuju ke Kecamatan Licin kemudian ke arah Paltuding dan diteruskan dengan menggunakan mobil sejenis Jeep agar memudahkan perjalanan. Medan yang harus dilalui cukup sulit karena jalan menanjak dan berkelok. Total jarak perjalanan yang harus ditempuh sekitar 40 kilometer jika bertolak dari Pusat Kota Banyuwangi.

Foto – Foto Kawah Ijen Banyuwangi

Foto Kawah Ijen Banyuwangi Foto Kawah Ijen Banyuwangi Foto Kawah Ijen Banyuwangi Foto Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata lainnya :

Demikian pesona wisata Kawah Ijen yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga informasi ini dapat menambah list wisata akhir tahun anda. Ajak serta kesayangan anda dan dapatkan unforgetable moment dengan berlibur ke Kawah Ijen. Semoga liburan anda berkesan, wassalamualaikum wr.wb 🙂

2 thoughts on “Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, Menikmati Blue Fire yang Langka

  1. keren blue fire nya, yah klo cuma ada dua di dunia yah wajar kawah ijen menjadi daya tarik wisata sebagai salah satu nya.. klo harus mendaki jam 1 pagi itu dingin nya bukan main, suhunya juga sampe 10 derajat gitu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *